Review: Supermarket Langgananku

Buat ibu-ibu yg bloon tapi suka pura-pura pinter kayak gue, belanja ke supermarket adalah pilihan paling cucok. Alasannya macem-macem. Di antaranya ini nih:

  1. Bisa pake kartu kredit jadi gak perlu nunggu gajian *ini mah gue banget*
  2. Gak becek dan rapiii.
  3. Gak perlu repot-repot nawar.
  4. Semua sayuran/daging/ikan/ayam udah ada labelnya, jadi gak ketauan begonya kalo misalnya, gak paham mana bayam, mana kangkung, gitu πŸ˜€
  5. Kualitasnya juga mostly oke, jadi gak ketauan begonya kalo gak ngerti ayam mana yang segar, mana yang gak πŸ˜€

Emang sih, gue tetep juga belanja ke tukang sayur atau pasar tradisional untuk kebutuhan sayur harian, atau kebutuhan tertentu kayak panci presto. Maklum, harga supermarket biasanya lebih tinggi dari pasarΒ  ya. Untuk itu, gue pun kudu pinter-pinter cari supermarket yang sesuai dengan kondisi kantong. Syukur-syukur, kualitasnya oke dan servisnya juga ciamik.

Berikut ini adalah supermarket/hypermarket yang sering gue kunjungi, dan beberapa di antaranya malah jadi langganan gue untuk belanja mingguan/bulanan. Cekidot:

1. Tip Top Supermarket, Pondok Bambu Jaktim

Tip Top ini langganan emak gue dari zaman baheula. Bahkan menurut nyokap, owner Tip Top adalah tetangganya dulu di daerah Rawamangun.

Makanya begitu berumah tangga, gue pun demen banget belanja ke sini. Alasannya, murmer cyin!

Harga-harga barang pokok di sini emang cukup miring ya, apalagi kalo dibandingkan dengan supermarket middle up atau premium. Terus, daging-dagingan, ikan, dan buahnya juga cukup oke harganya. Jadi menyenangkan lah belanja di sini. Gak terlalu menguras kantong banget.

IMG_20170114_185252.jpg

*koleksi daging2an dan processed food (sosis, nugget, dll) yang cukup lengkap dengan harga terjangkau*

Negatifnya apa? Nah ini dia nih. Karena mengutamakan harga yang miring, servis, kualitas barang dan penataan barang di Tip Top suka bikin eerrrr gimana gitu.

Untuk servis nih ya, gue berkali-kali dilayani kasir yang asik bergosip dengan sesama kasir atau SPG lain. Gosip, ngobrol atau becanda kenceng-kenceng sambil ketawa ngakak-ngakak gitu bikin gue sebagai pelanggan ngerasa agak terganggu sih. Plus, deg-degan juga, takut dese salah nginput gitu.

SPG dan satpamnya pun sama aja. SPG-nya seringkali asik ngobrol dan males-malesan melayani. Kalo satpam, gue pernah ngalamin belanja bulanan naik motor bareng Nadira. Pulang-pulang, bawaan gue banyaakk banget. Trus, gue kan kebingungan ya enaknya menata barang-barang itu di motor sambil boncengin Nadira gimana. Satpam yang duduk di dekat gue cuma ngeliatin sambil ngerokok.

Pas gue minta tolong, dia cuma bilang “harusnya sih diikat pake tali Bu.” Terus dia lanjut ngobrol lagi sama teman-temannya. Begitu gue minta tolong cariin tali, baru dia cariin. Itupun setengah hati gitu deh, ogah-ogahan.

Gue agak speechless sih karena koq gak ada inisiatif ngebantu amat ya. Padahal di supermarket lain, gak usah diminta, pasti satpamnya langsung menghampiri dan bertanya apakah ada yang bisa mereka bantu. Jujur gue kecewa banget, tapi karena murmer, yawdah lah balik lagi. Tapi jadi pelajaran bener kalo ke sini, jangan ngarep dapet bantuan secara gratis.

Untuk lay out/penataan barang, Tip Top juga minimalis banget deh estetikanya. Barang-barang ditata sekadarnya aja. Jadi kadang gak bikin tertarik untuk beli gitu, hahaha.. Misalnya aja bagian ikan asin yang digabung sama bumbu-bumbu. Yaelah, kayak ditaro gitu doang, gak ditata-tata lagi bok.

Belum lagi lokasi yang sempit dan bahkan di tengah gang, ada tiang gede yang bikin tambah sempit. Makanya kalo pas lagi penuuh banget, di sini udah beda tipis sama pasar deh rasanya.

IMG_20170114_190052.jpg

*itu di tengah2 gang ada pilar yg bikin sempit*

Tapi menurut gue, ada untungnya juga sih penataan kayak gitu. Soale gue jadi gak tergoda beli ini-itu kayak kalo lagi ke supermarket lain. Gue cuma fokus sama list belanja, dan gak tertarik beli barang-barang lainnya karena penataannya cupu. Amaaann πŸ˜€

Kualitas barang juga kadang bikin sebel. Untuk barang-barang kemasan sih gak masalah ya. Yang suka bikin sebel adalah produk-produk makanan mentah/matang. Suami gue suka ngeluh kalo beli telur di Tip Top, sering pas sampe rumah, eh ternyata kurang bagus. Padahal itu udah dipilih-pilih banget sama dia lho.

IMG_20170114_190751.jpg

*koleksi sayur, pisang, bawang, tepung, etc*

2. Naga Supermarket, Kalimalang Jaktim

Naga supermarket ini pilihan kedua gue selain Tip Top untuk belanja bulanan. Alasannya, ya so pasti karena harganya cukup miring ya, sis. Meski kalo gue bandingkan sih, urusan murah masih lebih menang Tip Top sedikit.Beda-beda tipis gitu lah.

Kalo menurut gue, meski cuma satu lantai, Naga lebih lega dan gak crowded kayak Tip Top. Jadi bisa nyaman gitu belanjanya. Trus di Naga, gak cuma ada troley dan keranjang kayak di Tip Top. Di sini juga ada troley mini yang bisa diisi 2 keranjang. Jadi lebih nyaman manuvernya yekan.

Suami gue seneng ke sini karena menurut dia, kualitas telurnya lebih bagus daripada Tip Top, hahaha.. Kalo gue sih seneng ke Naga karena ada Kong Bap (liat di Instagram gue ya penjelasannya) daaann.. Ada Purbasari, cyin! Mayan lah ya, bisa belanja lipen favorit akoh πŸ˜€

Kalo kata nyokap, Naga itu juara banget untuk harga susu. Jadi kalo yang anaknya minum susu kaleng, pasti bakal hepi ke sini karena harga susu di sini emang cukup miring.

Trus negatifnya apa? Nah ini dia nih. Di Naga, AC-nya stands for angin cepoi-cepoi, alias gak dingin blas bok. Bahkan di beberapa titik, suami gue bisa kemringet karena AC-nya gak dingin samsek.

Di sini juga persediaan produk makanan mentah kayak daging-dagingan, sosis, ayam, dll cuma sedikit, gak sebanyak di Tip Top. Trus gue pernah bete karena beli ayam broilet, eh si Mas-masnya motong ayam itu seenak udelnya. Bener-bener asal banget, hih!

Untuk lay out barang, di sini masih lebih mendingan lah dibandingkan Tip Top. Meski emang untuk variasi dan kelengkapan, mirip-mirip sama Tip Top. Jadi lumayan, bikin gue konsisten belanja sesuai daftar aja πŸ˜€

Oh ya satu lagi yang ngeselin, di sini parkirnya Masya Allah, sempiiiittt banget! Aksesnya pun cukup bikin males karena macet.

IMG_20170107_182027.jpg

*inside Naga SPM. Meriah yak πŸ˜€ *

3. Superindo

Ini adalah supermarket favorit gue kalo mau belanja ikan-ikanan, daging-dagingan dan ayam-ayaman. Soale koleksinya cukup komplet untuk level supermarket menengah, kualitasnya bagus dan segar, plus harganya gak bikin kantong boncos.

Ikan-ikannya bisa pilih dari akuarium yang ada. Selain itu, di Superindo, kita bisa minta ikan digoreng atau dibakar tanpa biaya tambahan. Jadi kalo ada acara di rumah, lumayan banget nih beli ikan di sini. Yang pasti lebih murah daripada beli di restoran yekan.

Penataan barang, lay out supermarket dan kebersihan juga oke lah. Gang-gangnya luas, pencahayaan terang dan barang-barang ditampilkan secara menarik. Jadi gue selalu hepi kalo ke sini.

Variasi produk juga beragam dan banyak produk impor di sini. Jadi kalo belanja di Superindo, gue sering banget melenceng dari daftar belanja karena tergoda beli yang lucu-lucu πŸ˜€

Gara-gara itu dan karena harga barang di sini lebih mahal dari Tip Top dan Naga, gue biasanya ke Superindo cuma kalo pas pengen beli daging/ikan/ayam aja. Penghematan ceunah πŸ˜€

IMG_20161128_074604.jpg

*liat deh beda harga ayam di Superindo dan Food Hall. Gile bingits yaa*

4. Giant

Versi supermarket ada di deket rumah dan lokasinya bener-bener sepelemparan kolor lah. Tinggal jalan kaki, cus sampe.

Tapi gue justru jarang ke sini padahal kalo dari segi lokasi, lay out dan AC yang dingin banget, Giant juara lah. Kenapa? Soale barang-barangnya kurang lengkap, terutama produk makanan mentah kayak daging, ikan ayam gitu.

Jadi, gue ke Giant kalo kepaksa aja sih hehehe πŸ˜€

5. Carrefour

Di deket rumah juga ada nih Carrefour yang lokasinya di dalam mal. Jadi menyenangkan kalo ke Carrefour karena hitungannya sekalian plesir gitu πŸ˜€

Untuk kelengkapan barang, lay out, penampilan produk, di sini cukup juara lah ya. Dari produk elektronik, celdam, sampe pastry ada semua. Gang-gangnya pun luaass dan nyamaan.. Jadi bisa berlama-lama belanjanya.

Cuma ya itu, saking nyamannya, belanjaan gue sering banget membengkak dari daftar yang seharusnya. Mana harganya di atas Tip Top dkk pula. Jadi pas ke kasir, langsung bengong karena, lho koq overbudget???

Yang juga gue suka dari Carrefour, di sini nyediain voucher yang bisa jadi gift gitu. Paling sering nih gue pilih untuk kado perpisahan ke guru-gurunya Nadira. Lebih berguna, yekan?

IMG_20161226_144123.jpg

*koleksi bumbu-bumbu instan yang dipajang rapi jali*

6. Lulu Hypermarket, Cakung

Nah ini adalah tempat belanja baru yang jadi favorit gue. Lokasinya sekilas jauh, di Cakung bok. Tapi setelah dipikir-pikir, kalo dari rumah gue mah deket amaatt.

Pada suatu malam, gue, suami dan Nadira pun iseng ke sana setelah panas dikomporin mulu sama nyokap dan adik gue. Begitu sampe, waahh kece juga nih tempat. Trus bangunannya pun luaas ya.

Lulu adalah hypermarket yang dimiliki pengusaha India muslim. Sebelumnya, Lulu hypermarket ngetop di daerah Timur Tengah. Makanya, semua barang yang ada di Lulu dijamin halal.

Karena itu, gue demeeen banget nongkrong di bagian makanan matangnya. Di sini ada beberapa stall yang menyajikan makanan-makanan India, Arab, Western dan Indonesia. Semua bisa dibeli dan langsung dimakan di lokasi restoran gitu.

Alhasil tiap ke sini, gue dan suami pun menggila. Kemarin gue nyoba butter naan dan chicken curry, rasanya gak kalah sama yang ada di resto India. Sementara suami mengganyang roti goreng isi ayam dan sapi yang masing2 cuma seharga goceng, dan nasi briyani. Nadira hepi banget makan paket nasi +fried chicken yang harganya gak sampe 15ribu. Duh laaff amat sih!

Gue juga demen melototin pastry, kue-kue kecil dan aneka roti yang lucu-lucu di sini. Buah-buahannya juga cukup murmer, sering diskon pula.

Untuk yang gemar masak masakan India/Arab, di sini juga tersedia aneka rempah-rempah khasnya. Kacang-kacangan, manisan dan penganan khas India/Arab juga banyaakk. Sayang pas kemarin gue ke sana, gue kan pengen beli bumbu nasi kebuli. Eh lagi habis belum restock, hiks 😦

Trus gimana harga barang-barangnya? Menurut gue sih, harga barang-barang di sini gak murah-murah amat. Selevel sama Carrefour kayaknya sih dia. Apalagi koleksi produknya macem-macem banget. Sungguh ancaman untuk kantong!

Oh ya yang bikin gue seneng ke sini juga adalah, di sini ada lipen Purbasari, pensil alis Fanbo dan sunblock Biore favoritku! πŸ˜€

IMG_20161119_195251.jpg

*koleksi kacang-kacangan dan coklat yang bikin ngileer*

Cukup segitu dulu ya review-reviewan kali ini. Soale nulisnya terburu-buru mau pulang nih hihihi..

Ada yang sependapat, atau punya tempat belanja favorit lainnya? Please share di komen ya. Makasiihh πŸ™‚

 

 

18 thoughts on “Review: Supermarket Langgananku

  1. Hi mba ira,
    Silent reader nih baru pertama kali comment.

    Mnr saya, spm yg paling juara soal harga & kualitas itu Diamond yg di Mall Artha Gading. Penataan sih emang agak kurang yah…dan agak2 bau klo di bagian daging2an…tapi overall ini OK banget. Apalagi bagian tebus murahnya 😱

    • Diamond Artha…IMHO masalah harga masih tmsuk mahal..cukup lengkap masalah perabot dapur nya reasonable price Tapi, bela2in ke situ masalah sayur2an nya kalo mau bikin salad… semuaa lengkap dr romaine, dll dan murah dibanding All fresh dan total…

  2. mbaak, itu naga nya rapih amat? naga ciracas lebih ngeri penataannya. udah sempit, berasa pasar banget lagi. tapi demi murah meriah ridho, sebulan sekali rela desek2an. penasaran ah pengen ke lulu, guegue *anak lama πŸ˜€

  3. Kalau di Jakbar sini Hari-Hari swalayan favoritnya mba…harga murahh bahkan harga buah lebih murah dari pasar buah kadang.

    Superindo tempat beli daging giling and ikan2an ya…bisa digorengin lagi ama mereka ya mba. Btw harga susu di superindo juga mayan murahhh bisa beda 1.000 or 1.500 ama alfamart n indomart..

  4. aku pertama tau tiptop dikenalin ibu mertua katanya murce abis jualannya, tapi kalau pas hari2 gajian masyaallah sumpek banget, antrian panjang dan bikin lelah. apalagi itu tiptop rawamangun yg sempit.

    begitu ada tiptop baru di bekasi, aiihh seneng banget, dan jadi t4 belanja favorit aku, karena bangunannya jauh lebih luas, parkir luas, mesjid luas, meski kalau hari gajian sama aja ramenya sih. cm lebih tenang.

    lulu hypermart baru kenal bbrp hari lalu dan langsung laafff, karena ada kebabnya.. hahaha…..

  5. Nomer satu sama dua kok sama banget sihhhhhh! Btw tulisan soal Tiptop bener bgt dehh, gw member juga disana lol. Lipstick wardah jg murah beneuuurr deh disana. Kalo kata laki gw: Tiptop, tempat PNS blanja.. soalnya tiap tanggal 1 rame :))). Yakeleeeeesssss…

      • Nggak! Nggak mungkin laaaaaahhh :))))). Iya nih tapi jd kepikiran, banyak uga yg nyangkain di block gara2 IG ngilang hiks.. Kecuali peninggi_pelangsing_20cm yang tukang spam di foto mah gamungkin di block. Akik lagi menyepi sebentar dari dunia IG. Nanti kalo udh balik pasti langsung pesen ketring bu iraaaaa *yakeles* 😘

  6. Saya lebih suka ke supermarket karena alasan yang sama pada paragraf awal. Hahahahaha.

    Lulu emang ngetop banget ya. Cuma baru tau kalo harganya mirip-mirip sama Carrefour. Abis banyak yang bilang lebih murah. Sampe rame banget. Pengen ke Lulu, cuma jauhnyaaa hahaha.

  7. Tos lah mba sebagai sesama warga duren sawit pondok bambu dan sekitarnya πŸ˜€

    Kalo aku belanja bulanan udah pasti ke tiptop, tipsnya biar ga antri awal bulan datengnya sekalian pagi banget atau malem menjelang tutup. Kalau aku sih karena gajiannya tengah bulan jadi aman ga pernah desek2an. Belanja mingguan, ayam-daging dll seringnya ke yogya menurutku lebih seger dan bagus – walapun pilihan ga sebanyak superindo dan yang terpenting ada toko roti favorit yg attached sama supermarketnya, a big no no beli daging/ikan/ayam di giant, kapok pernah 2 kali beli ikan busuk, ayam cincangnya baunya juga mulai busuk. Aku malah jarang bgt ke Naga soalnya suka ilfil liat tempat parkirnya.

  8. Sebagai tetangga sebelah lulu ga bosen bosen kesitu. Harganya lebih murah dari giant deh, ra…free parking pulak. *penting*
    Sayur buah nya pun seger dan murah. Anak anak paling suka makan sosis dan otak otak disana…panas panas plus milo dingin di foodcourtnya. Sabtu minggu paling banyak promo dan rame bgt.

    Tiptop juga juara ya murahnya…cuma bener deh penataan barang dan parkirnya enggak bgt…

    Indogrosir pernah gaa?

  9. Di bogor itu Ngesti swalayan juara murahnya mbakkk..cuma ya itu parkir bikin elus dada orang *eh.. kalo beli susu dan pampers udah paling bener di lulu kids kalo di depik, soale lebih murah di banding yg lain

  10. dimana2 penataan tiptop sama aja ya mbak ira, di depok pun begitu. yg gila adalah antri di kasirnya! jd biasanya suamiku udh antri di kasir duluan, smentara aku lari kesana kesini belanja-belenji. bisa aejam sendiri antri kasir -____- tp ga pernah kejadian macem kasir ngobrol ato satpan ngobrol gt sih, alhamdulillah. aku paling suka sm superindo, bahkan udh punya standar di antara cabang2 superindo lainnya. harga superindo emang di atas tiptop. tp selalu puas sm kualitas barang2nya.

  11. sebagai warga Tambun, lo tau Tambun kan Ra πŸ˜€
    Tiptop tambun luas n rapi. kasir, satpam jg oke ngebantu bgt (secara waktu kerja di pulogadung gw biasa belanja di tiptop rawamangun or pdk bambu jd berasa beda nya sama yg diTambun ini)
    Naga Tambun, gw jarang kecuali kalo pagi2 ada perlu ke bank bca ato mandiri karena satu lokasi jadi sekalian beli yg kering2 kya tepung ato teh. lagian anak2 gw ga minum sufor jd ga pernah sengaja kesini bwt belanja, menurut gw siy bahan makanan segar nya agak “kurang” dibanding superindo.
    Superindo, gw sering banget soale anak gw ga boleh sering makan ayam broiler n daging impor ama bokap gw, jd ke sini bwt beli ayam kampung n daging nya yg lokal seger n ga beku.
    ini gw tau karena staf nya yg bilang daging di superindo itu di supply dari peternakan di daerah bogor ato mana gitu gw lupa πŸ˜› makanya walopun superindo disini buka jam 7 pagi tp klo daging2an adanya setelah jam 9. buahnya lokalnya jg seger.
    kerfur gw jaraaaang.
    Giant, ke sini klo nyari edamame #sukadidiskon18rbajasekilo πŸ˜€ karena dekeet ama sekolah anak gw jd klo jemput sekali jalan.
    Lulu gw belom pernah nih, jd pingin euy…
    Yogya spm, gw suka klo lg ke Bandung aja karena ada buah favorit gw stroberi yg segerrr n muree πŸ˜€
    Farmers Market, deket dr rumah tp paling nyari buah seger yg lg ga musim buat mpasi doang, bagus2. ada harga ada rupa.

  12. waaah… minggu lalu juga sempet ngeblog soal LULU hauls… aku lagi kesengsem berat sama LULU mba iraaa! hahaha… sama favorit aku kerfor kokas, selain deket kantor dia punya pastry murah dan enaaaak terus ada bagian dia jual cheese dan delicatessen dalam small quantity

  13. TipTop juara mbak… komplain nya sama deh hehehe… masalah service. jadi pengen ke lulu hypernart dehh… Thank you review nya

Leave a Reply

