Review: Purbasari Lipstick Color Matte

Melanjutkan postingan tentang budget lipstick, yuk kita move on ke koleksi terbaru gue, yaitu Purbasari Lipstick Color Matte (LCM). Sesuai namanya, lipen ini berformula matte, cucok dengan kesukaan gue dan tren lipen terkini.

Dapet info tentang lipen ini sebenarnya udah lama. Biasaa, dari forum tercinta ini. Tapi somehow kurang begitu “duar” di otak. Apalagi counternya juga jarang ditemui kan. Gak ada iklannya pula, jadi brand awareness-nya minim. Trus, brand Purbasari buat gue koq lebih identik sama merek lulur ya?

Anyway, dua minggu lalu, pas ke Naga Supermarket di Jatiwaringin, gue liat ada kounter Purbasari Cosmetic. Tapi karena buru-buru, gue gak sempet beli. Tapi gue udah niat bgt untuk beli lah.

Sabtu kemarin, gue ikut Factory Visit ke pabrik susu Ultra bareng gank Mommies Daily. Di jalan, gue, adik gue dan IndahKur sibuk gosip macem-macem. Dari soal pembeti sampe makeup. Pas ngomongin lipen, gue cerita tentang rasa penasaran gue sama si Purbasari LCM. Langsung deh denger lipen kece dan murmer, adik gue dan Indah termehek-mehek keracunan. Pulang factory visit, Indah bahkan langsung ke Naga untuk beli lipennya. Sementara gue baru sempet beli pas hari Minggunya, sambil belanja bulanan.

Setelah iseng-iseng jajal di tangan dan bibir, gue putuskan untuk beli yang no 82 dan no 83. Sebenernya, kedua warna ini agak mirip. Tapi yang 82 lebih kereng warna pink tua-nya. Sementara yang 83 lebih kalem, jatuhnya jadi kayak mauve gitu yang lebih netral dan cocok untuk sehari-hari.

Gini nih penampakan di bibir gue:

PhotoGrid_1440486659218*no 83 yang kiri, no 82 yang kanan*

Untuk review-nya, gue bakal banyak comparing sama lipen selevel yang gue punya, yaitu Wardah Longlasting Lipstick (Wardah LL) dan Wet n Wild (WnW).  Kira-kira gini penjabarannya:

– Tekstur: matte, tapi gak bikin bibir gue terasa kering. Jadi masih nyaman dan gampang diratain. Padahal pas nyobain di foto atas, gue gak pake lip balm dulu, plus lagi puasa pula. Dari pertama pake sampe sore, bibir tetep berasa nyaman. Beda sama Wardah LL yang bikin bibir terasa kerontang kalo sebelumnya gak pake lip balm. Purbasari LCM gak streaky dan gak patchy pula. Enakeun lah.

– Harga: di Naga SPM sih 35 ribu. Tapi kata temen gue, di pasar Blok M cuma 30 ribu, bahkan jadi 25 ribu kalo beli 2. Wah murce banget ya. Dibanding Wardah LL yang harganya 40rb-45rb atau WnW yang harganya 40rb-60rb, tetep lebih murah.

– Warna: opaque banget. Sekali pulas langsung warna bibir asli ketutup lipen dan full colour (apa sih kayak ngebahas pasfoto aje). Sayangnya, pilihan warnanya dikit.

IMG_20150823_144457_1440486895893*swatch di tangan yang atas no 82, yang bawah no 83. Lipennya yang kanan no 82, kiri no 83*

purbasari

*keseluruhan koleksi warnanya. Dikit banget ya?*

– Kemasan: tube panjang langsing warna hitam dengan aksen gold. Menurut gue sih kualitasnya cukup. Apalagi lipstick bullet-nya gak gampang copot dari casing, gak kayak Wardah LL. Diputer-puter juga gak bikin khawatir. Kalo Wardah LL kan bikin deg-degan muter lipennya karena takut copot tiba-tiba.

IMG_20150825_140855IMG_20150825_124417*no 82 kiri, no 83 kanan*

– Staying power: awet banget, serius! Dibanding Wardah LL lebih baik. Bahkan kalo dibanding Wet n Wild yang formulanya mirip, wah jauuh banget deh. Kalo WnW mah transferable abis. Nempel di gelas lah, sendok lah, kerah baju lah, dll dsb. Kalo Purbasari Matte Lipstick ini masih nempel sih di gelas, tapi cuma dikit. Jadi bertahan di bibir pun lumayan lama.

– Berat isi: Purbasari Matte Lipstick 4 gram. Bandingkan dengan Wardah LL 2,5 gram dan WnW 3,3 gram. Paling banyak yaaa…

IMG_20150825_124718

– Wangi: Ada wangi kayak minuman/kue gitu sedikit, tapi gak kenceng. Not bad IMHO.

– Availability: gue sih baru nemu di Naga SPM, yang cuma ada di beberapa lokasi di Jabodetabek dan ngetop karena harga barang-barangnya yang cukup miring. Selain itu, beberapa temen ada yang bilang kalo Purbasari dijual di dan+dan, toko kosmetik di pasar tradisional/modern, dan Borma SPM di Bandung. Jadi maap, buat yang biasa ke Sogo atau Metro, gak bakal nemu lipen ini shay😛

Udah ya segitu dulu review kali ini. Kayaknya sih gue masih bakal nyoba warna-warna lain deh. Kemarin sempet mau beli yang no 90 karena heits banget dan nude-nya cakep. Untung pas nyoba gue tersadar, lho koq warnanya mirip sama LA Girl Flat Matte gue yang warna Fleur? Hihihi..😀

Buat yang pengen lipen murmer tapi kece, silakan jajal Purbasari ini ya. Dan ini bukan sponsored post lho. Meski kalo dikirimin lipen lain dan produk lulurnya, akoh gak nolak sih *mureee lo Ra*

Edited:

Oh ya, untuk referensi warna tambahan, ini gue ada foto penampakan Purbasari no 84, 85 dan 90 pas gue pake. Semuanya enaaakkkk.. Bahkan lipen Purbasari jadi my go-to lipsticks tiap hari bok.

Deskripsinya: no 84 mirip sama MAC Ruby Woo yang merah terang. No 85 warnanya pink strawberry yang jreng ceria. Sementara no 90 warna nude peach yang aman untuk sehari-hari.

Tapi yang no 85 sekarang diembat nyokap, sementara yang 90 gue hibahkan ke temen gue di Warsawa. Ceileh Purbasari goes international nih ye, gak kalah sama Agnez Monica! 😁

image

55 thoughts on “Review: Purbasari Lipstick Color Matte

  1. aku pake yg no 90, mbak. kece bingits buat sehari2. con nya katanya bikin oksidasi di bibir, mbak. tapi hamdallah di aku enggak. palingan agak gremet2 gitu sama mbak spg naga yg kurang greget gitu ngelayaninnya😀

    • Bahahahhaa.. Tapi IMHO lebih ramah SPG Naga dibanding sama SPG Tip Top Mbak. Kalo Tip Top, buset dah udah jutek, sibuk gosip sama temen2nya, trus kayak gak niat ngelayanin gitu. Kalo SPG Naga masih mendingan lah🙂

  2. Mba, aku pake juga yang 90, warnanya oke buat hari hari.
    di sini masih 26 rebuan.. yang 83 kurang cocok kelewat pucat di bibir
    murmer deh..

  3. Asik asik, ada yang murah meriah begini. Boleh nih mampir ke Borma ntar. Masi newbie di dunia perlipenan mbaa . He he. Punya cuma Revl*n yang glossy dan cepet ilang sama Or*flame matte yang kering di bibir ><

  4. di Aeon juga jual mak. 32 rebu satunya
    Pas gw beli kemaren stoknya tinggal dikit. Kata mbaknya lagi laris banget nih lipstik, banyak yang nanyain.
    Gw beli no 90, mayan euyy.. cucok dah di gw

  5. wah ciyus di borma ada mbak?gawat ini mah heheh

    duh review lipen mbak ira selalu ngeracunin deh..terakhir nyobain si rire juga karena review dari siniii..
    lanjutkan mbak!:D

  6. Pingback: Obat Ganteng untuk Alis | The Sun is Getting High, We're Moving on

  7. Seru banget nih review lipstik nya. Ternyata produk lokal buatan Indonesia gak kalah bagus dengan produk impor dan harganya juga ok; tapi sayangnya, kemarin sempat baca berita ternyata masih ada aja orang yg berani produksi & jual kosmetik palsu seperti yg telah dirazia di area pasar asemka – dikabarkan polisi berhasil menjaring sekitar 6000 buah produk kosmetik bajakan/palsu..

  8. bener bgt tuch mba, lg ngehits bingits…
    klo mau pesen ke aq bisa ko langsung dari pabriknya… (scara karyawannya) dijamin ga nyesel dech

  9. Mbak Iraa, thanks review nyaa, aku berhasil teracuni… telat banget ya komennya.. kira-kira kalau di toko kosmetik yang di moll ada gak yah? enw, salam kenal yaa \(^___*)/

  10. Pingback: Pencuri Foto di Medsos | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

