My Kind of (Healthy) Lifestyle

Bismillahirrahmanirrahim.. Mudah-mudahan gak jadi jinx *crossing fingers*

Lebay ye? Hahaha.. Abis tiap bikin postingan soal usaha diet, setelah diposting, eh 2 bulan kemudian kelar. Payaah payaahh.. Mudah-mudahan yang ini bisa langgeng aman sentosa. Amiinn..

Anyway, kali ini gue mau nulis tentang usaha gue buat hidup lebih sehat. Dulu-dulu, gue lebih fokus ke penurunan berat badan dengan beragam diet. Mulai akupuntur, hypnolangsing, puasa, etc etc. Ya wajar sih suksesnya cuma sebentar. Wong fokus utama ke timbangan, bukan ngebenerin pola makan. Plus yang juga nggak kalah penting, gue dulu samsek kagak OLAHRAGA. Ya pantesaaann gak singset-singset ye?

Nah kebetulan, anak-anak Female Daily kan lagi rajin pilates. Gue kepikiran mau wawancara instrukturnya, @sayarani, untuk ditulis di koran. Eeehh.. Tau-tau gue malah ditawari untuk pilates bareng anak FD supaya nulisnya lebih menjiwai gitu, halah :P Kebetulan ada 1 spot kosong yang available. Cihuuyy..

*for more info on pilates by Rani, go check her website HERE. She was also featured on Mommies Daily HERE  and on the newspaper where I work. Too bad I can’t give you the link. Next time I’ll post my article on healthy lifestyle, ok?*

Gue pun mulai pilates sejak 22 April, dua kali seminggu, @1 jam. Pertama kali ikut, selama dua hari gue susah duduk, jongkok dan solat karena paha gue suakiittt luar binasa! Hadehh.. Padahal keliatannya mah pilates gerakannya gitu-gitu aje ye. Tapi efeknya, mantep gan!

Waktu itu, gue masih makan sesuka gue, meski pake Calorie Counting tapi ya gitu deh. Cuek. Pas akhir April, gue tiba-tiba kepikiran mau makan oatmeal. Browsing-browsing, nemu thread  ini di FD tentang diet oatmeal. Yang bikin gue nepsong, ternyata bisa oatmeal dimakan sebagai pengganti nasi, pake sayur dan lauk seperti biasa. Selain itu, oatmeal kan sehat, bisa membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Ih langsung semangka deh kakak!

Mulai 1 Mei, gue pun ke kantor cuma bekal sayur+lauk. Trus di kantor gue taro sebungkus quaker oatmeal buat pengganti nasi. Supaya berasa, gue suka taburin abon cabe, atau garem dikit, atau kalo di rumah, ya dikasih abon sapi. Rasanya? Sumpeeeh enak banget! Dari berbagai trial yang gue lakukan, paling enak oatmeal itu dimasak pake kuah sop/kuah sayur bayam. Abis itu dikasih sambel terasi, sayur-sayuran, dan topping suwiran ayam, abon, ikan, apapun lah.

Rasa paling aneh IMO, oatmeal pake sayur asem. Rasanya kurang sedep, ceunah. Untung sih cuma itu doang yang gue kurang demen. Selain itu, gue alhamdulillah cucok makan oatmeal buat pengganti nasi. Wong makan Soto Haji Mamat aja gue pake oatmeal! :D Gue malah jarang banget makan oatmeal yang manis. Mungkin karena berasa lagi makan cemilan ya. Kan kalo oatmeal yang asin gurih pake lauk, jadi berasa makan nasi.

Trus, sarapan gue sok ngikutin food combining yakni jeruk nipis peras (diminum sebelum sikat gigi) plus sarapan buah. Jam 12 baru deh makan oatmeal+sayur+lauk. Malem juga begitu. Kalo laper di tengah-tengah lunch dan dinner, ya makan buah atau oatmeal cookies. Dampaknya sih enak banget buat pencernaan. Sehari gue bisa BAB 2x dan lancaaar banget. Alhamdulillah🙂

Trus, setelah konsultasi sama Rani, katanya gue kudu nambah cardio buat fat loss. Berhubung akika amat sangat tidak suka lari *my bad I know*, gue pun browsing-browsing latihan cardio yang kira-kira enjoyable. Eh adik gue kasitau soal Tabata training. Setelah gue browsing, nemu infonya di sini. Trus browsing juga di yutup cari contohnya. Salah satu latihan fave gue yang ini nih:

Gampil ya keliatannya? Coba lakukan sendiri deh. Dijamin banjir keringet plus ngos-ngosan, padahal cuma 4 menit lho🙂 Oh ya, untuk Tabata timer, silakan download sendiri di playstore ya.

P.S: Gue sukaa banget sama latihan-latihannya si Bex di channel Genghislife. Gak neko-neko, tapi cihuy🙂

Trus masih ada tantangan #30daysquatchallenge, lagi-lagi racun dari adik gue. Tantangannya ada di mari nih:

30daysquatchallenge

Dan berhubung gue sepet banget liat bentuk perut sendiri, gue iseng browsing-browsing plus buka-buka aplikasi olahraga di playstore. Eh nemu aplikasi Abs in 6 Week dari Caynax. Ada instruksinya, contoh gerakannya plus “personal trainer”-nya. Latihan ini dirancang selama 6 minggu alias 42 hari berturut-turut. Oke deh.

Jadi jadwal gue tiap hari begitu sampe rumah kayak gini nih:

  • main-main sama Nadira
  • olahraga di kamar 1 jam – 1,5 jam (tabata sekuatnya *biasanya sih 2 sesi* + squats + abs)
  • masak
  • mandi
  • main-main lagi sama bocah (termasuk gantiin piyama, etc etc)
  • molor (biasanya sih gue tewas, tapi bocah masih nyolok-nyolok mata emaknya. Risiko punya anak yang doyan begadang T__T)

Kalo Senin dan Rabu dimana gue ada pilates, sampe rumah gue gak tabata lagi. Palingan nambah squats dan latihan abs aja kalo belum loyo. Trus, kalo badan masih kuat, selain latihan-latihan tadi, suka iseng gue tambah dengan latihan cardio, legs, arms dll. Semua nyontek aplikasi yang bisa didownload di playstore *ogah rugi :P*

Risiko olahraga di rumah, bukan di gym, ya gitu deh. Lagi asik-asik push up, eeeehhh Nadira duduk di punggung gue. Atau kalo gue mau olahraga, dia siap-siap nongkrongin sambil cekikikan liat emaknya ngos-ngosan. Trus pernah juga gue masuk angin hebat sampe muntah-muntah. Setelah diinget-inget, penyebabnya gara-gara gue olahraga di kamar, sambil disentor AC. Zzzzz… -__-

Kalo semangat olahraga lagi menurun trus pengen makan makanan yang enak yet fattening, langsung deh gue melototin akun-akun fitness di instagram kayak @instafemmefitness. Gara-gara @ochels nih doyan nge-tag gue di akun-akun itu. Kan akuh jadi kompetitip kakaakk.. If they can do it, why can’t I? Ceileehh hihihi… Makasih ya Neng Ochel atas bantuan morilnya! *kecup basah*

Mau liat contoh gambar yang naikin motivasi gue? Ini nih salah satunya:

instafemmefitness

Anyway, waktu pertama pilates, badan gue diukur lingkar-lingkarnya sama Rani. Saat selesai pilates sesi ke-10, gue kembali diukur. Wah hasilnya lumayan banget. Lingkar badan gue berkurang semua. Tapi yang paling lumayan sih lingkar perut ya. Berkurangnya 8 cm bok. Kagetnya luar binasa! Soale BB gue saat itu baru turun 2,5 kg. Jadi gak nyangka aja setelah ditotal, lingkar badan (paha, lengan, betis, perut, pinggul, dada) berkurang hampir 40cm🙂

Now, I’m still doing my regular workout routines. Oatmeal udah mulai dikurangi karena lagi bosen. Jadi gue selingi dengan beras merah aja. Suami pun gue paksa ikut makan beras merah supaya sehatan dikit, hihihi.. Minyak di rumah diganti pake minyak kelapa/jagung, bukan minyak sawit lagi. Kalo mau makan roti, gue pilih yang whole wheat, no more white bread.

So far so good. Badan terasa entengan, jarang sakit, dan yang penting, pencernaan lancar. Soale gue tersiksa banget deh pernah sembelit yang sampe nangis saking sakitnya😦 Kalo jajan di luar, biasanya gue pilih pecel atau model-model teppanyaki gitu.

Ya makan roti/kue sih sesekali tetep ya. Tapi nggak sering-sering juga. Pas ada kawinan sodara kemarin, gue tetep menggila dengan mengganyang zuppa soup, kambing guling, dim sum dan bread pudding. Besoknya moncor-moncor parah, hahaha..

Meski nggak clean eating-clean eating banget kayak @ochels, tapi pola makan gue kali ini mah jauh lebih baik dari pola makan gue dulu. Sukur-sukur bisa bikin cepet rata nih perut. Soale kan, pepatah mengatakan “Abs are made in the kitchen, not in the gym” *lepehin martabak keju*

Oh ya, wiken kemarin #30daysquatchallenge gue kelar lho. Fiyuuhh… Terharu amat bisa menamatkan tantangan olahraga, secara gue dari dulu kan paling males olahraga. Rencananya abis ini mau ikut #30daypushupchallenge ah. Demi lengan yang kencang, plus kata Rani nih, push up bisa bikin dada kecilan lho. Hahahaha.. Doakan saya supaya bisa istiqomah ya teman-teman! ^_^v

foto kawinan sm nadira

*keliatan gak sih bedanya? Yang jelas mah pipinya Nadira sekarang lebih gembil ya :D*

64 thoughts on “My Kind of (Healthy) Lifestyle

  1. Beda kok Ra tampilan before and afternya, muka lo juga segeran. Kmrn mau gw iyain ajakan lo utk push up, tp saya jiper hihihi… apa okein saja ya Ra, lumayan klo gw gak nglakuin push hari itu kan malu juga sama lo😀

  2. Keliatan bangeeeet Mbaaaa… Lebih fresh juga jadinya🙂
    Olahraga yang simple gini emang yang di cari ya Mba…secara klo nge Gym perlu effort lebih jadi suka bikin males😛
    Ijin nyontek aaah…dan smoga bisa istiqomah😛
    TFS ya Mba🙂

    • Iyaa bener. Ini namanya memaksimalkan gadget dan perabot di sekeliling supaya sehat. Kalo ngegym kan bayar lagi, plus ada effort buat berangkatnya Mak. Kalo di rumah, just do it, no other excuses right?🙂

      Ayo semangaatt.. Nanti update ya kalo jadi olahraganya🙂

  3. Kakakkk iraaa teman seperjuanganku hihihihi insyaallah ga jinx, kl mulai keluar jalur ntar gue tag2in IG lo terus smpe bosen😀 keliatan bgt sihhh progressnya!! Makin kece lah pokoknya :* btw ngomong2 soal clean eating, kdg2 cheat meal suka membawa petaka juga loh, udah ditunggu2 eh abis itu diare moncor2 ky lo abis pulang dr kawinan hihihi

    • Mari kita bergandengan tangan, menyelesaikan proyek healthy lifestyle ini sampe penghabisan ya Chel hihihi..

      Makasih banget lho segala tag-tag di IG. Bener-bener memotivasi gue banget deh. Tiap abis dapet tag, langsung bawaannya males makan dan napsu olahraga😆

      Tentang cheat meal bawa petaka, bener banget. Buktinya ya itu, abis kalap di kawinan, besoknya gue moncor parah. Gilaakkkk😆

  4. Waahh..keliatan mbak.. perutnya mengecil… ^^
    ahhh….jadi pengen se-istiqomah itu.
    Aku jangankan 2 bulan, belum seminggu aja udah amnesia kalo lagi menjalani hidup sehat.
    huhuhuhu

  5. AAMIIN istiqomah yah mba iraaaa aku pen nyoba cmn kemaren nyoba makan oatmeal dua hari aja enek bgt rasanya tawar bgt tp boleh juga tuhyah dikasih bon cabe hhihihi semangat mbaaa :’)) btw fotonya kurusan dan segeran bgt mukanyaaaa :))

  6. mbak ira tambah kece!!!serieus ini!!!😀

    terus mba…itu Bex juga favorit aku!!!bedanya, kalo aku cuma ampe tahap semangat donlot videonya, tapi latiannya kapan2. ibarat kata, mahasiswa motokopi catetan temennya kalo ujian, dibaca engga tapi jadi tenang :p

    ini ada satu lagi favorit aku, tapi ini lebih pilates gitu… http://www.blogilates.com/

    • Makasiiih *smooches*

      Iya si Bex itu emang asik banget ya. Videonya simple dan gerakannya gak ribet. Meski kalo dipraktikin, ya tetep aja keringet keluar macam air bah😀

      Sip sip yang blogilates gue bookmark ah. TFS🙂

  7. Keren bangeeeeetttttt. Amat sangat kelihatan ya booo bedanya😀. Daku sendiri sudah menjalani pola makan ala food combining selama 5 bulan terakhir ini *siapa yang nanya?*😛. Emang pola makan amat sangat berpengaruh. Bahkan udah ogah-ogahan ikut pilates. Tapi baca postingan ini, akan kembali menguatkan tekad deh, yup, mau rajin pilates tiap hari lagi! ^_^

    • Bener bok. Kan badan yang bagus itu 70% dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Sisanya baru deh olahraga. Itu lo udah oke tuh food combining. Gue malah masih bolong-bolong FC-nya. Gak kuat sama roti euy😀

  8. Langsingg Ra, kmren liat lo jg lo langsing kok *umpetin perut sm paha*
    Sygnya gw ga demen oatmeal Hiks Hiks, beras merah blh lah hihihihi

    • Yeyee.. Gue tuh kemarin gak ngeh ada lo. Makanya pas balik sama Novi, trus ngobrol-ngobrol dan dia cerita ada lo, gue nyesel kenapa nggak negor? Maapkan saya yang pikun ini hiks😦

      Iya Ye, coba ganti nasi pake beras merah aja. Lumayan lho, jadi cepet kenyang dan gak begah🙂

    • Hahaha.. Kalo busui mungkin bisa dimulai dengan perhatiin makanan kali ya Mak. Jangan mentang-mentang “ah kan lagi nyusuin” jadi makannya rakus. Kalo bisa banyakin sayur dan buah, bukan nasi-nasian. Kalo cuek, ya bakal kayak gue, beratnya gak turun-turun dari dulu hahaha😀

  9. Wihii ada postingan ini jd semangat menjalani so-called healthy lifestyle.. bener ya kayakny kalo diet, eh maksudny perbaiki gaya hidup sehat itu harus ada support group-nya deh biar sukses!

    Klo gw sih sekarang bukan buat ngurusin badan tp nyiapin buat lahiran, krn dlu hamil anak pertama ada riwayat preeklampsia jd harus SC dan sekarang mau lahir normal, jd harus dijaga banget nih pola makan dan olahraga rutin. Cuma ya itu yaa.. lg asik yoga pose savasana (tiduran alias relaksasi) tiba2 ditemplokin sama anak yg teriak2, buyar deh suasana. Dan sama banget, gw olahraga di kamar (zumba dan yoga) dengan AC full force.. yang ada masuk angin sampe mun2 jugak hahaha. Akhirnya gmn tuh biar ga masuk angin?

    Semangat ya Iraa.. semoga bertahan seterusnya :))

    • Waahh hebat banget motivasi olahraganya. Salut deh!🙂

      Gue skrg sebelum olahraga, AC di kamar dinyalain dulu minimal 5-10 menit. Pas udah dingin, dimatiin, trus gue olahraga. Kalo udah berasa panas, AC dinyalain, tapi gak lama-lama. Jadi on-off gitu lah. Daripada masuk angin mending begini deh🙂

  10. Komen juga nih mak hehe

    Mantep lah 2 bulan uda keliatan bgt efeknya kalo gw bilang sih itu krn intensitas olaraga lo deh mak,uda pilates masi workout lg dirumah,mana tahan godaan makanan lg hehe 👍👍 gw uda mulai tabata trus brp hari ini ikutan #abschallange (awalnya gw ikt a6w tapi bukan yg caynax etapi perut gw malah besar gt,kl abschallange ini kaga) trus dari hari Minggu minum jus2an,g campur2 luar biasa amat yg penting ada rolled oat&flaxseed buat sarapan dan snack pagi sore,tapi masih penasaran dicampur almond milk (ceritanya mo ambisius bikin sendiri dari almond mentah,tapi belom2 juga 😆) kmaren2 gw masih berantakan bgt makannya,pagi sarapan oatmeal,lunch gado2 etapi malemnya malah nyemil yg kaga2…ya sami mawon hehe

    Nah skrg mo coba lbh disiplin lg makan&workoutnya,mdh2an lebaran uda ada hasilnya amiiin

    Semoga selalu istiqomah ye maaak amiiin

    • Eh abs challenge mana tuh, koq bikin perut besar? Serem beneerrr -__-

      Gue koq kalo almond ngerasa sayang ya dijadiin susu. Abis dimakan gitu aja udah enak sih hihihi..

      Ayo Lin, semangat juga ya. Jadi kita bisa saling update perkembangan terbaru, ok? Watermelon!🙂

      • Bukan abschallange mak,tp abs in 6 weeks itu,iya mgkn metodenya g pas kali ama gw,soalnya pas abschallange pagi2 sblm makan tu berasa kempesan perutnya hihi

        Gitu ya?beklah nanti gw coba makan sendiri&dibikin susu jg hehe

        Iyaaa semoga saya bisa mengikuti jejakmuuu amiiin,watermelon juga!

  11. Irraaaa aku udah liat di twitter ih keren badanmu aku pengeeen. Aku coba dari si squat ini dulu deh. Kayaknya gampang dan gak makan waktu, Si tabata itu juga lumayan ya gerakannya, Ra aku gak terlalu suka nasi kecuali nasi padang sama nasi plues masakan Menado. Tapiiiii aku sukaaa banget roti, bisa habis sebungkus kali roti pake nutella, trus pake gula, trus pake SKM coklat, trus mesyes,huhuhu. Ganti ke gandum gak enak, soalnya aku tipikal pemakan roti yg manis bukan savory gitu. Ah udah deh, start dari yg bisa dulu. kan aku juga gak mau lumba-lumba banget kalo ketemu kau udah singset dan syeger begitu

    • Iya Ndang, squats ini bisa disambi pas lagi mandi, nunggu cucian di mesin cuci, dll. Lumayan lah🙂

      Ih roti juga gue sukaaaa banget! Makanya skrg gue ganti roti putih dgn whole wheat kalo mau makan pake mesis atau ovomaltine. Yah seenggaknya lumayan mereduksi karbo dan lemaknya lah hihihi..😀

  12. Ya ampun Ira, gue penasaran nyoba, cuma kuat 2 set (16 cycle) serius mau muntah hahaha. Lo kuat sejam? tabiiikkk
    PS. Lo beneran langsing Ra! beda banget!

    • Turiii… Itu baju kebaya ijo kan bekas kebaya seragaman di kawinanlo dulu Tur. When was it? 2007 ya cmiiw🙂

      Hahaha.. Lo masa gemuk sih. Perasaan dari dulu lo langsing mulu deh *sirik*

  13. Pingback: Mizunderstood | The Sun is Getting High, We're Moving on

  14. Pingback: Update Seputar Bodi | The Sun is Getting High, We're Moving on

  15. Pingback: #11 The So-Called Balanced Life | The Sun is Getting High, We're Moving on

  16. Pingback: Working Out, The Journey So Far | The Sun is Getting High, We're Moving on

  17. Pingback: Diet Paleo Bersama Kenyang Senang | The Sun is Getting High, We're Moving on

  18. Pingback: Better Late than Never (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

