Silaturahmi? Yiuuk..

Halo apa kabaar??? Setelah seminggu lebih cuti, akhirnya akika bisa nulis blog lagi karena udah ngantor (jadi di kantor kerjalo cuma nulis blog gitu Ra? Tsk tsk tsk..). Anyway, dalam postingan ini, gue mau nulis soal silaturahmi ah. Mumpung masih hawa-hawa Lebaran gitu dwehh..

Lebaran biasanya identik dengan silaturahmi, bukan begitu? Karena terjadi tiap tahun, kudunya sih itu jadi kebiasaan ye. But to be honest, I don’t really like it. Maklum, gue itu orangnya susah basbisbus. Apalagi kalo ketemu kerabat atau kenalan yang jauh lebih tua, gak akrab atau rese bener. Rasanya pengen deh muka disuntik Botox dulu barang sehari sebelum Lebaran supaya keliatan senyum terus padahal hati lagi meringis!

Trus kalo reuni-reuni gitu aja gue suka males datang, apalagi kalo pesertanya temen-temen lama yang gue kurang akrab atau malah kurang suka. Males banget gak sih reunian sama orang-orang yang gak sreg di hatilo? Makanya gue lebih suka bikin reuni kecil-kecilan, ketemuan sama teman lama yang emang beneran akrab, in small groups aja. Jadi yang kita omongin pun emang the real thing, keakrabannya nggak dipaksakan.

Gue paling males dateng kalo judulnya Reuni Akbar atau apalah karena gue yakin, orang yang gue akrab paling cuma seiprit. Trus ujung-ujungnya cuma saling show off how great your life is currently (kan bikin loser kayak gue jadi sebel gitu ganti :P)

*picture’s taken from here *

Ndilalahnya, gue kewong sama laki yang salah satu hobinya adalah bersilaturahmi. Sumpe deh, hubby itu demen banget basbisbus, beramah tamah sama para tetuaย dan sowan ke rumah sodara maupun kerabat.

Alhasil, nginyem dong ane๐Ÿ˜ฆ Jika dulu pas masih single gue bisa kabur dari acara silaturahmi ke rumah kerabat yang menurut gue kurang asyik, sekarang oh tentu tidak. Bisa perang dunia ketiga kalo gue nolak nemenin hubby melaksanakan hobinya bersilaturahmi itu *keluh*

Hal terkonyol so far adalah kejadian abis kita merit. Pasangan lain mah pada hanimun gitu ya. Atau kalopun nggak hanimun, ya menghabiskan sisa cuti dengan beromantis ria, pergi jalan-jalan berdua kek, check in kek, gitu-gituan dah. Eh gue dong malah diseret-seret diana untuk sowan ke rumah sodara-sodara, kenalan-kenalan, kerabat-kerabat, teman-teman, etc. Mau nangis nggak sih? Jadilah gue seminggu cuti kerjanya ya bersilaturahmi aja๐Ÿ˜ฆ

Makanya pada ngerti kan kalo gue suka rada sewot nan jealous pas pada ngemengin hanimun? Hanimunku garing sodara-sodaraaa… T___T

*picture’s taken from here *

Eh koq jadi ngomongin hanimun. Maap, curcol mulu yak sayah๐Ÿ˜›

Back to the topic, just like people say, pasangan itu biasanya emang harus saling mengisi ya. Jadi, pas banget sih gue yang susah basbisbus ini ketemu suami yang doyan basbisbus. Gue jadi ‘dipaksa’ melepaskan segala kemalasan dan alasan gue untuk tidak bersilaturahmi. Gara-gara hubby, gue jadi “terpaksa’ berkunjung ke rumah seorang kerabat setelah bertahun-tahun nggak dateng ke sana karena kita biasa ketemu di tempat nyokap or rumah sodara yang lain. Gara-gara hubby jugaย gue jadi ‘dipaksa’ lebih kenal dengan sodara-sodara danย kerabat sendiri. Gara-gara hubby, gue jadi ‘dipaksa’ untuk bisa basbisbus, or at least, lebih pinter cari alasan untuk menghindar dan gak usah basbisbus sama orang๐Ÿ˜€

Alhamdulillah yah, silaturahmi itu memang indah. Tapi kalo keseringan kayak yang gue alami bersama suami si silaturahmi addict ini, rasanya koqย gue nggak nggak nggak kuat, nggak nggak nggak kuaat..ย Apalagi kalo ketemu sodara/kerabat yang sebenernya kurang klik atau menyebalkan. Dihujani kalimat “Kapan nambah anak?”, “Kamu gemuk banget sih sekarang”,ย etc etc bikin pengen garuk-garuk aspal, namun kudu tetep pasang senyum aspal. Padahal kan I hate pretending to somebody I am not. Hiks..

24 thoughts on “Silaturahmi? Yiuuk..

    • Hahaha.. Tapi enak juga Nad. Jadi kalian kompak gitu buat kabur bareng pas ada acr basbisbus. Kalo gue, mau kabur dari acara basbisbus, bisa dipelototin dan diceramahin sumami yg silaturahmi addict. Syebel๐Ÿ˜ฆ

  1. Iiiigh pertamax *gara2 gak punya temen maksi jd blogwalking*
    Ya ampun, Ra, gw jadi bertambah kagum sama Mas Adi. Aaah mas Adi, gak salah deh gw dan Tita mengidolakan dirimu.
    Gw dari kecil udah disuruh emak bapak gw kalo lebaran kudu silahturahmi. Tapi embyeeer, paling reseh dah kalo banyak pertanyaan gak penting gitu.

    Gw sih akhirnya cuma senyam-senyum, kalo ditanya ya jawab, terus ngomong sekedarnya. Yah gw sendiri kan emang pemalu,kalem gitu sih aslinya. *UHUK*.

    Kalo udah mulai reseh, biasanya senjata gw adalah ngajakin pulang demi silahturahmi ke tempat lain. Kalo gak sibuk ngunyah, jadi gak punya kesempatan buat ngomong *eh malu2in banget yak*. Kalo di keluarga Hani, untungnya pada ngomong boso Jowo, jadi gw bisa execuse pua-pura gak ngarti. Sekian tips dan trik dari saya untuk Mbak Irra *elus-elus Ira*

    • Hahaha.. Kalo gue ikutin senjata ngunyah-lo, bisa-bisa bodi gue sekarang segede Pretty Asmara Ndaaahhh…๐Ÿ˜ฆ

      Untung sih, sekarang ini senjata andalan gue adalah Nadira. Dulu pas dia masih ASI, tiap gue males basbisbus, gue melipir dengan alasan mau nyusuin. Sekarang, Nadira kan stranger anxiety kalo di tengah orang banyak. Tambah oke kan alasan gue untuk menghindari dari acara basbisbus. Tinggal melipir masuk ke kamar atau ruangan sepi supaya Nadira gak rewel๐Ÿ˜€

    • Ahahaha.. Eh Ste, IMHO mah masih mending mampir ya drpd dimampirin. Soalnya kalo dimampirin, especially pas lagi gak ada ART, ribeet banget bok kudu menyajikan minum+makan, cuci gelas piring, belum lagi beberes sesudahnya, hihihi..

  2. Hwuahahahaha, laki lo juara, Ra. Biarpun kalo difoto gayanya kaya bang Jampang tapi hatinya selembut Rinto. Gue selalu kagum sama orang2 yg rajin silaturahmi begini karena kalo gue mah males beneeerrr, tiap acara sowan ke rumah sodara udah dari jauh2 hari cari alesan buat ngabur.

    Ade gue yg cowo kebalikannya, gak serajin laki lo sih, tp dia lebih ramah dan lebih banyak basbisbusnya ke extended family. Dan berbuah manis banget tyt, waktu keluarga gue lagi susah2nya banyak banget yg ngasih uluran tangan buat ade gue itu. Kalo buat gue mah…dijamin kagak ada yg inget.

    Skrg dpt suami yg super cuek pula dan tinggal jauh darimana2, jadi ter-alienasi gitu deh dari sodara2. Skrg udah pny anak gue pengen anak gue kenal sama extended family gue. Pengen bgt sebenernya merajut kembali silaturahmi yang indah, tp mulainya itu loohh…males bener, udah berasa kaya orang asing soalnya.

    • Ember, laki gue mah macam Rambo berhati Rinto dah, Rik๐Ÿ˜›

      Dan yang lo bilang bener banget tuh. Bokap gue kan juga hobi bener ya silaturahmi. Jadi ya gitu deh. Adaaa aja yang mau bantuin dia ngapa-ngapain, karena dia sendiri selalu ringan tangan untuk bantuin orang. Beda banget sama anaknya๐Ÿ˜€ Dan sama kayaklo. Gue sebenernya pengen sih Nadira seramah kakek dan bapaknya. Tapi apa daya, emaknya ini pemalas bener๐Ÿ˜›

  3. Salam kenal mbak, silent reader dah lama sih tapi baru sekarang tergoda komen. Karena ya kok sama bener suaminya sama suamiku? Ampek pengalaman hanimunnya. Senangnya ketemu temen senasib. Tapi bener sih, karema manisnya si suamiku ini setelah 6 bln nikah masih aja ada orang yg ngirim hadiah ke rumah dan kantor,yang kemudian dibalas dengan… Silaturahmi lagi hehehe. Ibuku bilang balesan karena selama ini kualat ga mau nemenin dia acara keluarga hahaha.

    • HOAHAHAHAHA!!! Eyaammppuunn… Jangan-jangan suami kita kembar terpisah apa ya Mbak? Kudunya ditemuin tuh mereka berdua. Pasti bisa langsung akrab deh, secara sama-sama doyan basbisbus kan?๐Ÿ˜€

  4. maret kemarin kan gw baru sempet ‘kawin adat’ di medan. begitu kelar, besoknya gw diajak mertua silaturahmi keliling ke rumah kakak & adik mertua gw. catet ye, kakak adik bapak mertua & adik2 ibu mertua gw. tak lupa pula ziarah ke makam nenek kakeknya bryan. alhasil seharian gw capek bener ngukurin jalanan medan wkwkwkwkwk….

    • Nah, kemarin gue baru ngobrolin ini sama temen yang suaminya orang Batak. Dia bilang, penderitaan gue dan teman-teman nggak ada apa-apanya dibanding penderitaan dia atau orang-orang yang merit sama orang Batak. Dari ceritanya aja gue sampe mules-mules sendiri bayanginnya, Ren. Dan sekarang lo cerita hal yang sama, tambah mules gue, hihihi..๐Ÿ˜€

      • itu belum seberapa ra, klo misalnya kita jarang pulang kampung, udah gitu klo ada sodara yg kawin/meninggal kita ngga pernah ngirim ‘ang pau’, itu jadi omongan juga. makanya klo ada yg meninggal, mertua gw telp laki gw tanya mau kasi berapa ntar ditalangin dulu ama mertua gw, daripada bryan n gw jadi omongan di sana. padahal gw kenal juga kagak ama yg kawin/meninggal (-_-)

        enaknya sih waktu itu kita disambut ama sodara2, disuguhin macem2 termasuk babi panggang karo & duren medan ampe mabok duren :))

  5. Pingback: Maidless in Jekardah « The Sun is Getting High, We're Moving On

  6. mak, maaf mo koreksii ttg ‘silaturahmi’ n ‘silaturahim’..silaturahmi:Silah artinya menyambungkan,sedangkan rahmi artinya rasa nyeri luar biasa yg dirasakan ibu-ibu sebelum melahirkan anaknya..sedangkan silaturahim:Silah berarti menyambungkan dan rahim artinya ksh syg.Jadi silaturahim “menyambungkan ksh syg ukhuwah diantara kita semua.”..so silaturahim lebih bagus dibanding silaturahmi๐Ÿ˜€ .. maaf y mak kl krg bkenan..

  7. Pingback: Krisis Identitas « The Sun is Getting High, We're Moving On

  8. Pingback: Travelling without Pusing « The Sun is Getting High, We're Moving On

  9. Pingback: I Love You Daddy « The Sun is Getting High, We're Moving On

  10. Pingback: Jika Tua Nanti « The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Makan-makan di Kondangan | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

