Contoh Emak Lebay (Edisi SD)

Gara-gara postingan Mommiesdaily hari ini kelebayan gue soal sekolah anak pun kembali muncul. Beberapa bulan lalu, gue pernah ribet sama urusan cari playgroup dan TK buat Nadira. Yah more or less udah nemu lah kira-kira yang gue mau kayak gimana.

Idealisme gue sih, pengennya di TK yang cuma bermain sambil belajar aja, bukan sebaliknya. Jadi lebih ditekankan pada unsur mainnya lah. Untuk itu, gue kudu cari SD juga toh? Kasak-kusuk sama Cimon soal SD udah dilakukan sejak lama, tapi entah kenapa kita nggak nemu-nemu yang oke trus kelupaan buat hunting-hunting lagi. Nah gara-gara postingan MD tadi, jadi OLBK (Obsesi Lama Bersemi Kembali) dah.

Kebetulan gue rada napsir sama SD Al Azhar. Kenapa? Karena sekolah ini sesuai syarat yang gue mau, yakni berbahasa Indonesia. Kalopun ada bahasa Inggris, Mandarin dan Arab, itu bukanlah bahasa pengantarnya. Trus basic agamanya juga oke.

Lho katanya pengen anak merakyat dan gak borju? Nah ini dia masalahnya. Aselinya sih gue pengen masupin Nadira ke SD Negeri Unggulan atau percontohan gitu. Tapi, gue baca dimana-mana, untuk masup SDN umur anak harus 7 tahun. Kalo di bawah itu masih bisa, tapi tetep diprioritaskan yang umur 7 tahun.

Kemudian, guru-guru di SDN rata-rata gak mau repot, maunya terima beres. Jadi anak harus udah bisa calistung (baca tulis hitung) dengan seksama. Mereka nggak mau meng-handle anak-anak yang masih meraba-raba. Trus gue baca di thread MD soal cari SD untuk anak, PR yang dikasih gak kira-kira. Dan tadi Jeng Endah @aishaazahra cerita tetangganya yang anaknya di SDN juga shock karena terlalu berat pelajarannya.

Jadilah gue melipir aja dah ke SD Swasta. Awalnya sempet pesimis sama Al Azhar karena denger-denger kan mihil abis ya. Eh di artikel MD tadi, Al Azhar Kembangan koq lumayan masup budget ya? Iseng-iseng buka situsnya di sini ternyata di Sentra Primer Pulogebang ada SD Al Azhar. Walah, gak terlalu jauh itu mah dari rokum gue.

Sebagai emak lebay, langsung dong akika nepsong cari tau soal biaya perskulan di SD itu. Berikut hasil tilpunan gue dengan Pak Nurdin yaa..

Biaya SD Al Azhar Sentra Primer tahun ajaran 2010/2011

– Uang Pangkal: Rp 18.750.000 (untuk kegiatan dari kelas 1 sampai kelas 6, gak ada daftar ulang, cuma ada uang buku kurleb 1jt/thn)
– SPP perbulan Rp 650.000 (termasuk ekskul kesenian seperti biola dan band, olahraga seperti silat dan futsal, etc. Ekskul yang harus bayar adalah B.Inggris, Science Club, B. Arab dan B. Mandarin)
– 1 kelas terdapat 36 anak dengan 2 guru (1-2 sd). Untuk kelas 3 ke atas 1 kelas 1 guru.
– Uang pangkal kurleb naik 10% (+/- 1jt-an) pertahun
– SPP tahun depan naik jd sekitar Rp 675rb-700rb
– Seleksi masuk sekolah -> Dilihat emosional anak, kemampuan baca (tapi gak terlalu ditekankan)
– Pendaftaran dibuka tiap awal desember, bisa membeli formulir 150rb
– Kantin ada 2, trus ada juga catering di sekolah
– UAN lulus 100% dengan nilai 8 ke atas

Gimana-gimana, ada yang tertarik? Yuk Cimon kita lanjutkan surpei-surpei kita yuukk… 🙂

22 thoughts on “Contoh Emak Lebay (Edisi SD)

  1. Yang begini ini nih sangat bisa diandalkan, aku senaaaaangg.. kelupaan deh kapan dia open house nya yah ra ? penasaran deh pengen gue samperin. Ebusettt..plegrup duluuu plegruuuppp… Hhahahahahaaa

    • HAHAHAHAAAA..!!! Kita liat Bunga Amalia aja belom, ini udah nyari SD ya bookkkk… 😀

      Gue kemarin telp-nya sampe bokis-bokis dikit, ngakunya anak gue bakal masup SD tahun depan. Padahal kan tahun depan aja baru masup pleigrup 😀

  2. emak emak lebay bgt yaa mak..gw pun jg sdh mhitung dapend buat 2 anak selanjuutnya..bharap msh bs hml-mlhirkan 2x lagi,soale uda 3x SC..:p wish all the best for u n ur daughter 🙂

  3. wuih keren amat ini infonya, jd cukup tergoda..
    kl dari jtbening kejauhan gak ya? ada jemputannya kali ya..
    sebenernya sih pgnnya kl sekolah gak gitu jauh & ga menyusuri daerah macet. Ya macam gw dl SD, bisa naek sepeda pulper or jalan kaki dah gitu sekolah negri. Tp skrg kyknya susah bener nemu skolah model gitu ya 😦

    • Kemarin gue tanya, ada jemputannya koq Rin. Tapi kata si Pak Nurdin, dikelola oleh koperasi sekolah, bukan yayasan. Gue rasa sih banyak lah yang ke Jatibening.

      Gue juga pengennya yang cuma kepleset nyampe. Tapi apa daya susah euy 😦

    • Iya Del, ini Al Azhar di deket Walikota Jaktim. Lumayan kan deket dari rumahlo? Eh kayaknya Syasya bakal seangkatan sama Nadira deh. Nanti kalo udah lookie-lookie ke sana, gue kabar2i ya. Sekarang mah fokus ke pleigrup aja dulu, hihihi..

      • iyaa nadira bakalannya seangkatan nih sama syasya.. sma nya di 12 juga yuuk..hihihi masih lama bgt yak?? ;p.

        ditunggu infonya yah..soalnya ke walikota mah deket ..

        kalo plei grup sih syasya udah masuk..n masih bolong2 masuknya..kadang mau kadang nggak..terserah mood nya aja n tergantung ada yg bisa nganter atau ga..hihihi..

  4. Wuih mgk krn di Jekardah yah jd lebih mahalan, klo di Al Azhar sini ga sampe segitu biayanya. InshaAllah rencananya mulei PG sampe lulus SD, KiKa mo pada sekolah di Al Azhar tapi dr sekarang udah mesti daftar dulu, soalnya tempatnya terbatas jadi utk tahun ajaran 2012 sama 2013 KiKa udah pada daftar 😐 ini info dr guru disana.

  5. Hehehe…di Al-Azhar sini pelajarannya juga bikin emaknye shock, Ra… Tp paling enggak dgn dibantu 2 guru anak gw ga terlalu stress ngadepin pelajaran yg susah..dan sekolah jadi fun buat dia. Ee..tapi peran serta ortu jg dibutuhkan lho ya…jgn diserahin full ke guru juga.

    Bukannya gw gak prefer ke SDN. Di SDN jam pelajarannya super singkat sih, Ra. Cuma 2 jam aja, ga maksimal dpt ilmunya. Udh gitu sayang sm seragamnya cuma dipake buat 2 jam doang…:)) eh, itu SDN di deket rumah gw ya, kalo SD percontohan/SSN gw gak tau metoda pembelajarannya gimana..

    • Iya Ndah, gue baca di thread di MD, katanya Al Azhar itu pelajarannya juga segambreng ya. Tapi bener katalo, karena gurunya ada 2 trus murid gak terlalu banyak, jadi anak lebih diperhatikan. Dan setuju juga Mak, orangtua harus berpartisipasi karena, seperti Bu Elly dilang, the best education comes from parents. Malah kalo ortu sanggup mah, homeschooling justru lebih bagus katanya 🙂

  6. Heh heh, coba ya kalian berdua, loe sama CiMon gosip Al-Azhar kok gak ngajak-ngajak gw. Giliran gosip berbobot ginih kalian lupakan gw. Giliran asemka aja, nowel-nowel.
    Makanya tanya gw dong hah hah hah *somboooong*.
    Gw udin kelar ngitung-ngitung tuh Al Azhar Kemang Pratama sama Al Azhar JakaSampurna. Nah yang belon tuh kepastian harga SMA Kanisius. *wedeeew…ternyata gw emang lebih super uber lebay yak*
    **siyap-siyap dikecam socmed deh ah**

    • Hahahaa.. Assiikkkk.. Ntar kirimin file-file hasil surveilo ya Ndah. Jadi gue dan Cimon udah terima beres gitu ganti *ongkang-ongkang kaki*

      Ih eksis ih Athia bakal masih Kanisius. Nadira mah masup sekolah negeri aja daahh.. 😛

  7. Tetanggaku ada yang SD nya di Al-Azhar Sentra Primer mam. Lumayan sih kalau dr rumah. Kalau ikut jemputan jam 6 udh harus berangkat…hiks…pagi amat. Pikir2 kalau SDN kayaknya Dita susah masuk krn katanya harus 7 th ya. Dita umurnya ngepas…pas lulus TK pas 6 th soalnya kelairan Juni. Ntar deh…survey2 lagi…terpikir sih di SD Mentari..dkt banget sama rumah ..tp blm survey ke sana. Atau ya SD terusiannya dari PG-TK juga ada sih…. nanti ditimbang2 lagi …:-)

    • Bundit, wajar atuh jam 6 harus berangkat. Kan sekolah sekarang masuknya jam 6.30. Malah kalo rumahnya jauh, kudu kayak temenku, berangkatnya jam 5.20 dari rumah, hehehehe.. 🙂

      SD Mentari dimana tuh Bun? Gue juga masih survei supaya cari yang lebih deket nih.

  8. Pingback: Itung-itung Biaya masuk SD « Ummu Akbar-Aisha-Azzam

  9. Pingback: Survei SD (Lagi) Ah « The Sun is Getting High, We're Moving on

  10. Pingback: Don’t Eat What You Can’t Swallow « The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Tentang Pendidikan Anak | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment