Cuti = Nguprek di Dapur

Ceritanya, seminggu kemarin gue cuti Lebaran yang tertunda. Sekalian Nadira minggu pertama back to school gitu. Gue pun bertransformasi dari ibu-ibu ke kantor naik motor matic jadi ibu-ibu anter jemput anak naik motor matic.

*tapi gak nyetir pelan-pelan di tengah jalan koq. Tenang aje 😎*

Trus selama cuti ngapain aja selain anter jemput anak sekolah? Itu pertanyaan suami banget deh, secara dia tau gue ini orangnya bosenan di rumah hihihi..

Awalnya sih gue punya rencana ambisieus untuk nge-gym tiap hari supaya bodi kayak Agmon. Rencananya, abis anter jemput Nadira sekolah, tiap sore gue bakal titip dia ke rumah ipar dan mertua trus cuss nge-gym sampe malem. Sekalian hajar sisa-sisa lemak Lebaran yekaann..

Continue reading

Advertisements

Resep Snack Foolproof untuk Bekal

Ini adalah lanjutan postingan tentang bekal kemarin ya. Karena yang kemarin udah kepanjangan, resep-resepan yang gue udah praktikin dan contek dari berbagai sumber pun gue taro di sini.

Sebenernya sih ini maksudnya buat dokumentasi pribadi karena gue sering lupa resep makanan yang pernah gue bikin, apalagi kalo udah lama gak praktik. Tapi kalo ada yang mau nyontek, silakan aja ya. Yang pasti, dijamin capcus dan foolproof lah. Pokoke, kalo gue bisa bikin, pasti semua orang bisa. Selamat mencoba!

P.S: Kalo ada yang punya resep-resep gampil surimpil kayak gini, kasitau yaa supaya bisa disontek juga sama akyu 😀

Continue reading

Puding Pisang Biskuit

Asli deh, resep ini guampaaanng banget! Buat yang ngerasa nggak bisa masak atau terlalu sibuk, coba bikin resep ini. Cuma 30 menit-an lah, langsung bisa dinikmati hasilnya. Nggak percaya? Bikin sendiri doonng

Oh ya, resep ini hasil boleh googling ya, bukan resep bikinan gue sendiri. Maklum namanya juga amatiran, jadi resepnya masih boleh nyontek, hehehe..

Puding Pisang Biskuit

Bahan:
3 buah pisang ambon, haluskan
10 keping biskuit marie diremukkan (gue pake Regal, remukinnya jangan halus2 ya)
200 ml santan kentan (gue ganti pake susu UHT)
1 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
– Campur semua bahan dalam wadah hingga rata.
– Masukkan ke dalam loyang, kukus selama kurleb 30 menit.
– Sajikan. Tapi kalo gue sih lebih suka dimasukkan ke dalam kulkas dulu. Lebih padat dan yummy!

P.S:
Kalo gue lihat sih, puding ini bisa diberikan kepada balita yang berumur <1 tahun. Dengan beberapa substitusi bahan tentunya. Santan/susu diganti sufor atau air. Kemudian telur dipake kuningnya aja dan biskuit marie diganti biskuit bayi. Pasti pada suka deh

Ricotta Caramel Pudding

Resep ini gue dapet dari blognya Mbak Riana. Tapi ternyata dia juga ambil dari brosurnya Yummy (tempat kursus masak gue tuh! :-D). Semalem gue akhirnya praktekin, dan kayaknya sih enak ya. Maap belom nyoba karena lagi puasa hehehe.. *edited: Udah nyoba dan rasanya, OMG.. Uenaakk banget! Kayak cheesecake dengan sentuhan rasa caramel gitu. Highly recommended deh!*

Oh ya, bikinnya gampaanng banget, cuma cemplang-cemplung, jadi deh. Anyway, here’s the recipe:

Ricotta Caramel Pudding

(Source: Yummy Recipes Brochure)

Bahan:
250 gr yummy ricotta cheese
4 rbtr kuning telur
100 gr gula pasir
200 ml whipping cream
200 ml susu

Untuk Caramel:
50 gr gula
2 sdm air

Cara Membuat:
1. Olesi loyang/mangkuk dengan pemoles khusus loyang atau margarine, tipis-tipis aja.
2. Buat caramel: Gula dan air dipanaskan. Segera setelah berwarna kuning, angkat, masukkan ke dalam cetakan pudding. (Bisa jadi 6 buah cetakan mangkuk individual, atau satu cetakan bulat 18-20 cm.
3. Kuning telur dan gula dikocok hingga halus, setelah itu masukkan ricotta cheese, susu dan cream. Kocok hingga rata dan halus.
4. Masukkan ke dalam cetakan dan panggang tim (au bain marie/water bath) dalam oven dengan suhu 190 derajat Celcius, selama 1 sampai 1 1/2 jam. Dinginkan, kemudian dinginkan dalam lemari es minimal 4 jam, atau semalaman.

Note dari mba’ Riana :
• Setelah dipanggang, pudding ini akan tetap cair pada bagian tengahnya (bergoyang jika loyang ditepuk). Tapi setelah didinginkan di kulkas, dia akan memadat dan teksturnya jadi creamy sekali.
• Cara melepaskan pudding dari loyang:
Siapkan air panas. Keluarkan loyang dari dalam kulkas, rendam loyang dalam air panas selama kurang lebih 30 detik (loyang jadi hangat, pinggiran pudding kalo ditekan akan lepas dari loyang dengan mudah). Lap sisa air yang menempel pada loyang. Letakkan piring saji terbalik di atas loyang, balik kue ke dalam piring saji. Voila!

Puding Kacang Hijau

Kemarin iseng nonton rerun acara Aroma di Elshinta TV. Eh Bu Siska tampilin cara membuat Puding Kacang Hijau yang kayaknya gampang dan enaak banget. Dan yak, karena acaranya cuma beberapa menit, ketinggalan lah eikeh pas mau nyatet resepnya. Tapi karena nepsong mau coba, sotoy lah gue mereka-reka resep sesuai ketersediaan bahan di lemari nyokap. Alhamdulillah enak dan Nadira doyan! Rasanya pun lembuuut banget di lidah. Anyway, here’s the recipe yang penuh dengan kira-kira dan tanpa poto

Puding Kacang Hijau

Bahan:
100 gr kacang hijau, rebus hingga empuk
500 ml air, untuk merebus kacang hijau
200 ml santan, diencerkan dengan air secukupnya
1/2 bungkus agar-agar
1 sdm tepung maizena, diencerkan dengan air
Gula pasir sesuai selera (gue kemarin pake 5 sdm kalo gak salah)
1 sachet vanili bubuk

Cara membuat:
– Blender kacang hijau dengan sisa air perebusnya hingga halus
– Campur kacang hijau blender dengan santan, agar-agar, vanilli, dan gula. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
– Masukkan larutan maizena, aduk-aduk hingga meletup-letup. Angkat
– Biarkan hingga dingin, lalu simpan dalam lemari es.

Note:
– Kayaknya sih santan bisa diganti dengan susu dan gula pasir akan lebih enak kalo diganti pake gula Jawa.
– Kayaknya lagi, resep ini bisa untuk kacang merah. Dan puding kacang hijau/merah ini oke banget lho untuk anak-anak karena padat gizi. Selain kaya protein, juga kaya serat, kalori dan lemak.

Creme Caramel atawa Puding Caramel

Kalo kondangan (halah Betawi amat bahasa gue), Creme Caramel atau Puding Karamel adalah salah satu dessert yang gue incer. Rasanya manis, lembut di lidah, creamy tapi nggak berat. Sampe-sampe, gue dulu pernah nyangka puding ini terbuat dari tahu sutra lho. Eh ternyata salah besar, hehehe.. *bloon.com* Oh iya, resep ini gue dapet dari milis NCC (atau web NCC ya? Lupa pokoknya dr NCC lah). Gak susah bikinnya, aseli deh! Rasanya juga uenaaakkk..

P.S: Maapkeun potonya yg cunihin pisan. Maklum, bakingnya malam-malam, trus ada dua bocah rempong pula yg ngegerecokin. Ribeett..

Creme Caramel

Bahan :
5 btr telur
125 gr gula pasir
2 sdm maizena (optional)
500 ml susu segar
¼ sdt vanilli
Karamel :
175 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air
Cara Membuat :
– Buat karamel terlebih dahulu. Jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang kedalam cetakan. Dinginkan.
– Cairkan maizena dengan sedikit susu. Lalu campur dengan semua susu, gula dan vanili.
– Kocok telur secara perlahan, lalu masukkan ke dalam larutan susu. Aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yg sudah berisi caramel tadi.
– Panggang dalam oven dengan cara au bain marie selama +/- 1 jam.
– Angkat, dinginkan.

Notes:
– Jangan lupa untuk mengocok telur sebelum dicampur ya. Kalo gak, lihatlah bintik-bintik putih pada hasil karya ogut 😦 Tapi ngocoknya jangan lama-lama supaya puding gak bergelembung2 gitu.
– Puding gue dipoto sebelum dibalik. Padahal kalo dibalik hasilnya bakal kayak gini nih –>

(foto diambil dr http://farm1.static.flickr.com/36/112421234_bc0cb0fd0d.jpg)

Resep Puding Cokelat

Resep cemplang-cemplung ini kucus buat emaknya Daffa dan Bilal yang ngakunya sih gak bisa masak. Cobain deh, dijamin guampang dan yummy! *maap tanpa poto krn bikin pudingnya selalu cupu gitu deh, malu dipejeng *

Puding Cokelat

Bahan:
600 ml susu UHT cokelat (gue pake 3 pak susu Sehat @200ml. Sebenernya 500 ml aja jg gpp koq)
1/2 bungkus agar-agar putih (gue pake merk Swallow Globe)
50 gr Dark Cooking Chocolate, cincang (gue pake merk Tulip yg biasanya dijual di supermarket)
2 kuning telur kocok
1-2 sdm munjung cokelat bubuk (gue pake merk Van Houten)

Cara membuat:
– Campur semua bahan di panci hingga rata
– Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan cokelat larut semua
– Kalo mau mulus, saring dulu aja sblm dimasukkan ke dalam cetakan. Kadang-kadang telur suka menggumpal gitu soalnya.
– Masukkan ke dalam cetakan. Biarkan hingga gak berasap, lalu simpan dalam kulkas.
– Dimakan begini aja udah enak. Tapi akan lebih enak lagi kalo disiram pake saus vla vanilla. Resepnya? Mirip sama vla kue soes yang pernah gue posting sebelumnya. Tapi maizenanya 1 sdm aja supaya gak kental-kental banget kali yaa.. *ketauan blm pernah coba bikin vla utk puding ini hihihi..*