Socmed Oh Socmed

*Sebenernya postingan ini udah ada di draft lamaa banget. Tapi ketlisut dan lupa di-posting. Nah gara-gara tadi iseng baca potingan blog-nya Mbak Indah seleb idolaku yang soal twitter, jadi inget punya postingan ini. Yo wis marilah kita memostingnya, cencu dengan apdetan sesuai sikon terkini ya.*

Sejak era Friendster, gue termasuk orang yang ikut aktif di socmed. Dulu malah sering banget menggalau di bulletin board-nya. Maklum namanya juga jomblo kronis trus sering begadang di kantor pula, hahaha… *tutup muka*

Banyak lah kenangan gue di FS. Meski lama kelamaan jadi garing dan membosankan, gak bisa dimungkiri, FS played a small part in me. Makanya pas ditutup dan berubah haluan jadi web khusus games, gue sampe bikin postingannya di sini.

Abis FS, mulailah ikutan Facebook. Di sini lebih banyak yang bisa dieksplor ya dibanding FS, menurut gue. Tapi ya gitu, lama kelamaan jadi bosen juga. Mana banyak online shop yang hobi ngetag-ngetag seenak perutnya gitu. Bikin bete dan jadi males deh bukanya. Kebetulan juga komputer di kantor lagi agak lemot gara-gara baru pindahan. Jadi tambah males gue buka FB.

Trus pas era twitter, terus terang, gue agak telat ikutannya. Baru mulai sekitar 1,5 tahun yang lalu lah. Itu pun awalnya gagap bener. Yang gue follow macam seleb-seleb idola macam Oprah Winfrey, Anthony Bourdain dan John Legend, selain beberapa temen yang gue kenal.

Semakin lama, pas udah tau selahnya, twitter becomes a new playground for me. Dapet banyak info tentang berbagai macam hal, dapet banyak teman dari berbagai belahan dunia, juga dapet berbagai racun dari berbagai orang. Eh pengakuan, gue termasuk salah satu yang hobi nebar racun sih, racun makanan tapinya, hahahha.. *wink to @yudithmangiri yang sering gue bully di twitter soal makanan😀 *

Peer group gue di twitter rata-rata adalah ibu-ibu muda seumuran gue (jangan ada yang protes!) dengan usia anak yang gak beda jauh dengan Nadira. Dari awalnya ngetwit soal anak dan keluarga, tukar informasi, sampe akhirnya joking around dan, gak jarang, bisa jadi teman baik.

Jadi jangan heran kalo twit-twit yang gue tulis rata-rata keibuan sekali yaaa..😛 Dan gue suka nggak enak lho sama twit friends yang kenal gue di luar lingkaran peer group ini. Either teman kuliah, sekolah, teman dugem zaman dulu, nara sumber atau teman kerja. Kalo ketemu, pasti omongan mereka “Bok, twitlo koq emak-emak banget siihh? Beda banget sama dirilo yang kita kenal.” Hihihihi..

Makanya suatu hari gue di-unfollow teman se-gank party-party dulu. Mungkin dia ngerasa nggak pas lah ya dengan sisi emak-emak gue yang saat ini gue jalanin. Dia masih party-party, sementara gue udah ribet urusan anak. Jadi beda visi misi dah.

Terus terang waktu itu gue agak kaget dan sempet bertanya-tanya dalam hati “Have I done anything wrong?” dan langsung klik unfollow balik. Maklum, namanya juga amatiran di dunia twit-twitan😛

Setelah dipikir-pikir, ya bener juga sih keputusan temen gue itu untuk unfollow gue. Dia single dan gak suka anak-anak maupun kemapanan. Nah, beda 180 derajat bener sama gue dan isi twit gue pan?

Abis itu, gue jadi berprinsip, sabodo teuing ah. Sok kalo ada yang mau polo anpolo. Yang penting di kehidupan nyata hubungan kita tetep baik-baik ajuah. Dan ini terbukti sama si temen gue itu sih. Kita tetep nongkrong bareng dan hosip bareng.  Kalo kangen, kita BBM-an. Kita tetep temenan dan dia bisa terbebas dari keharusan membaca timeline twitter gue yang membosankan itu😀

Mungkin kalo sama temen gue itu, karena kita kenal in real life, gak saling follow di twitter pun gak masalah. Kita tetep bisa menjalin persatuan dan kesatuan di dunia nyata toohh.. Trus gimana kalo kenalnya cuma di dunia maya trus malah saling silet-siletan, sindir-sindiran, senggol bacok dan twitwar?

Ini pan yang sering jadi masalah. Mungkin karena ada pikiran “Ah cuma kenal di internet ini, bodo amat lah.” Padahal di masa depan sapa tau kejadiannya bisa kayak gini lho😀

For me, as much as I love drama and gossips, I love it more when I can address myself as the third person. Makanya suka puyeng tuh kalo dilibat-libatin ke drama-drama ala dunia twitter. Supaya gak terlibat lebih jauh, gue biasanya berusaha menebalkan kulit dan membuat otak jadi lebih bebal supaya nggak dikit-dikit tersinggung atau sensitif cuma gara-gara twit orang.

Pan malu ya bok kalo misalnya gue udah misuh-misuh dan mencak-mencak gara-gara twit si anu misalnya, eh tau-tau si anu ternyata ngetwit tentang temen SD-nya, atau sepupunya, atau bahkan tentang buku yang baru dia baca, bukan tentang gue. Mau ditaro dimana mukaku ini? *terlebay*

Mudah-mudahan usaha gue bisa sakseis ya. Kalo gak, dan hati gue masih sensitif aje kayak pantat bayi, ya stop twitteran aja lah yaaa.. Lagi pula siapa sih diriku ini? Aku kan hanya manusia jalang dari kumpulan yang terbuang.. *deklamasi ala Chairil Anwar nih yee*

 

*picture’s taken from here *

17 thoughts on “Socmed Oh Socmed

  1. Perrtamaaxxxx!!!!!!
    Hadeuh enough with drama twitter (-__-)”
    kayanya 2 hari ini makin ken eng ini dan itu merasa disindir, diomongin ato apalah.. Sensi2an gitu, soo drama!
    I think we already have too much drama in our life (ART, anak susah makan, duit belanja abis, suami lembur, muka jerawatan, sembelit, endesbre) so we don’t need MORE from outsider hihihi
    Baca tweetnya ira ajalah ngomingin cowok ato makanan gitu lebih rawks

    • Ya ibu-ibu juga lah Man. Semua kan bermuara pada dua hal, tingkat kekepoan yang tinggi dan kegemaran pada drama dan gosip. And I think, most women have those two, don’t we all? The juicier the gossip is, the best it will be😉

  2. gue seriiiiing banget bahas twitter ini di blog gue yg gak penting itu Ra *skalian promo😆 * twitter itu sumber drama, fb jg sih, tp kan gw udah males maen fb :p
    ya sebenernya, gue sendiri pun gitu, dikit2 ngetwit, dikit2 ngetwit. jempol lebih cepet daripada otak u/ menelaah…jadilaah drama kumbara yeee…

    tapi sekarang2, gue lebih banyak terhiburnya sih sama twitter😀 apalagi klo ada twitwar, gw ampe cekikikan sendiri, kok org2 itu mau aja gitu nanggepin org yg ga kenal… eh gw jg pernah sih twitwar *halah* nomention tp ama org yg kenal, abis itu udah deh, mending unfollow timbang gw gondok… hihihihi…

  3. buenci aku sama yg namanya FB itu. benci tapi rindu, halah, hahaha… 2x deactivate akun FB loh, gara2 berbalas komen gak enak sama orang yg notabene meski di-remove dari facebook sialnya masih sering ketemu di dunia nyata, jadi yah sutralah…daripada di-remove ntar malah jadi DRAMA nan PRAHARA *terlebay pisan*

    kalo twitter mah demen bener akika ya mak…. dan kebetulan di timeline yang sering aku pantau itu jarang ada drama-drama. sayang sekali…. *loh* hahaha… (I have more than 1 accounts, btw dan @ndutyke itu termasuk yang jarang dipantau)

    thank GOD ada fitur MUTE di ubersocial sekarang ini. bisa nge-mute people maupun keywords, yeeehaaaa!😀😀

    • Duileh Tyk, situ eksis atau berkepribadian ganda sih, punya akun twitter macem-macem? Jihihihi..😀

      Eh kalo gue malah gak pernah pake Mute lho. Eh pernah ding, tapi buat nge-mute temen yang hobi memetwit. Jadi tiap malem Jumat, dan gue gak bisa tidur, gue langsung mute dia. Abisan gue kan penakut bok. Syereeemmm…😛

  4. Mandey, maksud loe gw yah ? *melotot sampe biji mata keluar sambil ngikik ala pocong* **etapi emang pocong bisa ngikik??**
    Gw sekarang tiap ngeliat status di TL yang rada-rada mancing hormon drama dalam diri gw udah langsung hypnosis diri sendiri ” PASTI BUKAN GW”. Pede ? Biarin ajah. Daripada gw pusing sendiri mikirin gituan.
    Gw sebenarnya pengen banyak curcol di sini, Ra. Tapi gw takut malah nyampah di komen loe. Dan lagi, ntar gw SALAH lagi. *hedeeeeh…*

  5. aha, gw pun ada temen kampus yang baru2 ini sempet nyentil. Laki, single, ga suka bocah. Replynya singkat tp nampol. Emak2 drama. Wakakakak. Ya gmn men, setuju sama mbak ruthwijaya, jempol lebih cepet dari otak, hihihi. Etapi herannya dia masih aja follow gw, ekekekek. Tp sejak disentil jadi agak bisa kontrol diri sih. Alias ditoyor dulu baru DONG. Tapi ya gatau deh, puasa drama nya berapa lama😀. Keknya mending dia unpolo gw aja yak, wkwkwkwk…

    • Hahahaha… Makanya ada kan orang yang hobi ngetwit kontroversi atau nyinyir, trus kalo udah meresahkan, buru-buru dihapus twit-nya. Padahal efek ke orang lain gak bisa segampang itu hilangnya🙂

      Iya tuh Li, kalo temenlo mah mending kayak temen gue aja. Anpolo dah drpd dia pening sendiri baca timeline kita yang gak cucok sama dia toh?😀

  6. haduh, kayaknya gw termasuk yg gak sensitip kali ya walaupun twiteran udah lama. kadang malah gw gak tau dan ketinggalan what so called drama itu.
    Tapi selama gw masih asik2 aja twiteran ya gw lanjut terus ngetwit.
    iku komen opo toh ya?
    prinsip gw jadi diri sendiri dan bersikap sopan sama siapapun, berlaku juga buat dunia maya dan socmed.
    dan sependek yg gw tau, twitter khususnya, itu adalah sarana berbagi informasi, bukan buat chatting.
    sekian dan terimaksih, peace love en gawol..😀

  7. Pingback: Categorizing My Twitfriends « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

