Resep Pekan Ini: Sup Iga Bakar

Ceritanya, udah 2x #TimEYD ketemuan di Bangi Kopitiam, SCBD. Dan di kedua pertemuan itu, menu makan gue sama, yakni Sup Buntut Bakar.

Awal pesen sih cuma karena gue penasaran. Eh ternyata rasanya enak banget. Jadilah di pertemuan kedua, gue order itu lagi. Dan tak tertutup kemungkinan, kalo ke situ lagi, gue bakal tetep pesen menu yang sama ๐Ÿ˜€

Rasanya emang beneran enak, tapi isinya dikit banget. Kalo gue bandingin sama Sup Buntut Bakar di Bakerzin, wah porsinya jauh. Yang di Bakerzin mah porsi gede. Yang di Kopitiam ini, cimit banget. Mana kuahnya cuma semangkok kobokan doang.ย  Udah harganya lumayan, eh porsinya dikit. KZL deh.

Alhasil, gue pun bertekad nyoba bikin sendiri. Berkat modal memori akan rasa makanan itu, gue pun berusaha mereka ulang dengan bikin sendiri di rumah. Ealah, koq harga buntut di supermarket mahal amat ya. Yang lebih murah adalah iga. Yowis lah, gue bikin aja Sup Iga Bakar. Tapi ini bisa juga sih untuk Sup Buntut.

Continue reading

Resep Pekan Ini: Bolu Pisang Ketan Hitam

Wiken lalu, gue ke Puncak bareng sodara-sodara dari nyokap. Tujuannya sih cuma kumpul-kumpul nyewa villa gitu. Seru-seruan lah, sambil mengenang momen masa kecil.

Dulu, alm Aki gue punya villa di Cisarua, yang bisa dipake anak cucu dan sodara-sodara sepuasnya. Kami sering menghabiskan akhir pekan atau masa liburan panjang di sana. Gak ngapa-ngapain sih. Cuma nginep di villa, berenang, dan main-main. Sebelum Aki meninggal, villa itu dijual dan sekarang, kami berusaha meneruskan tradisi itu dengan nyewa villa yang banyak bertebaran di Puncak.

Nah, kalo ke Puncak, gue selalu beli pisang Ambon yang dijajakan keliling oleh penjualnya, warga lokal daerah Puncak. Soale pisangnya cakep-cakep dan harganya relatif terjangkau. Jadi maruk deh gue, beli 2 sisir pisang Ambon padahal di rumah cuma ada tiga orang.

Meski Nadira dan bapaknya doyan banget sama pisang, tapi tetep aja jumlah yang gue beli kebanyakan. Alhasil, di hari Rabu, pisang-pisang itu udah mulai berwarna coklat. Di hari Kamis, udah coklat semua kulitnya.

Continue reading

Resep Pekan Ini: Garang Asem Slow Cooker

Ceritanya, tiap wiken atau hari libur, gue kan sering masak tuh, buat stok makanan di rumah. Maklum, kalo hari biasa suka gak sempet hehehe.. Nah, gara-gara itu, gue jadi kepikiran untuk bikin tema blog post mingguan. Jadi mulai Senin ini, gue bikin tema Resep Pekan Ini ya. Insya Allah resep yang gue tulis gampil-gampil dan foolproof lah. Sesuai kadar kemampuan masak gue yang minimalis ini juga sih ๐Ÿ˜€

Untuk edisi perdana, gue mau tulis resep Garang Asem Slow Cooker. Kemarin di IG sempet banyak yang nanya soale ๐Ÿ™‚

Masakan Garang Asem adalah salah satu favorit gue karena enak dan sehat, tanpa digoreng-goreng. Favorit gue adalah Garang Asem tanpa santan karena rasanya lebih light dan seger gitu. Nah, kebetulan, di daerah rumah, ada warung yang jual Garang Asem tanpa santan yang endeeuuusss berat. Plus, murah meriah pula harganya.

Tapi, sebelnya, gue sering kehabisan kalo mau beli. Tricky banget deh. Dateng ke warung pagi, belum mateng. Dateng ke warung siang, udah abis. Jadi aku kudu piye? ๐Ÿ˜ฅ

Gara-gara KZL, gue pun terobsesi bikin Garang Asem sendiri, dengan hanya mengandalkan memori lidah gue akan masakan Garang Asem di warung tersebut.

Continue reading

Resep Baked Rice with Broccoli, Chicken, and Cheese

Perpaduan ART pulper yang absen sebulan karena keguguran, Nadira sakit bolak-balik, work load tinggi dan tugas luar kota, bikin gak sempet-sempet deh nguprek blog. Tiap hari pusyiinng banget ngatur waktu supaya semua beres. Alhasil blog ini pun terbengkalai, padahal ide nulis sih banyak *somse*

Untuk pemanasan, gue mau posting resep aja ya. Ceritanya, minggu lalu pas gue ke luar kota, Nadira kan gue orderin ketring di sekolah. Trus di hari Jumat, ada menu Nasi Panggang Ayam Keju. Karena penasaran, gue order 2 dan minta dibawa pulang. Jadi gue bisa nyobain juga gitu hehehe..

Abis ngerasain sendiri, gue langsung kebayang bahan-bahan dan cara bikinnya. Seharusnya mah simple banget lah. Pas browsing-browsing resep nasi panggang keju di gugel, banyak metode dan varian yang bertebaran. Tapi semuanya tetep gampil.

Tadi pagi, sebelum berangkat kerja, gue sempetinย  untuk bikin nasi panggang versi gue. Gak ngikutin resep-resep di gugel samsek. Malah lebih bersifat eksperimen karena isinya sesuai yang ada ada di kulkas dan lemari doang ๐Ÿ˜›

Sempet deg-degan, kira-kira rasanya bakal enak atau ajaib ya. Barusan gue makan untuk makan siang, eh endeus bok. Layak dicoba bikin lagi next time nih gan!

Anyway, buat yang pengen nyoba (siapa tau ada gitu), berikut ini resepnya ya:

Continue reading

Resep Snack Foolproof untuk Bekal

Ini adalah lanjutan postingan tentang bekal kemarin ya. Karena yang kemarin udah kepanjangan, resep-resepan yang gue udah praktikin dan contek dari berbagai sumber pun gue taro di sini.

Sebenernya sih ini maksudnya buat dokumentasi pribadi karena gue sering lupa resep makanan yang pernah gue bikin, apalagi kalo udah lama gak praktik. Tapi kalo ada yang mau nyontek, silakan aja ya. Yang pasti, dijamin capcus dan foolproof lah. Pokoke, kalo gue bisa bikin, pasti semua orang bisa. Selamat mencoba!

P.S: Kalo ada yang punya resep-resep gampil surimpil kayak gini, kasitau yaa supaya bisa disontek juga sama akyu ๐Ÿ˜€

Continue reading

#8 Baking Passion (and Some Easy Peasy Recipes)

Okeh, tema kali ini adalah rikues dari Sally, Cici, dan Tyas. Baru ditulis sekarang setelah akik punya oven baru, hehehe.. ๐Ÿ˜€

Kayaknya pernah gue bahas berkali-kali kalo gue itu aslinya gak bisa masak. Gue baru tergerak belajar masak setelah Nadira mau MPASI. Eh ambisi gueย keterusan gara-gara liat sebuah blog seorang pembuat kue. Dia cerita, baking passionnya dimulai gara-gara pengen bikin kue ultah anaknya yang ke-1. Pas sukses, dia malah jadi hobi bikin kue macem-macem. Akhirnya dia terima pesenan kue dan lumayan sukses.

Wah, waktu baca itu, gue ternganga banget. Kalo dia bisa, masa gue gak bisa sih? Jadi deh gue berambisi belajar baking, murni otodidak cuma hasil gugel resep, terutama dari milis NCC. Pernah sih ikutan cooking class gratisan sekalian liputan. Tapi to be honest, di cooking class itu gue justru sibuk nyemilin kuenya, bukan belajar ilmunya, hahaha ๐Ÿ˜›

Continue reading

Bacem Tempe Tahu

Dulu pernah baca resepnya di blog NCC. Tapi berhubung gue sotoy, resepnya gue otak-atik sendiri sesuai ketersediaan bahan. Jadi banyak yang di-skip kayak air kelapa gitu. Untunglah rasanya tetep enak hehehe… Oh ya gue biasanya bikin sekaligus banyak buat distok. Maklum, FBB, fans berat bacem ๐Ÿ™‚

Anyway, resep ini juga bisa untuk ungkep ati ayam dan bikin ayam bacem. Lebih enak sih emang pake air kelapa, tapi kalo gak ada pake air biasa juga gak apa-apa koq:)

Continue reading