Favorite Month of the Year

Bulan puasa adalah bulan favorit gue sepanjang tahun. Alasannya oh sungguh nggak religius samsek. Gue suka bulan ini karena selain banyak makanan enak-enak bertebaran, gue jadi punya banyak acara reuni berselubung tema bukber. Selain itu, biasanya tiap bulan puasa, berat gue turun. Hahay!

*digaplok ustaz dan ustazah deh akik*

Pertama gue belajar puasa saat masih kelas 1 or 2 SD. Tapi yang beneran puasa poll sebulan penuh dimulai saat gue kelas 3 SD. Waktu itu gue keukeuh puasa gara-gara seorang tante kasih iming-iming ke keponakannya duit Rp 5.000 untuk yang puasanya poll. Cetek ya? Hahaha..

Pernah nih, satu malam kita sekeluarga gak bangun sahur. Bokap dan nyokap udah ribet nyuruh gue batal karena kasihan. Tapi gue nggak mau, sampe rasanya lemeess banget. Pas waktunya buka pun gue cuma kuat minum air putih, abis itu bobo saking lemesnya.

Ya ampuunn.. Dedikasiku kuat banget ya demi duit goceng. Padahal pas Lebaran, tante gue lupa sama janjinya. Sedih deh gue. Untung bokap gue kasih hadiah juga karena gue kuat puasa sebulan. Horeee!

Seiring bertambah usia, komitmen gue berpuasa tetep kuat lho. Malah gue bisa bilang, puasa itu hobi buat gue. Pas SMP, gue pernah ngajakin temen-temen se-gank batal puasa. Eh begitu pada batal dan makan es krim, gue malah males batal dan lanjut puasanya. Langsung deh ditoyorin temen-temen gue, hihihi..

Terus pas SMP gue punya sahabat yang punya izin khusus dari ibunya untuk cuti puasa 1 hari. Biasanya izin itu dia pake saat harus belanja baju Lebaran. Pas SMA, ada juga sahabat gue yang lain yang ortunya kasih policy kayak gitu. Lucu ya?๐Ÿ˜€

Bonyok gue sih sebenernya santai, nggak pernah nyuruh A, B, C untuk urusan puasa. Tapi entah kenapa, gue demen aja puasa. Yang paling gue suka adalah sensasi pas berbukanya itu. Seharian nahan lapar+haus, pas buka puasa, cuma minum air putih+makan tempe goreng aja rasanya nikmat. Apalagi kalo makanannya berlimpah kayak es campur, kolak, otak-otak, lontong oncom, bakwan, tahu isi, risoles, etc? That’s the moment I cherish every year.

Makanya kalo terpaksa batal karena mens, gue suka sebel karena nggak dapetin nikmat yang gue rasain tiap puasa. Sekarang-sekarang sih, kalo mens pun biasanya gue tetep puasa. Sekalian diet kakaaakk..๐Ÿ˜€

Seinget gue, seumur-umur gue dalam kondisi normal dan sengaja batalin puasa baru sekali. Kejadiannya waktu gue liputan ke Papua tahun 2003. Jadi pas bulan puasa, gue danย 4 orang jurnalis lain liputan ke Jayapura. Abis itu kita diajak ke Merauke. Mumpung di situ, kita diajak ke taman nasional Wasur, yang berbatasan langsung sama Papua Nugini.

Karena dikasitau lokasinya jauuhh beeng, gue akhirnya putusin untuk gak puasa hari itu. Daripada teler kan ya. Temen-temen gue yang lain juga sama. Cuma ada 1 orang yang tetep puasa di rombongan kami. Dan bener deh, gue ngerasa nggak nikmat jadinya makan+minum siang-siang sementara si bapak yang puasa itu asik-asik aja menikmati suasana dalam kondisi puasa.

*at Sentani airport, Jayapura. Look at the beautiful scenery. Breathtaking, isnt it?*

*tugu batas antara Indonesia – PNG. Maap ada penampakan ulat bulu, belum kenal Narsih soale :P*

Kalo pas hamil, bulan puasa datang saat gue hamil 4-5 bulan. Gue sih sebenernya keukeuh mau puasa aja, meski hubby, MIL dan bonyok gue menganjurkan gue gak usah puasa. Lumayan tuh dapet 2 minggu puasa, sampe akhirnya gue terpaksa batal gara-garaย gue kena diare hebat sampe diopname.

Saat menyusui, bulan puasa datang pas Nadira umur 7-8 bulan. Hari pertama gue coba nggak puasa. Tapi gue ngerasa hampa *tsah* Abis itu gue puasa aja dan Alhamdulillah, baik-baik aja. ASI yang dipompa nggak terpengaruh, trus gue hepi-hepi aja. Lumayan lho, karena gue belum dapet mens saat itu, total gue cuma bolong 1 hari. Bayar puasanya gak berat๐Ÿ™‚

Oke, untuk urusan nafsu makan dan minum selama puasa gue bisa ngatasin lah. Nah urusan nafsu yang lain tuh suka gak nahan. Untunglah zaman ABG gue punya pacar rada soleh. Tiap bulan puasa, dia nggak mau ketemuan siang-siang supaya puasanya nggak batal. Kalo kepaksa pun, pegangan tanganย aja gak mau bookk๐Ÿ˜†

Nah, nafsu yang paling gawat, IMHO adalah nafsu ngegosip dan marah-marah. Itulah ujian terbesar buat gue. Jadi seringnya kalo kelepasan ngegosip atau marah-marah karena satu hal, alibi gue jadi gini “Ah ya sudah lah, hitung-hitung puasa hari ini cuma diet doang.”๐Ÿ˜›

Untuk urusan turun berat badan, ini sih klise ya buat semua orang. Selama puasa gue biasa turun 1-2 kg, bahkan tahun lalu gue sampe turun 5 kg. Tapi ya gitu, abis Lebaran, naik lagi deh. Dem yu ketupat sayur, kue nastar dan tape uli!

Anyway, dari ramblingan gak jelas ini, I just wanna say, happy fasting, people! Buat yang non muslim, selamat nambah berat badan yaaa.. Kan acara buka puasa bareng (bukber) itu gak mengenal SARA. Hihihihi..๐Ÿ˜€

Gak percaya? Nih gue pejengin beberapa foto bukber gue bareng various ganks. Rata-rata banyakan non muslimnya lho daripada yang muslim. Indahnya kebersamaan (plus makan-makannya dong ah)๐Ÿ˜€

*bukber kantor, dimana muslimnya cuma 20% tapi rutin dibikin bukber tiap tahun. Di foto ini, cuma gue doang yang muslim. Gak puasa pula karena lagi hamilย :)*

*bukber gank binal di resto Indihe Pasar Baru. Yang puasa sayap kiri, yang non puasa sayap kanan :)*

*bukber dalam rangka menyambut Intan dari US dan Turi dari Spore. Populasi puasa : gak puasa = 50:50*

Jadi, ada yang mau ngajakin eikeh bukber? As long as there are friends and food, count me in yaaa๐Ÿ˜€

24 thoughts on “Favorite Month of the Year

  1. Selamat puasa juga ya mbak n nadira….

    Tahun ini lagi ngajarin ahnaf puasa euy… bismillah… mudah-mudahan bisa…
    Puasa setengah hari siy… tapi rencananya pas awal-awal bulan dia bebas minum air putih kapannn aja… cuma makan nasi, nyemil n lainnya pas dzuhur…

    Doain lancar yakkkk… amiinnn…

    • Sama-sama Mbak Mel..

      Nah itu tuh, gimana ya cara ngajarin anak puasa? Nanti kalo sukses, tolong kasih tips & tricks-nya ya Mak. Persiapan buat Nadira 2 tahun lagi๐Ÿ™‚

  2. Kok lo puasa beratnya turun sih mbaaa??? Kok bisaaa :(( gw puasa justru naik lohh hari biasa gw biasa cuma makan pagi dan sore, begitu puasa pas buka ngemil gorengan, abis taraweh makan besar, pas sahur 4 sehat 5 sempurna *gimana ga naik๐Ÿ˜€ . Btw selamat puasa buat mba ira sekeluarga yaa๐Ÿ™‚

    • Hahaha.. Dulu waktu masih ABG juga biasanya gragas bok makannya. Jadi ya gitu deh. Untunglah skrg udah mulai sadar dikit. Jadi gak di-gas poll makan-makan selama puasa. Cuma dipuas-puasin pas bukpus, abis itu stop. Lumayaann๐Ÿ™‚

      Makasih Namira. Selamat puasa juga ya๐Ÿ™‚

  3. aaakk….enaknya ke Papua..envy sangadd! *salahfokus*

    duh mak, meskipun mengenaskan gocengnya ga dapet, tapi dirimu sungguh berpendirian teguh bisa puasa poll! hihihi…

    eniwei, gw juga selalu menantikan2 bulan ramadhan ini, tapi karena ngincer THR, voucher belanja dari kantor, makan2, dan balik kampong. Duniawi sekali yak? *dikemplangustad*

    • Tapi apa-apa mahal di Papua Des. Nasi rendang aja 20 ribu lhoo *makirit*

      Bwahahaha.. Alhamdulillah ternyata aku tak sendirian jadi orang yg lose focus tiap Ramadan dateng, hihihi..๐Ÿ˜€

  4. Kalo gw puasa rada bikin parno. Parno pasti berat gw turun lagi deh, hhuhuhu.. Tambah kerempeng aja gw mak.. Tapi sih pada dasarnya gw juga seneng bulan puasa, auranya gimanaa gitu ya, semua jadi lebih tenang keknya๐Ÿ˜€

    Selamat puasa juga ya mba Ir, semoga puasa kita taun ini, lebih baik dari taun2 sebelumnya..amin..๐Ÿ˜‰

  5. Daku tak berpuasa, tapi ikut merasakan indahnya puasa, alias, snack meeting sore di kantor jadi ada Biji Salak, Kolak, dan tajil2 lainnya nan indah hihihhi….

    Met Puasa buat Ira sekeluarga!

    • Nah ini Le kamsud gue. Bulan puasa emang indah buat yang non muslim. Tapi abis itu pada ngeluh karena berat naik. Temen-temen kantor gue begitu semua soale, hihihi..

      Makasih bumil yang kece. Sehat-sehat terus yaaa๐Ÿ™‚

  6. met puasa mba ira…. smoga turun rada lumayan yach bb-nya, tuing!! Nafsyu emosinya diganti aja sama nafsyu makan, paling ngga tajil yg ringan2 dweh (ringan tp 20 macem…wkwkwkwkw)……
    kapan main ke poin mas lagi mba ??

    teteb cemungud bpuasa… n teteb cari berita… n jgn lupa mba “post-nya yg gencarrrrrr mania”, hahahaha

  7. Aku juga suka moment ramadan begini walo gak ikut ngerayain…ya itu diajakin bukber, kadang dapat tajil gratisan dan pulang kampung di lebaran yipiii asyiknyo…๐Ÿ™‚
    Met berpuasa ya mbak…moga dilancarkan ibadahnya.

  8. lama tak berkunjung he he he…

    met puasa…moga-moga Ramadhan tahun ini makin berkah.

    aku ama misua malah males ikut bukber hehehe. apalagi kalo di mol. abis jadi binun tempat shalat maghrib nya. berebut aja gitu. belon lagi urusan pulang malem bawa anak kecil, pake motor pulak.

    kalau urusan turun BB, ini udah ga tau lagi gimana cara nyetop biar jarum timbangan ga geser ke kiri๐Ÿ˜ฆ udah di titik kritis huhuhuhu…..

    • Idem Mak. Tahun-tahun sebelumnya gue mah hayuk-hayuk aja kalo diajakin bukber. Tapi somehow tahun ini maleeess banget bukber, apalagi kalo di mol. Sampe sekarang, baru 2x bukber di mol, itupun cari mol yang baru buka jadi sepi dan cuma sama keluarga aja. Lebih demen bukber di rumah supaya makan-makannya bisa poll hahaha.. *rakus alert*

      Urusan BB juga mengkhawatirkan nih. Apalagi nanti abis Lebaran *tutup muka*

  9. Pingback: Wiken Bergembira « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s