Profesor Kanjeng Ratu Sarjana Master

Siapa yang di undangan kawinannya tertera nama plus gelar sarjana? Gue yakin, most Indonesians do that. Gak semuanya mau, tentu saja. Sebagian, including me, terpaksa ‘memajang’ gelar sarjana karena tekanan orangtua.

Buat gue sih, gelar sarjana itu gak penting. Kan yang penting ilmu+pengalamannya, bukan? Tapi buat orangtua jaman dulu, gelar macem begituan tentu saja penting buanget. Selain sebagai gengsi, gelar itu juga menjadi bukti sukses kerja keras mereka dalam menyekolahkan si anak.

Pas masih single, gue sebenarnya udah bercita-cita nggak akan mau mejengin gelar sarjana gue di undangan kawinan gue kelak. Malu ah, wong dulu kuliah biasa-biasa aja, nggak pernah terpilih jadi Mahasiswa Berprestasi. Bahkan poto wisuda aja nyelip entah dimana😛 Eh tau-tau, ketemu hubby yang ortunya hobi bener mejengin gelar anaknya. Mati gaya bener.

Ada cerita lucu tentang seorang tetangga nyokap. Pas mau menikahkan anaknya, dengan sengak dia bilang “Ah saya sih nggak suka undangan anak saya pake gelar. Ngapain dipajang-pajang, nggak penting.” Gue dan nyokap pun bingung karena kita tau banget, ibu itu hobinya mejengin apapun yang dia punya. Bahkan seringnya sih mengada-ada. Lha koq tumben-tumbenan gelar sarjana anaknya nggak dipajang pas ada kesempatan sempurna untuk melakukannya? Usut punya usut, ternyata calon suami si anak ‘hanya’ bergelar D3. Nah menurut pakem orang Jawa/Sunda kan, laki-laki nggak boleh lebih rendah dari perempuan. Jadi deh si ibu mengalah, gelar sarjana anaknya ditutupi. Tuh kan, selalu ada udang di balik bakwan!😛

Cerita lain seputar masalah gelar, ada seorang kolega mertua yang, menurut gue mah, rada-rada keterlaluan. Masa ya, di undangan kawinan anaknya, dia mencantumkan namanya plus sederet gelarnya, mulai dari gelar keraton, sarjana anu, sarjana itu, master ini, master itu, etc. Padahal nama istri, anak, mantu dan besan-besannya gak sepanjang dia dan tanpa gelar. Alhasil, nama tuh bapak paling panjang sendiri di undangan. Gak balance dan jadinya aneh. Trus, terkesan dia bantam sendirian, banci tampil bok.

Btw, gara-gara pindah alamat, gue kan terpaksa ganti KTP. Enyunowat? Sekarang nama di KTP gue pake embel-embel sarjananya bok. Penyebabnya, tak lain dan tak bukan, mertua yg ngurus karena diana pejabat RT😦 Jadi deh gue kalo nulis nama lengkap di aplikasi bank or lainnya, kudu menyertakan gelar itu. Bukan malu sih, tapi kan PR banget secara nama gue juga lumayan panjang.. *urut jempol*

16 thoughts on “Profesor Kanjeng Ratu Sarjana Master

  1. setuju mbaa..

    aq juga di undangan ga pakai gelar. alhamdulillah nyokap gw n MIL ngerti (bokap aq n hubby udah meninggal).

    pernah gw ketawa ngakak liat undangan seorang kerabat, yang gw tau banget keluarga dia n si lelaki. Di undangannya si CPW tertulis Hj. padahal gw tau banget dia cuma umroh..dan si CPP tertulis gelar sarjana, padahaaalll cuma D3. udah gt penulisan gelarnya salah pula.

    gw siy kagum banget dengan sepupunya bokap, beliau gelarnya panjang dehh..udah professor juga, beken juga dan di kalangan profesinya bisa dibilang sangat terhormat. tapi di kartu lebaran, kartu ucapan, kartu nama untuk kalangan keluarga, dan kerabat dekatnya beliau tidak mencantumkan gelarnya. hanya nama lengkapnya saja.

    gelar hanya beliau cantumkan hanya untuk sesuatu yg berhubungan dengan profesinya.

    cuma yaa jarang banget orang2 seperti beliau.. kebanyakan masih pengen menunjukkan status biar gengsinya naik…huhuhu.. capedeeehhh…

  2. hahah gw juga dari sebelom kawin ga pengen majang titel sarjana gw. Untungnya keluarga gw juga termasuk tipe orang yang gw musingin juga, pun keluarga laki gw. Kesampean juga deh..hurah!….:D

    • Haahh.. How lucky you are, Nis! Bonyok gue sih masih bisa dikasih argumentasi. Lha kalo keluarga in-laws yang kagak. Ini aja nama gue di KTP jadi ada gelar sarjananya dong. Malu deh, kesannya norak banget. KTP koq dikasih gelar segala, hiks..

  3. ooooh, jadi skg namanya di KTP Irawati Diah Astuti S (apa itu kalo dr sastra? takut salah)
    kalo ini mah nasibnya igun noh, KTP-nya dr jaman dulu ada gelar dibelakang namanya karena di keluarganya dia kan yang pertama bergelar sarjana😀

  4. Pingback: Mimpi Buruk Bernama Wisuda | The Sun is Getting High, We're Moving on

  5. Wah kalo di kartu undanganku juga gak pake gelar
    Tapi di catatan buku yasin nenek ku (peringatan almarhumah kan biasanya ada
    Catatan org berduka nah tuh gelar dicantumin mana keluargaku keluarga besar)
    Nenek anaknya 16 orang (bokap anak1,saya cucu pertama) nama anak,mantu,cucu ditulis lho mana cucu ada 40 org kebayang dah ngabisin 4lembar kertas
    Cicitnya ada 6 orang..panjang benerrr daftar yg berdukanya
    Tapi jd unik ya beda dgn yg lain

    • Hoahahaha.. Mantep tuh Rin. Undangan kawin nggak ada gelar, eh di buku yasin malah nongol😀 Coba itu cucunya semuanya punya gelar S2 dan S3. Tambah modar yang ngetikin😀

  6. Ehhh, gue juga dr dulu niat kalo nikah gak mau pake gelar2 di undangan nanti. Nahh, temen2 kantor di jakarta juga gue liat undangannya pada polosan tuh namanya.
    Ternyata undangan gue paling beda loh boookkk…sama tumpukan undangan di rumah, n undangan temen2 lain di jogja. Hampir semua undangan pake gelar rentetan blablabla…
    Oiya, pas budhe n eyang ngeliat undangan gue jg komennya: sekolah tinggi2 kok gelarnya gak dicantumin, nanti kamu dikira lulusan SMU lho, emang calon suami sekolahnya apa kok sampe dua2nya polosan gini?

    …..iddihh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s