Age Ain’t Nothing but a Number

Nulis postingan ini gara-gara seorang teman yang cerita tentang kakaknya. Jadi, si kakak ini, sebut aja namanya Mbak Rosa, masih single meski udah berusia late 40s. Dulu dia pernah punya pacar serius, tapi si pacar meninggal karena kecelakaan. Jadi deh Mbak Rosa males menjalin hubungan lagi sampe sekarang.

Nah, baru-baru ini, tiba-tiba Mbak Rosa di-pedekate-in sama teman keluarganya. Sebut aja namanya uhhmm Mas Dono ya. Mas Dono ini berumur 60-an, dan istrinya meninggal 3 tahun lalu. Dia ngerasa kesepian karena anak-anaknya udah berkeluarga. Dia sendiri udah pensiun, meski masih kerja juga jadi konsultan. Jadi ceritanya butuh teman untuk tua bersama gitu.

Pihak keluarga Mbak Rosa, termasuk temen gue, mendukung banget usaha pedekate ini. Apalagi Mas Dono meski udah pensiun, tapi masih berpengaruh dan bisnisnya lumayan sukses. Jadi secara finansial, oke lah ya. Mbak Rosa juga tampak tertarik. Sekarang tinggal nunggu perkembangannya aja nih, bakal jadi atau nggak🙂

Denger cerita temen gue, gue jadi liat aspek lain. Dari pengalaman sodara-sodara, teman atau orang-orang yang gue kenal, gue lihat wanita lajang (either single/divorced) yang berusia matang  hampir selalu dijodoh-jodohkan dengan pria berusia matang juga, yang rata-rata udah pernah nikah. Kalo wanita-wanita tersebut hook up sama cowok-cowok lajang yang berusia di bawah mereka, pasti dituduh macem-macem. Contoh: R4ff1 dan Yun1, yang jadi celaan dimana-mana.

On the other hand, banyak banget pria-pria lajang (either single/divorced) yang bisa dengan mudah mendapatkan cewek-cewek ABG tingting (tanpa Ayu) dan berusia separuh mereka, dan masyarakat gak akan menganggap itu sebuah skandal. This, for me, is so unfair. Gak suka aja gue kalo perempuan dilarang ini itu cuma atas nama kepatutan, sementara laki-laki gak masalah.

Terus gue jadi teringat zaman gue jomblo dulu. Suatu hari gue beli DVD berjudul Prime. Gue beli cuma karena yang main Uma Thurman, dan kategorinya Komedi Romantis. Gue gugel, kisahnya menarik.

Pas gue tonton, ya envelooppeee… Akika sukika deh! Kisahnya tentang Rafi (Uma Thurman), wanita karier in her late 30s, yang pacaran sama David (Bryan Greenberg), a painter in his 20s. Meski beda umur, tapi hubungan mereka oke berat karena saling mencintai. Everything runs smoothly til Rafi knows that her therapist is David’s mom. For complete details on the story, you can read here.

Reaksi gue abis nonton film itu? Tentu aja optimis bahwa kalo gue masih terus melajang sampa usia 30 or 40an, gue bakal tetep bisa dapet brondong sekeren David!😆 Tapi abis itu langsung sadar diri. Lah Uma Thurman kan di usia segitu tetep kece dan langsing (!). Sementara gue, waktu itu di usia 20-an aja jauh benget kalo di-compare sama Mbak Uma. Langsung deh rajin pake krim anti aging dan rutin nge-gym supaya langsing😀 *cetek*

Apa inti dari postingan ini? Kagak ada sih. Cuma pengen nulis apa isi hati dan perspektif gue tentang perbedaan usia antara pasangan aja. Menurut gue, perempuan lebih tua daripada pria di dalam sebuah relationship itu oke-oke aja ya. Walau gue bukan pelakunya, mengingat suami gue lebih tua daripada gue, but I was open to that option. Usia bukanlah faktor utama gue dalam mencari pasangan. Mungkin kalo gue sekarang masih single, gue bakal cari cowok yang oke dalam artian cucok sama gue, whatever his age is. FYI sampe sekarang, salah satu serial favorit gue adalah Cougar Town-nya Courteney Cox hihihihi..😉

Anyway, yang belum nonton Prime, silakan nonton trailernya ini ya. Ah jadi pengen nonton lagi deh🙂

18 thoughts on “Age Ain’t Nothing but a Number

  1. eh gue dulu niat bangat nonton Prime, karena sok disamasamain sama kisah gue jaman itu.. pacaran ama cowok lebih muda gitugitulah. Tapi gak pernah sampe abis, karena DVDnya scratch. Mungkin itu pertanda, karena kemudian hub gue juga gak lanjut sih.. *HALAH dipas-pasin* hihihihi.. tapi iya, filmnya menarik🙂

  2. Film prime itu juga sakseus bikin gue nangis kejer2. Sbnrnya mereka putus bukan karena cuma perbedaan umur kan ya, tp juga beda agama, dan nyokapnya si david itu mengharuskan david dpt cewek jewish juga. Yah in the end emang too much perbedaan dan gue sedihhhh bgt kalo perbedaan ini jadi alasan mereka putus. Mana soundtrack nya pake lagu mas Rod Stewart yang i wish you love trus gue juga pacaran beda agama kan tuhhhh! *loh kok jadi curhat

    • Iya bener banget. Justru hambatan terbesarnya karena beda agama ya, secara David berasal dari keluarga Yahudi taat. Tapi yang keliatan jelas dan dikedepankan banget ya perbedaan umur itu. Mungkin supaya emaknya David gak berasa SARA-SARA banget hehehe..

      Oh jadi lo beda agama bok? Kalo dua-duanya moderat sih gpp. Tapi kalo dua-duanya atau salah satu soleh banget, rada susyeh yeee.. Watermelon!

  3. Komennya ttg prime nya aja soalnya g punya pengalaman ama yg lbh muda hihi, gw nonton prime waktu masih jomblowati nista, gebetan sih banyak, tapi gw yg ngegebet hahaha..jd perasaan gw ntn prime perih dah..uda gitu langsung jatoh cinta ama lagu i wish you love yg diputer di adegan david ngintip jendela kafe yg ada si Uma nya, lagu itu jadi kaya anthem gw deh..sampe2 gw inget banget waktu baru jadian ama suami gw, gw nulis status di fb kurang lebih ‘semoga gak nyanyiin i wish you love lagi’ alhamdulillah insyAllah g jd anthem patah hati lg amin..

  4. Hallo. Salam kenal jeng Ira, silent reader nih. Hmmm… gue sama suami gue beda 4,5 tahun lowh. Awal pacaran gue sempet melihat itu sebagai suatu masalah, namun karena suami gue ngga ngganggep ini masalah ya udah kita jalan terus deh.

  5. Prime….. nonton smp beberapa kali dan tetep ga bosen kalo ditonton ulang. cowonya cakep sihhh *hayah* dan ceritanya ujung2nya wise. suki suki. *blog walking :)*

  6. pernah nonton,emang film bagus banget…dah gitu film itu kayanya membenarkan teori kalo macarin cowo brondong,si brondongna pasti jatuh cintrong berat ama cewe yg lebih tua…liat aja kjadian kaya R4ff1 itu…i don’t know why…meskipun g dapet suami yg lebih tua, tapi g sukaaaa banget ama karakter cowona itu😀

  7. aku punya temen yang usianya udah hampir 40an dan perempuan menikah deket laki-laki yang baru lulus SMA. bukan karena alasan lain selain cinta. mereka rela ninggalin semuanya termasuk di “usir” sama keluarga untuk hidup berdua aja. dan mereka berhasil loh. bahkan sekarang sudah punya anak 2. keren banget deh…

Leave a Reply

