A-S-E

… atawa AC (Air Conditioner). Berhubung separo Betawi-Sunda, gue jadi nyebutnya Ase. Kalo gue bulai mungkin jadinya Aircon kali yee..

Anyway, buat orang-orang zaman sekarang, Ase ini kayaknya bukan lagi kebutuhan mewah ya. Malah untuk beberapa, Ase adalah kebutuhan primer. Kayak suami gue tuh. Dia malah bilang “Siapapun yang menemukan Ase, harus masuk surga. Aku gak peduli sama penemu TV, handphone, etc. Penemuan Ase adalah yang terhebat!”

Zzzz… Zzzz… Grookkk!

*picture’s taken from here *

Padahal, bininya ini meski demen sama Ase, tapi gak cinta-cinta amat. Maklum dah kamseu. Kalo tidur, emang paling enak pake Ase, trus nyelusup dong ke dalem selimut. Indonesia banget ya gak sih?😀 Makanya pas gue tugas ke Korea tahun lalu pas early winter, meski udara dingin bener, rasanya sumuk kalo gak nyalain Ase. Tapi ya gitu deh. Begitu Ase nyala, langsung nyumput ke balik selimut tebal, lengkap dengan jaket dan kaos kaki😛

Di rumah sih, gue cuma nyalain Ase kalo pas mau tidur doang. Dari zaman single sebenernya gue malah bercita-cita pengen punya rumah yang sirkulasi udaranya bagus banget sehingga nggak perlu Ase supaya dingin. Sekarang udah agak terwujud karena di dalem rumah, gue minta ada beberapa ventilasi berupa taman-taman gitu (yang kering kerontang isinya batu doang karena gue males bercocok tanam :P).

Tapi apa daya, daku menikah dengan seorang Ase freak. Kalo hubby ada di rumah, Ase kamar harus nyala 24 jam. Malah dia pernah usul supaya rumah dipasangin Ase semua. Ih langsung gue veto deh usulannya. Gini-gini kan gue cinta lingkungan dan pengen jadi anggota Greenpeace.

Nah pas hamil, gue cita-cita banget supaya anak gue kelak nggak jadi Ase freak. Soalnya, gue punya beberapa teman dan sodara yang anaknya Ase freak. Itu bikin ribet bener deh. Contohnya sodara gue nih ya. Waktu kecil, dari brojol dia terbiasa di ruangan ber-Ase. Di rumahnya, semua ruangan ber-Ase. Alhasil kalo diajak ke rumah sodara yang nggak ber-Ase, pasti rewel dan nangis. Trus pernah suatu hari keluarga kita rame-rame ke Gedebage Bandung. Eh sodara gue tersebut, waktu itu masih umur 1-2 tahun, nangis kejer. Rewel pisan lah pokoknya, kayak anak diculik. Dia baru bisa diem pas dibawa ke mobil yang Asenya nyala.

Fiuuuhhh..

Berbekal pengalaman-pengalaman tersebut, gue semakin bertekad untuk nggak sering-sering memperkenalkan Ase ke anak gue. Nah, pas Nadira lahir, gue cuma pasang Ase kalo dia tidur malem. Kalo siang-siang, gue biarin aja dia tidur tanpa Ase. Keringetan? Gue kipas-kipasin doang. Alhamdulillah oke-oke aja anaknya.

Yang paling ribet ya kalo si Ase freak aka hubby libur. Pasti anaknya ‘dikandangin’ di kamar, yang dipakein Ase, hampir seharian penuh. Gue sampe suka khawatir, takut anak gue ketularan freak-nya hehehe..

Untung sih, sampe sekarang Nadira nggak freak-freak banget sama Ase. Pas cuti Lebaran kemarin, tiap siang, kita nonton TV di ruang tengah, beralaskan kasur Palembang dan ada kipas angin yang diarahkan ke ruang makan, jadi nggak kena kita langsung. Pelan-pelan, Nadira biasanya tertidur lelap, and yes, tanpa Ase. Begitu juga kalo lagi dimana-mana. Kalo dia ngantuk, mau panas atau dingin, ya langsung tidur. Bahkan, sampe sekarang, Nadira hobi banget main panas-panasan. Sebenernya sih gpp ya, malah bagus daripada di dalem rumah melulu. Tapi kalo overdosis kan cukup bikin gue dan nyokap deg-degan takut dia tambah ireng. Lagian abis main panas-panasan, badan+rambutnya jadi bau matahari bok, hihihi..

Btw, gue normal nggak sih kayak gini? Soalnya buat gue nih, hal paling menakutkan adalah kalo anak gue terbiasa hidup enak dan susah beradaptasi untuk hidup susah. Padahal hidup ini kan kayak roda (unless you’re a member of The Bakries or The Soehartos). Jika dia terbiasa hidup enak dan full fasilitas, trus tiba-tiba suatu hari ibu bapaknya *knock on wood* nggak bisa kasih fasilitas kayak sekarang, dia pasti bakal nelangsa. It happened to some friends of mine dan bikin gue gimana gitu ngeliatnya.

Makanya, bukan gue pelit atau tega sama anak nih ya. Siapa sih orang tua yang nggak pengen anaknya bahagia selalu sepanjang usia? Makanya gue berusaha punya segala dana pendidikan, pensiun etc, supaya kalo ada kenapa-kenapa, kehidupan kami nggak jomplang-jomplang banget. Tapi gue juga berusaha membatasi diri supaya tidak memanjakan Nadira sehingga dia terbiasa hidup ‘terlalu’ nyaman all the time. Kalo dia nggak pernah ngerasa susah, lapar, atau panas, gimana bisa menghargai senang, kenyang dan dingin?

Ih sotoy dan lebay banget ya gue. Urusan Ase aja jadi kemana-mana. But please, do judge me if you think I am that sotoy and lebay. Besides, this posting is just another of my two cents🙂

Don’t handicap your children by making their lives easy. ~Robert A. Heinlein

10 thoughts on “A-S-E

  1. ” hal paling menakutkan adalah kalo anak gue terbiasa hidup enak dan susah beradaptasi untuk hidup susah. Padahal hidup ini kan kayak roda”

    gw setujuh banget inih..

    mba, dirumah gw malah ga pk ase samsek.
    alhamdulillah anak-anak mau udara gerah buanget maupun lg dingin-dingin hujan tetap bisa tertidur pulas..

    kalau mau pergi-pergian juga gw ga selalu bawa kendaraan koq. kadang suka ajak syasya ngangkot. cuma kalo lg panas banget diluar kadang gw ga tega juga ngajak ngangkot..

    skrg syasya jadi paporit bener naik busway.. diajak ke pasar aja maunya naek busway..hedeeww..

    • Tadinya mau gak pake ase samsek, Del. Gara-gara pernah baca di tabloid mana gitu, rumah artis/seleb yang ramah lingkungan jadi adeemm bener. Ealah, suami gue kan ase freak. Bisa kelenger dia tanpa ase😦

      Dan samaa banget. Gue kalo lagi libur, selalu berusaha ngajak Nadira jalan-jalan naik angkot atau kendaraan umum. Habis kalo sama bapaknya kan kemana-mana pasti naik mobil tuh.

      Eh nanti kan ada busway tuh dari Pulogebang ke Kampung Melayu. Pasti Syasya minta diajak ke Jatinegara mulu deh. Kan ke pasar, hihihi..😀

  2. Stujuu..dulu sblm gw punya ank suka ngebatin kalo ada ibu2 yg ‘aduh ank gw g bs tdr g pk ac’ gw mikir ‘jgn sampe ank gw gt,musti flexibel d’ tp g brani ngucap takut kualat…eh skrg anak gw laki gw maunya lebih keras lagi *tiger mom mode on
    Sbnernya rumah gw adem dulu pun pake ac kalo malem Aja dg suhu 26-27 dercel hahaha…sampe ank gw 2-3bln pun masi gt tp entah knp brp bln blakangan ini rumah&kamar gw panas bgt g tau sebabnya apa,kayanya krn tetangga belakang ninggin rumah pas diatas taman jadi sekarang ac 19-20 dercel pun masih kegerahan..tp spertinya anak gw ampe 8,5bln ini g rewel kl kpanasan hihi

    • Hihihihi.. Iya ya, gue juga khawatir banget tuh kalo komen apa-apa zaman belum jadi emak-emak dulu. Takut kualat bok😀

      Eh itu koq sama banget ya sama kamar gue. Masa dindingnya puanaas banget, padahal samping rumah gue masih tanah kosong. Sampe air keran kamar mandi di kamar pun suka terasa hangat. Yah lumayan, gak usah beli water heater😛

  3. Dulu aku betah-betah aja ga pake AC walo ventilasi terbatas tp aku betah pake kipas angin😀 sumuk sih, ya namanya juga Surabaya. Tp mo nyalain AC juga mikir, soalnya tagihan listriknya aku yg bayar, hahaha….

    Sekarang, pas udah kewong kan listrik dibayarin misua. Jadilah kalo bisa, 24 jam aku pake AC trs deh😆

  4. suamiku juga ac freak, mbak… ga ngaruh ternyata sama kebiasaan masa kecil, soalnya idupnya suamiku pas masa kecil dulu susaaaaahh bener (as in makan indomie sebungkus untuk 9 anggota keluarga) dan baru kenal ac di rumah setelah married sama aku… huahahahaha…

Leave a Reply

