Tentang Cincin Kawin

Saat masih jomblo, gue dulu sering bertanya kepada temen-temen kantor yang udah merit dan nggak pake cincin kawin. Waktu itu gue langsung nuduh “Ih pasti pengen TP (tebar pesona) yaaa..” Apalagi beberapa teman gue emang gitu sih. Sehari-hari pake cincin kawin, begitu begaul, cincin kawin masuk dompet.

Nah, pas mau merit, cincin kawin merupakan salah satu elemen yang cukup penting untuk dicari. Gue dan pacar nggak mau pake cincin tunangan. Kalo gue sih alasannya emang nggak demen pake cincin. Kalo si pacar alasannya lebih kompleks.

Menurut dia, pake cincin tunangan itu justru bikin orang tergoda untuk selingkuh. Karena orang tersebut tau bahwa dia terikat sama seseorang dan akan segera menikah segera, jadi gatel bawaannya buat selingkuh. Dan menurut si pacar, cewek-cewek biasanya yang sering kena sindrom begitu. Duileh, seumur-umur baru tuh gue ngerasain dicemburuin doi, hahaha..😀

Anyway, karena nggak ribet cari cincin tunangan, proses pencarian cincin perlambang ikatan pun baru dilakukan mepet-mepet tanggal kawinan. Sekitar dua bulan sebelum hari H, kita baru hunting cincin. Itupun kagak pake ribet, cukup ke Pasar Cikini idola ibu-ibu pecinta emas. Dan berhubung gak perfeksionis, kita cuma pilih cincin yang simple, dari emas putih, kelar deh.

*kuku masih panjang, belum di-abuse ulekan dan cobek*

Setelah merit, cincin kawin dipake dong. But it only lasted for 2-3 months. Kalo gue mah punya alasan ya. Berhubung sebulan setelah kewong gue langsung tekdung, berat badan pun nambah dan cincin jadi kesempitan. Sementara kalo hubby, cincin gak dipake katanya karena takut ilang. Halah sok banget padahal pengen TP kan kamuuu… *jewer kupingnya*

Abis lahiran dan saat bodi mulai mengurus (tapi masih sisa banyak ke BB zaman kuliah :(), sebenernya gue udah bisa sih pake itu cincin kawin. Tapi karena dari kecil emang nggak suka pake segala macem cincin, gue risih banget pake cincin kawin. Hubby juga merasakan hal yang sama. Jadi deh tangan kita berdua kosong tanpa cincin kawin karena cincinnya bobo nyenyak di lemari.

*jari jemariku montok bener yah T_T*

Apakah tanpa cincin kawin kita berdua jadi nggak committed to each other? Gue bilang sih nggak juga ya. Biasa-biasa aja ah. Dan sekarang gue baru menyadari bahwa opini gue dulu (seperti yang gue tulis di awal tulisan) itu kayaknya kurang tepat.

Kalo mau selingkuh mah selingkuh aja kali meski pake cincin kawin dan bawa foto keluarga di dompet. Cuma mungkin cincin kawin itu diharapkan bisa menjaga dan mengingatkan seseorang bahwa dia udah kewong dan nggak melakukan hal-hal yang nggak semestinya. Gitu kali ye.

Oh ya, belakangan ini justru terjadi fenomena sebaliknya. Pria dengan cincin kawin justru dianggap lebih menarik. Apalagi jika kemudian dia curhat soal istri dan keluarganya di rumah yang mengecewakan, yang belum tentu benar dan rata-rata sih bohong itu. Cewek-cewek pun meleleh, mengasihani dan mau dijadiin selingkuhan atau istri kesekian. Kayak di film Just Go with It itu lho.

Jadi sekarang udah nggak zaman lagi kali ye nggak pake cincin kawin supaya bisa bebas pacaran dan mengaku ke orang-orang bahwa dia masih bujangan padahal cucunya segudang (lah jadi lagu Anggun C Sasmi). Wong pake cincin kawin aja tetep laris koq. Sesuai dengan pepatah masa kini bahwa semua orang itu available terus sampe “bendera kuning berkibar” bukan sampe “janur kuning berkibar”. (-__-)

Intinya mah menurut gue, it’s about how trustable your spouse is, with or without the wedding ring. Kalo emang orangnya bangsyat, ya mau dipakein cincin, gembok, pecut segudang pun nggak ngaruh.  Begitu juga sebaliknya.

*berdoa semoga suami saya adalah orang yang sebaliknya itu. Amin*

*kebanyakan nulis hal kayak gini bikin parno sendiri dah :(*

*btw ini postingan tentang BDSM atau cincin sih koq ngomongin pecut dan borgol? hihihi.. :D*

47 thoughts on “Tentang Cincin Kawin

  1. gw n suami jg ga pernah pake cincin kawin lagi
    alesannya sih krn gw sering ngerjain house chores & laki gw kerjanya di lapangan, takut rusak/ilang bok hihihihihi…. malahan gw yg larang dia pake cincin kawin abis selain mostly dia di lapangan, dia orangnya suka lupa klo naro barang (-_-)

    • Kalo yang itu bokap gue banget bok. Udah lebih dari 2x dia kehilangan cincin kawinnya soale tiap mau solat, copot. Abis itu sering lupa simpen dimana. Akhirnya emak gue ngelarang bokap pake cincin kawin demi alasan ekonomis, hihihi..

  2. qiqiqi… suami siy emang ga mau pake cincin kawin karena dari emas… pas mau beli… dia malah nawarin gini ke aq…
    gimana kalo kamu aq beliin gelang aja… jd budget cincin kawin dari aq buat jadi gelang kamu aja… nah kamu bisa punya gelang n cincinnya… qiqiqi…
    dasarrr #cewematre aq nya iya iya aja… malah tambah ga kepikiran ngebujukin misua pake perak… qiqiqi….

    sekarang cincin kawin n gelangnya jg ga pernah dipake… gara-gara sering dilepas sama anak2… en aq jadi malah takut ilang…

    eh ya mbak… beteweeeeee request twitter aq diapprove doongggg… pending mulu niy… hiksss… aq bukan stalker kok :D….

    http://www.my-za.blogspot.com

    • Hoahahhaa… Ih koq suami gue nggak nawarin gitu sih? *tersungging :D* Eh lumayan itu Mak, cincin dan gelangnya bisa buat modal belanja hihihi *aliran sesat*

      Eh iyaa maap sering lupa buka friend request di twitter. Bentar yaa..🙂

  3. “Pria dengan cincin kawin justru dianggap lebih menarik” -> dengan berat hati harus setuju dengan statement inih *langsung di bleklis emak2 seantero endonesia* hakakakakak,engga dengggg, aku bercandraaaa. tapi dulu waktu belom kewong, kalo liat laki udah kawin emang (lebih) menarik kan?:p

    • wah mbak….kalau gitu aku dibleklis pula…..
      dulu di kantor lama, ada opa2 yang masih setia pake cincin kawin meski kalau turun ke lapangan pasti dicopot. aku seneng sama opa itu….trus katanya si opa, keliru kamu kalau suka cowok pake cincin kawin……tapi aku liatnya sukaaa…..begimana ini….
      kalau punya suamiku juga masih dipake, aku yang suka copot…habis gak nahannnn…….
      dan mengamini doa mbak Ira….amin untukku juga….

      • Kamsudnya lo suka sama cowok karena pake cincin kawin Mak? Trus cincin kawin suami lo copot supaya suamilo gak ditaksir cewek-cewek gitu? Hoahahahhaa… Antik banget deh!😀

      • ngakak lagi guling2….
        bukan suka ama cowok yang pake cincin kawin…..tapi suka ngeliat *begimana se nulisnya*, intinya menghargai cowok2 yang masih dengan setia pake cincin kawin, getooo….
        kalau punya suamiku juga masih dipake, aku yang suka copot *maksudnya, aku gak pake, suka nyopot punyaku, bukan punya suami*…habis gak nahannnn…….*nggak betah…..gak biasa pake cincin* guling2 terus ngakak….

      • Hoalaahh.. Berarti gue yang salah paham ya Mak, hehehe..😛

        Iya sih emang kalo liat cowok pake cincin kawin suka salut. Tapi itu dulu. Sekarang setelah tau betapa mereka masih suka slengki tetap dengan mengenakan cincin kawinnya, bikin pengen nyunat deehhh..

  4. pernah lamaaa banget ga make cincin kawin gara2 hamil. pas udah bisa dipake lagi malah ilang gara2 kurus (pamer…) dan cincinnya mlolos aja gitu ga ketauan huhuhu… seminggu kemudian ketemu, keselip di tas suami (waktu sang estri mau ambil dompet-nya kayanya hahahaha). Alhamdulillah..

    Anyway, gw dan suami juga bkn penganut wajib pake cincin. kalo mau ga dipake juga gapapa, secara gw juga biker suka takut ilang, dan suami kalo lagi nyemplung di laut juga ngeri cincinnya ilang

    • Iya ih, aku koq mencium aura-aura pamer ya di komenlo Mak. Makanya agak 1/2 hati nih approve-nya, hihihi..

      Nah, setuju pisan euy. Daripada ilang atau rusak, kan mending disimpen aja. Yang penting kan yang ada di hati toh? *ceileh :D*

  5. aku mengaku…

    … aku salah pokus.

    “KITEK”nya caem banget mpok..😛

    Dulu gw punya cincin kawin daily dan wiken, Ra. Yang daily tuh buat pake-pake aja, bukan yang asli. Karena yang asli sayang dipake. Lalu cincin daily suami gw ilang kebuang pas dia abis ganti popok anak gw. Jadi skr cincin dailynya cuma punya gw doang adanya…

    Secara gw drama sih, sedih jg kalo gak barengan pake cincin kawin. Tapi teori gw, selama laki gw masih mau pake payung kalo ujan, itu udah menunjukkan dia udah kawin kok.. (cowok lajang biasanya ga mau payungan krn gak macho..)😛

    • Ih seneng deh kitek eikeh dibilang caem. Dibeli kakak Revlon-nya kakaakk…😀

      HOAHAHAHA.. Ih bener banget Smit soal payung. Sungguh sebuah analisa yang tepat menghubungkan kemachoan laki-laki, status pernikahan dan payung! *ngakak sampe mules*

      • Duh tampaknya gue jadi was-was nih. Laki gue gak demen pake payung bok. Tapi dia mau sih bawain tas belanjaan berisi ikan kalo lagi ke supermarket.. *cari-cari teori baru utk melegakan hati :P*

  6. Haha ternyata byk jg sumami yg g mo pk cincin dg alesan takut ilang/rusak ya..pas lg mo rencanain kawinan suami gw dg teguh&pd berkata ‘iya dong pake cincin’ sampe gw google2 tu cincin yg halal buat cowo dr apaan (g ngerti perhiasan cuy) pas ke melwi (ehm) buat milih cincin pun dia milih yg kembar ama gw tp Dr perak..awal2 sih masih rutin dipake aplg kan sempet eksodus ke LN (suer g pamer,epruf yak ) dmn di LN kan pake cincin/g masi jd clue bgt,eh lama2 krn sring dipake tu cincin mule besot2 akirnya mule jarang deh sampe akirnya g pernah dpake,awalnya sih gw pake drama2 gt,ngancem g jd pergi kl dia g pake hahaha…

    Tp ksini2 aplg stlh punya anak gw mule ya udalah,aplg kl perginya sama anak,uda LBH dr cincin kan itu,tapi kalo gw tetep pake kl pergi,alesannya berhubungan ama postingan blog yg ageing itu kl masi inget hehehe

    • Iya lho, gue juga dulu sempet mau sok drama pas hubby gak pake cincin. Tapi begitu cincin gue kagak muat, ya dengan malu gue menggagalkan usaha drama itu, hehehe..😛

      Hahaha.. Gak takut dibilang “Ih masih ABG pacaran aja udah sok-sok tukeran cincin. Lebay banget sih anak muda zaman sekarang!”😀

      • Haha tp mas adi g ngecengin?

        Iya skrg kl lg pergi b2 doang gw suka masi ngerayu2 make yang lebih sering g dipake nya…hiiih tau gt g usa beli aja dulu,budgetnya dilebur ke punya gw ky komen yg diatas itu ya..

        Haha g se ABG itu sih Mak aplg ditunjang body pasca melahirkan ini (uda staooon kaleee) *sigh

      • Ya ngecengin lah. Makanya gagal acara dramanya😀

        Iya ya, koq gue nggak kepikiran untuk ngelebur jadi satu aja buat gue semua. Lumayan kan budget utk 2 cincin pas dijadiin satu. Sukur-sukur dapet cincin berlian solitaire 100 karat *dan tangan pun tengleng sebelah :D*

  7. eh tapi dulu gw juga suka nganggep cowok yg pake cincin kawin itu kesannya bahagia banget dengan pernikahannya, dan cinta keluarga gitu.. Tapi kok laki gw gak cocok ya kl jarinya pake cincin kawin.. Kesannya jd gak macho…hmmm

    • Iya Mak, dulu gue juga gitu. Kalo pake cincin kawin berarti dia bangga dan gak nutupin identitasnya sbg kepala keluarga. Ternyata setelah ngalamin sendiri kehidupan pernikahan (ceileh), it takes more than just that🙂

      Hah emang kenapa lakilo pake cincin nggak macho Mak? Hahahaha..😀

  8. Cincin kawin gw ilang waktu nyuci pel-an makanan anak udah gitu dibuatin cincin lain ma suami gw eh ya ampun ilang lagi tuh cincin, jadi sampai sekarang ga pakai cincin. Ga bisa pake perhiasan nih gw kayaknya, so buat gw cincin kawin mah sekedar symbol, even udah ga pakai juga tetep aja gw ngerasa dah punya suami jadi jaga sikap. Hopefully si hubby gitu juga🙂

    • Gue mah perhiasan wajib itu anting. Sekarang kalung-kalungan gitu deh. Buat diamond, deg-degan euy, khawatir ilang secara slordig gini kan gue😀 Dan setuju sama komenlo Mak. Mudah-mudahan tanpa simbol itu kita dan suami-suami kita bisa jaga sikap ya🙂

  9. setujuuuuuu sama statement terakhirnya yang ini

    “it’s about how trustable your spouse is, with or without the wedding ring. Kalo emang orangnya bangsyat, ya mau dipakein cincin, gembok, pecut segudang pun nggak ngaruh.”

    semua balik lagi ke pribadinya bukan ke cincinnya..
    gw sama laki gw juga ga pake cincin kawin,.. yang penting saling menjaga hati aja deh..🙂

  10. Ira, rajin amat sih motoin tangan? Suami lo juga mau lagi diajakin foto tangan mulu hahhaa… Soal cincin kawin yg ga pernah dipake, ini suami gw yg melaksanakan. gara2 ga biasa pake cincin, ditarohlah itu cincin di laci baju. eh, taunya pas pindahan rumah itu cincin dicari udah raib tuh cincin. kecurigaan melayang pada mantan ART yg lagi kasmaran sama cowok yg gak bener (suka minjem duit). hiks…

    • Hahaha.. Itu dia juga nanya “Buat apaan sih poto-poto tangan?” Tapi berhubung takut bininya ngambek, ya dia mau-mau aja diajak poto tangan😀

      Duh tragedi buah apel banget sih Yok cincin kawinlo. Beli lagi deh, kan duit hasil lapak underwear masih bejibun toh?😀

  11. Yah ampyun…ngakak-ngakak ajah baca komen-komen di postingan blog ini. lucu pisaaann :p

    itu poto jari udah kena gilingan cobek masih cakep begitu mak??? *oof juga :p*

  12. eh aku n suami juga ga pake loh cincin kawin. alesannya sih sepele bener: pas mau nikah, ga ada duitnya buat beli si cincin😀

    mana aku tuh teledor perkara perhiasan. dan dikit-dikit kulitnya merah-merah kalo ga cocok ama bahan perhiasannya.

    sisi bagusnya, hemat di bujet perhiasan. sisi jeleknya, pas kapan itu lewat toko emas, iseng nanya ke suami apa ga kepikiran kasi kado anniversary? eh jawabannya dong: kulit gampang alergi kok minta perhiasan. ntar gatel, malah ga kepake. &@*!&@**!&^@

    • Lah Mak koq tumben amat pake emas alergi? Bukannya yang bikin alergi itu justru perhiasan imitasi ya?

      Kalo gitu, bilang aja “Mas, aku kado anniversary-nya emas ya, tapi bentuk LM. Jadi gak usah dipake, buat disimpen aja gitu. Atau tas LV juga boleh koq.”

      Gimana? Ide yang cemerlang, bukan?😀

      • emas mah ga alergi, kalo imitasi baru deh…mengerikan dah penampakan kulit kalo lagi bruntusan gitu.

        kalow teledor, pernah lo ga sengaja buang sepasang anting-anting emas. gara-garanya anting-antingku copot, trus aku simpen terbungkus kertas di lemari. pas beres-beres, kebuang aja gitu masuk tempat sampah😦

        ide cemerlang sekali Mbak…udah langsung dilaksanakan hua ha ha ha….:D

  13. Pingback: Filosofi Profpic « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

