Wisata Edukatif di Jakarta: Ikutan Jakarta Walking Tour (3)

Setelah ke Perpusnas dan Museum Tekstil, gue pun cari-cari alternatif wisata lain di Jakarta. Gue pernah baca tentang wisata Bhinneka ke tempat-tempat ibadah berbagai agama yang ada di Jakarta. Kebetulan gue emang minat sama sejarah dan pengetahuan ya, termasuk tentang agama.

Selain itu, gue juga pingin kasih liat ke Nadira bahwa di Indonesia, ada macem-macem agama dan rumah ibadahnya lho. Dengan datang, melihat, mengamati, dan mendengarkan penjelasan secara langsung, dia akan dapet lebih banyak kesan dan pengalaman daripada sekadar baca buku pelajaran sekolah.

Begitu gugel, gue dapet beberapa artikel tentang tur jalan kaki alias Jakarta walking tour yang diselenggarakan dua organisasi. Yang pertama adalah Jakarta Good Guide. Yang kedua adalah Wisata Kreatif Jakarta.

Perbedaan dari kedua organisasi ini, sepanjang pengamatan gue adalah:

Continue reading

Wisata Edukatif di Jakarta: Ngebatik di Museum Tekstil (2)

Waktu posting foto wisata ke Perpusnas di IG, gue sekalian minta saran ke temen-temen di IG tentang lokasi mana lagi nih yang oke untuk ngajak anak halan-halan. Salah satunya menyarankan Museum Tekstil di Tanah Abang alias Tenabang karena bisa ngebatik.

Waw, menarique banget! Sebenernya gue emang udah lamaaaa banget pingin ajak Nadira ke sana karena tertarik dengan aktivitas membatik itu. Tapi lupa dan gak sempet melulu, secara bayangin daerah Tenabang aja kepala gue langsung puyeng hahaha.. Sedih sih karena dulu sempet tertib tapi sekarang kembali semrawut kayak rambut abis disasak 😦

Nah, karena kebetulan emang lagi cari-cari aktivitas menarik, jadi cuuss deh menguatkan hati menembus kemacetan Tenabang 😀

Tadinya gue mau naik motor kayak pas ke Perpusnas kemarin. Eh tau-tau nyokap dan ponakan gue si Langit mau ikutan juga. Yawdah ganti haluan naik transportasi umum aja deh.

Continue reading

Wisata Edukatif di Jakarta: Perpusnas Plus Kulineran (1)

Musim liburan sekolah anak tahun ini lumayan panjang ya. Bulan puasa, libur. Abis Lebaran, libur. Abis terima rapor, libur lagi.

Alhasil gue jadi rada kasian liat Nadira di rumah aja. Aktivitasnya selama libur cuma berkutat dengan les piano dan les nari masing2 sekali seminggu. Sisanya, playdate sama sahabatnya atau sepupunya. Trus, main hape atau ikut bapaknya ke kantor deh. Di kantor bapaknya dia hepi banget karena bisa nonton youtube dan main game di komputer yang layarnya lebih lebar ketimbang layar hape, hahaha..

Oleh karena itu, seminggu sebelum dia kembali masuk sekolah, gue menyempatkan diri untuk cuti. Tadinya sih udah rencana mau ke luar kota gitu. Tapi apa daya batal karena satu dan lain hal. Alhasil, gue pun kudu puter otak supaya bisa bikin dia senang dengan aktivitas yang fun.

Sebenernya sih, banyak lokasi yang gue incer untuk dikunjungi. Tapi dalam tempo seminggu, cuma dapet 3 doang. Yaabes, meski anak-anak masih libur, tapi orang kantoran mah udah kerja. Jadi Jakarta udah maceett dimana-mana. Mana panas pula, jadi bikin gimanaa gitu.

*emang pemales aja sih sebenernya lo, Ra*

Continue reading

Tentang Pendidikan: Ambisi Ortu (4, selesai)

Ini adalah bagian terakhir dari serial (ceileh) Tentang Pendidikan. Postingan sebelumnya adalah sekolah favorit, ujian nasional, dan sistem zonasi.

Nah sekarang kita masuk ke episode 4 yakni

4. Ambisi Ortu

Urusan ambisi ortu mah dari zaman kuda gigit besi udah banyak bener ya. Pas lagi ngomongin soal zonasi, sekolah, dkk aja, banyak yang kirim DM cerita tentang kisah dirinya, sodaranya, atau temannya yang terjebak ambisi ortu.

Apalagi pas ngomongin penjurusan di SMA. Gue baru tau zaman sekarang, begitu daftar SMA Negeri, calon siswa harus menyertakan jurusan apa yang ia minati nanti. Apakah IPA atau IPS. Jurusan Bahasa gue gak tau deh masih ada atau gak ya.

Nah, dari beberapa teman gue yang anak-anaknya masuk SMA tahun ini, gue dapet info kalo rata-rata sekolah negeri saat ini lebih didominasi kelas jurusan IPA. Alhasil, seorang teman kantor yang anaknya mau daftar jurusan IPS di SMA Negeri jadi terlempar-lempar karena sekolah yang dia minati hanya punya 1-2 kelas IPS aja.

Gue terus terang kaget karena di zaman gue dulu, kelas IPA justru cuma dikiit. Pas gue kelas 3 SMA dulu, angkatan gue cuma ada 2 kelas IPA dan 4 kelas IPS. Sekarang, kondisinya terbalik ya.

Continue reading

#Masakgakrepot di Depan Orang Banyak, Siapa Takut?

Kayaknya udah berkali-kali ya gue cerita kalo kemampuan public speaking gue minimalis. Buktinya, gue gampang nervous kalo ngebayangin kudu ngomong di depan kamera atau di depan umum. Padahal, pas melakukannya sih, hasilnya baik-baik aja hehehe..

Nah, beberapa hari lalu gue kembali mengulang kejadian yang sama. Ceritanya, gue diminta jadi speaker dalam acara “Introducing New Product and Cooking Demo by Tiarapot”. Pas ditawarin, gue sempet mikir, ini jangan-jangan prank apa ya? Hahahaha.. Soale meski gue hobi masak, tapi disuruh demo masak di hadapan umum koq bikin senewen ya.

Ternyata itu tawaran serius sodara-sodara! Di acara itu gue bertugas menemani Chef Laura untuk masak-masak pake Tiarapot. Sebagai pecinta aneka gadget dan tools masak, ya ofkors gue hepi dan penasaran banget. Asiikk yekan bisa nyoba produk barunya Polytron ini sebelum resmi diluncurkan ke pasar.

Continue reading

Tentang Pendidikan: Sistem Zonasi (3)

Ini sambungan dari postingan perdana dan kedua ya.

Kali ini kita bahas tentang:

3. Sistem Zonasi

Untuk di Indonesia, sistem atau skema ini mungkin baru ya. Tapi sebenarnya di luar negeri, penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi itu udah biasa banget.

Jepang, Australia, Amerika Serikat adalah tiga dari puluhan negara yang mengadopsi sistem zonasi dalam sistem pendidikannya. Bahkan menurut Kemdikbud, sistem zonasi di Indonesia itu adalah hasil riset Puslitbang Kemdikbud yang mengacu pada sistem sekolah di negara maju.

Ini juga diamini oleh temen gue, si Bebe, yang tinggal di Swedia. Di negara itu, sistem zonasi udah dilakukan sejak lama. Jadi ya masyarakatnya udah pada terbiasa dan paham dengan konsekuensinya. Misalnya, naksir sekolah B tapi rumahnya gak di zonasi sekolah itu. Mereka bakal mau bela-belain pindah rumah yang sezonasi dengan sekolah incaran.

Nah kenapa di Indonesia jadi heboh gini? Mungkin perlu kali ya kita sama-sama memahami apa sih sistem zonasi, kenapa bisa kisruh, dst.

Continue reading

Ellips Hair Vitamin Pro Keratin, Si Mutiara Penyelamat Rambut

Urusan rambut, gue emang agak ribet sih. Soale, meski sekarang gak banyak dimacem-macemin, dulunya rambut gue kenyang dikerjain di salon.

Mulai dari dilurusin atawa rebonding atawa smoothing, di-highlight, dicat, di-bleaching sampe dikeriting. Belum ditambah catok, blow natural, etc etc tiap nyalon. Kalo rambut gue bisa nangis, mungkin udah nangis kejer kali ya hahaha…

Beberapa tahun belakangan, gue memutuskan untuk rehat dari ngerjain rambut dengan zat-zat kimia. Ceritanya supaya rambut agak sehat gitu. Tapi tetep aja gue sulit lepas dari hair dryer maupun catokan.

Continue reading