Working Out, The Journey So Far

Untuk urusan olahraga, gue termasuk yang payah. Berenang, gak bisa. Lari, gak kuat. Yoga, ketiduran. Makan juga gragas. Padahal cita-cita mah langsing dengan body fat di bawah 20% macam modelnya Victoria’s Secrets.

Isn’t it a joke?

perempuan aneh

Waktu umur early 20s sih, karena metabolisme masih bagus, makan apaan aja, BB terus-terusan di bawah 60kg. Padahal nggak olahraga samsek, hobi begadang plus ngerokok gila-gilaan. Nah begitu menginjak 27 thn, mulai berasa ngos-ngosan untuk nurunin BB. Ditambah pas hamil dan melahirkan. Bodi gue pun beda tipis sama kuda nil.

Baru dua tahun lalu akhirnya gue insyaf dan melakukan perombakan besar-besaran di lifestyle sehari-hari. Tapi abis itu, BB gue stuck. Sampe dua tahun setelah itu, BB gue tetep gak turun samsek dong. Malah pernah naik dan bikin gue ribet-ribet berdiet mayo segala.

I must admit, gue itu orang yang gampang puas. Turun 10 kg, dan baju-baju zaman jebot muat kembali, langsung hepi deh. Langsung lupa kalo perut masih bleberan, otot lengan juga masih koyor-koyor. Trus makan pun mulai cuek dan, engingeng, males olahraga!

Lho pilates dan yoganya gimana Ra? Pilates udah gak sempet karena @sayarani sibuk bingit. Yoga gue gak kuat. Soale, lokasi gue yoga kan di daerah Menteng dan waktunya after hours. Pas latihan yoga sih, gue ngerasa zen dan peaceful banget ya. Pulangnya, kembali sutris deh kena macet di Pasar Rumput. Sami mawon kan ya? Plus, gue emang ciong banget sama olahraga ini. Tiap disuruh meditasi dll, pasti ketiduran. Jadi emang kurcok. Tapi not bad lah, badan jadi bisa rada lentur dikit meski ikut kelasnya on off.

IMG_20141008_154935*dulu mah cuma bisa kayang dalam mimpi kali yeee*

Kenapa gak coba lari aja sih, kan lagi heits tuh! Yah seperti yang gue bilang di atas, gue benci lari. Satu-satunya lari yang gue suka adalah lari dari kenyataan hahaha *krik-krik-krik* Dan gue kayaknya emang gak cocok sama olahraga jenis kardio ya. Makanya ini mau nyoba Muay Thai aja males-malesan. Selain males kardio, males juga karena temen-temennya biasanya anak ABG. Aku takut dipanggil tante!๐Ÿ˜ฅ

Total selama 2014 gue olahraga jaraaannggg banget. Yoga cuma beberapa bulan trus berhenti. Zumba sekali-sekali. Pernah juga ikut NTC di kantor FemaleDaily. Tapi ya gitu-gitu aja, gak rutin tiap hari.

Nah, pas masuk tahun 2015, gue dapet wangsit dan keteguhan hati untuk nyoba olahraga baru. Kebetulan, di rute berangkat kerja gue tiap pagi ada tempat TRX. Sebenernya gue pernah tertarik sejak 2 tahun lalu. Tapi pas gue mau hubungi, kayaknya udah tutup. Jadi pas spanduknya kembali berkibar di lokasi, langsung gue foto dan telpon dari kantor.

image

*lokasinya di Tebet Raya, pas sebelah Sushi Miyabi*

Oke, gue bikin appointment untuk nyoba. Karena takut aneh-aneh (abis biayanya murah banget!), gue pun ngajak adik gue. Ternyata, gue sukasukasukaaa! TRX ini gerakan-gerakannya banyak ngambil dari yoga dan pilates. Jadi gue pun familiar ya. Tapi tantangannya lebih menarik karena harus menggunakan berat badan kita sebagai beban. Sesuai sama tag line-nya yang ini nih:

Setelah 1x nyoba, gue langsung daptar full sebulan. Ambisius, Mbaknya? Bukan. Gue sengaja daptar berlangganan dan bayar full sebulan supaya terpicu untuk terus olahraga. Maklum, namanya juga orang pelit ya seus. Moto gue kan: “Kepelitan mengalahkan kemalasan”. Jadi kalo udah bayar di muka sebulan full, mau gak mau harus latihan karena, sayang dong ah udah bayar!๐Ÿ˜€

Alhamdulillah kiat itu sukses. Dulu kan gue suka males-malesan tuh kalo olahraga gak ada temennya. Nah di TRX ini, gue malah sering latihan sendirian. Berasa kayak nge-gym pake personal instructor banget deh. Tapi emang lebih asik karena gak bisa cheating atau lemes-lemesan karena pelatihnya fokus banget ke kita.

Trus, gue mulai deh nyetanin temen-temen kantor. Eh dapet 3 orang member baru yang motonya sama kayak gue di atas. Jadi kita pun rajin-rajin banget deh TRX karena, sayang dong ah udah bayar!๐Ÿ˜€

IMG_20150225_154338*lomba pamer ketek basamo*

Oh ya perkembangan BB gimana? Belum turun-turun nih, padahal gue udah 2 bulanan ikut TRX. Tapi, lingkar-lingkar bodi, terutama lengan, mulai mengecil dikit-dikit. Trus, body fat udah turun juga. Terakhir periksa body fat kayaknya sekitar akhir 2013 dan masih sekitar 33% cmiiw. Beberapa minggu lalu, gue cek dan udah turun jadi 28%.

Oke mungkin terdengar lebay ya, turun 5 % aja koq girang sih Mbak? Etau gak siihh.. Perjuangannya nyebelin lhoo.. Lagian, turun body fat menurut gue lebih susaaahh dibanding turun BB. Jadi, gpp deh BB belum turun yang penting body fat udah turun. Mudah-mudahan bisa terwujud cita-cita punya body fat 20% ah! *berdoa khusyuk*

Anyway, doakan supaya semangat berolahraga gak turun dan tetep konsisten ya. Meski musti diakui, godaan TRX itu berat banget. Bukan godaan untuk skip kelasnya lho. Tapi godaan jajanan di samping-samping lokasi TRX. Ada mie jogja, sushi, pempek palembang, ayam bakar, bebek goreng, rujak, steak, dll dsb dst *ileran*

IMG_20150214_142909*bahu atas masih miring tuh, next time better ya!*

IMG_20150304_161823*karena belum bisa headstand off the wall, nyoba pake TRX satu kaki. Eh malah bisa. Next target, handstand ah!*

20 thoughts on “Working Out, The Journey So Far

    • Ih Tjepi, sekarang kan lo udah langsing bingit. Hebring euy. Btw, mau dong les renang lagi. Gue kmrn tuh sampe punya topi renang dan kacamata lho. Tapi sejak kita berhenti les, gak kepake deh, hiksss๐Ÿ˜ฅ

  1. Yaelaaaahhh jauhh bener sih….jadi kepengen ikutan nyoba Ra. Toss ah gw juga lari ga sanggup, mending lari dari kenyataan yeee…

    Dan beberapa bulan ini gw pun ga olahraga, apalagi sekarang di rumah ada mbak yg bantu bersih2…makin bengkak deh gw..

    • TRX itu basic gerakannya dari yoga dan pilates Var. Tapi trus dikombinasi dengan beban diri sendiri, pake tali sistem suspensi gitu. Seru koq, ngebentuk otot banget. Ikutan yuk๐Ÿ™‚

  2. wah deket rumah ni….sapatau kita bisa kopdar mba hahah..cieeeh….umm, pemula boleh gak ya?scara saya ga bisa olahraga,abis nglahirih pula (bo’ong dengggg…anak udah 1,5 tahun alesannya abis lahiran melulu…kbayang dong gendutnya gimana haha)..btw ada no telp yg bs d hubungin TRX ini gak ya?? btw trx apaan sihh…pengen kurus nih…

    • Waahh maap Mak, baru sempet reply skrg. Gue waktu ikut ini pemula juga koq. Bahkan ada kakaknya temen yang belum pernah olahraga samsek dan ikutan TRX juga.

      Sayangnya, tempat TRX ini skrg pindah ke Bintaro euy. Gue aja sedih banget niihh.. Di saat bicep tricep udah mulai kebentuk, eh kudu berhenti TRX, hiiksss๐Ÿ˜ฆ

  3. Pingback: Kopi Darat | The Sun is Getting High, We're Moving on

    • Gue skrg udah nggak TRX di situ Ti, abisan dia pindah ke BIntaro karena kontraknya abis. Tapi mulai Agustus gue nge-gym di Gold’s Gym Kalibata City sih. Lumayan rame2 sama temen2 gue๐Ÿ™‚

  4. Bwaakakakakakakakkkkka lucu bgt, mottonya aku bgt mbak nya, “kepelitan mengalahkan kemalasan๐Ÿ˜€”,, berasa udah males ya ilmu bahasa asing seadanya ajah, ternyata di kantor butuh lebih nih skillnya, galau deh kursus apa ga, eh jadinya ikut deh, gegara udah bayar sepaket , tapi brenti tengah jalan kursusnya, pemulihan sakit soalnya ๐Ÿ˜ฑ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s