Mimpi Buruk Bernama Wisuda

Di rumah MIL, terpampang nyata cetar membahana foto-foto hubby dan SIL gue pas lagi wisuda S1 dan S2. Begitu pula di rumah beberapa sodara dan teman-teman gue. Foto-foto anaknya pas lagi wisuda pasti mejeng di dinding, terutama ruang tamu.

Gue sih maklum dan nggak judgmental ya. Wisuda anak itu kan salah satu kebanggaan ortu (maybe I’ll do the same thing when Nadira graduates from kindergarten :D). Bahkan banyak juga ortu yang nggak kelar-kelar euforia dengan gelar sarjana anaknya, sampe semua gelar kudu dipajang di undangan kawinan. 

Karena itu, gue cukup terharu karena emak dan bapak gue dengan legowo nggak pasang foto gue dan adik gue pas wisuda. Yah, sebenernya sih mereka pengen banget pasang foto wisuda kami. Tapi adik gue nggak dateng pas wisuda karena umroh, jadi otomatis dia nggak punya foto wisuda. Sementara gue, MENOLAK MENTAH-MENTAH karena foto wisuda gue cupuuuu berat! 😀

Kenapa bisa cupu? Kisahnya kayak gini nih. Hati-hati ya ada penampakan muka embak-embak jamu dalam balutan toga 😛

Pas mau wisuda dulu, gue kan udah kerja tuh. Trus, entah kenapa, tanggal wisuda gue bertepatan dengan acara kantor gue, sejenis pemecahan rekor MURI gitu. Semua pegawainya termasuk gue, kudu jadi panitia. Jadi beberapa bulan sebelumnya, boro-boro gue mikirin kebaya. Wong waktu gue kebagi antara kuliah, ngurusin acara kantor dan liputan. Jadilah kebaya gue dibikin se-simple mungkin. Cuma supaya cepet jadi aja gitu.

Pas H-1 wisuda, gue dan nyokap cari salon deket rumah yang bisa makeup+nyanggul subuh-subuh. Temen nyokap rekomen salon X yang merupakan langganannya.  Kita dateng ke situ, trus ok it’s a deal. Si ibu salon sanggup makeup+nyanggul gue jam 5 pagi. My then-boyfriend udah konfirm bakal jemput di rumah jam 6.30, saat gue udah rapi jali bermakeup+bersanggul ria.

Hari H, gue dianter nyokap ke salon X abis subuh. Mulai deh si ibu salon oles foundation+bedak ke muka gue. Trus setelah itu, dia ngurusin rambut gue. Masih dengan harapan tinggi, gue duduk diem menanti tampang gue berubah jadi mirip-mirip Dian 545tr0.

5 menit, 10 menit, 15 menit, 30 menit, rambut gue masiihhh aja terus diuwel-uwel, seakan-akan dia clueless dan nggak bisa nyanggul. Padahal gue udah kasitau, rambut gue disanggul modern yang biasa aja, nggak usah macem-macem lah. Ternyata, hampir 45 menit, nggak kelar-kelar juga.

Gileee… Gue langsung kesel dan nangis. Nyokap gue pun ngajak gue ke salon lain, salon Y yang jadi langganan tetangga gue. Untuungg aja ibu salon Y mau nyanggul dan makeup gue meski tanpa perjanjian. Padahal itu masih jam 6.30 lhooo..

Gue udah nggak mau liat kaca karena udah setres bin pusing bayangin telat sampe Balairung. Pacar gue udah sampe di rumah on time, sementara gue masih disanggul dan makeup. Dan yak bener aja tuh. Begitu sampe balairung, acara udah mulai. Langsung lari plus tergopoh-gopoh deh akik, mana pake high heels dan kain pula. Sukur kagak pake jatoh 😦

Setelah gue duduk dan menenangkan diri, baru deh gue tengok kanan-kiri. Alhamdulillaaahh.. Aku tak sendiri! Banyak temen gue yang juga nggak kalah ancurnya, sama kayak gue, hahaha.. Salah satu yang gue inget adalah Ully. Sanggulnya kayak kena badai gitu. Ternyata kata Ully, makeup artist yang dia pesen untuk ngedandanin di rumah, dateng telat. Jadi deh disanggul seadanya, hihihi.. *jahat ya ketawa di atas penderitaan orang*

Dari balairung, kita semua ke fakultas dan ada acara lanjutan. Abis itu poto-poto deh. Mau liat nggak muka gue kayak gimana? Tapi janji jangan ngetawain yaaa… *menatap dengan tatapan Medusa*

picsart3

*sengaja dikecilin fotonya supaya gak ngerusak mata yang ngeliat*

Selesai wisuda, gue langsung dianter pacar ke kantor untuk jadi panitia acara kantor yang berlangsung sampe esok harinya. Yang mana, gue bener-bener gak istirahat dan begadang semalam suntuk. Aduuh kalo dipikir-pikir, darimana ya gue dapet tenaga kayak gitu? If it happened today, my body would’ve been crushed to pieces deh *lebay* *faktor U*

Oh ya, setelah gue pikir-pikir, kayaknya salah satu alasan gue kepengeen banget kuliah lagi, selain mengasah otak dan nambah ilmu, adalah untuk memperbaiki foto wisuda deh. Abisan, gue liat wisuda anak-anak zaman sekarang kok ya kece-kece amiirr..

Ada yang booking Adi Adrian segala bookk buat makeup wisuda doang. Trus bawa asisten kheuseus buat touch up makeup-nya pas lagi keringetan. Gak kalah cyin sama para manten dan socialite. Bahkan kata @tyasye, ada yang kebaya wisudanya lebih heboohh dibanding kebaya kawinan dese. Maaakkkkk!!!

Dan setelah baca kalimat di atas, tambah jelas deh betapa ceteknya otak gue, hahahaha 😆

65 thoughts on “Mimpi Buruk Bernama Wisuda

  1. Hahhaha ember…dandanan wisuda terkadang lebayatun banget. Aku waktu wisuda dulu didandanin senatural mungkin sama kk. Hasilnya puas 🙂

  2. Hahaaayyy..gw malah takjub bgt loh ma wisudaannya org indonesia..eksis bgt gt..mulai dr kebayaan..sanggulan..selopan..dandan abiess 😀

    Waktu gw wisuda 2x dimalay..pas yg D3 sm S1..pertama gw pake atasan kebaya katun bordir ma rok batik..yg kedua pake kebaya brukat payet plus celana kain..dandannya sendiri aja hihihi..yg gw heran..kan acaranya di KLCC tuh..temen2 yg lain pd pake blazer n clana kain or rok sepan..ada yg pake little black dress plus blazer..kyk org2 krja gt..yg melayu pake baju kurung..eeaaaa..jd lah gw diliatin..tp cuek aja lah..biar beda sndiri XD..gitu temen2 gw yg non indonesia pd takjub gt liat baju kebaya gw kekekek..mereka bilang ini pasti mahal y mitaa..mewah sekali..*yuk ke wisudaan di indo* :p..klo gw pake a la wisudaan indonesia disangka mo kondangan kali ya 😀

    • Kayaknya di luar negeri, wisuda pada standar semua ya Mit. Baca komen temen-temen yang pernah kuliah di LN, termasuk lo, pada lempeng aja gak heboh. Beda bener sama di Indonesia. Berasa kayak penganten 😀

  3. itu alhamdulillah mba masih bisa make up-an, lah aku waktu wisuda gara-gara kesiangan, mana sempet ke salon dulu yang ada malah buru-buru ketempat wisuda, mana hari itu ketempat wisuda di menara 156 macetnya gila-gilaan, alhamduillahnya pake jilbab jadi ga ribet sama sanggul, dan selama di taksi ibuku yang dandanin aku jadi lumayan lah mukanya sedikit berwarna, gara-gara itu foto wisuda akhirnya ga aku ambil abis udah males duluan ngeliatnya :D.

    • Hihihi.. Kayaknya kisah wisuda kita 11-12 ya Mbak, sama-sama ancur hahaha… Itu foto wisuda gue juga baru ketemu gara-gara nyokap pindah rumah. Dulu gue sangka hilang karena emang males liatnya, cupu berat sih 😛

  4. hahahahahaha….kamu ada aja deh Ra
    jaman aku wisuda, buat menanggulangi kehebohan tersendiri pake kebaya yang aneh-aneh, pada masaku malah disuruh pake item putih, lumayan kan…..toh juga ketutupan toga 😛
    dan demi menghindari sasakan…..aku pake jilbab dong! hehehehehe
    tapi aku puas sama dandanan tetangga rumah sodara
    mana aku kan naik taksi ke kampus, ketemu ortu disana, ya nasebbb…

  5. Hahahah.. Soal foto wisuda, aku juga gak punya yang kece badai mb.
    Pas wisuda cuma nyiapin kebayanya aj. Gak kepikiran mekap2an lah.
    Jadi ya nyante aja. Bangun pagi pake kebaya ama kain, pake bedak, pinjem lipstik ama mbak2 tetangga kosan, pake jilbab, toga trus cus deh. 😀

    Trus parahnya lagi, lupa foto bareng2 keluarga yang resmi. Selese ceremony, langsung cus pulang n leyeh2 d kamar. Hahahah.. x_x
    Jadinya gak adadeh foto wisuda yang keyeen. Tp gpp. Nyang penting pas ituh semua keluarga kumpul lengkap. 🙂

    • Nah gue juga ada penyesalan, nggak sempet foto-foto di Hollywood UI (tulisan Universitas Indonesia) itu Mbak. Padahal buanyaak banget yang pada ngider di kampus, foto-foto di seluruh penjuru. Makanya sampe macet lokal gara-gara banyak yang parkir di pinggir jalan untuk foto-foto 😀

      Tapi sih, setelah diinget-inget, untung juga gue nggak foto-foto. Wong tampangnya lagi cupu abis gitu 😛

  6. Foto wisudaku lbh cantik drpd foto mantenku -____- Padahal periasnya sama. Beda di berat badan ama model jilbab ajah. Jd aku lbh bangga pasang foto wisuda drpd foto mantenan. Hahahaha…..

  7. Sing penting lulus mbak ^^
    temen2ku dulu nyewa satu perias, jadi pas nongol.. dandan plus gaya jilbabnya samaa semua :D. plus kita janjian beli kain kebaya satu warna. Jadi lha kayak anak kembar. kekekke

  8. kalo pas hari wisudanya gw cuek, secara ngerti banget ya balairiung panas amit2. Malah sempet punya niat pake kaos aja, toh gak kliatan juga kan ketutup toga. tapi setelahnya gw bela2in ke rony di senopati sama temen2 gw niat bawa toga juga trus didandanin kece deh.

    • Nah gue tuh gak kepikiran foto-foto paska-wisuda lho Dis. Payeh bener deh. Mungkin karena udah keriting mikirin acara kantor dll dsb itu ya. Kalo diinget-inget sebel deh. Padahal banyak tuh temen gue yang pada ke MariPro Margonda buat foto-foto 😀

  9. untung aq pake jilbab, jadi cuma rempong sama make up…
    dan aq tuh dulu kok ya cupuu bangettt ga tau kalo make up itu harus pesen duluu wkwkwk, taunya pas malam sebelum wisuda jam 9 malam… sudahlah itu mana ada salon buka yang bisa di booking buat besok paginya…
    untungnya tetangga kostku barengan wisudanya, jadilah aq barengan sama dia perginya, H2C buat diterima makeupan doang… wkwkwk… alhamdulillah bolehh….
    tapi lumayan lahh foto wisudaku, masih bisa dipajang di rumah nyokap… wkwkwk

  10. Gue jadi inget pas dulu kuliah s1 di bandung, yg namanya wisuda tuh hebohhh banget, ke salon dr jam 5 pagi, foto studio segala, trus sewa kebaya dari kapan tau..sementara pas gw s2 di belanda, ya ampun org2 wisuda pake kaos n jins hahaha..karna kata mrk kan..ketutup toga 😀 untungnya gw waktu itu gak nekat nyanggul, meski masih pake kebaya pendek juga dan diledekin org2 😀 eh btw salam kenal ya, main nyosor aja gue :p

  11. Halah, di Indonesia ini, wisuda kok hebohnya amit2 hahahaha…. Gue dulu wisuda cuma pake atasan dan celana panjang, bedakan seadanya, rambut gerai gerai… sabodo teuing! tar kapan gue pajang juga ah foto wisuda gue! (pas masih gembrot kayak skrg).

  12. huahahhaha…lucuk amat sih raaaa cerita lo 😀
    eh itu lo wisuda tahun 2001, berarti yang paduan suara anak-anak barunya akuuhh.. hahahah
    wah mestinya gw manggil lo kakak Ira nih 😀
    eh tapi sama aja sih di rumah gw juga ga ada tuh foto wisuda, gara-gara…
    dulu gw masih polos nan lugu ra (prett) gak kenal yang namanya make up, disuru make up ke salon buat wisuda gw malah mewek gak mau karena berasa kayak mau dikawinin aja pake nyalon dandan, pas liat hasil fotonya, hahahah muka gw pucetttt… LOL alhasil kata emak gw daripada majang foto “Wisudawati kaya lagi kena typhus” mending gak dipejeng deh tuh fotonya 😛

    • Eh emangnya lo jurusan apa Mel? Sini sungkem dulu sama senior! 😀

      Hahahaha.. Koq emaklo hebat sih, milih gak majang foto anaknya karena pucet banget. Banyak lho temen gue yang bonyoknya keukeuh majang foto wisuda meski si anak ogah karena cupu berat 😀

  13. Hahahaha ra, gue wisuda satu satunya yang di blow curly biasa, dipilin2 biasa dan digerai! Dan gue pula satu satunya wisudawati yang pake celana, disaat yg lain pd pake kebaya 🙂
    Walo baju dan celana wisuda gue yang bahan baju kurung gitu laah yg mengkilat kayak kondangan, but still kyknya dandanan gue the least heboh dari yg lain hihih..

    Pas gue wisuda di UK, yasalaaam taunya toga dan jubah itu bukan keharusan. Jadi ada yg pas namanya diapnggil untuk nerima sertifikat, cuma pake jeans dan kemeja, tanpa jubah dan topi hihih.. Gue pun pas nerima sertifikat, gak pake toganya. Jadi cuma salaman aja sama si dekan, trus capcus dari panggung hihih..

    • Eh iya lho My, jarang banget kan wisuda pake baju kurung di Indonesia. Rata-rata pilih pake kebaya, bahkan pake payet plus bling bling segala lately. Makanya si Tyas komen, lebih heboh dari kebaya kawinannya 😀

      Beda bener ye kondisinya sama wisuda di luar negeri. Macam bumi dan langit 😀

  14. Anak jaman sekarang wisuda bw asisten buat touch up???? Apa mungkin pada niat2 bgt mau wisuda krn sesi fotonya banyak kali yaa.. Klo gw dulu wisuda cm foto sekali di “studio” tenda,, kmrn sepupu gw wisuda fotonya berkali2, foto studio keluarga, foto studio sama geng A, geng B, geng C.. Gw wisuda mlh gak bikin kebaya, soalnya gw mikir kan bakalan ketutup toga jd pake kebaya yg ada aja tapi gw pake sepatu yg kece krn yg keliatankan sepatu hehehe,, make up sm rambut sih di salon,, tp gak sm adi adrian hahahahha *sirik*

    • Nah itu tuh, mungkin karena zaman sekarang kan zamannya foto digital plus diaplot ke socmed. Jadi kudu wajib harus eksis dandanannya supaya nggak malu-maluin pas diaplot ke twitter, FB, instagram, etc etc. Ya gak sih? 😀

  15. Hihihi g keliatan kok mak sanggulnya aneh2,tapi papanya keliatan seneng banget hehe..dirmh gw jg g ada poto wisuda gw,diganti ama poto kawinan gw krn jaraknya g nyampe setaun hihi…nah cerita2 tukang-dandan-wisuda-gone-wrong ini yg bikin gw milih dandan sendiri,makeupnya ala kondangan aja,cuma agak ditebelin krn buat foto,tapi yg bikin gw nyesel adalah g pake kerudung yg bener,dulu blom musim krudung ala hijabers kaya skrg,pleuus gw g pake ciput2an krn gw pikir pake toga enih,eh jadinya mleot2 gt, yah ibaratnya krudung gak oke berasa kaya bad hair day hehe…

    • Makeupnya yang keliatan cupu ya, secara foundie-nya gak rata gitu hahaha *tutup muka*

      Gue dulu tuh entah kenapa nggak berani dandan sendiri karena takut cupu. Jadi pgn didandanin yang prof aje. Ealah hasilnya malah zzz 😦

  16. ra maaf ya hahahaha tapi hahahaha sorry raaa tapi aku suenaaaang sekali ada yang lebih aneh dari foto wisudaku. Eh sebenernya lebih aneh aku sih, tapi ya karena foto jahanam itu sudah kumusnahkan semua, SEMUA *puas* , tak ada bukti yang menunjukkan aku lebih hancur dari fotomu hahahahaha *suenang sekali*

  17. Tergelitik untuk ikut komentar, karenaaa..
    1. Aku juga anak baru UI tahun 2001, jadi nyanyi juga buat mbak Ira! 🙂 Salam ya buat Pak Dibyo..
    2. Pernah foto di Ronny Senopati juga, tapi buat centil2an geng arisan aja. Btw, masih eksis dan happening ngga sih si Ronny ini? :)))))

  18. hahaha. Ehm, Fotonya. Hahaha. Ehm.. dulu eike juga wisuda seadanya. pagi-sore masih tes kerja di Jakarta. balik malam-malam banget ke bandung. Lihat kebaya yang tanpa puring. cari salon dekat kontrakan.. dan berasa menor banget. Bolak-balik dibasuh. Baru deh agak bagusam

  19. Pingback: Pungguk Merindukan Bulan | The Sun is Getting High, We're Moving on

    • Hahaha.. Siakek! *peperin upil ke Jihan*

      Yang toganya dibuka kayaknya pas difoto bareng pacar saat itu bok. Jadi jangan dipejeng2 lah, ntar disantet gue sama bininya dese 😀

  20. Yaaah itu mah belom ap-apa Raaa…Dandanan wisuda S1 gue jauh lebih ancur. Dandan kagak jelas hasil karya emak gue hihihihihi. Rambut dua hari sebelomnya gue babat biar ga usah nyanggul. Walhasil oh sungguh hancurnya diriku hiahahaha.Tar deh kapan2 gue kasi liat foto wisuda gue. Wisuda S2 mending pake dendong ke salon. Tapiiii udah sanggulan dan kebayaan di balairung gue nyungsep aja tuh dengan lucunya. Asli jatoh nyungsep gegara jalan buru-buru. Selop terbang kemana, isi tas pun berceceran. Speechless dah klo inget mah.

    • Hahahaha… Mana Yu, pejengin dong foto wisudalo. Kita dulu wisuda bareng nggak sih? Kayaknya gue bareng Eyi dan anak2 Cina deh. Trus mereka kaget gue bisa lulus 4 tahun karena selama ini, mereka nyangka gue sering madol krn kebanyakan nongkrong di Kansas -___-

      Eh serius pas S2 lo nyungsep? Hahahaha.. Kalo ada videonya, mau liat dooongg 😆

  21. hihihihi…suka gue mak. berasa ada temen. LOL. gue pas wisuda, sanggulan gw berasa kyk kepala digandulin ban vespa saking gedenya tu sanggul.

  22. I feel you!

    Dulu waktu wisuda, aku salah milih toga maaak…jadinya kalo punya orang yang nangkring manis, punya aku macem punya Pak Tani nutupin matahari..

    Tersial adalah di Atmajaya dulu, duduk berdasarkan IP kan, jadilah semua orang bisa meliat aku dengan toga kamseu itu dari layar besar..

  23. eh mak ira gelarnya ss yak? sarjana sableng? sarjana sutris? 😀
    pas wisuda dulu ya mak, eik ga berharap banyak. secara nyalon buat make up cuman 25 ribu doang. sementara temen2 minimal budget 100k, tapi surprisingly jadinya bagussss… banyak yang bilang eik mirip zaskia mecca, hihihi..diiyain aja biar cepet 😉

  24. Pingback: Mizunderstood | The Sun is Getting High, We're Moving on

  25. Kalo gue ikutan wisuda karena permintaan orang tua :)) Tadinya udah malesssssss, mana pas hari kerja, dan kebagian yang jam 11 siang. Jadilah gue ngantor dulu, trus pulang, pake kebaya encim aja yang gampang sama celana palazo, sisiran, oles make up tipis, berangkaaattt hahaha.. Beres wisuda, kebaya titip mobil, dan eike dikembalikan ke haribaan kantor untuk kembali siaran pukul 16.00 :p

    Pas liat pada pajang foto wisuda, LAAAHHH!! KOK NIAT-NIAT AMAAT! Bener, Ra, jadi pengen kuliah lagi (biar bisa foto wisuda yang proper) HAHA!

    • Bener, Ra, jadi pengen kuliah lagi (biar bisa foto wisuda yang proper) HAHA!

      Toss ah! Nanti kalo kita beneran kuliah lagi pasti pas wisuda dandan poll deh Ki. Obsesi masa lalu yang nggak kesampean soale 😆

  26. Pingback: 22 My Age | The Sun is Getting High, We're Moving on

  27. ih samaan mbaaak,,, aku juga betek banget waktu wisuda krn dandanannya,, pdh yg dipakai di salon langganan dekat rumah yg sdh pakar mekapin ibu2 pejabat (errr sounds wrong ya?)..

    eh hasilnya aku didandanin bedaknya keputihan, gak dikasih bulumatapalsu (cobayak apa pula itu namaknya kalo harga mekap mahal tapi tanpa bulmatpalsu…),, terusannya sampai di Balairung sanggulku udah berantakan gak karuan karena jd wisudawan di balairung sana gerah juga ya,, kipas2 melulu..

    eh maap jadi curcool .. toss dulu aaah.. jd kepikiran, klo belum sempet kuliah lagi.. apa kalo nanti aku dandan niat wkt jadi panitia kawinan sekalian pakai toga ya?

    btw, aku suka semua postinganmu mba.. nice blog

    • jd kepikiran, klo belum sempet kuliah lagi.. apa kalo nanti aku dandan niat wkt jadi panitia kawinan sekalian pakai toga ya?

      AHAHAHA.. Niat amaattt!!! 😆

      Toss dulu ah sesama wisudawati bertampang ancur pas wisuda dulu hihihi 😀

  28. Pingback: Lulus Kuliah, Yay! (Wisuda) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment