Yuk Belajar Bisnis Bareng Dokter Tirta!

Untuk para pecinta media sosial, nama Dokter Tirta mungkin udah gak asing lagi ya. Soale sosok dokter ini awalnya ngetop bukan karena statusnya sebagai dokter. Dia justru populer gara-gara bisnisnya yang menggurita sampe ke seluruh Indonesia.

Btw, gelar dokternya beneran koq, bukan abal-abal. Bahkan sekarang Dokter Tirta lagi giat-giatnya mengkampanyekan protokol kesehatan dan apapun yang terkait dengan bahaya Covid-19.

Nah di post ini gue mau ngebahas tentang bisnis Dokter Tirta yang omzetnya sampe miliaran rupiah itu.

Dokter Tirta ini dikenal amat sukses lewat bisnis cuci sepatu yang bernama Shoes and Care. Awalnya, bisnis ini dibangun karena dia emang suka banget sama sepatu. Semua sepatu yang dia miliki selalu dirawat dengan baik jadi bagus, bersih, dan kinclong.

Lihat kebiasaan Dokter Tirta itu, temen-temennya suka nitip minta bersihin sepatu mereka juga. Dari situ, dia pun kepikiran untuk bikin bisnis cuci sepatu. Jadi deh Shoes and Care yang saat ini tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia.

Menurut gue, bisnis yang digeluti Dokter Tirta ini inspiring banget ya. The bottom line is, carilah ide dari hal-hal yang kita sukai. Dokter Tirta sukses bikin bisnis cuci sepatu karena dia emang suka dengan sepatu sejak dulu.

Nah berarti, kalo mau berbisnis, lebih baik pilih sesuatu yang kita suka dan gemari. Mirip quote-nya Confucius ini nih:

Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life.

Plus, logikanya menurut gue nih, kalo kita memulai bisnis dari hobi dan kesukaan, prosesnya bakal lebih gampang harusnya ya. Sebab, kita udah paham dengan seluk-beluknya, cara melakukannya, biayanya, dll dsb. Tinggal ubah mindset dari sekadar hobi menjadi bisnis untuk mencari cuan gitu.

Trus, supaya lebih mudah juga, gunakan peralatan dan perlengkapan yang udah kita miliki dulu sebagai langkah awal. Begitu mulai banyak konsumen, baru dilengkapi lagi. Lumayan, jadi gak perlu keluar modal besar dulu yekan.

Selain Dokter Tirta, gue juga banyak lihat temen-temen sendiri yang sukses berbisnis dari hobi. Misalnya, temen yang hobi dandan sekarang jadi makeup artist atau temen yang hobi masak jadi punya catering. Mereka ini bahkan sampe rela keluar dari pekerjaan awalnya karena mampu meraup sukses dari hobi yang dijadikan bisnis.

Di masa pandemi begini, bisnis yang berawal dari hobi sangat menarik untuk jadi sumber pemasukan alternatif yekan?

Jadi, kalo ada yang ingin nambah penghasilan atau terpaksa banting setir jadi wirausaha di masa pandemi, mulai aja dengan cara ala Dokter Tirta. Yang penting jeli lihat peluang dan tekun mengembangkannya. Jangan pernah underestimate hobi seseorang karena, gak jarang itu justru jadi sumber pemasukan yang gak ada duanya.

Untuk tips bisnis dari Dokter Tirta, mending simak selengkapnya di video ini deh. Seru dengerin Dokter Tirta ngejelasin bisnis dan seluk beluknya dengan gaya ngegas andalan 😀

Oh ya, untuk yang ingin dapet ide-ide ragam usaha baru yang bisa dimulai dari rumah, bisa lho ikuti terus konten BERGURU di channel Youtube Ninja Xpress. Tiap minggu, bakal dihadirkan satu ide baru yang bisa jadi inspirasi untuk mulai berbisnis dari rumah.

Jangan lupa like and subscribe ya. Kayak gue gitu! 😀

*ini foto skrinsyutan ya 😀 Kalo mau nonton, klik link yang ini okeh gaes*

Leave a comment