Mizunderstood

Gara-garanya kemarin gue aplot foto di instagram pas lagi main uncang-uncang angge sama Nadira *urang Sunda pasti paham mainan ini deh*. Trus gue konek ke FB. Fotonya biasa aja sih, mana eikeh belum mandi pula di situ hihihi *tutup hidung*

IG main uncang angge

Tuh biasa aja kan? Berantakan pula rumah, gara-gara Nadira abis ngebuka semua mainannya. Captionnya juga standar yakni: “Main uncang-uncang angge sama anak seberat 22 kg itu bisa dianggap leg workout kan ya? :)” Ceritanya masih berkaitan sama program sehat gue yang ini nih.

Eeeh yang gak diduga-duga, tiba-tiba di FB, dua orang temen SMP dan SMA gue komen. Begini nih komennya:

A: Rasanya gw gak percaya Ira yang koboy n tomboy itu punya jiwa keibuan :p

B: wah Ra, ternyata dirimu ibu yang sangat perhatian, meluangkan waktu buat main sama anak (sama dg A, agak surprise jg, he..he..he…)

Gue bacanya sih cengar-cengir aja. Gak tersinggung atau malah GR. Kenapa? Soale udah biasa, cyin.

Dari dulu, gue kan dicap sebagai cewek yang gemar having fun dan terlihat bebas plus kurang bertanggung jawab. Waktu sekolah, yang nggak kenal-kenal gue banget dan nggak pernah sekelas, biasanya selalu kaget tiap pengumuman juara kelas, trus gue mejeng di depan nerima piagam. Muka gue gak keliatan pinter ya😀

Trus pas kuliah semester awal, gue pernah ketemu teman SMA, sebut aja D, di stasiun Tebet. Gue baru aja turun dari kereta abis kuliah, dia lagi nunggu temannya. Terjadilah percakapan berikut:

D: Eh Ra, abis darimana lo?

I: Abis kuliah.

D: Emang lo kuliah dimana? Gunadarma ya? Atau Pancasila?

I: Di UI.

D: Oohh… D3 apa?

Aseemm abiis! Tampang gue gak dipercaya bisa lulus UMPTN ya neik😆 Eh ini tidak merendahkan teman-teman D3 UI yang gue tau, tes masuknya juga syusyeh bener. Tapi ya begitulah pola berpikir si D.

Waktu SMA, si D itu cewek populer dan punya banyak pacar, tapi otaknya rada-rada minim. Dan entah karena apa, dia berpikir gue juga setipe sama dia. Di satu sisi, jujur gue tersanjung karena berarti gue kece dan populer juga, meski sebenernya kagak samsek. Tapi di sisi lain, gue rada sebel karena berarti, lagi-lagi, muka gue gak keliatan ada pinter-pinternya acan hahaha😀

Trus pas wisuda juga begitu. Seperti yang pernah gue ceritain, gue kan dateng telat dengan penampilan amit-amit ya. Jadi gue gak sempet ikutan berbaris bareng wisudawan sefakultas. Nah begitu gue dateng, beberapa temen dari jurusan dan fakultas lain kaget ngeliat gue nongol. Yaabes, selama kuliah, gue dan gank sering keliatan nongkrooong mulu di Kansas. Jadi banyak yang mikir, kita bakal jadi mahasiswa abadi lah. Nah pas wisuda itu, banyak yang kaget karena gue dan temen-temen gue bisa lulus pas 4 tahun😆

Banyak kasus-kasus lain yang gue alami seputar orang-orang yang misunderstand diri gue. Paling sering sih pas gue merit dan jadi ibu-ibu. Rata-rata pada bengong pas ngeliat gue nyusuin Nadira 2 tahun, mau bersusah payah mompa ASI sambil liputan, belajar masak, etc. Intinya mungkin sama seperti kasus Daniel Cleaver si Mr Right Now dan Mark Darcy si Mr Right ini ya. Kayaknya dulu orang-orang anggap gue Daniel Cleaver versi pereu, alias cewek yang cuma bisa jadi girlfriend dan Ms. Right Now. Makanya pas gue bisa jadi wife type, langsung pada kaget hahaha..

Kasus pertama, waktu Nadira baru lahir 2 mingguan. Gue masih tinggal di tempat nyokap. Terus temen lama gue, si Erni, telepon dan bilang dia mau jenguk. Yowis, gue persilakan datang.

Begitu Erni datang, gue lagi sibuk mandiin Nadira di kamar mandi atas. Sama nyokap, Erni disuruh langsung naik. Begitu liat gue lagi mandiin Nadira sambil nyanyi lagu anak-anak, mukanya Erni bikin speechless banget deh. Bengong sebengong-bengongnya!😆

“Terus terang, gue nggak nyangka bakal nemuin lo dalam posisi lagi mandiin anak. Gue expect lo lagi asik nonton TV sambil perawatan, trus anaklo diurus full babysitter. Gak nyangka lo bakal keibuan kayak gini, Ra,” katanya.

Trus muka dia tambah bengong pas liat gue fasih pakein baju Nadira, nyusuin, beres-beres, dst. Tambah heboh lagi pas gue bilang, gue nggak punya babysitter, nanti pengasuh Nadira baru bakal ada pas gue kerja, itupun freelance. Sungguh deh, hiburan banget buat gue liat muka dese😀

Komen-komen semacam itu pun buanyaaakkkkk gue terima di FB, pas gue awal-awal punya anak dan demen aplot foto Nadira di FB. Rata-rata temen jadul gue komen senada sama Erni. Biasanya ditambah komen begini: “Dari dulu kan lo nggak ada muka keibuan sama sekali Ra.”😀

Sodara-sodara juga sami mawon komennya. Apalagi pas gue belajar masak dan bisa bikin kue. Pada terkagum-kagum karena pada nggak nyangka😆

Sialnya, suami gue pun sempat berkomen serupa. Gara-garanya suatu hari, kita abis jenguk istri teman kuliahnya yang abis melahirkan. Trus si istri ini tipe yang tergantung sama baby sitter dan nggak mau nyusuin anak karena takut boobs-nya kendur gitu deh. Terjadilah percakapan seperti ini antara gue dan suami:

S: Ketebak sih, abis istrinya si X mukanya gaul begitu. Jadi nggak mungkin aja dia mau nyusuin.

I: Kalo aku gimana?

S: Ya terus terang, aku kaget lho pas kamu mau nyusuin dan bersusah payah ngurus Nadira sendiri. Abis muka kamu setipe sama istrinya temanku tadi.

I: *toyor pake pampers bekas Nadira eek*

Kalo gue ngereview-review, sambil ngaca lah yaw, gue sih terus terang nggak pernah ngerasa cakep, dandan, stylish, gaul, apapun itu lah. Penampilan juga jauuuhh dari spektakuler. Bisa-bisa diketawain member forum FD yang kece-kece deh kalo gue ngaku begitu😀 Tapi kenapa aku selalu jadi obyek misunderstood yaa? *bertanya pada rumput yang bergoyang*

Anyway, gue yakin, banyak banget cewek-cewek bernasib sama dengan akyu. Apalagi di dunia ibu-ibu. Kalo ada ibu muda yang kece, stylish dan terpoles, stereotipenya adalah “Nggak ASI, nggak RUM, melahirkannya pasti C-section karena takut sakit, tergantung nanny, hobi nyalon, belanja dan hang out trus anaknya ditinggal mulu sama ART, nggak bisa masak, nggak bisa crafting, etc”.

Kesannya jadi ibu-ibu itu kudu lusuh dan kuyu supaya disangka ibu yang baik dan benar. Sama kayak stereotipe anak pinter itu pasti mukanya geeky yak. Cih! Padahal mah banyak lho ibu-ibu cantik nan keren yang ternyata “menyalahi” stereotipe di atas. Kayak Astri Nugraha yang tersohor itu lah🙂

IMO, yang penting mah, nggak krisis identitas ya. Lagian, mending di-underestimate orang tapi in real life-nya oke kan, daripada dianggap oke, tapi aslinya cupu. Ya nggak?😀

*kalo ada yang mikir postingan ini mengandung unsur-unsur pamer diri sendiri, yaaa begitulah kakaakkk… Dimana lagi aku bisa pamer selain di blog sendiri? :D*

Btw, baru nemu gambar ini. Not that I claim myself a supermom, but I find this pic funny and cute. Sukaaa banget!

45 thoughts on “Mizunderstood

  1. tulisanmu yang ini bikin ngakak sekaligus terharu mba Ira… :’)
    gw dulu juga dikira bakal nikah paling lama krn dl org ngeliat idup gw habisnya buat maen kesana kemari..
    dan banyak jg yang ga nyangka gw bisa jg nyusuin anak..trus juga masih melakukan hobi njahit gw…
    ya ituu..kalau org suka menggeneralisasikan akhirnya bisa aja kejebak…..:)
    Salut padamu mba Ira yang bikin banyak org terbengong-bengong! hihihi

    • ya ituu..kalau org suka menggeneralisasikan akhirnya bisa aja kejebak…..:)

      Hihihi.. Iya!😀

      Tapi terus terang gue seneng lho bisa “menjebak” mereka. Hiburan banget deh liat reaksinya😆

  2. Toss ah, Ra.
    Gw juga sering disangka gak karuan gitu.
    Mungkin karena kita petakilan kali ya. Dulu ada temen gw yang kalem, pendiem, pokoknya Angelish banget deh.
    Gak nyangka ternyata lama-lama ketauan belangnya.
    iiih mending kayak kita sekalian ya, Ra…

    • Ho-oh Ndah, gaya petakilan plus cengar-cengir bikin orang susah nganggep kita serius ya. Apa kita kudu berwajah solehah dan anggun ya supaya disangka ibu yang baik? Hahahaha…

      Nah yang soal angelic tapi ternyata belang-belang, banyak yang kayak gitu tuh. Ih mending petakilan kayak kite deh..

  3. Mba ira aku silent reader mu loh.. Blm prnh komen sblm ini. Walaupun tiap hari mantengin blognya.. Jadi aku ini your bigest fan. Seneng baca blogmu, semacam life guide buatku. Smoga nantinya aku bisa jd ibu yang canggih spt mu mba (FYI aku lg hamil 7bln). I think you are Supermom.

    • Aawwww.. Ya ampun Mbak Etha, gue bacanya jadi ke-GR-an sendiri nih, sampe hidung kembang kempis saking GR-nya. Makasih yaaa🙂

      Eh blog gue life guide apaan? Jadi serem sendiri, takut misguide orang soale hahahha😛

  4. Stereotyping.
    Sometimes I did that too. But then yea, I loved how I got myself surprised.😉
    Yang penting bagus kalo ketauan ternyata aslinya “lebih bagus” daripada yang dibayangkan yah ra, daripadi ternyata “lebih busuk” weeekks

    • Iya bener May. Temen gue cerita pernah ke mol dan satu2nya orang yang bantuin dia waktu anaknya muntah adalah ibu muda yang full tato+piercing. Ibu-ibu lain yang berpenampilan keibuan, melengos semuanya. Talking abt stereotyping ya🙂

  5. Jadi ibu yang keibuan adalah ibadah gue buat anak-anak, tapi jadi ibunya anak-anak yang kece pun adalah ibadah gw buat suami, so say no to ibu-ibu daster kucel hihihihi. Btw masalah ibu2x kucel jadi inget alm. Ully Artha jadi ibu yang dandan di sinetron trus komentarin penonton. Jawabannya kalau gak salah bahwa dia ingin mengajak ibu-ibu untuk meninggalkan stereotipe ibu identik dengan dasteran🙂.

    • Jadi ibu yang keibuan adalah ibadah gue buat anak-anak, tapi jadi ibunya anak-anak yang kece pun adalah ibadah gw buat suami

      😆😆😆

      Btw gue malah gak demen pake daster lho, Yas. Dulu berdaster ria di rumah cuma pas lagi hamil gede dan awal menyusui. Abis kalo tidur kan gue rusuh ya. Jadi kalo pake daster, sering kesingkap😀 Gue lebih demen pake kaos+celana pendek euy.

  6. Hahaahhaha mbak ira gayanya gaul soalnyaaa,jeans,kemeja,sepatu keren (pertemuan pertama yg berkesan :D) jadi temen2 nyangkanya mbak gaul n lupa anak😀
    Ada juga tuh mbak temen2 kadang nyangka kita ada KKN kalo misalnya kerja di tempat yg cukup oke *curcol*
    “Kerja dmn lu cik ? ”
    “Di …..”
    “Wah dibantuin bokap lu ya pasti ?”
    ‘_______’

    • Haiiz dibilang bergaya gaul. Jadi inget grup dangdutnya Saipul Jamil dulu, G4UL😀

      Eh masa sih Cik? Apa mereka meragukan kemampuanlo bisa dapet kerja di tempat yang sekarang? Ih nyebelin amat😦

      • Hahahaah mbak ira ih kok ingetnya ke bang ipul siiih😀
        Biasa mbaaak,temen2 itu liatnya cika maen2 mulu kali pas kuliah jadinya meragukan hihihihi

  7. Tosss Raaaa, gw pun suka digituin org lho..
    Contoh yg br terjadi aja 2hr lalu, tmn kntornya suami gw yg emg dulu nya jg tmn2 gw krn gw pernah sekantor sm suami, mrk blg ke suami gw (agak mastiin sih kynya :p) apa bnr gw bs urus anak? hahahhaha secara dlu diliat sm mrk kan gw jauh bgt bs jd ibu yg baik😀 dan suami gw jg blg ke mrk klo gw yg urus anak gw sndiri hihihi

  8. Ahh gimana liat lo kian hari +kuyusss ya Raa..?! Wkwkwk ;D +hitzzz donks ahh! Seruu tp yaa emang moment2 begini hihi..

    “Nggak ASI, nggak RUM, melahirkannya pasti C-section karena takut sakit, tergantung nanny, hobi nyalon, belanja dan hang out trus anaknya ditinggal mulu sama ART, nggak bisa masak, nggak bisa crafting, etc”

    Hiks gua c-section padahal udah sampe bukaan 10 gimandang donkk?! Huhuhuuu.. Udah bener2 yg very last push si Calibre capek dan miringin kepalanya yg bikin impossible lanjut terusss (pdhl udah sempet keliatan kepalanya).. Nyusuin jg semangat tinggi tp lantas mastitis, sampe 2x yg akhirnya impossible jg utk lanjut terusss huhuhuuu.. Untung colostrum udah full buanyaaakk bgtt 2 bln pertama.. But it’s all worth it anyway!! Kita bisa and for sure emang kita Ibu-Ibu hebbbatttt!!!! 🙋🙋🙋🙆

    *peluk Ira*

    • Ya ampun Dis, baca ceritalo soal kelahiran Calibre jadi linu. Temen gue juga ada yang kayaklo, udah keliatan kepalanya, tiba-tiba si anak keluar tangannya duluan. Sampe perawat, dokter dan suami temen gue kaget plus jerit. Alhasil langsung dibawa ke ruang operasi takut kenapa-kenapa. Gue salut ih sama lo dan temen gue itu. Berarti sakitnya dobel-dobel kan, wong temen gue udah digunting segala Ms. V-nya supaya jalan lahir lebih gampang. Thumbs up!

  9. Yap, sama tuh aq sih sering disangka bukan anak gaul. Tapi anak kecil, mungkin karena dari postur tubuh yang super s sized (udh hamil 4 kali BB 40 kg), wajah yang cenderung sok muda wkwkwkw, sifat yang petakilan, cekakan ga jelas, sering becanda, ga serius. Jadi mereka sering amazed kalo ternyata aq bisa ngasuh 3 anak sendiri ga pake BS, kalo ART iyalahhh masih pake, aq kan ga sesuperwoman seperti mbak Astri wkwkwkw
    Dan komentar yang paling sering aq dengar
    “Kecil-kecil gini kok bisa sih mel, ngelahirin 3 anak?”
    “Emang kuat gitu gendong anaknya kalo anak kamu sakit?”
    “wah anak kecil bisa juga punya anak”
    dan pertanyaan pesimis lainnya wkwkwwk

  10. hahahaha ini hampir mirip sm kakakq..dia kan cucu pertama dr pihak papa dan pihak mama..jdnya manjaaaaaaaaaa bangeett..smp org slalu blg,pgn tau deh nti klo berumah tangga pny anak bs ga dia ngurusi rmh dan anaknya..
    ternyata dia bs masak,rumahnya slalu rapi dan bersih,anak2 pun terurus dgn baik,malah aq kdg nitip anakq jg disitu,jd ada 3 krucil dan dia ttp bs handle,hehehehe

    • Waah hebat banget Mak kakaklo. Dia bisa mengalahkan sisi manjanya untuk jadi ibu yang baik ya. Padahal bakal lebih gampang buat dia untuk menyerah pada anggapan orang lain tentang dirinya. Lebih banyak orang yang gak mau ribet. Dikasih stereotipe manja, malas, etc, trus ikut arus aja, nggak mau susah payah menentang dan membuktikan kapabilitas dirinya. Hebat!🙂

  11. Hahaha gw suka bgt disclaimer di paragraf bawah hihi

    Wah mak,kocak2 bgt reaksi temen2 lo haha…krn gw kenal lo awal2 lewat blog&twitter jadi kirain ya emang aslinya dari dulu keibuan,maksudnya wajar ya masa muda seneng2 tapi memang tipe orang yang keibuan gitu apalagi dengan keahlian bikin kuenya hehe… Skrg gw liat malah kl di mall musimnya ibu2 modis,masuk ruang menyusui atau nyuapin anaknya pake bekel sendiri dan keliatan kereeeen bgt hehe

    Anyway gw jg dulu gitu,sampe pas gw lahiran tante2 gw dateng dari solo buat nemenin ampe 3-4 orang,karena nganggep gw g bisa apa2 haha…taunya mereka nganggur2 aja,malah pada jalan2 haha,bokap gw sampe komen ‘lina pas hamil ikut les2 ngurus anak apa gimana sih?’ 😠

    Trus soal citra ibu2 lusuh gw jg punya oendapat sendiri,gw punya sepupu yg begitu kawin,lusuh bgt,tas g pernah ganti,bajunya kedombrangan g jelas,ditelpon susah, gw sampe mbatin ‘knapa ya?emg kl punya anak kudu gt? Masa suaminya g protes?’ 2 minggu setelah lahiran,mo nimbang anak gw,krn badan masi g karuan&blom stok baju nyusuin,jd gw pake baju nyokap gw,yang modelnya masih lumayan deh,eh suami gw yg biasanya gak pernah protes,lgsg komen ‘kamu kok gitu bajunya?ibu2 banget,ganti ah,gak segitunya juga ampe pake baju ibu2’ yawda gw ampe skrg tetep pake/beli baju seperti gw biasanya deh hehe…kadang suka lucu jg sih,kalo kemodisan kesannya sibuk ama diri sendiri,tapi kalo lusuh kesannya g bs ngurus diri haha

    • Lah gue kan belajar bikin kue baru mulai pas Nadira makan MPASI, Lin. Abis itu baru deh belajar masak lauk. Dulu-dulu mah, mana bisaaaa😀 Iya skrg Alhamdulillah mulai banyak ibu muda yang peduli anak juga peduli penampilan. Jadi balanced gitu kan🙂

      Lo disangka gak bisa urus anak pasti karena lo anak tunggal ya? Jadi bokaplo sendiri pun menyangsikan hahaha..

      Eh bener tuh, kayak komen Tyas di atas, kita peduli penampilan kan sebagai bentuk kepedulian terhadap diri sendiri dan suami. Makanya bener katalo, suaminya sepupulo gak komen ya bininya jadi dandan asal gitu? Gue sih paham, pas abis brojol, sense of fashion gue kayak mengalir bersama air ketuban. Tapi mungkin karena gue kerja, jadi mau gak mau gue terpacu untuk tampil nggak buluk. Malu bok sama temen-temen kantor dan temen liputan😀

  12. Hahaha emang iya ‘ra..
    Gue juga sering disangka begitu, dimulai dari pas gue mau capcus keluar. Disangka gue bakal hamil sblom kawin *getok*
    Trus abis gue selsai kuliah dan kerja, disangka gue gak mau kawin karna ambisius karir. Pas gue ternyata udh kawin, pada kaget gue smpe sekarang gk pake babysitter, dan rela ambil maternity leave lama biar fokus gedein Saif *walo juga sering ngeluh bosen*
    Trus kmaren temen gue baru dari sini, abis dari Vienna, mereka ketemuan alma mater, pada gak nyangka gue bisa ngurus anak sendiri sambil masak nasi kebuli, soto Betawi, ayam gulai, dsb.

    Gue keinget omongan si Paris Hilton, its really easy to impress and amazed people when you are blonde! Maksudnya, gampang bgt untuk do something really good kalo orang pada underestimate kita, karena biasanya mereka gk fokus pada (keahlian dan skills) kita, instead mereka lebih fokus pada orang lain, dan bikin jalan kita terbuka lebar.
    Berterima kasihlah sm orang yang begitu ‘ra hahahaha..

    • its really easy to impress and amazed people when you are blonde!

      Ah yes, so true! Kalo orang udah underestimate kemampuan kita dan nganggep kita uncapable, pasti begitu kita melakukan sesuatu, ditanggapi dengan “woww..”. Lumayan juga yee😀

      My, kayaknya kita setipe deh. Gue juga dulu diduga macem-macem kayaklo. Makanya sama nyokap pas gue apply beasiswa ke luar, didoain gak lulus. Takut anaknya macem-macem, hahahha😀

  13. karena gw kenal ira dari jaman bergaul di weddingku terus lanjut di multiply, twitter dan akhirnya blog gw malah tahu ira emang jago ngurus anak, baking, masak…jadi sebenernya kalau di social media lo malah ga pencitraan yah hehehehe

    • Bukan gak pencitraan Res, tapi yang komen-komen itu kan orang-orang yang kenal gue zaman dulu, dari zaman jahiliyah hahaha… Padahal sekarang, thanks to motherhood, gue berubah dikit, agak keibuan. Kalo di socmed kan, emang gue mulai nongolnya pas udah jadi emak-emak. Jadinya, yah begitulah😀

  14. hahahah aduh Irra, aku juga ngebayanginya pasti enak deh liat tampang orang yg mizunderstood dirimu begitu. Bener katamu, emangnya harus bertampang kalem lemah lembut buat jadi emak-emak yg deket sama anak, mau masak buat anak dan pake daster ya. Emak-emak sekrg mah bisa pake boots dan tetep main sama anak, bisa punya tok*t oke padahal tetap menyusui *lho? sorry inget Irra inget t*ket* Aku suka dimizunderstood tp ya gak enak, dikira ngerokok gegara bibir ku item dan suaraku bas. Padahal kan aku cium bau asep aja batuk. Jadi suka ditanya “oh, berhenti merokok kapan?” Ini misunderstood yang nyebelin argh.,

    • Hahaha.. Buset, kenapa bawa-bawa t*k*t segala?😆

      Eh gue malah suka lho cewek suara ngebass yang serak-serak gitu. Menurut gue, suara kayak gitu seksi abiiss.. Lo berarti kayak Reza Artamevia ya. Dia pernah cerita, sering banget dituduh smoker karena suaranya yang serak. Padahal, meski dulu penyanyi kafe, dia paling benci asap rokok.

      Tuh bangga Ndang, lo ada temennya yang kena misunderstood. Artis pula😀

  15. Bisa masak wajar ya masuk kategori ‘mama-mama impian’. Tapi masa jago crafting juga sih, Ra? *makinHopeless*😛

  16. mbak iraaa..salam kenal.. aku silent reader nih. baru komen🙂

    Suka banget tulisannya. Speechless pokonya.Hahaha. *komen gw gak penting banget ya*. But i do want to let you know, that this post was amaaazzzing. Love it!

  17. Uwaaa terima kasih untuk tulisan ini :’)
    Gw pun merasa jadi barisan misunderstood ketika bokap nyokap super terharu waktu gw dilamar orang karena dulu mereka pikir gw akan masuk golongan perempuan yang nggak bakal mau nikah *buset deh paaah*
    Sekarang lagi hamil semua orang juga kayaknya mandang sebelah mata nganggep gw gak bakal bisa ngurus anak…
    Semoga beberapa bulan lagi gw bisa membuktikan kalau semuanya bisa dilakukan yaaa *AMIN*

    • Hahaha.. Tenang cyin. Kalo gue aja bisa buktiin bahwa gue mampu jadi emak-emak yang lumayan sukses (setidaknya menurut anak+suami :P), lo pasti bisa laahhh… Toss dulu ah sesama objek mizunderstood!😀

  18. Pingback: Oversensitive | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

