Filosofi Profpic

Tiap buka recent updates di BBM, avatar di twitter atau profile picture di fesbuk, gue sering melihat temen-temen yang pake foto bersama pasangan, keluarga atau anak masing-masing. Bahkan ada yang cuma majang foto anaknya doang, suami/istrinya doang, atau anak+suami/istrinya doang, tanpa muka dia. Sungguh berbeda dengan ogut yang lebih demen mejengin muka diri sendiri, dalam berbagai pose, tanpa anak, apalagi suami. Hihihi..

Apakah ini berarti gue nggak cinta keluarga? Apakah ini berarti gue narsis? Jawabannya nggak lah ya. Sama kayak alasan gue pake nama pribadi bukan nama keluarga atau ibunya Nadira, ya simply karena pengen dikenal sebagai Ira, bukan istrinya anu or ibunya anu.

Selain itu, gue ngerasa suka puyeng kalo misalnya di-add temen di fesbuk/twitter/BBM, tapi yang dipajang foto anak kecil. Sementara gue kan sering short term memory gini. Kadang yang nge-add pake foto sendiri aja gue masih lupa. Apa kabar doi pake foto anak/pasangannya? Tapi emang sih beberapa kali gue pejeng foto Nadira atau gue bersama Nadira di profpic BBM, twitter dan fesbuk. Refreshing lah hay.

Nah, buat yang mejengin foto keluarga dimana-mana, apakah berarti mereka segitu cinta dan devoted-nya pada keluarga masing-masing? Oh belum cencuu.. Kayak urusan cincin kawin, ternyata majang foto keluarga juga nggak selalu berarti setia lho.

I have several examples. Ada beberapa orang mantan gebetan temen gue yang mejeng foto anak dan istri merekaย di profpic fesbuk. Tapi gue tau percis, di luaran mereka kerjanya selingkuh or minimal, gemar tebar pesona and do the sweet talking to women. Zzzzz -__-

Ada juga temen yang sekarang sibuk jadi timses seorang cagub yang profpic-nya selalu berisi anak-anaknya atau foto dia bareng keluarga. Trus status fesbuknya ayat-ayat lah, hadits lah, sanjungan kepada istrinya lah, kebanggaan terhadap anak-anaknya lah, etc etc. Padahal gue tau banget nih orang bangsatnya naujubileh.

Dia bisa lho muji si A di depan orangnya, tapi begitu si A nggak ada, dia langsung ngejelek-jelekin si A abis-abisan. Semua orang selalu dijelek-jelekin sama dia,termasuk bos, sahabat dan keluarganya sendiri. I have very bad experience with him, and so did most of my friends. Ih jijay abis lah.

Di BBM juga gitu. Ada seorang temen yang selalu pake foto anak-anaknya sebagai profpic BBM-nya. Tapi entah sadar atau nggak, dia selalu nulis status galau di BBM-nya itu. Dan gue tau banget, itu status galau bukan buat suaminya, tapi buat pacar gelapnya. Sephia nih yeee… -___-

Ada juga temen gue yang kocak. Kalo profpic BBM-nya berisikan foto anak dan istri, berarti dia lagi butuh penguatan supaya nggak tergoda cewek lain. Maklum, long distance relationship, bok. Sometimes he needs silly things like this to makeย everything worked out well๐Ÿ™‚

Saat ini sih profpic BBM gue foto Nadira, sementara di fesbuk foto gue sendiri dan ada beberapa foto bareng Nadira. Di twitter ya foto ogut sendirian, mejeng cyin. Suami gue juga gitu. Di fesbuk dia pasang fotoย berdua Nadira, sementara di BBM, dia pejengin foto Nadira terbaru.

Gak ada alasan khusus. Yang penting kita sama-sama ngerti, tanpa mejengin foto berdua atau bertiga, we’re committed to each other. ย Trus IMHO, kalo gue ngetwit atau ngeblog seputar cowok-cowok ganteng, gak akan ada temen gue yang ngebatin “Ih si Ira koq gitu ya, padahal profpic-nya ada muka suaminya lho.” Hihihi..๐Ÿ˜€

58 thoughts on “Filosofi Profpic

  1. deuuuh mak, gue ma laki gue di socmed itu nafsi nafsi. masing-masing. Jadi ya mo jungkir balik posting apaan aja di socmed, laki gw ga bakal komen. Bgitu juga dia, lagiaaan dia socmednya cuma fb dan itu juga buat ikutan grup mobil2 gitu wkwkwkwk. Jadi jejak saya di socmed tak terendus *sniff sniff

    • Idem! Tapi gue di fesbuk masih suka nge-tag laki gue sih Mak di foto-foto Nadira. Lagian dia pake fesbuk cuma buat kerjaan doang. Dan Alhamdulillah gak mainan twitter, hahaha..๐Ÿ˜€

  2. Errr..saya jg majang poto anak.
    Bukan knapa-napa sih.. Krn foto diri lagi ga ada ฦดฦ bagus..*lg jerawatan* phuahahahahha

    Setuju tuh suka eneg klo sok majang foto anak istri tp selingkuhannya buanyakkk..zzzzzz –‘

  3. lo bener bangeeett ra..
    terkadang semua penampakan diluar itu belum tentu seperti yg di dalemnya.. dan gw setuju banget sama statement lo yg penting komitmen satu sama lain.

    gw pribadi juga pernah mengalami salah penilaian terhadap orang.. tdinya yg gw pikir tadinya org itu bijak, cool, alim dsb ternyata bangsatnya naujubileh.. jaimnya aja yg kuat.. trus juga ada lagi yg gw pikir orangnya santai trus gokil ngga karuan ternyata dia sangat setia, penuh komitmen dan ibadahnya juga kuat.. intinya mah jangan pernah menilai orang dari luarnya ajah, khususnya dari apa yg ia tebar di social media..๐Ÿ™‚

    eh tapi gw di BBM, fb or twitter suka masang foto bareng suami or anak gw juga deh.. tapi sebenernya ngga ada alasan khusus, cuma klo lagi suka foto nya ya gw pajang ajah๐Ÿ˜€

    • Makanya, menurut gue, kalo kenal satu orang jangan langsung cepet bikin penilaian ya gak sih Ke? Apalagi di dunia maya. Beuuhhh banyak bener pelsongnya deh๐Ÿ˜€

      Gue pernah lho foto bertiga, trus yg laki gue, gue cropping pas mau gue pake untuk profpic. Hihihi.. *tega bener :P*

  4. Sephia? kamu pasti old skool ya Ra. hihihihi *salah fokeus*
    Senyum-senyum sendiri nih bacanya. Pernah berkasus sama temen yang bersyukur karena jepang kena gempa dan tsunami fukushima. Katanya itu pasti azab karena Jepang tu produsen bokep. Karena sebel liat dia nulis gitu dan suka nulis ayat2 padahal dia ngejar2 temen SMA kami (mereka sama2 dah nikah) maka kuremove. Taunya dia nulis di statusnya mencantumkan nama gue “kenapa ya si kiki meremove gue?”. Hahahaha. Temen2 kita langsung heboh laporan. So far, gue selalu mejeng foto sendirian atau foto karya. Maklum narsis๐Ÿ˜€

    • Ih kayak situ bukan old skool juga Mbak๐Ÿ˜†

      Ih serius ada yang bikin status azab begitu? Buseet deehh.. Kalo menurutku, twitter itu masih agak terkendali dikit ya penghuninya. Kan kalo kita nggak suka tinggal unfol. Nah fesbuk yang ribet. Mana skrg segala update dari friend of friend nongol di timeline juga. Kemarin pas kasus apa ya, tsunami cmiiw, muncul juga becandaan gak mutu tentang bencana. Mau di-remove susah karena bukan temenku juga -__-

      Aih narsis apa mau naikin pasaran? Hihihihi..๐Ÿ˜€

  5. kalo profpic socmed dan BBM saya pake foto prewed, alasannya simple karena itu foto paling tsakep yg saya punya. yg lain bluwek bgt jadi malu buat dipajang. suami malah sukanya pajang foto motor2 (kode spy di acc beli motor baru). kalo nama sih pake nama asli. Paling sebel sama org yang BBMnya pake nama dan huruf yang ngalay abess..

    saya juga punya tuh sodara yang galaunya ampun-ampunan deh (cewe lagi). kalo lagi lurus, foto BBM dan FBnya bareng suami dengan anak dan kata2nya manis melulu. tapi giliran lagi ribut sama suami langsung ganti PP dan statusnya galau bin kasar. orang model kayak begini sih biasanya haus akan perhatian.

    • Hoahahaha… Alasan yang sungguh realistis!๐Ÿ˜†

      Idem ih, bete banget sama orang yang namanya pake kembang-kembang, simbol-simbol, lopelope, etc. Biasanya gue edit satu-satu tuh supaya terorganisir. Tapi ya tetep aje bikin rempong.

      *padahal gue sendiri nama di BBM pake nama panggung bukan nama asli hihihi.. :D*

  6. aku seringnya foto anak karena masih gendut, ga pede di foto hihi. eh tapi sbetulnya aku pake foto diri juga ding di bbm, twitter, fb. cuman di blog aja yg gak pernah pasang foto diri soalnya gak tahu siapa aja yg baca…takut nanti dikenali beneran kalo lagi di luaran๐Ÿ˜€ *ge-er*

  7. BBM profile pic aye…isinya: POTO MAKANAN hahahaha… sama kalau ngga, foto binatang yang lucu2… ngambilin dari 9gag hihihih. Jarang banget majang foto sendiri, kecuali pas abis kawin, mumpung lagi cakep2nya masangin poto pake baju manten…Huahahahah… Ya intinya, don’t judge the book by it’s cover… Ancur ya ancur aja, mau statusnya sesuci apa, foto keluarganya sekeren apa… Yang keren itu kan, kalo propicnya ancur, padahal dalemnya mulussss…

    • Ih lo sama banget deh sama temen gue. Profpic BBM-nya kalo gak makanan, foto anjing-anjingnya. Ketauan hobi kalian adalah menjahit ya cyin *enteu nyambung :P*

      Yang keren itu kan, kalo propicnya ancur, padahal dalemnya mulussssโ€ฆ

      Setujeeesss!

  8. kadang2 sengaja masukin foto keluarga (suami/istri, anak) atau bikin kata2 romantis untuk suami/istri, untuk menutupi kalo dia sebenernya punya selingkuhan๐Ÿ˜€

  9. Kalo aq… di BBM biasanya foto terbaru… qeqeqe… entah aq, entah suami, entah anak yang penting foto terbaru :D… tapiii statusnya teuteupppp ngebisnis :))
    Kalo di FB… mau ga mau harus foto pribadi yang jadi foto profile… soalnya yah bisnisku kan bisnis kepercayaan… gimana mau prospek orang kalo yang ditampilin bukan foto pribadi… #halah :))…
    Cumaaa… kalo buat cover foto… aq pake gabungan euy… secaraaaa… biar anak 3 lengkappp semua ngumpul disitu… qeqeqe… daripada pasang cuma salah satu anak… pada nanya yang laennya… nahhh pasang tiga-tiganya ituuu foto ga ada yang pake pose yang cakeppp… qeqeqe… yowislah… yang sendiri-sendiri aq jadiin satu ajaaa…
    Sami mawon lah ama status… kayaknya abnormal daripada orang kebanyakan deh… secaraaa itu kan juga buat ajang jualan… wkwkwkw….

    • Hahaha.. Emak 3 anak curcol nih yeee.. Iya ya, bikin foto keluarga baru 1 anak aja udah ribet karena mood si anak susah ditebak. Lah gimana foto keluarga bareng 3 anak atau lebih ya? Caralo jitu tuh Mak, tiga foto dijadiin satu๐Ÿ˜†

  10. kalo gw emang demen mejeng putu si bocah di socmed, karna emang nih anak luucukk banget *namanya juga anak sendiri, bole kan muji2..hihihi ;p*
    Tapi sih kalo lagi ada poto yang bagus ama misua, ya gw pejeng. Pun, kalo ada poto gw sendiri yang lagi bagus, ya gw pejeng juga. Tergantung mood eik ajah maunya pejeng yang mana,… ;p

  11. gw majang anak2x klo lagi lucu, jarang malah foto gw wkwkwkwkwk, tapi nama gw jelas kok krn gw (terpaksa) temenan bb sama bos.
    gw malah bingung dg status di BB kyk status socmed aja, ya nomention lah, ya curahan hati lah, ya nyinyir lah malah skrg tambah banyak yg meng-connect status FB-twitter-BB, eeeer.
    gw pernah dong pasang status di BB, “status BB bagai pencitraan padahal hati tercabik2x”, huahahahaha, langsung dech banyak yg bbm gw๐Ÿ˜€. gw sebenarnya bingung dg status BB yg galau ya, kyk temen gw suka berstatus di BB ttg cinta2x galau pengkhianatan gitu., atau macam2x i miss you. lalu gw tanya suaminya punya BB ya, ternyata tidak, ehem buat sapa atuh??? *pdhl diana muka baik2x sholehah*.

    • gw malah bingung dg status di BB kyk status socmed aja, ya nomention lah, ya curahan hati lah, ya nyinyir lah malah skrg tambah banyak yg meng-connect status FB-twitter-BB, eeeer.

      Nah, gue juga bingung! Ngapain ya curhat di status BBM. Trus serius ada yang connect status FB-twitter di BB? Omagaaahhh! Gue aja udah cukup puyeng dengan orang yang connect twitter ke FB, lah ini ada yang lebih parah lagi -___-

      Tuh kan, wajah solehah gak ngejamin. Mungkin temenlo pengen sok pengen jadi bad girl kali, padahal aslinya solehah?๐Ÿ˜€

      • sembari terdengar OST “you’re a bad – bad girl – bad girl…” di radio zzzzzzz…
        IMHO sudah nikah 5 tahun masih pasang status galau, kayaknya bener Ra kata lo, mungkin pengen jadi bad girl padahal solehah๐Ÿ˜€

  12. DP bbm gw foto rame2 sama temen2 karena emang lagi kece, kadang pasang foto ponakan soalnya lucu aja. Kalo foto berdua vacar cuma sekali2 bukan ga cinte, males aja ntar dikomentarin kapan kawin hehehehe.. Mm tapi gw suka agak gimanaa gt kalau chat sama org yg DPnya suami/istri/pacarnya aja ga ada orangnya lgs soalnya suka berasa chat sm org lain ajaa, suka mikir gw chat sm org yg bener ga nihh hahaha. Tp urusan profile picture ga ganggu sih buat gw, yg ganggu itu nama2 yg keriting ampe susah dicari, untung bisa kita ganti sendiri yaa..

    • Mm tapi gw suka agak gimanaa gt kalau chat sama org yg DPnya suami/istri/pacarnya aja ga ada orangnya lgs soalnya suka berasa chat sm org lain ajaa, suka mikir gw chat sm org yg bener ga nihh hahaha.

      Ini bener banget! Hahaha.. Apalagi kalo gue kan suka tuh ngegosip ngalor ngidul sampe ngomongin yang vulgar gitu sama temen-temen cewek. Kalo dia pajang foto anaknya, berasa dosa banget. Masa ngegosip+ngomong jorok sama anak kecil?๐Ÿ˜†

  13. gw jd inget salah satu temen gw yang majang do fb foto anaknya trus seriiing bgt muji2 lakinya dan bilang sayang banget sama anaknya. Padhal dibelakang dia selingkuh sama temen gw jg. Gw tau karna cowo selingkuhannya dengan bangga cerita, dia habis ngapain aja ama si cewek itu.

  14. utk di twitter emang sih gue pake nama “bunda…” *namanya anak gue* alasannya karena waktu itu gue msh gaptek di twitter… dan nama itulah yg tercetus dipikiran gue๐Ÿ™‚ *cetek bener* trus lagi-lagi krn gue gak pede pejeng foto gue, jadilah foto bocah-bocah yg jadi korbannya buat dipejengin di avatar gue *tutup muka*

  15. hahaha selalu deh postingannya memancing curcol, gw sealiran sama ibu-ibu yang make poto anak, alesannya juga samaan : Kecean anak sih, gw gendut. Tapi kalo FB pake foto berdua suami, soalnya fotonya kece. Gw kan cetek orangnya, yang paling kece yang gw pake deh. Gak ngaruh sama komitmen endebre.

  16. huihiiiyyy jleb banget nih postingannya๐Ÿ™‚

    saya termasuk yang ga terlalu suka pasang pic sendiri… biar kesannya misterius *apeeuuu* dan kalopun mejengin foto bareng keluarga, mesti yang sayanya keliatan cakep banget hihihihi… menipu dehh๐Ÿ˜›

    btw salam kenal ya, seneng deh baca postingan2nya๐Ÿ™‚

  17. pernah nge-remove contact gara2 profpic nya bukan foto dia (ternyata pacarnya) dan display-name nya susah dibaca (pake icon dan simbol2). waktu dia tanya, kenapa aku remove… kujawab : “kirain bb kamu dicolong orang… abis ngga ngenalin wajah+displayname-nya”๐Ÿ˜€

  18. profpic saya mah foto jaman masih muda belia langsing mempesona =))
    *keik pernah langsing aja =p. Yahh setidaknya tidak sebunder sekarang deh.
    Klopun majang foto ma anak, pasti milih yang pose emaknya lagi okeh.
    #emaknarsis
    Idem ra, aku juga sering bingung sama temen2 FB yang pake nama bunda ini, mama ini, nyonya itu. Ihiikk..saya kan gak apal nama anak dan suami/istri2nya. Short term memory parah soalnya.

    • Hihihi.. Jadi inget temen kantor yang di profpic FB-nya pake foto dia 20 tahun yang lalu. Waktu rambut masih lebat+hitam, dan wajah mulus belum keriput๐Ÿ˜€

      Nah itu dia maksud gue. Gue sih di BBM pake nama panggung *halah* tapi di status selalu gue cantumin email kantor. Jadi kalo ada yang lupa gue siapa (misalnya pas gue pejeng foto Nadira), tetep inget bahwa ini Ira yang kerja di kantor anu gitu๐Ÿ™‚

  19. hahah.. komen aaah.. udh lama gak komen dimari. #eh emang mb.ira hapal apa yang komen dimari sapa aja#
    kalo profpic so pasti pasang foto sendiriiii.. sering gontaganti sesuai ma lg seneng nya yang mana. kecuali profpic BB kalo pas lg rame2 janjian ngerjain temen, potonya bisa berubah jadi poto orang lain.. eh itu nama di BB ternyata bisa diganti yak #gaptek euy.. x_x
    kalo namapun pake nama asli. Asa ribet pake nama yang macem2. #bilang aja g kreatip#
    kalo status pesbuk udh g pernah update lagi. kalo twitter seringan ngegalaun ngoceh gak jelas atw bales2 twit temen. kalo BB biasanya apa yang lg terlintas di kepala. tp seringan jarang apdet.

    • Iihh siapa bilaanngg.. Gue inget lho temen-temen yang suka komen di sini. Soalnya gue kan doyan minum Gibolan *halah :P*

      Nah gue justru jarang gonta-ganti profpic BBM, Mak. Males banget rasanya, sesekali aja lah. Makanya suka heran sama yang doyan gonta-ganti profpic tiap jam. Mainan twitter aja sonoo gih๐Ÿ˜€

  20. Kalo aku mak, pajangin foto anak di fb itu karena gak pengen aja di add sama cowok2 gak jelas…karena pernah kejadian loh…diadd cowok gak jelas hehehe. Tapi setuju sama kamu, kalau foto profil bahkan status hubungan di fb atau yg laen2 itu belum tentu juga nunjukin pribadi sesungguhnya orang tsb. Kan banyak orang yang munak alias mentingin pencitraan, lah malah curcol…๐Ÿ™‚

    • Eeehh jangan salaahh.. Gue tetep lho di-add cowok-cowok gak jelas meski mejeng foto anak. Sampe bingung, mereka ngincernya apa ya? Jelas-jelas udah emak-emak gini, masih di-add juga -___-

  21. hahaha, pagi2 baca posting ini langsung ngakak sambil senyum2. tapi bener mbak ira, gue sih pasang foto anak di BBM (anak gue lagi seneng2nya senyum lebar tanpa gigi klo difoto). cuma nama BBM nggak berubah dari pertama pake BB. di fb dan twitter juga begitu. foto FB & twitter pasang foto berdua anak atau bertiga. suami gue malah fotonya suka absurd, mulai dari objek tak teridentifikasi sampe pose absurd dia sama anak gue :p

    sealiran juga, say no to nama Mama/Bunda ….di manapun. bahkan sampe sekarang nama keluarga bokap masih gue pake, secara suami juga ga bawa nama keluarga. bingung banget klo baca nama temen2 di fb. repotnya lagi itu friends of friends, ketemu langsung belum pernah, begitu baca ada news feed-nya, langsung bertanya2: ini siapa? emang gue pernah nge-add dia ya? kenal dimana ya? *tepok jidat*

    • Nah iya ya, kenapa ya laki-laki koq suka absurd gitu pasang foto di profpic? Laki gue juga suka gitu tuh. Seringnya malah pejengin band fave-nya dan gak pernah pejengin foto bininya *lesu*

      Iyak, soal nama, toss dulu ah. Banyak tuh temen-temen lama yang sekarang jadi “Bundanya Anu” “Mamanya Ini” etc. Gue pusing kan pas dapet friend request.

  22. Pingback: Happy Family? | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

