Belajar Ngelmu Reksa Dana

Ceritanya, sambil rapat tadi siang (pencitraan banget ya pake disebutin abis ikut rapat), gue iseng baca Majalah Investor yang ada di atas meja. Rada pening sih mbacanya, wong gue gak suka bener sama bidang ekonomi.

Tiba-tiba mata gue tertumbuk (macam getuk lindri seus ditumbuk?) pada halaman artikel tentang Reksa Dana. Nah, mayan dah yak buat baca-baca, meski terus terang, gue gak ngerti-ngerti amat dengan istilah saham bluechips etc 😀

Anyway, yang gue demen dari artikel ini adalah, ditampilkan bagan tentang 20 Reksa Dana Return Terbesar dari Desember 2009 – Desember 2010. Ada empat kategori yang ditampilkan, yakni Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Saham.

Well, nama-nama Reksa Dana yang gue beli gak semuanya ada di daptar ini sih. Cuma Manulife Saham Andalan (RD Saham) ajah yang nyantol. Sisanya kagak masup. FYI gue cuma punya 4 RD lho, autoinvest pula, jadi sebenernya gue masih kategori pemula nan amatiran hehehe.. Biasanya gue suka baca thread FD tentang Reksa Dana atau googling ke blog-blog kayak blog-nya Indah dan forum-forum gitu buat ngelmu hitam tentang RD ini.

RD Saham di peringkat nomor 1 dan 2 adalah dari Bank Panin. Pengen sih beli ini, tapi kalo gak salah, dia gak bisa diketeng macam RD gue yang autoinvest itu deh. Minimal pembelian tergantung tipe, ada yang min 1 juta, ada yang 5 juta, cmiiw. Dan pembeliannya cuma bisa di Bank Panin-nya, bukan di bank-bank lain. Jadi buat gue yang budget minimanis dan pemalas, kayaknya emang belum cucok deh 😛

Tapi gue tetep optimis dong ah. Bagan di Majalah Investor kan dilihat based on performa kinerja selama satu tahun doang. Dan gue naro duit di RD Campuran dan Saham yang untuk jangka panjang. Bismillah aje deh yee…

Oh ya, untuk daftar lengkapnya, ini udah gue scan+sotosop ya. Bangga deh, bisa rada bersahabat dengan teknologi. Namapun akika gaptek cyin *malu*

27 thoughts on “Belajar Ngelmu Reksa Dana

  1. klo yg panin itu qt bayarnya ke deutche bank koq mba, kirim aja email bilang minta form mw ikut reksadananya mereka. nnti dikirim via pos, balikin lg via pos.

    setelah di confirm, baru transfer untuk initial subs nya. klo mw top up jg tinggal trf truz email bukti trf nya.

    tadinya aq jg mikir ribet amat yak, tp ternyata setelah dijalani gampil gampil ajah 🙂

  2. Yang Panin Dana Maksima (minimal 1 juta) udah dari tahun 2002 tuh Ra dapet award reksadana terbaik, paling pernah merosot jadi nomer 2 atau 3 aja . Kalo yang Dana Prima baru dua tahun (minimal 5 juta). Trus belinya juga bukan di Panin Bank..tapi di Panin Sekuritas. Emang lebih ribet sih kalo mau installment, harus transfer sendiri setiap bulan dan ngefax bukti transfer, dll…tapi demi return 100% harusnya worth it yaa :D..

    • Aduh salah lagi, hihihi.. Maklum ya Han, namanya juga baru belajar 😛

      Iya nih, Panin Dana Maksima return-nya 100% euy. Trus yang Reksa Dana Panin Dana Bersama (RD Campuran) return-nya 77%. Aaahh.. Hani gue jadi nepsong. Pilihannya skrg jadi: beli RD Panin atau bikin kitchen set dapur ya? hihihihi… 😀

  3. Yaa..ma duit 5 juta doank gampang kali dari hasil penjualan freed ..huehehehhehe..gw jg tertarik tuh ma panin dana maksima, tp blm terealisasi pula.males ribetnya kl di bank biasakaya kan tgl beli dr internet banking aja 😀

  4. hihihihi jago bener dah bacaan nya
    aku juga beli majalh investor yg itu

    si PDM itu menggiurkan yaaa
    (sy gk lg jualan, masi independent kok hahaha)

    klo mau buka PDM tgl cari marketing dari panin sekuritas
    (dy cuma dijual melalui sekuritas nya, gak ada di bank, even bank panin cmiiw) oh iya jgn mau dikibulin ya hehehe,, minimum subscription cm 1 juta (ada yg suka nakal bohong hehehe)

    tapi jangan lupa tetep diversifikasi portfolio, ttp diversifikasi manajer investasi, jgn taro di satu tempat aja..

    happy investing, happy planning

    • Bukan jago Dince, tapi kebetulan aja nemu artikel ini di tengah kesuntukan rapat, hihihi..

      Iya tadi gue juga baca, ada yang dikibulin agennya. Masa dibilang minimum subscription 25jt? Padahal ternyata cuma 1 juta dan ada yg 5 juta toh?

      Thanks ya Mak selama ini mau ditodong jadi penasehat financial planning pribadikyu 🙂

  5. wow si panin bikin ngiler euy return nya. tp gw ckp seneng lah 2 dari 3 RD saham yg gw punya trnyata nyantol di list di atas. tp berhubung msh pemula yg jml invest nya seuprit dan br sebentar pula jd blm trlalu berasa hasilnya hehe.. *sabar tunggu 5-10th lg*
    iya ra sebagian duit freed taro di panin aja. kl dah beli dishare caranya yak, ribet gak. pengen tau jg soale selama ini kan udh terbius dgn kamudahan beli onlen di bank biasakaya 😀 *pemalas*

  6. Hi Ra…
    Panin ada yg bisa lewat BCA yaitu Panin Dana Unggulan, min 1jt. Produk RD Panin bank kustodiannya ada 3 yaitu BCA, Deutsche ama standrad chartered. Minimum invest yg 1jt ada Panin Dana Utama Plus 2, Panin Dana Bersama, Panin Gebyar Indonesia II, Panin Dana Unggulan. Yg Panin Dana Maksima ama Panin Dana Prima min 5jt tapi setoran top up min 1jt..Gue sengaja ngambil yg lewat BCA biar nga ribet tapi sayangnya yg banknya BCA RDS Paninnya ngga ada :(..
    Oia kalo mau email panin sekuritas kabarin aja ya..kebetulan dia mau kirimin form lewat pos tanpa kudu dateng looh…

  7. Mak Ira..panin dana maksima minimal 1 juta kok..tinggal telp ke panin sekuritas nanti dia kirimin formnya via pos..ntar tinggal kirim balik disertai bukti transfer ke deutchbanknya..klo punya token Commonwealth mah gampil, tinggal transfer aja ga kena biaya..malah lebih gampang toh ga perlu ke bank hehe.. *bukan iklan ya*

  8. Ira,
    si panin rempong diawal aja koq..
    utk pembelian selanjutnya tinggal transfer-fax aja.
    kalo lo punya account di commonwealth lebih oce lg, krn transfer antar bank kalo via internet banking gretong cuy..

    PDM tu gw siapin buat dana kuliah nya Naira 😀

  9. Neik, tengkyu infonya..
    Gw langsung buka webnya Panin Sekuritas n tlp yg cabang tanah abang biar deker kantor..
    Hmmm kesan awal kok CSnya ga meyakinkan ya?!
    Heuheuheu gw gemes ngomongnya klamar klemer 😀
    Tapi akhirnya dia berbaik hati kok mau kirim form aplikasi n fund fact sheet lewat pos.

    Btw emang agak repot tiap top up kudu kirim bukti transfer. Tp kata si mbak CS bisa dikirim lewat imel kok. Di-scan gitchu bukti transfernya trs krm lewat imel deh

  10. Pingback: Pensiun dengan Tentram « Our Diary

  11. hai iraa…gw member fd juga. dan kemaren salah satu anggota fd baru ngasih info di tret reksadana, kalau ternyata Panin banyak pegang untuk saham GGRM. kebetulan sang inforwoman & gw sama2 concern untuk masalah ini, jadi sepertinya kami memilih untuk tutup mata dari Panin.
    walaupun ya jujur…ngiler bok !

  12. Pingback: Pengalaman Pertama… « The Sun is Getting High, We're Moving On

  13. Pingback: Kaleidoskop 2018 | The Sun is Getting High, We're Moving on

  14. Pingback: Review: Belanja Reksadana dengan Bibit.id | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment