Fraud, Please Stop!

Pagi ini, gue dapet kabar yang bikin kaget abis-abisan. Tentang penipuan yang dilakukan seseorang di dunia maya. Kebetulan, orang yang nipu itu gue kenal juga, sebut aja si A. So far gue kenalnya sih baru berinteraksi di dunia maya doang, belum di dunia nyata.

Mau tau kisahnya, silakan baca di sini. Pemiliknya, Puti, emang gak kena damage secara finansial. Tapi reputasinya sebagai online seller terpercaya jadi rusak. And it costs her a lot karena fondasi bisnis online adalah kepercayaan. Untungnya gue kenal Puti sbg online seller udah lama. Malah dia cukup akrab dengan adik gue karena kita dulu sesama jurnalis di lapangan. Makanya Insya Allah kepercayaan gue ke Puti belum rusak *jangan lupa diskon ya Put abis ini, hihihi.. Ada maunya :-P*

Nah, yang jadi masalah adalah si penipu itu. Gilingan padiiii… Rencananya terorganisir banget. Dia pinter banget memanfaatkan celah yang ada di dalam dunia bisnis online. Dengan begini, dia nggak kena dampak langsung karena dengan pintar, bak seorang pemain catur ulung, dia memainkan pion-pionnya.

Anyway, terus terang gue salut sama si A. Nipu gini kan berarti dia harus tau bener celah bisnis online plus seluk beluk transfer bank etc. Dan denger-denger dari Puti, dia itu kambuhan. Udah banyak kasusnya dari jaman dulu dengan beragam rupa modus operandi.

Berarti aslinya si A emang pintar dan brilliant karena mampu merancang skema penipuan ini dengan sedemikian rupa. Selama ini di dunia maya, citra yang dia tampilkan adalah citra seorang perempuan ceria, supel, banyak teman dan sayang anak-anaknya. Ternyata oh ternyata..

Sorry A, if you read this, I don’t mean no harm to you or being “sotoy, sok suci dan sok dewasa”. I just wanna say, please stop it. If you can’t stop deceiving people for your own sake, please do it for the sake of your family. Lagian inget deh ucapannya Ibu Elly Risman “Nafkahilah keluargamu dengan rezeki yang halal, jika kamu ingin anak-anakmu tumbuh jadi anak-anak yang baik dan berbudi.”

You’re still young, A. You still have plenty of time to mend this, or go to the shrink to ‘reduce’ your habit. But first of all, please take your responsibility to everything you’ve done, because saying sorry is never enough. Okay?

27 thoughts on “Fraud, Please Stop!

  1. bangeeeett sebanyak apapun sorry nya, kalau ga diberesin masalahnya sama juga nil…dan kalau bener sakit , cari bantuan jangan sampai terulang kembali .

  2. Agree, Ra. Please stop it now, once and for all. Kalau menunggu sampai Tuhan yang menghentikan, pertanggungjawaban lebih berat lagi.. Masih ada waktu untuk bertanggungjawab di dunia, meski pasti ga akan mudah.. Selagi masih ada umur & untuk anak-anak.. Well, as Ira said, sorry kalo terkesan sotoy. You just need to stop, now!

  3. e buset inisialnya A, kaget gw Ra,… bukan saya bukan saya ya.. Mudah2an gak sampe terbersit niat untuk menipu atau makan duit haram..
    Dan bener gak nyangka kalo yg gw ‘kenal’ ini bisa melakukan hal ini. Semoga setelah ini bisa segera ‘sembuh’ dan gak akan mengulanginya lagi..

  4. Hmmm.. Awalnya gw gak ngeh.. Tp baru belakangan gw “tune-in”.. Gw cuma kaget aja. Tp g begitu shock.. Kenapa, krn kebetulan hari ini gw juga berurusan sm orang ky gitu. Makanya tadi siang gw sempet murka.. Gw skrg lg di posisi yg sm kayak k’Puti (k’Puti senior gw, makanya panggilnya kak :D).. Dia gak nipu gw, cuma ngasih nomer hp gw+suami aja ke org2 yg ditipu.. Jd gw+suami yg ditelp2 dan di sms2.. Dan dia itu udah ngelakuin hal ini berulang-ulang.. Udah ngelakuin hal itu for almost 25 years.. Dan berkali-kali minta maaf, nangis2 dan lain sebagainya.. Tapi apa hasilnya.. Balik lagi ke kelakuannya itu.. Sorry to say, but to me.. Org itu gak bakalan bisa sembuh.. Kecuali dia ke psikiater atau di hypno skalian. Di terapi. Karena dasarnya dia itu sakit.

    I’m sorry to be pessimistic, but based on my experience, once a cheater will always be a cheater.. Fraud fraud fraud.. 😦

    • Iya, kayak kasus Shelly itu. Dia kan kambuhan. Dan psikolog bilang, kalo gak ditangani, dia gak akan berubah. Mau disuruh berubah demi anak kek, demi keluarga kek, gak ngaruh. Sad 😦

  5. ya klo sekadar maaf sih pasti kita sbagai manusia memaafkan ya.cm biar bagaimanapun ini uda masuk lahan kriminal..bukan bgtu mba ira??:) walopun dia blg dia ga niat nipu,tp dgn dia make nama samaran, mke credit card dia yg uda jelas ga bs dipke krn overlimit (buat booking hotel + buat make paypal) dlm bbrp penipuannya di januari, desember, dan februari ini, trus pake minjem nomor rekening aku n mba windy sbagai tmpt penampungan,tentunya tanpa ijin, itu uda jelas merugikan. Blom lg nasib org2 lain yg uangnya sempat’ di bw kabur sm dia.caranya dia mke rek aku aja uda nipu,pke pura2 suaminya slh transfer . Apalagi alsnnya ke aku krn dia ga ada rek bca,atau bca dia di blokir atau ntah apalah seribu alsnnya,ttp ga logis.masa iya dia segitu ga punya tmn/sodaranya,smpe hrs pke rek org lain?klo mmg ga niat nipu? Trus juga klo ga niat nipu,kepepet hrs pke rek org,ya minta ijin dong ngmg baik2.

    Ini org mmg pinter ngomong,bnyk akal.

    Tp mnrt dia sih klo soal nyuri2 itu bukan dunia baru. Krn dr dulu dia srg nyuri. Uda terkenal di kalangan sepermainannya.dia pun ngakuin itu. N hebatnya dia ngaku ke aku jg itu bukan klepto.tp mmg secara sadar ,krn butuh materi lebih. Bahkan ktnya wktu kecil dia perna di bw ke psikiater tp dibilang tdk ada masalah.. Jd murni ini yg dia lakukan itu mmg scr sadar….

    mana begitu skrg ketawan trus minta maaf n maunya urusan bs selese bgitu uang dibalikin . ya,.kok enak ya??minta kita mikirin anak2 dan suaminya smntr kmrn2 kmn dia ga mikirin keluarga korban??

    Kalo mmg sayang suami dan anak2 , n kekurangan materi, ya cari uang halal lah…jgn make jalan pintas. klo ngejar ke atas terus ya ga bakalan cukup. mungkin si A ini jg kurang tau cara bersyukur, uda wktu itu dimaafkan di kasusnya yg lama, trus punya suami dan anak2 yg syg sm dia, eh dia menyalahgunakan kepercayaam keluarganya, dan mgkn juga pelanggannya, teman2nya, hanya utk hal2 bginian..

    • Susah Put ngomongin logika ke orang kayak gini. Si Shelly itu aja kan, udah dipojokkan di polisi, masih tetep keukeuh nggak ngaku. Apalagi ini? Yang ada memohon belas kasihan deh. Kasian sih, tp kalo kita mau dia berubah, harus dibawa ke ahlinya ya, jgn cuma dimaafin aja. IMHO lho.

  6. Owalahhh..jd dia blg ol shop nya dibajak?fb nya juga??hahhaa tuh kan mulai nipu lg…:( ampuuun dehh.kynya emg ga bakal tobat…asal tau aja gw n tmn2 punya bukti2 pengakuan dia,dll-nya..

  7. ya allah serem bgt.. tapi modus ini emang udah pernah baca juga siy..yg kena orang kaskus juga, tapi orangnya udah dikenal bgt sbg trusted seller. dan akhirnya juga si penjahat bisa dijebak..

    haduuh gw jadi deg-degan secara jualan online juga…

  8. duh telat bgt ya aku tau ini,,,
    kemaren hampir aja beli tiket ke dia, untung Yayay uda keburu beli duluan
    dan kemaren pas dia bbm ngasi tau ttg fb nya di bajak, diriku yang menghibur dengan segenap perhatian ke dia 😦

    • Alhamdulillah Thie, berarti lo masih dilindungi. Gue jg pernah ditawari voucher hotel murah pas ke Yogya kemarin. Untunglah, gue udah keburu booking Roemah Oma, jadi gue tolak tawarannya. Kalo gue terima, nggak tau deh jadinya gimana 😦

  9. Speechless…
    Ya Allah, aku rasanya cuma pengen nangis membayangkan anak2nya..
    Dia sudah dimaafkan seseorang, dan orang itu bahkan mendokan dia berubah, tapi ternyata tidak

    • Sama Dhir. Gue sedih banget bayangin anak-anaknya. Sampe mereka besar, stempel ibunya penipu akan tetap terekam di benak ornag lho. Utk kasus dia, gak cukup dimaafkan dan didoakan. Harus diserahkan ke ahlinya kayaknya deh.

  10. Speechless jg. Gak nyangka ya dibalik postingan2 dia di TL yg begitu sayang suami+anak2nya, ternyata bs berbeda ya 😦
    Kalo udh kyk gt, mgkn gak sih dia bs berubah. Kesian suami+anak2nya yg msh kecil2 itu

  11. Pingback: Don’t Judge A Book by Its Cover « Our Diary

  12. Pingback: Pembeli = Raja? « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment