Don’t Judge A Book by Its Cover

Yang pagi ini sempet baca timeline gue di twitter, pasti ngeh dengan curhatan eikeh ini. Jadi, tadi pagi kan gue naik bus TJ dari halte PGC mumpung lagi nginep di tempat nyokap. Gue duduk sebelahan sama seorang bapak tua dan mas muda, in his twenties lah. Dua-duanya bertampang alim dengan jenggot, rambut dipoles minyak rambut aduhai wanginya dan celana ngatung. Mereka duduk di kursi prioritas. Kondisi bus TJ masih sepi.

Di halte UKI, penumpang langsung penuh. Trus ada seorang ibu hamil gede, around 7 months, masuk dan diri di sebelah mas muda alim itu. Eh si mas langsung pura-pura merem, sambil megangin hape. Petugas bus TJ sampe geleng-geleng kepala. Pas gue mau kasih duduk ke si bumil, rupanya dia udah ditarik sama petugas untuk duduk di bus bagian depan.

Pas si bumil udah nggak ada, si mas alim langsung melek dan lanjut mainan hape. Terang aja gue empet banget sama doi. Apalagi selama ini gue selalu berhusnudzon atau berbaik sangka kalo orang-orang yang berpenampilan alim ala ikhwan akhwat pasti moral dan etikanya baik juga. Ternyata, pleh! :( 

Emang ya, gak bener kalo kita menilai seseorang dari penampilannya. Yang ada jadinya underestimate atau malah overestimate kayak kasus mas alim di bus TJ tadi. Gue sendiri sering banget mengalami hal ini. Tapi biasanya sih gue di-underestimate.

*picture’s taken from here *

Misalnya dalam kasus menyusui. Gue inget banget, pas Nadira periksa pertama ke dokter setelah seminggu lahir, gue dan hubby ketemu temennya hubby yang istrinya baru melahirkan di RS yang sama dengan kita. Di perjalanan pulang, hubby cerita bahwa anak temannya itu udah dikasih sufor karena ibunya nggak mau menyusui.

“Yah keliatan lah ya dari tampangnya, istri temanku itu males disuruh nyusuin anaknya. Katanya sakit lah, sedikit lah. Padahal ini anak kedua lho,” kata hubby.

Which I retorted “Maksudnya gimana sih tampang ibu yang males nyusuin anaknya? Kalo aku kayak gimana?”

Hubby menjelaskan, “Ya gitu deh Lieb, tampang cewek-cewek gaul yang manja gitu. Terus terang, aku juga nggak nyangka dan surprised banget kamu mau menyusui dan usaha untuk mompa dll supaya Nadira minum ASI. Padahal kan tampang kamu setipe sama istrinya temenku tadi.”

Di situ, gue nggak tau, should I take my hubby’s words as compliment or insult. Tapi sih dari caranya laki gue ngomong, kayaknya itu pujian. Maklum, dia jarang banget muji gue. Payah deh *istri haus pujian*

Dan ternyata, nggak cuma laki gue yang berpikiran begitu. Banyak teman dan saudara yang heran bahwa gue mau menyusui, mengasuh Nadira sendiri tanpa babysitter (kecuali pas kerja), memasak makanan Nadira tanpa bantuan, dll, dsb. Kenapa? Karena menurut mereka, tampang gue nggak keibuan samsek!

Menurut teman-teman gue, tampang gue itu cocoknya jadi ibu yang punya sederet dayang-dayang untuk ngurus anak, gak akan mau repot-repot nyusuin, merah ASI dan masak, etc. Pokoknya tipe emak-emak yang perilakunya tetap sama kayak wanita single meski sekarang udah punya buntut.

Siwalan juga ya. Perasaan muka gue gak sepa-sepa amat dah. Agak berkerut sih iya *ambil kaca dan krim anti kerut*. Tapi ya emang gue akui, dari dulu gue tipe yang happy go lucky gitu. Punya anak cukup mengubah diri gue. Prinsip gue, anak ini kan titipan Tuhan. Kita kalo mau nitip sesuatu yang berharga pasti cari orang yang capable dan trustable kan? Nah, gue ngerasa, gue udah dititipin anak, ya berarti Tuhan menganggap gue capable dan trustable. Jadinya gue harus menjaga penuh kepercayaan itu.

Anyway, sebelum posting ini disangka pencitraan, intinya sih, never judge a book by its cover, or someone by his/her appearance. Kayak adik gue dan Gemma cerita, ibu-ibu berhati malaikat yang pernah mereka temui justru bertato dan bertindik. Bukan berpenampilan alim kayak mas alim di bus TJ tadi.

Banyak lho penipu yang berpenampilan alim, cantik dan pemalu kayak Shelly, MD dan yang gue ceritain sebelumnya. So, dare to change your perspective in judging others? Let’s start now!🙂

15 thoughts on “Don’t Judge A Book by Its Cover

  1. Betuuuul…yang paling gampang sih jangan pernah menilai atau mengira-ngira orang kali yah cyiin.. Kalau taunya salah pan ntar kecele :p . Orang yg mukanya baik, tutur katanya lemah lembut,intonasi suaranya rendah, gataunya klo ngomongin org udh kaya silet aja. Atau yg dikira kasar, metal, gataunya ky model lo ato adek lo yg ternyata penyayang en lembut sm anaknya (cuih..jangan GR lo :p)
    Mudah-mudahaaaan ga ada yg nilai gw alim, anak pengajian, kemayu, halus, lembut, baik hati endebra endebre :p p̶e̶d̶e̶ ̶a̶m̶a̶t̶ ̶g̶w̶ ̶a̶d̶a̶ ̶y̶g̶ ̶n̶i̶l̶a̶i̶ ̶k̶y̶ ̶b̶e̶g̶i̶t̶u̶ :p

  2. Ah mak,..gw mah belum ketemu loa aja udah nyangka loe emak2 cihuy yg rela ngelakuin apa pun utk Nadira…

    Di tempat kerja gw dulu juga gitu mak, ada ce pake jilbab yg panjangnya nutupin seluruh badan, tapi klo ngomongin orang siletnya kalah deh ma gw yg gragasan gini…tajemmm benerr….

    Ntuh yg dibilang Lita, emak2 berhati malaikat pake tato ….gw dunk😀 *sisingkan lengan baju,pajang tato jangkar*

  3. wueleehh.. kasus ASI per ASI an lo tuh sama ama kasus gw ra.. kalo gw bukan masalah tampang.. Tapi gaya hidup gw yg bikin orang ga nyangka gw bisa kasih anak gw ASI and masak makanannya…

    Gaya hidup disini bukan maksudnya gaya hidup gw glamor ra.. hehehe.. jauuuuh dari glamor deh eikeh.. kamsudnya gw anak cw satu2nya and dapetin gw susah banget tuh ortu.. jadi di manjalah eikeh.. cuci piring pun di rumah ga pernah tuh dulu, boro2 masak nasi..

    malah sempet ada yg bilang kalo anak gw 1 BS nya 2.. Berarti anak 2 BS nya 4!!! turns out, i don’t even have a babysitter at all till now.. hehehehe..

    *komen jadi curcol euy!*

    • Waahh.. Hebat lo Ja! Gak banyak lho anak manja yang bisa mandiri kayak lo gitu. Temen gue ada yang anak tunggal dan ortunya susah dapetin dia dulu. Alhasil, hamil aja maunya bedrest. Lahiran gak mau normal, takut sakit. Nyusuin gak mau, anak diserahin ke babysitter dari baru lahir. Makanan anak yang instan-instan. Padahal dia ibu rumah tangga, gak kerja samsek. Ngeliat gitu wajar kalo orang mikir “Pantes lah dia gitu, wong manja banget sih.”😦

  4. Lah idem dong, mana ada yg nyangka eike mau bersusah2 merah asi sampe bedarah2, minum jus pare, dst dsb😀
    Teman2 SMA eike kan laki semua, tipe bininya ya yg cewe beneran tentunya (nggak bakalan mau mereka beristri macam saya yg temennya laki semua), eh nggak ada yg sakses ngasih ASI, ndilalahnya…

    • Kalo saya mah, semua orang pada gak nyangka karena saya yang hobi clubbing, perokok, tukang begadang ini berubah drastis setelah jadi emak2. People change lah yaa. Untungnya kita berubah jadi lebih baik. Amiin *mama dedeh’s style :D*

  5. Baru baca aja loh… *plak*
    nama gue disebut, nama gue disebut sama celeb blogger!

    eniwei, ya gitu deh..
    contoh simpelnya ya soal urus anak ini, temen-temen sekolah gue yg gue sangka ngga bakal kasih ASI ke anak atau ninggalin anak demi lifestylenya ternyata malah jadi a very good mother.. malah gue yg jd malu karna udah su’udzon😦

    Paling capek deh gue liat celoteh bijak orang2 tp kenyataannya ble’e..

  6. Kalo gw masuk yang mana sik, Ra? *garuk-garuk pala padahal gak ketombean, cuma kutuan.*

    Tapi orang kalo ngeliat gw, pasti mikirnya anak manja *gak pake tajir sih* gak mau susah ngurusin anak. Well, gak tau juga sih. loe tau sendiri kan, walopun banyak yang menilai gw tuh sholehah *EHM*, gw kan aslinya gahar, geragag-gerudug.Somehow gw abis ngelahirin Athia, gw ngurusin Athia sendiri gak pake BS/ART.

    Gak malu pake kain gendong jarik ngemall sambil nenen *dipakein sih, bukan make sendiri* karena ternyata itu yang paling nyaman buat Athia. Walopun gak emak yang malaikat banget buat Athia, gahar, cuek, dodol gini, bela-belain selalu skip acara kantor yang nginep-nginep kalo gak bisa ajakin Athia. Karena gw tau gakkan bisa tidur kalo gak dipepetin anak gw. *anak gw ye, bukan laki gw*

    Sementara temen gw yang keliatannya keibuaaaaaan banget, lemah lembut, so sweet, bisa dengan tenangnya memutuskan kabur dari rumah,nginep bareng kami yang waktu itu masih jomblo, meninggalkan anak-anaknya dengan suaminya hanya karena butuh ‘break’ berantem sama suaminya. Enough said.

  7. Pingback: Don’t Judge a Book by Its Cover (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

