Local Paparazzi

Dalam wikipedia, paparazzi berarti fotografer independent yang doyan ngikutin artis/public figure untuk dapetin foto sehari-hari tentang mereka. Semakin ngetop si public figure, semakin heboh/memalukan fotonya dan semakin eksklusif, harga foto itu pun semakin mahal.

*buruan paparazzi paling top: Princess Diana. Allegedly, the paparazzi were the ones responsible for her death*

Nggak heran jika paparazzi ini bak pisau bermata dua. Di satu sisi, paparazzi nyebelin karena mengganggu privasi seleb. Di sisi lainnya, paparazzi bisa ngangkat pamor seleb, or should I say celebrity wannabe kali ya.Bahkan nggak sedikit selebriti kelas C ini yang bikin sensasi supaya diikutin paparazzi dan masup tabloid gosip.

Di Indonesia, paparazzi nggak hanya ngikutin artis/seleb lho. Bahkan orang awam kayak kita pun bisa diikutin paparazzi, terutama kalo lagi dateng ke seminar, wisuda atau ke amusement park. Yes, local paparazzi yang gue maksud adalah fotografer keliling (ferling) yang availability-nya musiman dan endemik๐Ÿ˜€

Pasti pada paham deh ferling mana yang gue maksud. Mereka ini cuma ada di lokasi wisata, atau gedung-gedung besar kayak JCC yang sering jadi lokasi untuk seminar, wisuda atau acara lainnya. Obyek foto mereka ya para hadirin yang datang, terutama dengan baju rapi atau yang sesuai dengan lokasi.

Terus terang gue salut lho sama ferling ini. Tingkat kesigapannya nggak kalah sama fotojurnalis yang motret musibah, kasus atau jumpa pers. Trus karena para ferling ini motret dalam satu time frame yang pendek, pas para tamu seminar dateng misalnya, mereka harus bisa motret orang sebanyak-banyaknya dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Trus, nggak semua orang yang difoto itu mau berhenti untuk berpose. Rata-rata mah lempeng aja jalan terus. Nah para ferling pun dituntut untuk motret candid dengan tingkat akurasi tinggi. Jadi nggak boleh blur ye.

Beberapa kali gue pernah difoto sama ferling waktu hadir di beberapa acara dan lokasi wisata. Dulu-dulu sih biasanya nggak gue tebus, abis males sih, hehehe.. Nah sekarang setelah jadi emak-emak, foto jepretan para ferling ini biasanya gue tebus semua deh. Lumayan buat kenang-kenangan pas piknik bareng bocah.

Ini ada beberapa hasil jepretan ferling yang jadi oleh-oleh tiap gue ikut darmawisata eh field trip sekolahnya Nadira. Yang pertama di Ragunan, waktu Nadira masih PAUD tahun lalu. Yang kedua di Ancol, waktu bareng playgroup-nya Nadira, Kamis kemarin. So, how do we look?๐Ÿ˜€

pap ragunan

20130418 Field Trip Ancol

20130418 Field Trip Ancol1

Dari hasil foto-foto ferling yang gue dan temen-temen+sodara dapet, mungkin ada beberapa hal yang bisa diperhatikan, yaitu:

1. Gunakan selalu kacamata hitam. Selain bikin keliatan lebih kece dan kayak seleb-seleb holiwut KW10, kacamata hitam ini ngebantu banget nutupin mata panda akibat begadang. Plus karena dijepretnya candid, kondisi mata merem atau jereng bisa ketutupan toh?

P.S: Ini gue pake kacamata emang pas lagi panas, bukan karena pengen dipoto sama Mas2 Ferling yeee.. *dijelasin pula, tambah pada curiga deh orang-orang hihihi :D*

2. Kalo pengen keliatan langsing, ya pake baju item/gelap yang berwarna monokrom, terutama di bagian-bagian yang ingin ditutupi (perut, paha, lengan, etc).

3. Begitu ada ferling mendekat, langsung tahan napas supaya perut keliatan kurusan dikit. Mayan deh yeee.. Meski nggak six pack kayak Pink, tapi lipetan berkurang 1 mili lah.

4. Supaya keliatan kayak seleb holiwut, jangan pernah pasang pose senyum atau sok unyu-unyu saat mas ferling motret. Melengos lah ke kanan, ke kiri, atau malah pura-pura ngobrol. Jadi keliatan natural gitu ganti.

Contoh pose-pose natural ala Katie Holmes-Suri Cruise yang bisa disontek emak-emak saat dateng bareng anak ke lokasi yang banyak ferlingnya:

 

Oh ya, ngemeng-ngemeng soal ferling, gue ada cerita kocak nih tentang para ferling di Ragunan. Jadi, beberapa tahun lalu, seorang temen kantor gue (cewek) plus fotografer (cowok) ke Ragunan siang-siang di hari kerja untuk liputan. Mereka taro motor di parkiran, trus masuk. Nah pas masuk, mereka dijepret sama ferling.

Trus setelah selesai liputan, mereka balik ke parkiran.ย Di situ, merekaย dihadang oleh para ferling yang menunjukkan hasil foto dengan tampang temen+si fotografer. Karena bukan berwisata, temen+fotografer gue males ambil, dicuekin aja gitu. Lantas terjadilah percakapan ini:

Ferling: Ya udah Mbak, Mas, kalo gitu fotonya saya pajang ya di pintu masuk.

Temen gue: Oh ya silakan aja Mas. Gpp koq.

Ferling: Yakin nih, Mbak? *menatap penuh arti*

Temen gue: Iya lah! *ngeloyor pergi*

Si ferling pun lemas karena temen gue nggak nanggepin. Trus temen gue penasaran, kenapa koq si ferling itu sampe ngancem mau majangin foto dia+fotografer di pintu masuk segala.

Selidik punya selidik, temen gue menemukan fakta bahwa, di hari kerja, Ragunan itu sering dipake buat orang pacaran dan selingkuh. Naaahh.. Para ferling di situ pun memanfaatkan kondisi ini. Jadi mereka motretin pasangan-pasangan kekasih/selingkuhan yang masuk Ragunan. Lalu mereka mengancam kalo foto-foto itu nggak diambil, bakal dipajang supaya orang-orang pada liat.

Buat orang pacaran doang atau kayak temen gue yang ke Ragunan untuk kerja sih, mungkin nggak masalah ya. Nah kalo buat orang yang selingkuh? Sebisa mungkin pasti wajib kudu menghapus segala jejak dong ya, termasuk foto jepretan para ferling. Hihihihi.. Bisaaaa aje deh situ Mas Ferling!๐Ÿ˜€

22 thoughts on “Local Paparazzi

  1. Keren maaak, ibarat Vic Bec gitu ya gak pernah senyum gitu hahahah..
    Btw, kencan dg selingkuhan ke Ragunan tuh ngapain ya? Ngasih makan kuda nil kali ya, atau bercanda mesra dengan gorila hihih..

    • Hahaha.. Iya nih My. Padahal itu muka gue keliatan kenceng karena sebel dipanggil-panggil sama mas2 ferling. Eh ternyat apas jadi hasilnya mayan juga๐Ÿ˜€

      Bok, selingkuh di ragunan asik lagi. Klo mau aneh-aneh kan saksi matanya cuma kuda nil, gorila and the gank. Lumayaaann๐Ÿ˜€

  2. Gue pun setelah jadi emak2 jadi suka beli foto hasil ferling Ra. Padahal dulu emoh banget berhubung harganya mahal. Tapi kalo pake kamera sendiri memang gak pernah dapet gaya macem seleb gandeng anak gini

  3. Mamak iiirrrr ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ide ceritanya ada2 aja…g pernah kepikiran ama tk.poto ituh,eh tambain 1 lg di gedung kawinan di tmii,di sasono yg tengahnya ada tiang (g apal panjangannya) pertama ngeh pas kawinan temen,mana gw masuk gedungnya sendiri,janjian ama temen di dalem, uda sebel aja gw masa keliatan bgt kondangan jomblo gt,gw kira itu bagian dari acara temen gw,taunya besok2 tiap disitu ada tk.poto yaelaaah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s