Curhat Konsumen

Seperti yang pernah gue cerita di sini, gue selalu kagum sama pemilik online shop alias OLS. Mereka sabaaar banget menghadapi beragam tipe pembeli terutama yang nyolot dan ribet.

Karena itu, gue berusaha berempati, dengan menjadi pembeli yang sopan, ramah, nggak pushy, nggak demanding, hanya bertanya kalo ada yang menurut gue gak jelas, secepat mungkin transfer duit dan kalo puas, promosi ke temen-temen. Intinya, gue selalu berusaha menempatkan diri di posisi penjual. Pastinya gue bete dong kalo nemu pembeli yang ribet? 

Makanya nyebelin banget kan begitu gue udah berusaha se-nice mungkin, eehh kepentok OLS yang judes dan hobi nyuekin? Jadi nyesel deh kenapa gue nggak jadi pembeli rese yang bawel dan minta dilayani full service kayak raja aje ye, hahaha.. 😀

Kemarin ini nih baru aja kejadian. Gue dapet rekomen OLS X dari seorang temen. Gue liat di Instagram sih, barang-barangnya sebenernya standar aja ya. Tapi ada satu item yang gue incer dan temen gue belinya di sini. Jadi gue tahan-tahanin deh celaan gue atas beberapa foto dan barangnya dalam hati (bok, masa ada blus model sabrina dipake model yang jerawatan di punggung?). Yang penting dapet barang incaran lah.

Setelah komen di barang yang gue incar plus di-reply sama dia, gue bilang akan kirim order via whatsapp. Terjadilah percakapan berikut.

PicsArt_1369968656384

Keliatan kan betapa dicuekinnya gue di convo pertama? Awalnya sih gue husnudzon ya, sambil ngebatin “Ah mungkin dia lagi nyetir/urus anak/gak sempet buka whatsapp/etc etc”. Tapi koq tiap gue liat status “last seen on”-nya, selalu aktif. Bahkan beberapa menit setelah gue kirim pesan pertama, keliatan dia sebenernya aktif. Lah jadi alasannya apa dong nggak reply pesan dari gue?

Udah, pas akhirnya komunikasi lancar, kekesalan gue menurun. Langsung kembali ber-husnudzon, apalagi dia sering pake tanda-tanda smile, pertanda seharusnya sih sopan nih orang. Gue mulai rada gak sreg pas dia bilang maximal 1×24 jam harus dibayar, karena OLS-OLS lain langganan gue gak ada yang sok ultimatum kayak gitu. Apalagi barang yang gue incar itu stok lama, bukan hot item. Trus koq ongkirnya di atas standar ya padahal barangnya bukan yang super mahal? Baru nih nemu yang begini. Tapi yo wis, gue sabar-sabarin dan kembali ber-husnudzon.

Ndilalahnya kemarin seharian gue gak sempet sama sekali mampir ke ATM untuk transfer. Baru inget semalem, jam 6-an. Langsung gue whatsapp si Mbak X, untuk kasih kabar kalo gue gak sempet transfer dan tanya, apakah gue masih bisa transfer besok pagi? EH GAK DIBALES LOH! Padahal, lagi-lagi, whatsapp-nya aktif banget, karena tiap gue buka whatsapp, selalu ada status “online” atau “last seen on”-nya baru beberapa menit lalu.

Sampe tadi pagi gak ada kabar. Baru deh gue esmoni sendiri. Trus gue curhat ke WA Group dan menurut @dhiralifia, owner @mamabebeshop (tuh gue promosiin Dhir :P), biasanya justru penjual lho yang mengingatkan pembeli kalo si pembeli lupa transfer atau gak ada respon setelah booking barang. Lah dalam kasus gue, kenapa jadinya terkesan gue yang napsu sementara si OLS X jual mahal dan nyuekin eikeh? Padahal keliatan kan ya kalo gue serius mau beli? Bikin ilfeel banget ih 😦

Duh maap ya temen-temenku yang kasih rekomen OLS ini. I’m soo unrecommending this OLS to everyone. Kalo slow response krn BB jarang ditengok, misalnya, mungkin gak masyalah ye. Tapi ini slow response, padahal dia rajin whatsapp-an. Atau kayak di kasus temen gue yang lain, ada seller yang slow response tapi hobi gonta-ganti profpic BBM. Lah itu kan berarti dia dengan sengaja nyuekin kita, ya gak?

Anyway sori mau jelang wiken malah ngedumel plus bikin postingan marah-marah. Ada nggak temen-temen yang punya bad experience dengan OLS? Please share dong, buat pelajaran ke kita-kita gitu. Makasiih 🙂

23 thoughts on “Curhat Konsumen

  1. Yah… celana jins hitam sobek-sobek gak jadi kebeli dong? Itu kan buat kita kongkow-kongkow *halah
    OLS emang gak semuanya punya etika dalam menjual maupun pasca jual. Dulu waktu masih ada Multiply (marketplace, pretttt!) sering banget gue dapet ols yang sesuai hati. Entah mereka semua pada dimana sekarang.. *langsung sendu*

    • Iisshh.. Udah beli dong jins sowek-soweknya. Di OLS lain yang harganya lebih murah 30 rebu dibanding si OLS kamfret itu *jumawa*

      Banyak OLS di MP yang hijrah ke FB, Vin. Coba deh lo ubek-ubek dengan username lama tapi di FB. Soale ada 2 OLS langganan gue yang tetep pake username MP tapi buka lapak di FB skrg.

  2. Beberapa hari yang lalu aku ngalamin hal yang sama. Cuek gitu pedagangnya. Aku mau minta contoh barang, eh dia nampilin foto yang di website, dimana barang dagangan itu tuch udah dijual di banyak website, dan dia ngambil aja dari website2 itu. Aku tanya: Mbak, gak ada foto produk benerannya?
    Jawabannya: GAK ADA.
    Hayayayaya…menurut ngana, eike jadi beli? Ya gak lah! Kacau… 😛

    • Hahaha.. Tapi emang banyak ya bok yang mejengin gambar ambil dari website atau bahkan nyolong foto dagangan/foto pribadi orang. Padahal barang yang dia jual suka beda jauh dari fotonya. Zzzz… -__-

  3. Klo gw, klo ga sempet bls ato lg nyetir, slalu gw blg nti d bls begitu udh selesai nyetir gt deh, pkoknya gw respon dlu. Klo dicuekin ky kisah lu itu sih emg malesin yah -____-“

    • Nah itu Ye, seller yang bener kayaklo gitu. Atau kasih aja pengumuman di status BBM/WA “late reply, baru bisa bales malem” misalnya. Jadi pelanggan kan nggak nebak-nebak buah manggis, paham gitu bakal direspon/gak. Keep up the good job ya Ye! 🙂

  4. gw baru baru ini gondok sama ols yang jual tas branded.
    ya emang tau sih jualannya dese itu yang model modelnya prada dan burberry gitu.
    sedangkan gw kemaren “cuma” beli longchamp yang harganya ga sampe sejuta.
    bokkk… jutek banget jawab pertanyaan gw. uda gitu begitu dapet harga kan gw langsung transfer, ucapan terima kasih aja ga ada loh.
    gw ngerti emang yang gw beli mungkin dianggepnya barang murah. tapi masa bilang tengkiu aja ga bisa?
    grrrr… malesin banget deh.

    • Ini OLS tas branded yang depannya huruf M bukan Mak? Kalo iya, errr.. Itu udah rahasia umum sih sifatnya gitu hahaha 😀

      Makanya gue respek banget lho sama owner OLS yang menyempatkan diri say thank you atau apa lah. Jadi pembeli seneng dan akan balik lagi belanja di situ.

      Kayak di banananina deh. Harganya emang lebih mahal dibanding OLS branded yang lain. Tapi karena Mbak Maia-nya ramah banget, jadi banyak yang puas dan suka belanja di situ, termasuk akyu 😀

      • hahaha iyaaaa bener..

        gw emang uda sering denger sih kalo ols yang ini yang punya jutek.
        tapi berhubung kemaren barang yang gw mau uda diskontinu dan cuma ada di dia jadi terpaksa berhubungan deh.
        walopun uda sering denger tentang juteknya tetep aja keki pas kena beneran. hihihi…:-D

      • hahaha parahnyaaa… 😆

        tas gw kan kecil, cuma LC cabas yang bisa dilipet. jadi plastikan doank sih. tapi gw lupa plastik kresek ato apa. ga meratiin juga soalnya. 😀

  5. Gw adalah langganan ols, karena paling males ke toko trus ngepas ngepas baju..Suka ngiri sebenernya sama ol di indo soale disini mah online shop malah ga ada service buat whatsapp/bbm/chat pokoknya what you see is what you get..tuuingg! tapi sukur deh barang2 yg dibeli di ols sini klo ga suka bs dikembaliin (tenggat waktu 14 hari setelah diterima)…jadi ga pernah ada masalah ma ols. coba ya disini ada service chat begitu…

    • Gue justru iri sama OLS di luar yang ada garansi boleh dibalikin kalo kurang cucok/pas, Pie. Terms and conditions-nya jelas lah. Kalo di sini, rata-rata nyediain fasilitas chatting karena T&C-nya suka gak jelas. Banyak OLS yang sengaja gak kasitau harga, size dll, supaya pembeli hubungi mereka via chatting itu.

      Makanya nyebelin kan, katanya nyediain fasilitas tanya2 via chatting tapi gak direspon? Niat apa kagak sih jualannya Mbak? *lho kebawa emosi lagi hahaha..*

    • Nama OLS-nya Kizuna Shop di instagram, Mak. Jangan beli dari situ ya, daripada hati nyesek karena dicuekin. Kalo mau, ke OLS @lyndachann aja di instagram juga. Gue baru beli jins sobek2 di situ. Harganya lebih murah dr OLS yang nyuekin gue, ownernya ramah, respon cepet, dan barangnya juga bagus. Recommended deh 🙂

  6. Pengalaman pribadi, bukan ols sih, tapi yang sering disms/di bb in tentang sponsor MLM (#bukanpromosi) wkwkwkw….
    biasanya kalo lagi rempong ama anak, jadinya cuma dilihat ajah. Soalnya kalo ada sms baru ato new chat gituuu walopun pas lagi ngurusin anak, pasti penasaran buat ngelihat dari siapa n penting ato ga. eeennn ngebaca itu lebih cepet daripada nulis wkwkwkw

    Apalagi klo lagi ngurusin anak tanpa asisten, seringan kan chat sambil nemenin anak main tuh. Siap-siap aja tuh baru pegang hape n baca new chat, tuh hape udah direbut duluan sama anak-anak. Ato tuh hape udah dipegang-pegang sama anak-anak jadinya kalo ada sms baru ato chat baru udah mereka duluan yang liat wkwkwkw. Soalnya sering banget telat info gara-gara temen ngerasa udah ngasih tau aq n status dibaca sama aq. Tapi aq ga ngerasa sama sekali qiqiqiq….

    Cuma, biasanya kalo anak-anak udah sibuk sendiri, n punya kesempatan buat balas. Yaaa dibalas sambil bilang maaf karena tadi sibuk sama anak…

    • Nah Mak, gue paham koq kalo kondisinya kayak yang lo ceritain. Makanya gue selalu berhusnudzon saat berkomunikasi sama orang. Nggak usah OLS, wong temen sendiri juga punya kesibukan masing-masing kan? Tapi ya itu, kenapa sih si OLS yang gue ceritain itu nggak ngejelasin kondisinya gimana, bla3x. Sampe sekarang, gue masih tetep dicuekin lho, gak di-reply samsek. Dan gak ada penjelasan dari dia. Malesin gak sih X_X

  7. Gw juga gitu ‘raa hahaha.. Kayak gue pernah beli dari mimo gitu, udh di booked, eeh 2 hari kelupaan trf bwahahhaha (maaf ingetan ala bebek, cuma 15 menit aja) lgs minta-minta maaf gue. Berasa gk enak karena siapa tau dia dlm 2 hari bisa jual ke org lain..

    Tapi ada satu OLS yang gue marahin karna dia gubrak2 gue suruh bayar cepet, udhlah gue nunggu 2 bulan, taunya barangnya masih blom sampe. Untungnya dia minta maaf sih, dan dianya berusaha nepatin janji, kalo dicuekin kayak lo mah, bisa gue makan tuh mbaknyaaa!!

    • Kayaknya kita setipe ya My. Hati rasanya gak tenang kalo udah janji transfer ke OLS trus kelupaan. Makanya suka gondok koq udah segini “baik”-nya tapi dicuekin hahaha.. *ngalemin diri sendiri :P*

      Eh OLS mana tuh My? Kalo gue mungkin gak gubrak-gubrak ya. Tapi gue tulis di twitter dan blog hahaha 😀

Leave a reply to oppie83 Cancel reply