Gagal Diet Heitz

Kayak yang gue cerita di sini, BB gue saat ini kan stuck ya. Terus ngobrol sama beberapa temen, ada yang lagi nyoba diet yang lagi heitz, yakni OCD. Demi rasa penasaran karena BB stuck, plus pengen ngerasain sendiri kayak gimana sih dietnya, akik pun iseng ngejajal.

Apalagi, banyak pro kontra tentang si OCD ini ya. Gue sih males komen kalo belum nyoba sendiri. Jadi, yowis lah. Gue pun menjadikan diri gue sendiri sebagai kelinci percobaan. 

Gue mulai tanggal 6 Oktober 2013. Hari pertama itu gue nyoba yang 8 jam. Abis itu, terus menerus gue pake jendela yang 6 jam. Rasanya sih biasa-biasa aja ya. Mungkin karena gue dari kecil emang jarang sarapan. Jadi baru mulai makan jam 12 siang pun gak masalah. Beda mungkin sama yang terbiasa sarapan. Temen gue ada yang gitu. Pas nyoba OCD, dese langsung keliyengan+nyaris pingsan karena gak sarapan.

Gue juga sempet nyoba puasa 24 jam karena pas banget puasa Arafah, sehari sebelum Idul Adha. Eh ini bukannya puasa sekalian diet ya, nanti dinyinyirin lagi koq puasa digabung niat sama diet *yang sebenernya sih sering gue lakukan :D*. Tapi yang kemarin itu emang pas banget mau puasa Arafah, trus keinget lagi OCD.

Total malah hampir 26 jam tuh gue puasa, terakhir makan jam 4 sore tanggal 13 Oktober, dan buka puasanya jam 6 sore tanggal 14 Oktober. Mana kerja pula cyin. Lemesnyaaaa gak kira-kira!😦

Hari ini, total gue udah 3 minggu nyoba OCD. Hasilnya? Nothing. Padahal ya terus terang gue udah ngarep-ngarep bisa turun BB fantastis kayak testimoni orang-orang hahaha…😛

Trus, habit gue makan makanan sehat pun jadi agak rusak. Maksudnya, karena jendela makan cuma 6 jam dan dibilang boleh makan apa aja, ya gue totally makan apa aja. Emang sih gak segragas orang-orang yang makan junk food, etc. Gue tetep berusaha gak makan membabibuta. Lunch dimulai dengan buah-buahan, lanjut dengan gado-gado/pecel selama hari kerja. Kalo hari libur, baru deh tuh makan mi ayam lah, bubur ayam lah, etc.

Tapi kue-kue, cemilan dsb itu lho yang jadi gragas. Apalagi di kulkas masih ada stok kue kering sisa Lebaran dan dari Malang dulu. Alhasil gue embatiinn mulu sambil mikir “Ah mumpung jendela makannya masih kebuka.” Abis Maghrib baru deh stop makan. 

Awalnya, gue berencana mau coba OCD selama sebulan. Tapi, di minggu ketiga ini, gue memutuskan untuk stop aja deh. Kenapa? Gue khawatir my healthy eating habit tambah rusak kalo kelamaan. Apalagi gue ngerasa, OCD encourages me to do binge eating . Gue khawatir lama kelamaan gue terjebak dengan pola makan yang gak sehat kayak gitu. Ini bertolak belakang banget sama tujuan gue mengubah lifestyle. Selain pengen BB turun *thus I can buy clothes at OLS or ITC :P*, gue kan juga pengen hidup lebih sehat supaya bisa nemenin Nadira sampe gede. 

So, I decided to quit OCD-ing today. I wanna go back to my (so-called) healthy eating habit aja deh. Jadi yah, bye bye cookies, bread and noodle!😥

Etapi ini menurut pengalaman gue lho yaa temen-temen. Kalo ada yang ngerasa sukses dengan OCD kayak si Dedi Kokbuset, silakan lanjutkan kakaakkk.. Just as I told you before, I don’t believe in one-size-fits-all method. Kalo OCD gak cucok sama akyu, belum tentu OCD gak cucok juga sama kamyu. Kalo penasaran banget, ya jajal sendiri dong ah. 

In conclusion, IMHO nih, mungkin OCD oke untuk yang baru mulai memperbaiki pola makan, terutama mereka yang jadwal makannya 24/7, alias nonstop. Makanya banyak fantastic stories tentang kesuksesan orang-orang ber-OCD ria, terutama dari mereka yang bener-bener bersemboyan “hidup untuk makan”. Tapi buat gue yang stuck di BB sekarang dan butuh extra effort untuk lose more weight and body fat, OCD is not an option. Kudunya mah clean eating and do more exercise kali ya.

Tapi, berhubung pemalas plus gampang puas, susah banget melakukan itu semua. Apalagi tujuan utama, yakni bisa muat kebaya kawinan, udah terlampaui. Jadi tambah males deh clean eating-nya hihihi.. Ah semangat dong Ra, ayooo! *pecut diri sendiri*

Anyway tadi pas gugel nemu gambar ini. Ha, so true!😀

french vs usa obesity

25 thoughts on “Gagal Diet Heitz

  1. Toss dah Ra, gue mikir juga kok makan gue malah gak karu-karuan gara-gara si jendela, padahal sebelumnya sudah stabil tanpa nasi, tanpa sarapan berat, kadang gak makan malam… eh pas pakai jendela mindset gue bagai orang kelaparan malahan. memang nafsu makan gue susah banget di-set buka tutup hihihihi. Sepupu gue berhasil lho turun 8 kg, di kantor juga ada yang begitu turun 8 kg, atau setiap minggu 1/2 – 1 kg.

    • Kalo gue mikirnya, ini diet buka-tutup bikin gue impulsif+kalap kayak lagi liat sale. Barang yang gak penting bawaannya mau dibeli aja mumpung diskon. Nah diet OCD juga gitu. Makanan yang gak penting bawaannya mau dimakan aja mumpung lg boleh makan. Zzzzz… -___-

  2. Uhuk. Ga pernah niat ikutan diet sih, secara berat udah 43😀, apa yang mau dituruniiinnn. Cuma sekarang lagi FC (food combining) sih, bukan buat nurunin berat badan, tapi buat gaya hidup sehat aja sih, cumaaaaa FC nya banyak cheatnya jg wkwkwkw :))
    Eh, tapi tapi. Walopun badan kurus, perut yang udah hamil 4 kali n ngelahirin 3 kali ini emang g bisa boong yak. Udah kemana-mana ga karuan. Padahal eikeh malas olahraga niiihhhh😀

    • Kalo gitu, mending lo benerin lifestyle dengan tujuan sehat aja Mak. Soale orang2 yang langsing/kurus kayaklo biasanya mengabaikan kesehatan karena ngerasa makan apa aja, gak olahraga pun tetep kurus. Padahal kurus tidak sama dgn sehat lho. Banyak kan orang kurus yang tinggi kolesterol, dll dsb kayak bokap gue sendiri hehehe.. Selamat FC yaa.. Gue cuma sukses FC pas breakfast aja. Sisanya suka males-malesan😀

  3. Imho, mungkin kalo udah stuck saatnya olahraga untuk ngebentuk dan ngencengin gak sih mbak? Hehehe aku silent reader tapi baca ini senasib banget :)) semoga kita sukses yaaa dalam menjaga berat badannya!😀

  4. Sama Mba Ira… Gue juga gak sukses COD. Udah gitu sebenernya terbiasa sarapan pula, jadi bener-bener kelaparan & malah kalap pas makan siang. Hiks padahal cuma jendela 8 jam. COD seminggu, BB malah naik dikit, soalnya saking kalapnya apa aja dihajar. Akhirnya sekarang balik lagi ke ngitung kalori & olahraga aja, dan masih nunjukkin tanda2 penurunan nih, hehehe,,,,

  5. Pingback: #11 The So-Called Balanced Life | The Sun is Getting High, We're Moving on

  6. Pingback: Diet Paleo Bersama Kenyang Senang | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

