Bacem Tempe Tahu

Dulu pernah baca resepnya di blog NCC. Tapi berhubung gue sotoy, resepnya gue otak-atik sendiri sesuai ketersediaan bahan. Jadi banyak yang di-skip kayak air kelapa gitu. Untunglah rasanya tetep enak hehehe… Oh ya gue biasanya bikin sekaligus banyak buat distok. Maklum, FBB, fans berat bacem 🙂

Anyway, resep ini juga bisa untuk ungkep ati ayam dan bikin ayam bacem. Lebih enak sih emang pake air kelapa, tapi kalo gak ada pake air biasa juga gak apa-apa koq:)

Continue reading

Advertisements

Sop Iga

Sebenernya pengen bikin sop buntut, tapi ngeliat harga buntut di Superindo mahal banget, jadi beralih ke iga yang lebih murah deh hehehe… (#mak irit) Tapi gue pengen bikin sop iganya yang full rempah. Jadi deh nyobain pake resep ala sop buntut yang boleh nyontek di internet.

Trus, biasanya gue bikin iga selalu ngempukkin di panci presto ya. Nah kali ini gue mau mendayagunakan slow cooker aje. Soale gue harus akui, masak pake slow cooker itu hasilnya lebih gurih maksimal karena kaldunya keluar semua. Tapi kalo mau cepet, pake panci presto aja ya. Paling-paling cuma ngabisin waktu 1 jam.

Anyway, here’s the recipe. Menurut gue sih oke lah. Respon paling cihuy datang dari suami yang barusan BBM: “Sopnya wuenaaakkk..” Duh akika GR cyiiinn 😀

Sop Iga

Bahan-bahan:

500 gram iga (gue pake lebih, sekitar 700 gram gitu)
3-4 buah wortel, iris-iris
2 buah kentang, potong kotak-kotak
Tomat
1,5 – 2 liter air

Bumbu:
Bawang putih (gue pake bawang putih yang udah diparut, sekitar 1 sdm)
Pala (gue pake pala bubuk karena nggak punya yang utuh, sekitar 1 sdt)
Cengkeh (gue pake cengkeh halus karena nggak punya yang utuh, dikiitt aja)
Lada halus (gue pake ½-1 sdt)
1 ruas jari jahe dikeprek + 1 batang kayu manis
Kaldu jamur Totole (jangan kebolak-balik huruf vokalnya nanti jadi porno hehehe)
Garam secukupnya

Cara membuat:
– Rebus iga sapi dengan air dingin sampai air mendidih. Buang airnya, masukkan iga ke dalam slow cooker.
– Tambahkan air dan bumbu-bumbu. Set slow cooker ke settingan low, masak hingga 8-10 jam.
– 2 jam sebelum sop matang, masukkan sayuran.
– Sajikan sop iga dengan taburan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Kalo mau pake panci presto juga bisa. Setelah iga direbus dan dibuang airnya, empukkan iga dalam panci presto selama 30 menit. Setelah itu masak seperti biasa deh. Selamat memasak! 🙂

Pepes Telur Asin

Ceritanya, mertua gue baru balik dari Lombok dan bawa oleh-oleh berupa telor asin banyaaakk banget. Katanya sih oke banget kalo diceplok. Tapi lah masa ceplok mulu, bosen pan. Akhirnya gue gugling dan nemu lah resep berikut ini. Maap gak menyertakan link aslinya karena lupis cyin.

Hasilnya, endeus berat. Berhubung gue gak terampil bungkus-bungkus daun pisang, hasilnya belibet. Semalem pas nyoba untuk kedua kali, gue pake mangkuk alumunium foil aja yang dialasi daun pisang. Hasilnya tetep endeus deh. Selamat mencoba!

Pepes Telur Asin

Bahan:
5 butir Telur Asin Mentah
5 lembar Daun Salam
Lengkuas (potong tipis 5 bagian)
Serai (potong 5 bagian putihnya)
Daun Kemangi
Daun Pisang untuk membungkus
Cabe rawit merah (gue ulek bareng sama bumbu halus supaya lebih kecampur)
3 sdm santan kara encerkan dengan 50cc air

Bumbu: (haluskan)
8 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam (sedikit aja karena telur dah asin)

Cara Membuat:
– Tumis bumbu halus dengan 1 sdm minyak goreng, masukkan larutan santan, dinginkan.
– Siapkan daun pisang, susun lengkuas, serai, daun salam, pecahkan telur asin, tuang 2 sdm bumbu tumis, cabe rawit merah, terakhir tutup dengan daun kemangi, semat dengan lidi. (atau alasi cup alumunium foil dengan daun pisang lalu taro daun salam, lengkuas, serai, daun kemangi, telur asin, dan bumbu, baru dikukus)
– Kukus hingga matang.
– Bakar sebentar di atas bara api, untuk menghasilkan aroma harum (kalo yang pake cup alfoil gak usah dibakar)

Ayam Goreng Kuning

Ini ayam goreng yang selalu tersedia di kulkas gue. Bikinnya gampil dan supaya cepet, pake bantuan panci presto dong yaaa.. Awalnya dikasih resep sama temen, tapi cuma basic-basicnya aja. Ke depannya malah gue suka modif sendiri takarannya.

Trus sisa bumbu biasanya gue simpan untuk tambahan kalo ngungkep ayam lagi, atau buat ungkep tempe/tahu, or bumbu soto ayam. Mayan, hemat tenaga ngulek 😀

Anyway here’s the recipe ya

Ayam Goreng Kuning

Bahan:
1 ekor ayam (gue selalu dipotong 12)
3 lembar daun salam
Lengkuas sejempol
Garam sesuai selera
Air

Haluskan:
2-3 sdm ketumbar
1 sdm kemiri
7 bawang putih
5 bawang merah
Kunyit sejempol

Cara membuat:
1. Rebus ayam bersama air, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan garam dalam panci presto. Proses selama 5-10 menit dihitung setelah panci berdesis.
2. Lanjutkan memasak dengan panci terbuka dan api kecil, hingga air menyusut dan bumbu meresap, kira-kira sekitar 20-30 menit.
3. Angkat ayam, goreng dalam minyak panas, atau masukkan ke dalam kulkas untuk stok lauk.

Ayam Goreng Lengkuas

Saat bikin proyek Nasi Uduk ini, sehari sebelumnya gue baru aja masak semur. Jadi gue langsung bilang ke hubby, lauknya ayam goreng aja ya. Trus gue tanya, mau ayam goreng serundeng atau ayam goreng gue yang biasa (yang ternyata belum pernah gue posting dimari yak. Next time deh). Doi minta ayam goreng serundeng aja, lebih matching katanya. Owkeh, ternyata gue pernah nyontek resepnya di web-nya Tabloid Nova. Langsung deh dengan pede tinggi bikin 2 resep sekaligus.

Hasilnya, not bad lah, meski ternyata kata hubby, dia lebih demen ayam goreng dengan resep mengarang bebas yang biasa gue stok di kulkas. Uhuy!

Ayam Goreng Lengkuas
Bahan:
1 ekor ayam (gue minta potong 12 supaya gak kegedean)
200 ml air (gue 100 ml aja karena mau pake panci presto)
2 btg serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk (berhubung gak punya, jadi gak pake)
1 sdt air asam
minyak goreng

Bumbu Halus:
6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
5 btr kemiri
2 cm kunyit
200 gr lengkuas, parut (gue lebihin supaya serundengnya lebih banyak)
1 sdt garam

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam dengan bumbu yang dihaluskan, serai, daun salam, daun jeruk, dan air asam, masukkan dalam wajan, masak sambil diaduk-aduk sampai ayam berubah warna. Tambahkan air, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap dan air habis. Angkat, sisihkan.
2. Pisahkan ayam dengan bumbu, goreng ayam sampai kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
3. Goreng bumbu sampai kering kecokelatan, angkat dan tiriskan. Taburi ayam dengan bumbu kering.

P.S: Berhubung eikeh rada-rada pemalas, gue mengkaryakan panci presto andalan untuk membantu mempercepat proses empuknya ayam. Jadi setelah ayam berubah warna di proses no. 1, gue masupin ayam+bumbu+air ke dalam panci presto. Lalu masak selama 5 menit, dihitung setelah panci berdesis. Setelah itu, buka tutup panci dan lanjutkan memasak sampai airnya habis dan bumbu terserap. Lanjutkan ke proses memasak no.2 dan 3. Lumayan, hemat 30 menitan lah 🙂

Kering Tempe

Dari kecil, makanan favorit gue adalah kering tempe. Berhubung nyokap gue males bikinnya karena ribet, jadi gue selalu ngefans sama kering tempe bikinan ART tante gue.

Nah gara-gara proyek nasi uduk ini, gue jadi kepikiran bikin kering tempe sendiri. Ambisius lah ceritanya *halah* Sempet agak khawatir koq gulanya gak kentel-kentel. Alhamdulillah hasilnya oke. Terharu deh kalo bisa bikin masakan favorit sendiri semasa kecil :’)

Anyway, here’s the recipe 🙂

Kering Tempe

Bahan :
– 750 gr tempe, iris korek api
– 10 btr bawang merah, iris tipis
– 6 bh bawang putih, iris tipis
– 5 bh cabe merah besar, iris serong
– 1 ruas lengkuas, pukul
– 2 btg sereh, pukul
– 2 lbr daun salam
– 2 sdm gula merah, sisir halus (gue kelebihan krn salah baca, tapi tetep enak koq)
– 5 sdm gula pasir
– 5 sdm air asam jawa
– 1 sdt garam
– 100 ml air
– 1 sdm chicken powder
– minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat :
– Goreng tempe dalam minyak sayur panas hingga garing. Sisihkan.
– Goreng cabe iris, bawang merah iris dan bawang putih iris masing-masing. Sisihkan.
– Panaskan lk. 4 sdm minyak sayur, tumis lengkuas, sereh dan daun salam.
– Masukkan gula merah, gula pasir, air asam, garam dan air, aduk rata biarkan mendidih,
– Masukkan chicken powder, masak terus sambil diaduk hingga gula berambut kental (sabar ya, aduk-aduk terus karena rada lama nih kentalnya)
– Masukkan tempe kering, bawang merah, bawang putih dan cabe goreng, aduk rata.
– Angkat, sajikan.