#11 The So-Called Balanced Life

Setelah beberapa bulan absen dengan tantangan #25themeswritingchallenge , now let’s get back on track. Kali ini adalah rikues dari Jeng Heni dan Umnad. Tema rikuesnya mereka begini nih:

“How you balance your daily life between work, domestic issues, suami, Nadira, social life sampe bagi waktu olahraganya (termasuk rikues minta jadwal dan cara work out).”

Berasa superwoman banget gak sih sampe diminta cara menyeimbangkan kehidupan sehari-hari. Padahal aselinya mah, boro-boro superwoman. Superpell mungkin ye hahaha 😀 *kriuk*

balanced life

Kalo untuk balancing daily life, gak ada yang spesial ya. Standar aja sih. Gue beruntung bisa berangkat kerja agak siang, sekitar jam 8 pagi setelah anter Nadira sekolah. Gara-gara itulah, gue gak bisa naik angkot karena pasti bakal telat banget sampe kantor. Solusinya, ya naik motor. Selain jauh lebih hemat daripada ngojek, naik motor juga cepeeeett banget. Efektif dan efisien lah yaw.

Social life juga so far baik-baik aja. Untung sih punya suami yang gak suka mengekang. Gue liputan ke luar kota, oke. Gue janjian ketemu temen-temen, oke. Tinggal gue-nya aja yang harus tau diri. Misalnya, liputan ke luar kota nggak tiap minggu atau janjian ketemu temen nggak tiap hari. Intinya, I treat my partner just the way I want to be treated. Simple kan?

Trus untuk olahraga dan diet, naahh ini gue mau cerita panjang lebar ya. Jadi, setahun lalu gue mulai mencoba hidup lebih sehat dengan rutin olahraga dan mengatur pola makan. Hasilnya, berat badan gue turun 10 kg, dari 73 kg ke 63 kg. Lingkar-lingkar badan juga turun cukup signifikan. Lingkar perut (pas di udel), turun 14 cm. Pinggul berkurang 10 cm. Paha berkurang 6 cm, dada berkurang 7cm. Dengan tinggi 170cm, Body Mass Index (BMI)  gue 21,7. Not bad lah yaa, masih masuk batasan ideal. Tinggal body fat aja yang masih PR.

Selama setahun itu, gue struggle banget ngejaga proporsi bodi. Terutama untuk makanan karena gue sukaaaa banget ngemil! Makan nasi putih sih paling cuma seminggu sekali bahkan kurang. Sehari-hari, gue sarapan buah karena IMHO ini paling cocok sama pencernaan gue. Pas lunch time gue selalu makan gado-gado atau urap tanpa lontong/nasi, plus lauk kayak tempe, perkedel, gitu-gitu deh.  Ala-ala vegan deh 🙂

Dinner gue malah jarang makan. Nah godaan terbesar biasanya datang di hari libur. Gue suka banget makan roti atau kue-kue gitu. Plus mi juga aku tak tahan. Indomie sih udah setahun gak makan. Tapi mi ayam, mi bangka, mi goreng itu tuuhhhh…. *ileran*

Apalagi saat gue mulai demam baking kembali setelah beli oven Cosmos beberapa bulan lalu. Bawaannya bikin kue dan roti mulu. Dan, gue yang bikin roti+kue, gue pula yang rajin makan 😦

Alhasil bulan lalu, berat gue yang biasanya stabil di angka 63kg, tiba-tiba melonjak sampe 65kg. Bahkan sempet menyentuh angka 66kg. Meski masih masuk normal menurut BMI, tapi tetep aja streesss banget deh rasanya! Gue takut keterusan dan BB gue naik-naik ke puncak gunung lagi euy 😥

What did I do?

1. Atur Kembali Pola Makan

Gue itu tipe orang yang harus punya program dan target supaya bisa disiplin. Jadilah gue tertarik ikutan diet mayo. Niat awal mau ikut ketring diet langsung layu sebelum berkembang setelah liat isi dompet. Apalagi setelah ngobrol-ngobrol sama @IndahWiyoga yang sakseis diet mayo dengan metode masak sendiri. Ah sutra lah ya, akik masak sendiri aja.

*selengkapnya silakan baca review diet mayo gue di MommiesDaily sini ya*

 

Sedari awal, gue sadar sesadar-sadarnya kalo the so-called diet mayo 13 hari ini adalah fad diet. Alias, diet ini adalah diet yang gak bener dan gak direkomen dietician atau health coach di dunia.

Sebelum mulai diet, I did a small research, online/offline. Gue gak menemukan setitik jurnal pun dari sumber yang sahih mengenai diet ini. Bahkan, kalo ngegugel nih, gak ada juklak diet mayo 13 hari dalam bahasa Inggris. Padahal diklaim diet ini dikeluarkan oleh MayoClinic, sebuah lembaga riset non profit di AS. Aneh toh?

Trus, setau gue , mayo clinic yang asli hanya melansir diet mayo clinic dalam bentuk buku, seperti yang dipraktikkan oleh Erlia dan suaminya, SN. Dan dalam buku diet mayo beneran ini, nggak ada tuh juklak 13 hari harus makan ayam kukus,telur rebus, etc.

Yang ada, diet mayo original ini menitikberatkan pada perubahan lifestyle, yang harus dilakukan dalam beberapa fase, sejak awal hingga seumur hidup. For more info, click here atau beli bukunya deh kayak Erlia. Dia dan SN sukses banget lho dengan diet mayo ini 🙂

Lah diet mayo 13 hari itu apaan dong? The closest thing I get to that is the Japanese diet. Juklaknya miripp banget, selama 13 hari, dengan menu kukus/rebus/panggang. Iming-imingnya pun miriipp banget, yakni turun berkilo-kilo hanya dalam 13 hari.

Komentar para health expert? Silakan baca di sini dan sini ya. Intinya sih, unrecommended lah 🙂

Terus kenapa gue masih tetep melakukan diet ini? Purely based on curiosity aja sih. Kayak dulu pas gue iseng nyoba OCD  itu lho. Plus, gue pengen turun BB cepet, kayak yang dijanjikan diet mayo 13 hari ini hehehe 😛

Nah, karena dari awal gue sadar bahwa this so-called diet mayo is a fad diet, gue pun gak mau 100% ikutin juklaknya. Breakfast gue tetep buah. Trus makanan-makanannya gue kasih bumbu supaya gak hambar. Metode masaknya tetep yang sehat, tapi gak cuma dikukus/rebus kayak di juklak. Jadi gue lebih banyak manggang di oven dengan wadah anti panas atau pake wajan antilengket *I love my Ecook ceramic pan and Lock n lock glass so very much!*.

lock n lock ig

*lock n lock glass+tumblernya dapet pas dateng demo masak Lock & Lock di Citos bulan lalu. E-cook ceramic pan-nya beli dgn harga diskon. Thank you @cichaz *

Tentang makanan gak pake garam dan gula, dari jurnal-jurnal yang gue baca, ini emang ngebantu BB turun. Bahkan diet mayo clinic yang asli pun mengedepankan makanan-makanan rendah sodium. Makanya gue ikutin juklak yang ini. Intinya sih, gue lebih banyak mengandalkan logika ya. Yang sesuai dengan jurnal kesehatan, gue ikutin. Yang gak sesuai, gue cuekin.

Jadi kalo ada yang bilang diet mayo ala-ala gue ini aneh, melenceng, etc, gue pengen nanya balik. Parameter diet mayo yang bener kayak gimana sih? Untuk bisa mengklaim si A itu benar dan si B itu salah, harus ada panduan yang jelas, bukan?

Lah itu the so-called diet mayo yang beredar aja gak jelas semua. Ada yang pake satuan oz, ada yang pake gram. Ada yang pake karbo, ada yang gak pake. Sumbernya pun geje pisan. Jadi, gimana dong?

Makanya, sebenernya gue lebih suka menyebut diet mayo ala-ala gue ini no salt diet. Tapi emang, menunya inspired by juklak diet mayo 13 hari. Alhamdulillah sih, turunnya lumayan. BB gue jadi 61kg (kapan ya bisa turun ke kepala 5 huhuhu..). Trus lingkar perut udel turun 5 cm, sementara smallest part of my waist turun 4 cm. Lumejeenn..

Kalo dari analisa abal-abal gue sih, peserta diet mayo 13 hari ini bisa turun BB cepet semata-mata karena kalori yang didapat perhari dikit banget. Cuma 1000 kalori/day or even less bok. Sementara, AFAIK, untuk manusia normal, rata-rata dibutuhkan 2000 kalori perhari. Untuk yang mau nurunin BB, dietician biasanya menyarankan asupan kalori tidak kurang dari 1000 kalori/hari supaya gak lemes drastis.

Anyway, gue tetep gak kapok sih diet mayo 13 hari. Rencananya 6 bulan dari sekarang mau diet ini lagi ah. Bukan buat bikin bodi sekece Miranda Kerr sih *meski kalo bisa, ya Alhamdulillah yaaaahhh*. Tapi semata-mata supaya gue ada tujuan hidup, gak makan barbar mulu, hehehe.. 😀

2. Olahraga

Dulu waktu awal-awal program nurunin BB, gue kayak maniak olahraga gitu. Pilates 2x seminggu. Tiap hari tabata-an, squat challenge, push up challenge, abs challenge, trus exercise lain-lain juga. Makanya BB gue bisa turun 10 kg dalam 4-5 bulan.

Sekarang, pilates lagi off. Selama beberapa bulan, gue sempet off working out. Paling-paling cuma latihan NTC di rumah sendiri, 1-2x perminggu. Lama-lama gue gerah juga. Apalagi pas liat lingkar perut nambah 2cm. I have to do something nih!

Berhubung isi dompet ngepas, gue pun muter otak. Dimana ya bisa olahraga yang murmer tapi oke? Trus gue inget yoga di Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center, tempat gue latihan yoga 8 tahun lalu. Iseng-iseng gue buka web-nya di sini. Trus gue telpon deh untuk tahu lebih detil.

Ealah, biaya yoga di sini ternyata masih sama kayak 8 tahun lalu. Masih 300ribu/3 bulan, plus uang pendaftaran 100rb untuk murid baru. Saik banget kan? Jadwal yoganya 2x seminggu. Dihitung-hitung, persesi gue cuma bayar 12500 bookk!

By far, this is the cheapest studio to learn yoga. Padahal gurunya sendiri gak ece-ece. Wong asli dari Indihe dan lulusan yoga university di sono, cmiiw.

Yang juga bikin gue demen, di sini suasananya beda sama kelas-kelas yoga di fitness center atau lokasi lain yang heitz. Di kelas gue, gak ada yang latihan yoga pake baju/matras Lulu Lemon. Kostumnya pada biasa banget, cuma celana training+kaos longgar. Padahal, murid di kelas gue rata-rata udah yang bertahun-tahun ikutan. Jadi pada jago semuanya lah, tinggal gue yang ble’ek abis 😛

Trus kita juga gak diajarin pose-pose yoga yang fantastis. Diajarinnya pose biasa aja karena guru gue bilang, kalo kita udah bener posisi basic-nya, nanti lama-lama bakal kuat koq berpose headstand, handstand, etc etc itu.

Alhasil, gue jadi nyaman di sini. Gak ada peer pressure untuk beli kostum yang ciamik ala yogi trendi masa kini. Lumayan kan, tubuh sehat, kantong pun aman 😀 Tapi, gak bisa foto-foto yoga untuk dipamerin di socmed. Abis malu cyin, temen sekelas gue gak ada yang begitu. Ntar ketauan deh gue ternyata hipster juga hihihi 😛

 

Anyway, segitu dulu kayaknya postingan kali ini. Ingatlah pepatah jadul “mens sana in corpore sano”. Di dalam tubuh yang sehat, tersimpan jiwa yang kuat. Trus, jangan lupa untuk hepi-hepi selalu supaya stres menjauh. Caranya? “Syukuri apa yang adaa… Hidup adalah anugeraahh..” *lah jadi Ryan d”massiv gini akik*

Adios!

P.S: Boleh ya kakak mejengin foto diri sendiri pas liputan/liburan di Bali kemarin. Sapa tau ada yang mau print buat jadiin model kalender di gudang 😀

 

27 thoughts on “#11 The So-Called Balanced Life

  1. ECIYEH IRAAAA!! Tambah seksoy aja nih… Suami pasti liatnya tambah berbinar-binar deh. Nadira juga pasti bangga banget liat mamanya terlihat tambah muda belia.

    Anyway, diet yang bikin diri kita kelaparan dan menderita bahkan sampe pingsan2… itu namanya bukan diet yang bener. Malah ada orang yang dengan begonya, suka sampe ga minum air demi dapetin berat badan rendah, akhirnya malah pengsan beneran. Gue heran masih ada orang yang melakukan itu, biasanya sih beneran hasilnya YOYO hehehe. Naik turun aje terus2an.

    • Ah Lele, akuh jadi GR diciyeh-ciyehin hahaha 😀

      Suami gue mah biasa aja, lempeng wae. Secara tiap gue diet, dese malah sibuk nge-cengin. Huh, cebel!

      Eh setuju sama pendapatlo ttg diet, Le. Kalo ada diet yang bikin kita menderita sampe pingsan, itu mah dijamin fad diet deh. Makanya IMHO nih, sebelum ikut diet tertentu, cari info yg lengkap lah spy gak terjebak 🙂

  2. iraaa…i heart you with the line about yoga thingy hihihi you don’t need all those glitz and glams dear,yang penting alignment dan pernafasan lo bener for the most benefit of yoga 🙂 dan tentang diet mayo,top bgt deh ada pelurusan kalau itu fad diet hahaha,gue kasian aja kalau lihat orang-orang diet ngikutin bener pola yang ada di forum mayo di FD hehehe it’s totally self destructing,dan kalau lihat menu+porsi lo selama 13 hari sih,it’s healthier jauuuhhhh 🙂 btw doakan gue juga bs sampai ke BMI 21 yaaaa,sekarang masih 25-26 nih still 10 kilo to go ^^

    • Hahaha.. Abis banyak banget yang yoga kudu beli Lulu Lemon dulu lah, ini lah, itu lah. Kayak gue dulu pas baru-baru Ti 😀 Makanya di gym atau kelas olahraga, ketauan deh kalo yg paling kinclong penampilannya itu biasanya baru mulai. Kalo yg “anak lama” biasanya penampilan biasa-biasa aja 😀

      Nah bener banget tuh Ti. Kalo ngikutin diet mayo yg asli bisa pengsan kayaknya saking menderita. Untung banyak baca dan browsing, jadi kebantu deh.

      Waahh ayo semangaatt.. Good luck yaaa 🙂

  3. Haii mbk.. finallu aku komen setelah lama jd silent reader.
    Btw.. kalo g ada oven. Cm ada happy call.. alternatif untuk tiru menu yg pake oven bisa gak sih pake happy call itu? Atau ada saran lain?

  4. Waaaw…brarti start bb kita kurleb sama mak, cuma gw lebih pendek bbrp cm..kapan yak bisa turun 10 kg gt haduuuh, kurang istiqomah gw, begitu turun dikit&mulai ada yg notice langsung lupa daratan dah guweh..

    Btw soal mayo, gw pun kaget pas liat postingan di ig ttg mayo, gw mikir bukannya ini diet kurang rekomen ya&kayanya lo bukan tipe yg ikut2an begitu…tapi pas diperjelas disini&di md naaah baru deh paham, boleh deh dicoba nyontek resep&dan oke juga tuh rencanya nanti 6 bulan diulang lagi…tapi bener sih yang penting makan sehat aja ya mak

    • Nah itu Lin, istiqomah tuh yang susyeehh.. Makanya abis diet mayo, gue udah naik BB lagi nih gara2 kurang istiqomah hahaha…

      Iya, mau lo diet mayo, diet south beach, etc, asal niatnya kenceng, pasti bakal sukses koq. Yang penting IMHO mah makannya kudu sehat. Plus istiqomah tadi ya 🙂

  5. Hai keceeeeeeee 170 hah, aku bantet dong di sampingmu beda 10 senti dan berat kita samaaaaa *histeris* dan itupun besarann asetmu dariku *lempar bra dua nomor di bawah nomormu*

    • Tenang Ndang, ini berat gue udah balik ke 63 kg lagi dong sekaraaanggg.. Mana Kamis ini mau ke Balikpapan, kota tempat kepiting, ikan, dll. Duuuhhh minggu depan kudu wajib harus diet mayo lagi ah! *kencangkan ikat pinggang*

      • huh. tetep aja kau 63 tapi 170. Benci. Pokoknya jangan sampe kau 73 lah Ra. Selain gak gak seksi, kau jadi mirip Xena nanti. Ihik *minta dijejelin cumi bakar*

    • Tinggi gue 170cm, dan skrg malah udah naik lagi BB jadi 63kg Fit gara2 kebanyakan makan kue cucur 😦
      Haiisshh perawan kembang desaaa.. Makasih lhoooo *screen cap komenlo, trus kirim ke suami!* 😆

  6. Pingback: Almost Day-3 At The Gym | June, do tell..

  7. Pingback: Working Out, The Journey So Far | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment