Dilangkah dan Pelangkah

Ide postingan ini sebenernya udah lama. Tapi lupa mulu mau ditulis.

Jadi, temanya adalah tentang pelangkah. Di negara kita, udah pada mahfum lah ya, kalo ortu rata-rata mengharapkan anak-anaknya menikah sesuai urutan. Kalo ada anak bungsu merit duluan, melangkahi kakak-kakaknya, si anak bungsu pun “diwajibkan” kasih semacam pelangkah.

Gue nggak tau, di adat mana aja ini wajib hukumnya. Tapi di daerah Jawa, rata-rata masih pake peraturan beginian sih. Dan keluarga gue termasuk salah satu pelakunya.

Nyokap gue dulu juga dilangkahi oleh tante gue. Trus nyokap dapet pelangkah apaa gitu. Dan pas tante gue merit, di foto-fotonya, keliatan nyokap gue kece banget, dandannya paling eksis deh di antara saudara-saudaranya yang lain. Kayaknya buat kasih unjuk ke para tetamu bahwa “Eh gue belum merit bukan karena kurang kece ya”.Β Hihihi..πŸ˜€

Nah, ternyata kejadian itu terulang kembali di gue. Yaelah, nyokap dan gue udah ultahnya bareng, koq nasibnya sama ya, sama-sama dilangkahin adik sendiri. Jadi, adik gue kan merit duluan tuh. Gue sih santai banget, oke-oke aja lah gak pake acara sedih dilangkahin.

Makanya pas ditanya minta pelangkah apa, gue bingung. Wong gue 100% ikhlas. Gak pake syarat pun gak masyalah. Tapi karena nyokap gue bilang ini harus wajib kudu, gue pun muter otak, cari pelangkah yang gak ngeberatin. Akhirnya gue cuma minta hape esia murmer. Alasannya, supaya bisa buat pake teleponan murmer sama pacar *cetek*

Temen-temen gue pas tau gue dilangkah pun rata-rata pertanyaannya “lo dapet pelangkah apa Ra?”. Trus pas tau gue cuma minta hape esia, mereka langsung pada komen macem-macem.

Ada satu temen gue yang cerita tentang temen kuliahnya. Sebut aja namanya si Mawar ya. Temen gue bilang, si Mawar ini gak jadi-jadi merit karena urusan pelangkah.

“Kakaknya Mawar gak punya pacar, sementara Mawar udah pacaran lama dan mau merit. Kakaknya setuju dilangkahin dengan syarat, Mawar dan pacarnya harus beliin dia Avanza sebagai pelangkah. Makanya Mawar belum kawin-kawin sampe sekarang, karena tabungannya belum nyampe buat beli pelangkah,” begitu kisah temen gue.

Yaelah, denger cerita itu, gue sampe urut dada banget. Demen amat sih kakaknya Mawar nyusahin hidup adiknya sendiri? Emangnya dengan “menyandera” kisah cinta Mawar, kisah hidupnya sendiri bakal lebih bahagia gitu?

Kalo menurut gue nih, jodoh, mati dan rezeki itu kan adanya di tangan Tuhan. Dari mulai brojol, gue selalu jadi yang pertama. Masuk sekolah, pertama. Masuk kuliah, pertama. Menstruasi, pertama. Belajar naik sepeda, pertama. Pokoke serba pertama deh. Nah, sekali-sekali giliran adik gue lah nyobain jadi yang pertama. Kebetulan, jodohnya dia dateng duluan.Β No problemo kan?

Tapi emang, kata nyokap gue, di Indonesia itu kayaknya bakal berat banget kalo kakak perempuan yang dilangkahi oleh adiknya, entah itu adik cewek maupun cowok. Kesannya kurang laku ya cyin. Padahal mah, ya balik lagi, jodoh itu ada di tangan Tuhan. Mau ditahan sampe kapan pun, kalo jodohnya belum dateng, ya gak bakal kawin.

Anyway, gara-gara tema ini, gue jadi inget film 10 Things I Hate About You yang diadaptasi bebas dari drama Shakespeare, The Taming of the Shrew. Intinya, si adik nggak boleh pacaran kalo kakaknya nggak punya pacar. Jadi adiknya pun getol nyariin cowok yang mau pacaran sama kakaknya.

Ini koq mirip sama adik gue yang getol nyuruh pacar gue (saat itu) untuk dateng ke acara lamarannya ya. Padahal jadiannya aja baru 1 hari. Untuunngg beneran akhirnya kewong sama si pacar. Kalo nggak kan aku maluuu kesannya agresip banget baru jadian sehari udah ngajak ke lamaran adik sendiri hahahaha..πŸ˜€

Anyway, buat yang belum nonton filmnya, liat trailer-nya di bawah ini deh. Lumayan untuk menghilangkan kangen sama alm Heath LedgerπŸ™‚

 

14 thoughts on “Dilangkah dan Pelangkah

  1. Gw pas married juga ngelangkahin kakak gw. Wkt itu kalo gak salah ngasih duit. Jumlahnya ya terserah aja, cuma formalitas. Trus pas gw keluar kamar hotel untuk acara jemput pengantin, kakak gw kudu gunting pita yg nutupin pintu, seolah-olah ngasih gw keluar gt.πŸ™‚

    Itu yg minta avanza buat pelangkah nya sih kebangetan. Gw kalo jadi adiknya sih ya tetep married aja no matter what. Masa gara2 gt aja gak jadi married… :p

    • Kalo gue sih gak pake gunting pita Man. Tapi kata nyokap, adik gue kudu kasih yang tajem-tajem di antara barang pelangkah. Akhirnya, gue dapet hape plus gunting. Mungkin makna simbolisnya kayak yang lo tulis itu kali yee..πŸ™‚

      Iya yang avanza itu kebangetan. Mungkin ortunya juga gak kasih pengertian ya, jadi si kakak bisa semena-mena gitu.

  2. Kalo kata temen aku yang ngelangkahin kakaknya, “Masa jodoh mesti urut”. Bener juga sih.
    Adek aku kan suaminya ngelangkahin kakaknya, nah berhubung dua-duanya cowo walaupun orang jawa kayaknya ga minta pelangkah sih. Cuma pas sungkeman ke ortu, ehhh sungkeman juga ke kakaknya hahahaha.

  3. Wah itu itu yg syarat pelangkahnya avanza kok gt bgt ya..kalo gw sih minta keluarga urun rembuk nasehatin kakaknya..soalnya kan kalo kawin salah 1 ibadah yg kudu didulukan bukan? Temen deket gw ada yg gt, pacarannya uda lama, skitar 4than, kakaknya si cowo belom kawin&belom punya pacar, dan kata temen gw kakaknya ini beda bgt ama adeknya jadi kalo dilangkahin org tua nya takut si kakak jadi makin minder&g pede, untung temen gw&keluarganya santai walopun sebel juga kan kaya digantung…untungnya skrg si kakak udah mo kawin& temen gw jadinya bisa kawin, dengan jarak g sampe setaun kawinan kakaknya hehe

    • Iya gue setuju tuh tentang kawin = ibadah yg kudu didahulukan. Makanya heran sama keluarganya si Avanza, koq gak ada yg ngomongin ke oknumnya ya?

      Nyokap gue juga dulu sempet khawatir lho pas gue dilangkahin. Apalagi pas adik gue bilang mau merit, gue masih dalam kondisi jomblo. Nyokap takut gue tambah gak pengen2 kawin, hahaha..

  4. urut dada baca cerita si Mawar dan kakaknya. Kalau Mawar ngga mampu beliin mobil juga, trus otomatis dia juga ngga akan bahagia juga dong. Mudah-mudahan Mawar banyak rezeki biar bisa segera nikah dan beliin kakaknya AvanzaπŸ™‚

  5. kalo di batak tuh sering deh kudenger begitu, apalagi Ra kalo adik cowok ngelangkahin kakak perempuan. Nah aku denger dari cerita mamakku ya, dia anak ke 5 dari 6 bersodara. Mamakku ini cakep lah buat ukuran orang kampung, dan dia di Jakarta dulu, pas umur 21 gitu, di kampung mah udah biasa ya merit segitu, tp dia kan di jakarta dan belum ngreasa ketemu yg cucok, eh diduluin sama adiknya yg cowok (aku manggilnya Tulang) . Mamakku cerita hatinya pediiiih banget, soalnya orang di kampung pada bilang dia cewek gak laku gegara dilangkahin adik cowok. Untungnya mamak kerja kan di jakarta, jadi dia gak terlalu lama berhadapan sama orang kampung. Jadiii mamakku dari dulu juga udah ngingetin adikku yg cowok kalau mereka tak boleh ngelangkahin aku. (sambil deg-degan juga mamakku bakal laku gak anak gadisnya ahahaha).
    Si Edi ngelangkahin abangnya dan no drama, karena sesama cowok. Dia cuma diminta abangnya beliin PS terbaru dulu ahahaha

    • Ndang koq cerita mamaklo mirip sama cerita nyokap gue ya. Nyokap gue anak ke-3 dan dilangkahi oleh adiknya yang anak no 5. Jadi dia berasa nggak lakuuu banget, hahahha…

      Iya ya, kalo sesama laki atau anak perempuan ngelangkahin kakak laki, biasanya gak pake drama. Ortu juga gak sampe senewen bin stres tuhπŸ˜€

  6. Mungkin si Kaka nya Mawar insecure bok kalo adek nya nikah dia belom….ga sekalian aja minta rumah di Pondok Indah ya? ahahahha sodara gue juga ada yang dilangkahi gini sih alhamdulillah kaka nya ikhlas ikhlas aja, lagian sama adek sendiri kok gitu ya.

  7. Saya seminggu lagi mau dilangkahin adik cowok, saya sih santai dan ikhlas, temen ama sodara yang heboh takut sayanya makin jauh jodoh. Padahal jodoh rahasia Allah SWT ya boo, kapan waktu yang tepat hanya DIA yang tau. Klo adat kita (melayu riau) pelangkahnya pakaian, saya dikasih 300rb sahaja.πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s