Dapat Uang Tambahan dari Merajut

Bulan ini, genap 7 bulan ya kita semua harus stay at home dan ngebatasin aktivitas gara-gara pandemi Corona/Covid-19. Banyak perubahan yang terjadi karena sebagian besar waktu harus dihabiskan di rumah aja.

Yang pemasukannya gak terlalu berubah sih biasanya pada sibuk dengan hobi baru kayak berkebun, masak, atau olahraga. Sementara yang pemasukannya terganggu karena kena PHK, atau dikurangi gajinya gara-gara Covid-19, harus putar otak cari jalan alternatif untuk dapat uang.

Ada temen gue yang tadinya tourist guide sekarang alih profesi jadi online seller. Ada yang tadinya pegawai kantoran sekarang jualan kopi untuk cari pemasukan sekaligus menekuni hobi. Ada juga yang baru belajar skill tambahan dan mulai pelan-pelan cari cuan dari situ.

Macem-macem deh ceritanya dan semua bikin salut. Angkat topi untuk semua yang gigih dan ulet!

Anyway, ngomongin hobi untuk cari tambahan duit, kemarin gue nonton salah satu episode terbaru di kanal Youtube-nya Ninjaxpress.co. Episodenya bercerita tentang belajar merajut bersama Papiput gitu.

Zuzur, untuk urusan prakarya gue rada nyerah sih karena skill seni gue minimalis, hahaha.. Dan di benak gue, merajut itu kegiatan untuk orang tua macam nenek-nenek gitu. Soale kalo di film kartun, karakter nenek pasti digambarkan hobi merajut 😀

Tapi pas nonton konten itu, Mbak Puput yang jadi bintang tamunya masih muda lho. Terus gue keinget, beberapa temen gue juga ada sih yang hobi merajut dan belum jadi nenek-nenek, hahaha.. Namun, mereka on off gitu nekuninnya. Gak kayak Mbak Puput yang konstan merajut selama bertahun-tahun.

Di situ, Mbak Puput cerita bahwa dari merajut, dia bisa mendapatkan penghasilan. Dan penghasilannya gak main-main karena kliennya tersebar gak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Bahkan, saat ditanya keuntungannya, dia berani bilang bahwa dia bisa mengantongi keuntungan 100% hingga 300% untuk tiap karya yang dihasilkan.

*slow clap, standing ovation*

Kenapa Mbak Puput bisa sukses memasarkan rajutan sampe ke luar negeri? Kata dia, karena pasar luar negeri itu lebih menghargai karya-karya handmade seperti yang dia bikin. Kalo di Indonesia mah belum kayak gitu.

Trus Mbak Puput ini gak cuma merajut doang, tapi juga jago memasarkannya lewat media sosial dengan foto-foto yang ciamik. Alhasil, pamornya di dunia rajut-merajut pun tambah kesohor.

Dari situ, gue jadi kepikir, sebenarnya banyak banget ya ide dan hobi yang bisa digarap maupun ditekuni untuk dapet uang tambahan. Bahkan bisa dijadikan penghasilan utama.

Dunia merajut yang dulu gue pikir hanya sekadar hobi sambilan, ternyata kalo ditekuni bener-bener bisa menghasilkan cuan yang gak sedikit.

Makanya, gue demen banget nonton konten Youtube-nya Ninjaxpress.co terutama yang BERGURU alias Belajar Ragam Usaha Baru. Soalnya, konten BERGURU ini selalu menampilkan ide-ide usaha yang fresh dan sering out of the box dari UMKM di Indonesia. Jadi gak pasaran namun tetap bisa dilakukan siapa aja.

Tiap minggu gue pasti pantengin tuh Youtube-nya. Lumayan untuk cari-cari ide, siapa tau ada yang cucok sama daqu 😀

Oh ya, gue salut sama Ninja Xpress yang selalu mendukung UMKM di Indonesia melalui pelatihan Ninja Academy. Makanya, gue sungguh amat senang hati nonton dan nulis review konten-konten Youtube-nya. Bahkan gue mah udah lama subcribe dan like mulu 😀

Sooo.. Ada yang tertarik belajar merajut? Lumayan lho, siapa tau bisa go internesyenel kayak Mbak Puput 🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s