Contoh Emak Lebay (Edisi Sekolah)

Dari zaman hamil, gue udah yang suka kecentilan sendiri browsing-browsing playgroup dan TK, serta SD, sambil sok-sok menyeleksi sekolah mana yang bakal gue pilih untuk anak gue kelak. And yes, when I told this to hubby, he simply laughed and mocked me. Sambil bilang “Gak sekalian milih universitasnya dimana?”

*picture’s taken from here*

Yes I know, gue emang lebay. Lagian kan, every parents always wants what’s best for his/her children, right? Makanya gue sok surpei dari jauh-jauh hari, even when the baby wasn’t born yet *apologi :-P*

Setelah Nadira lahir, euphoria surpei-surpei sekolah rada ketutupan sama euphoria ASI, parenting, endebre endebre. Belakangan euphoria itu nongol lagi seiring dengan euphoria gue belajar financial planning. Duh, bener ya. Ngitung dana pendidikan, biaya hidup, etc itu adalah cara ber-KB yang paling efektif *gak jadi lepas IUD dah*

So far sih, Nadira belum gue sekolahin secara formal. Paling-paling, kalo lagi stay di rumah MIL, sama MIL diajak ke PAUD deket rumah, dimana beliau adalah salah seorang pengurusnya juga. Yah cuma untuk belajar nyanyi, main-main, dan kenalan sama orang aja sih. Itupun Nadira jadi yang paling kecil dan biasanya ditungguin sama Mbak-nya or MIL gue.

Biaya? Cuma ceban perbulan. Lagian Nadira sering bolosnya, sesuai jadwal plesiran sama emaknya. Ah namapun sekolah iseng-iseng ya, Nak. Trus bayarnya murce lagi. Jadi emaknya yang pelit ini nggak ngerasa rugi😛

Nah gara-gara keponakan gue mau masuk sekolah dan adik gue rempong surpei-surpei sekolah, gue jadi ikut dapet info juga. Selama ini sih, di deket rumah kita yang pagernya masih belum dipasang itu, ada 2 TK yang ibarat kata, tinggal koprol langsung nyampe.

Pertama adalah TK Sawitri, lokasinya di seberang kompleks. Dari brosurnya sih, TK itu aslinya didirikan oleh Dharma Wanita IKIP Jakarta gitu deh. Jadi ya emang jadul bener ya sekolahnya. Gue kurang sreg-nya karena TK itu ada di pinggir jalan raya yang dilewatin buanyak mobil dan angkot. Bayangin Nadira nyebrang jalan dijemput Mbaknya or neneknya aja jantung gue mau copot.

Trus gue tadi iseng-iseng browsing dan nemu di sini, ternyata biayanya juga nggak murah-murah amat. Gak sepadan sama fasilitas dan tingkat ke-sreg-an gue.

Kedua adalah TK Bunga Amalia. Dari zaman hamil, gue udah sering lirik TK ini, terutama pas lagi jalan-jalan pagi supaya bayinya cepet turun ke jalan lahir gitu lho. Lokasi TK ini ada di dalam kompleks, bukan di pinggir jalan raya. Tapi aksesnya gampang, gak ribet. Nah, lumayan pan, gak usah nyebrang-nyebrang jalan raya gitu.

Trus sekolahnya, menurut MIL dan tetangga-tetangga, juga bagus. Bertingkat, dan ada kolam renangnya segala. Gue belum pernah surpei sampe dalemnya sih, tapi barusan gue iseng tilpun. Nah ini nih hasil tilpunan gue yak:

TK Bunga Amalia Tahun Ajaran 2010/2011
– Uang pangkal Play Group: Rp 6.550.000
(including uang kegiatan, buku, tur, seragam, etc, kecuali acara perpisahan)
– SPP bulanan: 350 ribu
– Aktivitas Play Group: belajar iqro, doa, ketrampilan bikin gelang, menebalkan huruf, mengenal huruf dan angka, lebih banyak porsi bermain daripada belajar, akan ada juga acara periksa gigi rutin dengan dokter gigi yang didatangkan ke sekolah, tur.
– Waktu sekolah: Seminggu 3x, dirolling perbulannya. Misalkan, Januari: Senin-Rabu-Jumat, Februari: Selasa-Kamis-Sabtu. Pukul 8-10 pagi.
– 1 kelas terdapat 2 guru untuk 15 anak
– Bahasa yang digunakan: Bahasa Indonesia, tapi buku bilingual

Oh ya, si Ibu yang gue telpon bilang, tiap tahun memang ada kenaikan uang sekolah. Tapi biasanya kenaikannya nggak gede-gede amat, kurang dari 10 persen gitu lah.

Gue juga sempet browsing-browsing tentang Sekolah Putik. Ini sebenarnya sekolah idaman juga nih. Tapi lokasinya agak jauh, kudu naik mobil jemputan. Trus biayanya lebih mahal pula. Adik gue juga ngomporin untuk masup Kinderfield ajah. Yah itu juga jauh dari rumah :( 

Emang kriteria gue untuk milih PlayGroup buat Nadira apaan sih? Sebenarnya sih simple aja ya, and more or less, here they are:

1. Lokasi

Gue trauma dulu pernah sekolah jauh dari rumah pas masih SD. Dijemput mobil jemputan paling pagi, dianter paling siang. Teler bok. I don’t want Nadira experience the same thing like I did back then. Lagian kan kalo masih PG & TK kejauhan, gue bingung sarana transportasinya. Gue Insya Allah bisa anter, tapi untuk jemput mungkin minta supir dan Mbaknya or neneknya. Nah kalo sekolahnya jauh, nggak tega deh bayangin Nadira kejebak macet😦

2. Biaya

Namapun eikeh golongan bawah ya, urusan biaya penting banget neik. Kalo mahal, tapi worth it sih masih mending. Mending bikin pusing kamsudnya😛  Tapi lebih bikin puyeng lagi kalo udah mahal, eh fasilitas dan kualitasnya kurang bagus. Mau gue sih, PG & TK yang oke, tapi biaya terjangkau. Ada nggak ya?

3. Bahasa

Sekarang emang lagi ngetren PG & TK yang berbahasa Inggris, bahkan Mandarin, Prancis, etc. Tapi gue mah realistis aja. Sehari-hari Nadira bergaul dengan keluarga dan teman-temannya dalam bahasa Indonesia. Kalo diana tiba-tiba pake B. Mandarin, gue pening dwuong? Gue cuma bisa ngomong Wo Ai Ni dan hitung-hitungan duit ala Glodok doang. Makanya gue strict banget, cuma mau pilih PG & TK yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia. Gue nggak mau sok gaya-gayaan pake bahasa asing ah. Wong muka Indonesia, kalo tiba-tiba Nadira speaks English, ntar disangka bocah Jawa Suriname lagi.

4. Agama

Untuk yang ini, gue nggak terlalu ribet. Dapet yang sekolah berbasis agama, Alhamdulillah. Sekolah nasional juga gpp. Emang sih, kalo dapet yang berbasis agama akan lebih bagus. Jadi bikin ortunya malu kalo ditegur anaknya karena jarang sholat hehehe…

Tapi gue juga nggak mau sekolah berbasis agama yang fundamentalis banget. Gue mau kalo misalnya Nadira sekolah di PG & TK yang Islami, tapi tetep harus belajar respek dan toleran dengan umat beragama lainnya. Ada kan tuh TK basis agama yang mengajarkan anak-anaknya untuk menilai agamanya yang paling bener sementara agama lain yang kurang bener.

Kayaknya sih segitu aja kriteria gue ya untuk milih PG & TK-nya Nadira ya. Gak ribet-ribet amat kan?

Oh ya, 1 hal lagi. Dengan bodohnya, gue baru menyadari kalo skema Dana Pendidikan yang gue punya ada missing link-nya. Selama ini, gue cuma nyiapin dapend PG dan TK dalam 1 tabungan pendidikan. Gue amnesia atau bloon karena kan PG dan TK itu biasanya kudu bayar uang pangkal satu-satu. Haduuhhh.. Langsung lieur seketika inih *mewek*

*picture’s taken from here *

22 thoughts on “Contoh Emak Lebay (Edisi Sekolah)

  1. Ketika semua mauNya kita ketemu sama kenyataan kudun adjust kiri kanan Nya teryata hihihi. Bwt PG sm TK gw jg sgt mengutamakan lokasi. Cr yg dkt dr rmh krN gw gk bs aNter jemput. Akhirnya ya kudu NgorbaNin pgn yg lain2 hihi smg nadira ntar happy2 ya di sekolah amiNNn

    • Hahaha.. Iya Din. Gue nggak ngebayangin deh kalo sekolah jauh-jauh. Ada temen yang rumah di Menteng, anaknya TK di TB Simatupang. Tiap hari anaknya ke sekolah sama supir + BS-nya krn ibu bapaknya kerja. Kebayang kan macetnya gimana dan betapa ambrolnya badan tuh anak? Gue aja diceritain pengen nangis krn kasian. Oh well, every parents knows what’s best for his/her children deh.

  2. Eh mak,bukannya kl PG n TKnya sama cm byr daftar ulang aj lg kn,ga byr u.pangkal lg..kcuali kl pndah/bda skolah..plg enak skolah yg ada dr PG-SMUnya,biasanya ada disc.nya..hehehe

    • Itu mungkin TK jaman dulu Mak. TK jaman skrg ada lho yang bayar 2x. Kalo si Bunga Amalia, misalnya anak kita masuk PG di situ, ntar TK di situ lagi, nggak gratis. Kudu bayar lagi uang pangkal, tapi dapet diskon 30 persenan gitu deh.

  3. haihai..selama ini silent rider..tp posting ini cukup bikin gatel buat comment..hihi

    kondisi nya Mak ira samaaa banget ma aku saat ini..gara2 Mak Zk dkk rajin nulis ttg financial2 gt..jadi menohok diriku utk ikutan tung itung n pey curpei yg hasilnya LIEUR hahha

    tp untungnya * halah.orang indonesa bgt ini * biaya di bdg mungkin lbh agak murce di banding ibukota nan kejam itu kali ya..kalii loo ini..analis sotoy…

    ya wis ah daripada malah curcol aku sudahi sampai sini n sampai ketemu di ke LIEURan yg lainnya lg huuhuhuh * ikutan mewek*

  4. loh, kok sama yak rumahnya belum dipager?? #gak nyambung..🙂

    Sering main ke blog yg multiply buat nyontek resep, eh nemu ‘edisi’ wordpress nya…😀 seneeng dweh..

    Setuja, buat PG – TK mau nya cari yg di deket rumah, biar gampang anter jemputnya. Buatku, toh mereka belum perlu kurikulum yang aneh aneh. Yang penting dekat rumah biar gak capek – bisa sosialisasi dan si anak happy!!! Plus biaya yang reasonable (Bold + underline)😀😀

    • Ini Mbak Puti yang Bundanya Syauqi? Ya ampuunn.. Mbak, aku dulu suka nyontekin resep-resep MPASI di blog-myu lhoo… *nervous ketemu idola*

      Iya bener, untuk PG-TK kasian kalo jauh-jauh euy. Pleeuuss.. Biaya yg reasonable cencunya doonngg..😀

    • Di Makara UI? Waahh.. Bagus tuh buat pengenalan ke Nadira tentang kampus emaknya dulu. Sayang jauh ya Mak. Fadly sekolah di situ aja Sal. Sapa tau pas kuliah beneran bisa balik ke UI lagi *amin*

  5. Udeh Ra, masukin aja Nadira ke Cikal Bok. Masih inget emaknya San Chai di Meteor Garden ? Biar kata ngap-ngapan nyekolahin di situ, tapi bisa kenal calon suami kaya. *celingak-celinguk takut digampar Mas Adi ngajarin istrinya tidak sholehah*

    Gw mah cari yang sekolah yang ber-bhinneka tunggal-ika, kalo bahasa emak forum “diverse”. Biar gak cuma kenal yang high class, tapi juga punya empathy terhadap teman-teman yang kurang mampu. *sok wise padahal mah gak ada duitnye kalo nyekolahin anak PG 1 juta/bulan*

  6. Pingback: Dunia Ini (Ternyata) Penuh Warna « The Sun is Getting High, We're Moving On

  7. Pingback: Idiocracy? « The Sun is Getting High, We're Moving On

  8. Pingback: ACI (Aku Cinta Indonesia) « The Sun is Getting High, We're Moving On

  9. Pingback: Contoh Emak Lebay (Edisi SD) « The Sun is Getting High, We're Moving On

  10. Pingback: Survei Sekolah (1st Part) « The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Survei SD (Lagi) Ah « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s