Maidless in Jekardah

Yah emang sih Jekardah-nya udah nyaris berbatasan sama Bekasi. Tapi masih bisa dibilang Jekardah dong yaaa..

Okeh, kali ini gue mau mendongeng soal libur Lebaran plus cuti kemarin. Just like I wrote here, gue baru mulai cuti Senin (5/9) kemarin. Jadi sebelum dan sesudah Lebaran, gue kudu masup kerja. Maklum dah, namanya juga kerja di media, liburnya jarang-jarang cyin.

Trus Mbaknya Nadira kan mudik sejak Sabtu (27/8) dan janji balik kurleb dua minggu kemudian. Sementara hubby libur dari Sabtu (27/8) dan baru masuk kantor Senin (5/9). Seperti Lebaran-Lebaran sebelumnya ketika kita maidless, gue dan hubby sepakat gantian cuti supaya ada yang jagain Nadira di rumah. Alhamdulillah ya dapet suami pengertian *Syahrince style* Emang sih dulu kita masih nebeng di tempat ortu. Tapi tetep aja, Nadira diurus sama bapaknya selama gue ngantor dengan sedikit bantuan dari ortu untuk ngawasin bocah.

Tahun ini, berhubung kita udah pindah rumah, jadi nggak ada back up singer bantuan lagi dari ortu. Untung aja, urusan bebersih kita masih dibantu sama Mbak pulper.  Dia baru libur tanggal Selasa (30/8) dan masuk lagi Jumat (1/9).

Was it hard to be maidless? IMHO, not as hard as people said on my twitter timeline. Pas Mbak pulper libur, gue dan hubby gantian nyuci, nyapu dan ngepel. Masak udah definitely bagian gue lah ya. Hubby yang hobi beres-beres juga sibuk beberes kamar dll plus cuci mobil. Urusan anak, mostly gue yang ngurus. Tapi kalo gue lagi in the middle of something, biasanya gue suruh aja bapaknya mandiin/cebokin/nyuapin.

Pas hubby udah ngantor dan Mbak pulper udah balik kerja, kondisinya menurut gue masih asik-asik aja. Gue masih sempet puasa (secara utang puasa gue banyak yee). Untuk masak emang sengaja dipilih yang gampil-gampil aje, sekalian ngabisin stok makanan pre dan pasca Lebaran hehehe..

Nadira pun Alhamdulillah, gak rempong-rempong amat. Biasanya kan kalo gue di rumah, dia susaaahhh banget makan karena bawaannya nemplok mulu sama gue. Nah selama gue cuti, dia makannya tetep oke. Emang sih, nggak semaruk dan sekuli porsi makan kalo sama Mbak-nya. Tapi makan 3x sehari plus cemilan+buah, dimana semuanya gue yang nyuapin, merupakan sebuah prestasi besar lho hehehe.. *bangga dan lebay tipis bedanya*

Selain itu, berhubung hubby udah masuk kerja, jadi gue kagak perlu basbisbus sama orang yang gak gue akrab. Gue punya waktu untuk santai di rumah, main-main sama Langit dan emaknya, nongkrong di tempat nyokap, nge-mall, bahkan kopdaran sama emak-emak twitter nan kece. Cihuy dah!

7 hari full ngurus anak + rumah cuma dibantu ART pulper ternyata fun banget! Pas gak cuti, mungkin karena gue udah capek di kantor + kena macet di jalan, jadi begitu ketemu Nadira, sumbu gue yang pendek jadi tambah pendek, alias nggak sabaran. Selama cuti di rumah, gue jadi lebih rileks. Mungkin ini kali ya yang bikin Nadira oke-oke aja gue suapin makan?

Eh bukannya ini somse or gimana, tapi mungkin juga mood Nadira dan gue seminggu kemarin itu baik-baik aja semuanya. Mungkin juga karena anak gue baru 1. Kalo anak 4 gak ada ART nor nanny kayak Mbak Astri Nugraha mah, wassalam deh. Mana mungkin eikeh bisa bikin katering, rajin masak, punya blog, berkebun, etc macam dia? *setres bayanginnya*

Gara-gara di rumah berduaan terus, Nadira pun jadi nggak bolehin gue kerja. Dulu tiap gue bilang “Ibu kerja cari uang untuk Mbak Dira naik odong-odong ya”, dia jawab “Iya”.  Sekarang pas gue dia bilang gitu, dia jawab “Mbak Dila ndak mau naik odong-odong. Ibu ndak ucah telja aja.” Atau “Ibu di lumah. Papa aja yang telja.” Hikss.. :’)

Sempet sih kepikiran, kalo gue resign, enak juga nih kondisi kayak gini. Cuma sama ART pulper, tanpa Mbak-nya Nadira. Toh rumah kita juga minimanis (mini tapi manis gitu), jadi bersihinnya nggak rempong. Gue butuh ART pulper basically kan karena gue benci nyetrika, hehehe..

Tapi dipikir-pikir, kasian juga Mbak-nya Nadira. Kalo gue resign, ntar dia nggak ada kerjaan. Trus gue juga mikir diri sendiri (selfish boleh dong Kakaakk..). Seminggu full cuti dan di rumah doang emang oke. But can I stand staying at home for the rest of time? Untuk saat ini sih masih ske-ske-skeeerrriiii.. Hehehe.. Maklum, namanya juga pengecut bok 😛

Anyway, berhubung baru kenalan sm Picasa, tadi iseng-iseng bikin kolase foto selama cuti kemarin. Termasuk pas Papanya Nadira ultah wiken lalu. Sweet! 🙂

15 thoughts on “Maidless in Jekardah

  1. Mohon maaf lahir batin ra, tapi aku rada nggak setuju kalo lo mau resign (untuk saat ini) mengapa?! Karena kan ira yg aku kenal itu dinamis banget orangnya, nanti klo kmu stuck dirumah kamu mematikan potensi dirimu sendiri dan ujung2nya dirumah 24 jam jd bete, efeknya gak enak k nadira dan suami…
    Maaf ya kalo sok tau, soalnya liat mamaku kaya gitu huahahahahahahaha

    • Hihihihi.. Makasih lho dibilang dinamis dan penuh potensi *hidung kembang kempis*

      Nah mama mertua gue juga kayak nyokaplo, Dhir. Dia resign karena dipaksa papa mertua gue. Alhasil stres mulu. Untung energinya bisa dialihkan ke Dharma Wanita dan urusan lingkungan. Kalo gue gimana ya? Secara laki gue kan bukan PNS, jadi gak ada Dharma Wanita 😀

  2. Ira, perasaan gw sama banget sama lo!

    Tahun2 kemarin, gw masih paniki ditinggalin ART. Selama ada ART pun sebetulnya sebisa mungkin Jabrik gw yang pegang, tapi tetep aja kayanya gak pede kalo gak ada yang bantuin. Lagian kasihan anak gw, udah suka sama si ART trus tau-tau ditinggalin.
    Lama-kelamaan, gw ajarin Jabrik untuk gak terlalu attached sama ART. Lebih banyak gw yang urus dia selama gw ada. Wiken pun ART gak pernah sama sekali ikut ngurusin Jabrik. Jadi ART gonta-ganti pun dia santai-santai aja. Dan honestly, rumah lebih beres gak sih kalo kita sendiri yang bebenah?

    Sekarang Jabrik udah TK, sekolah Senin-Jumat, rasa-rasanya gw bisa survive hanya pake tukang cuci-gosok pulang hari. Pagi-pagi bapaknya mandiin, gw bikinin sarapan trus nyuapin. Dia berangkat naik jemputan sekolah jam 6 pagi, habis itu baru gw siap-siap ngantor. Urusan cuci piring, bebenah rumah, sama masak ya bagi-bagi tugas aja sama suami en emak gw . (Yess, untung ada emak gw!) Risikonya? Bangun jam 4 cuy! Kesiangan dikit aja langsung berabe jadwal gw! LOL!

    • Ish, gila ya Wid. Koq kita bak pinang dibelah pake kampak gini sih? Mulai dari hobi belenjes onlen, ukuran ‘aset’ sampe ART pun kompak bener kiteee! 😀

      Setuju samalo. Rumah emang lebih beres kalo kita yang bebenah. Trus sabun cuci, pembersih piring dll lebih hemat bok. Dan pantat panci dan wajan gue lebih kinclong secara gue hobi cuci piring 😀

      • :)) Dibelah kampak ya, Ra! Suami lo juga doyan bebenah kan? Persis laki gw. Jujur aja, lebih sering dia yang nyapu-ngepel sih dibanding gw… Hehehe.
        Tapi bener lho, mungkin salah satu faktor gw rada nyantai hunting ART untuk nginep sekarang tuh karena gw perhatiin emang semuanya lebih bersih dan rapi dikerjain sendiri. Kayanya udah susah ya jaman sekarang nyari ART yang emang hobi bersih-bersih. Yang kasihan ya nyokap gw, karena dia yang kebagian jagain Jabrik sampe gw pulang kantor.

      • Yah ideeemmm… Laki gue gak bisa liat rumah berantakan dikit. Padahal kan lo tau ye, punya anak balita, dijamin kondisi rumah gak bakal bisa rapih all the time. Gue kan maunya beresin mainan begitu anaknya molor, karena such a waste of energy kalo tiap Nadira berantakin, gue beresin. Karena dia bakal berantakin lagi.

        Nah laki gue mah kagak bisa. Jadi dia deh tuh yang sibuk beberes. Gue mah santai aja sambil ngeliatin, hihihi..

  3. Yah lu mgkn kebantu krn Mas Adi yang OCD jd demen beres-beres ya Ra, lah kalo gw..nasib dah punya laki ga biasa kerja dr kecil & suka enak aja naro barang di mane aje sampe bikin rambut gw megar kayak megaloman plus ngomel T_T

    Tapi emang enak sih ya ternyata kalo semua bisa dikerjain sendiri asal yang lain mo kerjasama, makanya kalo anak2 dah gede tuh nyaman deh.

    Btw, kl ada info ART mau donk xixixi *usahadisanasini*

  4. Maaf lahir bathin!!

    Beneran deh sebenernya ga repot. Apalagi Nadira udah besar. Gue aja cuma rempong kalo lg masak banyak buat acara kok 🙂

    Gimana? tergoda ga buat jadi ibu RT? 😀

  5. Ra, bener tuh kaya Dhira bilang, orang sedinamis loe klo nganggur pasti stresss book…

    Awalnya mah enak Ra, ..mandiin, nyuapin, masak buat anak dan suami. Liat orang2 sibuk bermacet2, kita nyante di rumah…
    lama2 ..jeng..jeng…pasti kangen dengan segala deadline dan tetek bengek kantor lainnya.

    Makanya gw salut bgt sama Ibu RT..atau WM yang jadi IRT…pengorbanannya…ga tertandingi deh 🙂

    • Ahahaha.. Itu dia makanya gue maju mundur jadi IRT. Gue kagak sanggup rasanya bener-bener di rumah doang. Mana gue kan parnoan ya Sal. Gue takut banget kalo (amit-amit jabang bayi) suami gue selingkuh, trus gue minta cerai, abis itu gue ngehidupin diri dan anak gue pake apa dong, secara gue nggak kerja? 😦

  6. Pingback: A-S-E « The Sun is Getting High, We're Moving On

  7. Salam kenal… rumpian soal maid ini bikin aku mo nanya dikit, as a working mom senewen banged ya mom klo ART yang lagi pulkam, scr tiba2 aja ngabarin ga bisa balik lagi dengan berbagai macam alasan… anyway abis lebaran tahun ini my maid udah rencana ga balik dgn alasan mo dilamar… klo yang masih punya ortu/mertua sih msh ok bisa nitipin anak sementara nyari lagi, nah akika neeh yang nelongso ga punya ibu or ibu mertua lagi mbakyuu… *usap airmata berlinang* selama ini klo masalah itu datang menghampiri, anak2ku ampe travelling lho dititipin dari satu bude ke bude yang lain (secara rumahnya berjauhan n sapa aja yg ada waktunya) *merasa berdosa.com* itu sebab, keinginan meninggalkan singgasana karir di kantor (kaya’ yang udah tinggi aja lepel karirnya.. ) kadang begitu kuat mikirin nasib anak2, tapi terjun bebas sbg IRT pun rasanya…. kutak sangguuuuuppp.. betul sih dlm waktu yang singkat sih masih berasa enjoynya n having fun with kids, tapiiiiii….. klo lagi berasa jenuh n kerjaan IRT yang rasanya ga ada abisnya bikin kepala cenat cenut. terakhir : titip pesen duongg.. klo ada ART yang available …. #timbangan karir msh lebih berat#

    • Aaahh berpelukaaann… *big hug*

      Tahun ini juga ART-ku mudik gak balik lagi Mbak. Aseli pusing banget. Mana ART mertua juga kayaknya gak balik. Kasian kalo nitipin anak sama mertua karena dia sendirian. Trus kalo punya ART baru, anakku tipe yang adaptasi lama sama orang. Jadi pasti ribeett banget deh.

      Ini aja udah kepikiran mau resign, tapi gak yakin karena idem kayak dirimu. Kutak sangguuuuppp… Nanti kalo ada ART lebihan, aku umumin deh yaaa..

Leave a comment