Pembeli = Raja?

Just like I mentioned before, gue itu paling gak bisa dagang. Be it dagang in real world or via online store (OLS). Lah wong kemarin bantuin tante gue dagang nastar pake PO aja gue rugi setoples karena lupa nyatet. Jadi boro-boro untung dah cyin hahaha..😀

Tambahan lagi, gue punya beberapa teman pemilik OLS maupun follow-followan di twitter sama beberapa owner OLS. Ada yang curhat langsung ke gue soal suka-duka mereka jadi pemilik OLS. Ada juga yang curhat di timeline.

Dari situ gue simpulkan bahwa jadi owner OLS itu kudu punya stok sabar beberapa ton. Secara ya bookk.. Owner OLS kan dealing sama manusia yang seringnya belum pernah ketemu di dunia nyata.  Jadi dinamikanya jauuh lebih banyak.

Apalagi semua customer pasti minta diperlakukan sebagai raja, sesuai pameo yang ada. Padahal sering kali request dan kelakuan mereka lebih mirip kayak bodyguard (neror kamsudnya). Inilah yang bikin gue tambah alergi buat iseng-iseng berbisnis via OLS.

Trus ya, gue kan suka tuh ceki-ceki OLS di fesbuk atau multiply, terutama yang branded-branded. Buat ngiler-ngiler aja sih, belum pernah beli, hehehe.. Astaganagadragoonn… Meski para owner OLS itu jarang yang gue kenal, tapi gue rasa-rasanya pengen pelukin satu-satu deh. Cobaan hidup mereka berat banget ya :’)

Kenapa gue bisa komen lebay gini? Ya coba aja lo bacain komen orang-orang di dagangan OLS-OLS ini. Kalo nggak gemes atau pengen lempar bom molotov, gue yakin lo adalah titisan dewa deh.

Komen-komen gengges itu macem-macem rupanya. Mulai dari yang sederhana kayak nanyain harga/ukuran padahal udah jelas-jelas ditulis di fotonya, sampe yang bikin gue yang baca doang pengen jambak-jambak rambut si pemberi komen.

Contohnya kayak gini:

“Cakep banget sis. Tapi harganya koq mahal banget. Aku gak punya uang”

(sini jualan cyin, bukan lembaga amal atau psikolog buat tempat curhat)

“Numpang promo XXXX..”

(spam nih yeee)

“XXXX (nama si pemberi komen) hadir bawa 1 like + 1 koment….
Jangan lupa like back yah!!”

(yak setelah minta di-folbek, sekarang mulai ngetren minta di-like back. Gustii….!!!)

Duh bener deh, gue mah nggak bakal sanggup masup ke dunia OLS. Bawaannya pasti mau nyolot mulu. Salut beneran sama para owner OLS yang tiap hari dealing sama customer macem gini *pukpuk*

On the other hand, gue sebenernya sih maklum sama yang bolak-balik tanya soal keaslian barang, terutama di OLS branded items ya. Karena buat mereka (dan gue sih) mungkin tas/sepatu/jam seharga beberapa juta itu gak murah. Kudu nabung dulu sampe akhirnya mampu beli. Jadi ya agak gatel juga kalo denger OLS yang marah-marah dengan bilang “Beli barang cuma 2 juta aja belagu banget .” Ih gak tau aja ini ngumpulin 2 jutanya pake keringat dan air mata lhooo… (lah curhat Mbak?)

Trus dengan banyaknya penipuan via OLS (salah satu teknik penipuannya pernah gue bahas di sini ) emang wajar sih kalo banyak yang ragu belanja di OLS. Tapi ya menurut gue, kalo emang si OLS udah punya reputasi sebagai trusted seller, trus dari awal udah jelas-jelas nulis terms & conditions, disclaimer, harga, ukuran, dimensi, dll, ya nggak usah juga kali ditanya bolak-balik. I don’t think they have time to reply your answers.

Apalagi banyak kan OLS yang nulis alamat email, misalnya, untuk kemudahan komunikasi, sekaligus memudahkan pembukuan/order mereka. Ya kalo lo serius beli, silakan kirim email. Soale kalo komen di fesbuk/multiply-nya, kadang suka ketuker sama orang-orang iseng yang cuma komen “Cakep banget Siiisss.. Diskon 95% bisa?” *lempar granat*

IMHO, baik penjual maupun pembeli kudu punya itikad baik dan saling menghormati. Pameo “Pembeli adalah raja” itu bener, tapi juga jangan bikin kita jadi “raja” yang diktator. It’s just that simple, right?🙂

56 thoughts on “Pembeli = Raja?

  1. qiqiqi… pertamaaaxx….
    dulu sebelum ikutan dbcn pernah punya OLS…

    bener-bener harus stock sabar yang banyak…
    Udah jelas-jelas ditulis ukurannya… eh ada yang nanya gini…
    “kalo sama anak saya yang 3 tahun cukup ga sis”…
    (pengen rasanya bilang Lahhhh… mana eikeh tauuu… anak kamu ituu 3 tahunnya segimana… qiqiqi)…

    ato… ada yang bilang ini…
    “mahal sis… kemarin saya beli di tanah abang cuma 5rebu perak… saya beli segitu aja ya”
    (ngurut dada… ngurut dada… pengen rasanya bilang… silahkannn… aq dengan sukarela merelakan moms beli sekarung di tanah abang… ntarr sekalian jual ke aq aja)… qiqiqi….

    lah… jadi curcol…

    • Aduh kalo yang nanya ukuran gue suka gitu Mak. Tapi biasanya tanya ke seller yang tau anak gue segede apa. Kalo yang gak kenal mah, ya gak ditanyain lah yaaww. Hihihi.. *feel guilty :P*

      Nah untuk yang nawar gitu, kenapa gak dibalikini Mak? Bilang aja gini “Mbak saya kasih 5 ribu dan tolong beliin saya baju yang sama di Tn Abang ya.” Biar puas gitu😀

  2. Maaak, sepertinya dikau cucok deh untuk buka OLS dibidang per-makanan, cupcakes and the like. Oh ya, btw, semua resep per-kuean dan per-makanan sudahkah di upload di dunmay, mak?

      • Ah dikau terlalu atuuuut mak, padahal sampe ada sodara yg pernah minta dibikinkan sop ato apa gitu kan? hihihi *maksa punya sambil dipelototin sama mak Ira:D
        Mak, awal2 daku baca blogmu kaget ternyata dikau dari Sastra Inggris tho?? Kalo akyu dr Pendidikan Inggris nih, jd guru punya hahahaa. Yuuuk, denger2 pengen banget jd guru, asyik loh maaak, sekalian share ilmu wuiihhh mantabs rasonyo:D
        Tambahan lainnya bisa disambi ngasih private dirumah so kelak kalo resign bisa jd FTM tp punya sampingan jujaaaa hehehe *kompoooor meledug

      • Hahaha.. Iya abis gue gak pedean Mak. Kalo cuma dimasakin gratisan masih gpp lah. Kalo sampe nyuruh bayar, deg-degan takut orangnya marah. Koq masakan gak enak masih disuruh bayar?😛

        Haduuh.. Nervous berat Mak kalo jadi guru. Parah deh gue. Cuma berani ngobrol-ngobrol informal. Begitu disuruh ngajar atau presentasi, langsung ciut X_X

  3. Giling banget emang apalagi kalo komennya malah nyinyir. Sekarang di instagram juga udah banyak yang bilang “saya like poto kamu 10, please like back.” ya ampun gue kira cuma FB blog atau twider aje eeeh sekarang makin menjadi jadi -,-“

    • Eh iya bener Pep. Gue kan gak punya Instagram ya. Tapi kmrn pas gue liat Instagram artis karena kepo gosip orang, ebuset ada yang komen nawarin sarung hape lah, minta di-like back lah. Hadeehhh… -__-“

  4. mau curhat sbg pemilik ols..

    senengnya punya ols itu bisa jd nambah temen, ketemu temen lama, dapet pin/no.tlp artis, dapet duit walaupun dirumah aja (ini yg paling penting..haha).

    nah sekarang mau cerita bt-nya. kl dengan yg ga dikenal sih sejauh ini gw bisa maklum yaa, mau nyebelin juga gw ga kenal dia ini.

    nah beberapa kasus yg gw alami adalah dengan yg gw kenal. ada beberapa temen semasa smp-sma yg waktu zaman sekolah sama sekali ga pernah ngobrol sama gw tiba-tiba jadi ramah dan ujung-ujungnya minta diskon gede pleusss free ongkir. lah gw bukannya untung malah jadi nombok.

    ada lagi yg nanyaa terus..eehh ternyata dia juga punya ols, jadi cuma bandingin harga aja gitu.

    tp alhamdulillah selama ini sih banyak senengnya..

    oiya mba, kl buka po kue lg gw mau pesen doong..kmrn ga sempet euy..😀

    • Hahaha.. *pukpuk Della*

      Eh gue gak pernah minta diskon kan Del? *waswas sendiri :D*

      Tapi emang nyebelin sih kalo ujug-ujug ada temen/kenalan lama yang di masa lalu samsek gak akrab, eh jadi oportunis gitu demi dapet keuntungan (diskon). Pengen dihabek gak sih?

      Untuk PO nastar, ntar dulu ya. Ini tante gue belum kasih sinyal oke. Masih keriting kayaknya jari dia bikin nastar puluhan toples sendirian😀

  5. selain ngadepin pelanggan, mungkin karena capek ngadepin saingan2 kurangajar juga kali ya jadi beberapa pemilik OL shop jadi pada curigaan dan galak sama kita2 yg baru pertama mau beli di tokonya.

    gw pernah dijudesin gara2 gw nanya harga krn harganya ga dicantumin kan. kan gw sms trus udah gitu balasannya… “eh jangan dikira gw ga tau ya elo siapa. sekalian aja nanya supplier gue siapa” NGOK hahahahhaha😀 gw ya nyolot balik wong ga tau apa-apa tiba2 disemprot. rupanya dia bilang dia salah orang krn nomer telp gw mirip sama saingannya yg suka neror dan cekcek ombak ke dia. walau akhirnya abis itu dia minta maaf dan gue beli barangnya, abis itu gw jadi males belanja di tokonya. abis galak. huuhuhuhu…

    tapi tentunya gw punya langganan beberapa ol shop yg ciamiks dan pedagangnya pun jadi ikrib sampe sekarang. yah namanya juga usaha ya, ngerti banget gimana capeknya. semoga sukses buat yang rajin buka lapak🙂

    • HOAHAHAHAHA.. Aduh itu si owner OLS yang nyemprot lo pasti nyeseeell bener sudahannya. Bok, salah banget deh nyemprot calon kastamer *istilahnya Mbak2 SPG Matahari*. Apalagi kastamer yang ini seleb lhoo😀

      Und, mau dong di-share list OLS yang ciamiks dan ikrib sama lo. Nanti akan aku teror selanjutnya yaaa😛

  6. gw pengen tanya sama OLS, ORI itu artinya bukan KW atau mendekati yg asli ya? huahahahahahaha OOT banget gw. tp sumpah penasaran😛.
    gw termasuk pelanggan yg baik kok, gak pernah nawar apalagi minta diskon. lebih baik gw gugling cari OLS yg jual lebih murah drpd dijutekin *penakut* hahahaha. sukur2x kadang2x malah dikasih didiskon dan bonus sama ownernya. so far so good, kadang malah gw telat bayar *gak dapat signal buat m-banking*. maafkan wahai OLS. kadang gw pikir krn gw gak rese minta diskon aneh, atau gak mempertanyakan originalitas barang, malah pelayanannya plus plus.
    ohiya gw lagi anti nie sama penjual lasagna xxx, enak sie enak, but behaviour-nya beuh. niat dagang gak sie, aturannya banyak banget dech, ya harus pesen 3 hari sebelumlah, tiba2x ada kedukaan dadakan gak kasih kabarlah (ya gw ngerti sie ada kedukaan tp jgn pas gw tanya baru jawab pdhl gw sdh transfer dan tamunya sudah datang:( ). tambah ya jutek banget pas gw tanya ukuran dan harga via sms (*lihat aja multiply* *lah dipikir gampang liat via mobile*).
    malah gw salut sama penjual rainbow cake pdhl gw minta tolong 5 hari sebelumnya atau ada penjual kue ultah sehari sebelum krn mo bikin surprise bisa aja lho dibuatin (pdhl gw mintanya ada edible 3D).

    • Nah! Abisan di beberapa OLS suka ditulis ORI tapi gue liat, koq sendal Crocs ORI misalnya, harga cuma separo di toko. Gue pernah iseng tanya sama temen gue yang punya OLS. Kata dia, istilah ORI itu juga dia dapet dr yang punya barang. Ternyata cuma istilah buat yang mendekati asli deh kayaknya.

      Gue nawar barang OLS baru 1-2x lho bok. Itupun gara-gara baru belajar shopping online. Abis itu mah males banget. Apalagi karena gue nggak pernah rese, biasanya si OLS yang udah kenal malah suka kasih free ongkir🙂

      Eh penjual lasagna apaan tuh yang lo kamsud? Trus rainbow cake-nya apa? Bisikin dooonnggg.. *kepo*

      • Rainbow Cake atau Darling Cake ya (gradasi merah ke pink) yg enak (dan RVCnya) kalau gw boleh sebut yg juara dan service very memuaskan adalah dapurQ🙂. klo ini pasti sudah dikenal (dan dicintai) emak2x ya hihihihi… klo si penjual lasagna yg mengecewakan itu bisa gw DM, sayangnya sie enak namuntapinya banyak… cara DM gimana ya?

      • Wah kalo DapurQ mah si Riani CS-an gue. Hahaha.. Lo kudu cobain cheese stick-nya deh. Sumpah nggak bohong, endeus beraattt. Dulu diet gue gagal total gara-gara dia *lempar bodi*

        Lasagna enak tapi jual mahal, nanti gue email aja deh, supaya bisa bergosip kita, hihihi..😀

  7. Ra, sumpah, gw SALUT banget sama Onlen Seller. Tuh sabar nyetok darimana ya. Orang labil kayak gw gini kalo jadi Seller bisa penyok tuh meja, jedotin pala muluk.

    Loe tau dong peran dan derita gw sama Cimon untuk beberapa bulan ke depan.
    Tiap buka email, pengen rasanya gw rendem pala pake es balok segunung.
    Yah mulai dari ” HARUS DAPET”, sampe minta PRIORITAS. Gw sampe amnesia. Sejak kapan gw jadi Key Account Customer Prioritas ya ??

    Kalo gw atas nama gw pribadi, pengen rasanya gw reply ” Istighfar, Mbaaak…Eling Mbaaak…” *ciye kalo pencitraan, marah aja kudu sholehah ye*

    Tapi berhubung gw on behalf of sesuatu yang harus gw jaga image nya, terpaksa gw balas dengan sabar (plus gigit juga sih kalo bete) cuma gigitin kaki meja.
    #curcol gw Boook

    • HIYAHAHAHAHA..

      Duh kenapa bisa keliwat ya komen terpenting sejagad raya ini?

      Makanya Sis Indah, kamu harus punya daftar siapa2 aja yang wajib masuk daftar kastamer prioritas. Jadi gak bakal kena semprot terus.

      Jangan lupa, saya masukin ke daftarnya ya Sis. Inget, saya HARUS MASUK!!!

      *kirim es batu setronton*

    • pembeli adalah raja dan setuju jadi raja itu musti bijak. jadi kalo jadi raja jangan pake nawar-nawar deh, raja kok nawar harga hehehe

      Mas, itu komenmu bakal banyak dikutip sama owner OLS kayaknya. Jleb banget soale buat pembeli-pembeli rese😀

  8. Haha betuulll…. aku bukan OLS mbak, tapi customer setia OLS *qeqeqe*

    Awal2 mencoba pruntungan blanji di OLS, aku termasuk customer yg nyolot lo, ya maklum kan pemula, masi mikir macem2 (baca:nggak2), jadi sering hit and run tuh dulu. qiqiqiqi peace yah OLS yg pernah jadi korbanku =P. Tetapi seiring berjalannya waktu dan uda mule sering belanji di OLS, daku akhirnya jadi tau klo g hny OLS yg pny etika dagang, tpi customer pun kudu menaati etika yg tak tertulis di jagad perdagangan online. Hehehehe…

    peace😉

    • Alhamdulillah akhirnya dirimu insyaf ya Mak hehehehe… Iya bener, gak hanya OLS yang punya etika. Pembeli juga harusnya punya dong. Kasian lho kalo dagang trus main di-hit and run aja. Tapi emang gak bisa dimungkiri sih, belanja online itu bikin laper mata. Main order ini-itu, dan cancel-nya ya dengan cara batalin. Enak buat yang order dan hit and run, tapi nyebelin kan buat OLS-nya🙂

  9. Ra, gw boleh numpang promo gak komen di meri? hahahaha *digaplok*
    Gw sih klo ada ols yg posting di page gw, suka gw remove, mereka mau sebel silahkanlah… wong itu page gw, gw juga gak promo di page mereka kok, tambeng aje gw… tag juga gitu, lsg aja gw remove, gak pake komen lagi… capcai klo komen
    tapi buat gw, haram hukumnya gw curhat ato ngeledekin konsumen yg beli di gw, apalagi secara onlen. klo kata org Sunda mah, dipoyok dilebok… ada yg cuma nanya2 doang juga gw ladeninlah…pan gw dagang ye bok, kudu manis biar dagangan laris. Paling gw curhat sama sesama tk dagang aja dan kongkalikong, ini si pembeli ini gimana? Klo gw denger reputasi jelek, dari awal gw udah ati2 aja deh… sama halnya gw jg klo jadi pembeli jg gitu, kongkalikong dulu ama yg udah pernah beli.
    Jadi, kapan buka PO nastar lagi Ra? Jgn lupa catet gw yaaa…

    • Ih kalo sama Coach Tjepi, boleh koq numpang iklan di mari. Silakan lho Coaaacchh! *nyogok supaya gak digalakin lagi pas les renang*

      Kalo OLS yang nyelonong posting di page, itu paling nyebelin di multiply, Tjep. Mana susah di-remove pula kalo di halaman depan. Ugh gedeg banget deh gue.

      Setuju tuh sama prinsiplo untuk nggak curhatin atau ngeledekin klien di muka umum. Apalagi kalo kalimatnya bikin nyolot. Itu malah bisa jadi bumerang buat reputasi bisnislo kan?

      Nastar ntar ye Tjep. Gue pasti bakal masupin lo ke dalem daftar koq. Takut disiksa di kolam soale kalo nggak😀

  10. kalo bds pengalaman pribadi nih, yg kebanyakan nanya, yg suka ngacak2 dagangan di acara pameran, yg cerewet, smua itu biasanya justru ngga beli hehehehe…tong kosong nyaring bunyinya doang. udah hapal sama lagak2 org begaya doang tapi ga punya duit. kalo yg beneran mau beli, pasti cuma nanya satu kali dah langsung beres. yg lebih nyebelin lagi, kalo ada pembeli yg udah kebanyakan nanya…masih minta pembayaran pake kartu kredit (ehm)

    • Hahaha.. Ih itu bener banget deh! Gue kan dulu pernah kerja di sebuah toko buku bahasa Inggris ya pas masih kuliah. Yang lo bilang itu bener banget Mak. Rata-rata yang beli ya emang gak banyak cingcong. Dan yang nggak beli itu biasanya dateng buat numpang baca gratisan doang.

  11. Tapi mak….mungkin karena biasa jadi pembeli yang ‘manut’ sama onlensop kadang gerah banget kalo ada OLS yg ‘meraja’ kan dirinya. Contoh ni….tiba2 nulis, ‘saya gak akan reply yg nanya barang ini begini begitu…..krn begini begitu…’ kenapa sih harus mengeksiskan diri begitu. Namapun orang kan beda2 ya…kadang ada yg tanya sekali ud mudeng, yg tanya berkali2 gak mudeng juga ada (gamparable banget lah), menurut gw sih…misalnya ada term n condition jadi penjual, gw rasa klausul awal sampe akhir cuma satu kata ‘SABAR’.

    Gw seneng banget belanja di OLS yg ownernya sabar, centil2 gimana gitu, sok ikrib. Kadang lebay sih…tp aura nya beda n belanja jd nyaman. Drp OLS yg dikit2 komplain soal pembelinya…dishare pula di socmed. Lah klo yg disindir baca….gak enak juga yahhh…..

    Taaaaapiiii…tetep bete sama namanya ‘tagging’ barang dagangan. Itu gak sopan bangeeetttttttt……dan gak sedikit yg bikin gw keracunan hahahaha…..

    • Hahaha.. Gue juga suka tuh belanja di OLS yang tiap di-email, dibalas dan kata-katanya asik, gak kaku. Apalagi gue kan juga kalo ngemail orang berusaha sopan dan nggak kaku juga. Lama-lama jadi kayak temen, malah lebih asik lagi kan?🙂

      Nah kalo tagging dagangan itu emang gak sopaann.. Gue jarang buka FB. Dan sekalinya buka, trus gue ditag di foto dagangan, biasanya langsung gue remove friend itu orang. Hahaha.. Abis gengges sih😦

  12. balada bener emang online shop heheheh dulu jaman oliplem masih boleh jualan onlen sih suka ya dagang dagang online tapi ga sampe buka online shop beneran.. segitu aja suka sepet diminta diskon gede lah, ato diijelek2in barangnya!! kesyeeeeell :p

    tapi skarang malah kepengen buka toko online cuma masih mikir2 apaan yaaa… nanti boleh di tag kemari tante??? #lho #mohonjangandiblock😆

  13. Hmm,,,,OS owner juga paling kesel kalo pembeli nelpon di jam2nya kumpul keluarga (setelah magrib). karena ga diangkat, trus nge-PING berkali2😀 ada juga yg nge-PING mlulu padahal status BB: lagi nyetir Bos!. Grrrrr…..

    btw aku juga sebagai pembeli,, kesel juga kalo ada OS owner yang ngajak ngobrol hanya utk urusan dagangan, mau dicuekin, tapi ini sodaraan.. diladenin, malah makin gencar nawarinnya..dan makin gencar pula aku nolaknya😀

    • Hahaha.. Curcol sebagai OLS owner ya Mak🙂

      Jadi inget pas ikut seminar ttg enterpreneurship gitu. Si pembicara bilang, jangan sangka kalo punya bisnis sendiri itu lebih fleksibel dan punya waktu untuk keluarga. Justru sebaliknya. Kalo mau maju, harus siap dikomplain klien jam 2 pagi, lalu tengah malam dapet order, etc. Itu cukup bikin gue tambah males berbisnis sendiri, hehehe..😀

  14. belum pernah punya pengalaman enak dan gak enak ama OLS…gak pernah belanja lwt ols soalnyah…hehehee….kalo belanja ga liat barang langsung pernahnya dari bb doang…2 kali malah…dan dua2 nya mengecewakan…krn apa…?! itu barang gak sebagus dipoto *barangnya potojenik kah..?!* jadi karena gue orangnya kurang bisa basa basi juga…mendingan beli di toko,liat barangnya langsung… suka ga enak hati mo nanya2 takutnya jd menyebalkan….tp kalo nanya trus jawaban kurang memuaskan…? laahh kitanya dong yg pusing sebagai pembeli…hehehee…

    kalopun mo beli beli…gue jarang juga sih gak direncanain…jadinya kalo beli di toko juga udah tau kesitu mo beli apa…gak pernah nanya2, abisan suka males juga ama mba2 pramuniaga…kadang ada yg ramah tapi ada juga kan yg kepengen dilempar bakiak😀

    • Hahaha.. Ih bener banget tuh soal belanja OLS seringnya fotogenik. Gue beberapa kali beli baju, meski ada ukuran+berapa sentinya, tetep dong kekecilan/kegedean. Tapi ya namapun banci shopping (terutama yang murmer), tetep kagak kapok😀

  15. Sebagai penjual pasta online yg sudah malang melintang di dunia onlen shop selama 3 tahun *ejiyeee*, akyu cuma bisa bilang: Been there! Hihihi.

    Dulu waktu awal2 jualan, duh rasanya capeeek dan emosi jiwa mulu tiap ngadepin pelanggan yang bawel dan tanya ini itu. Boleh sih nanya2 dagangan kita, wajar banget. Tapi ya kalo nanyain hal yg udah jelas di blog, nawar sadis, minta ongkir gratis, sampe minta dikirimin tester ke kantor GRATIS, rasanya pengen jambak2 rambut juga, hihihi.

    Tapi akhirnya gue belajar satu hal Ra. Dulu seriiing banget gue curhat2 di blog kalo ketemu kastamer rewel dikit. Ya alasannya sih curhat biar plong drpd dipendem sendiri. Lama2 gue sadar itu gak bagus buat image dagangan ataupun image personal gue. Biar gimana, pembeli gak akan suka dengan penjual yang suka nyolot dan jutek. Jadi sekarang, sekesel apapun sama kastamer yg aneh bin ajaib, gue usahain gak nulis atau curhat ke socmed. Ya paling di BBG yg isinya temen2 deket aja atau ke komisaris penanam modal Maniapasta, alias laki gue, hihihi. Awalnya susah banget harus nahan2 sabar, tetep senyum walau hati gondok dan berusaha melayani pembeli semanis mungkin, secara aslinya gue jg jutek ya bok, heuheu. Tapi buat gue, hal itu jadi pembelajaran supaya gue bisa lebih menahan emosi juga sih… *pencitraan dah tuh, sebodo :))*

    • Iyaa Wi, gue bacain soal orang-orang yang berpengalaman kayaklo di milis NCC or dengerin curhat temen gue yang bisnis makanan OL juga senewen sendiri. Buset, masa minta tester dan dikirim sih? Minta digaplookkkk bener dah!

      Nah bener tuh. Kalo keluhanlo ditulis di blog, bikin imejlo sebagai penjual jelek. Mending curhat ke suami or temen deket aja lah. Gue mah gak yakin bisa semanis lo deh karena gue gak punya jiwa menservis, kecuali servis bola pas lagi main voli *halaahh :P*

  16. Bwahaha bahaya emang pembeli jaman skrg,Aku punya ols yg jual barang2 baby banyak beneur yg cuma random nanya pdhl Udh jls ketulis,terus kadang nanya..” udah ongkir kan sis?” ( dalam ati kl jkt msh kahartean) eh pas di tanya “dimana?” ” samarinda” lah loooh dikiraaa Samarinda blkg slipi,busyeeet!trs baru2 ini malah ngobrol sm temennya di salah satu pict akibatmya notif panjang beneur Dan gak Ada hubungannya sama ols ku whuaaaaa,sabaaar sabar dah!vuih!niceee writing anyway ;)))

  17. baru bacaaaaa… :))
    iya.. kadang gw sebagai seller suka habis pusing di perlakukan ama pembeli yg kadang2.. hmm..
    hit n run bias ga kehitung deh :)) capek2 order, udah hari H nya, ga d pick2up donggg.. whatsapp di block.. sms ga d bales wkwkwkw..

    makan garam banget deh jualan makanan di OLS model begini, kadang2 mesti stick to the rules banged biar ga bikin rugi😦

  18. Pingback: Curhat Konsumen | The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. Yaampuuun mbak ira, mau ikutan komen yak. Secara sejak desember 2013 jadi online seller juga produk homemade body care gitu deh. Bener2 sendiri dari blanja cari botol, ngelabelin..n jual di IG. Nahh, untuk contact person olshop aku kasih adekku, jadiiiii…. Dia yang kebagian “banyak cerita” perihal ngadepin kastamer..halah kastamer :))

    Untungnya adekku ini orangnya super sabaaaar tudemeks, mau orang nyolot kaya apapun dia gak pernah balesin nyolot, biasanya taruh hape dulu ambil napas sambil gantungan dipintu baru dibales hihhii. Alhamdulillah, feedback dr customer galak malah jadi baek n langganan tiap bulan beli dua botol ihihhihi.

    • Ebuseett.. Gue kayaknya bisa gigit bantal tiap malem tuh Mak kalo jadi customer service. Setres luar binasa hahahaha… Tapi adeklo kocak tuh, ambil napas dulu segala baru reply. Hebring euy😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s