My Kitchen Essentials

Setelah iseng bikin kebetan masak-masak di sini, sekarang gue mau bikin kebetan lagi ah. Dan ini serius beneran kebetan atawa sontekan lho. Secara gue kan pikun dan gak pedean abis. Kemarin dulu sempet masak apa gitu dan lupa biasanya gue pake cheating note yang mana ya? Akhire terpaksa deh buka blog sendiri, hihihi.. *malu*

This time, gue mau nulis barang-barang esensial yang selalu ada di dapur. Tentunya selain barang-barang dapur standar macam beras, garam, gula, merica/lada, gula merah, ketumbar,  kemiri dan bubuk pala ya. Apa aja sih pemirsa? Berikut eikeh tulis yaw:

1. Kecap

Ini sih standar bener ya. Di rumah mana aja di Indonesia (terutama di rumah orang Jawa) pasti selalu ada kecap. Selain buat temen makan nasi+telor ceplok, kecap juga jadi main ingredients untuk bikin semur, tumis-tumisan, nasi/mie/bihun goren atau kuah, etc. Gue biasa pilih kecap B*ngo karena emang habit dari nyokap dulu juga selalu pake merek ini *bukan iklan, suwer dweh*

2. Saus sambal

Yang ini juga standar lah ya. Paling top buat teman makan gorengan, dan mie rebus. Trus saus sambal juga bisa buat nambah cita rasa pedas di dalam masakan, kayak nasi/bihun/mie goreng gitu deh. Gue dulu tergila-gila dengan merek Saus Sambal Cap J*mpol. Tapi belakangan berpaling ke Saus Sambal A*C Ayam Goreng. Aseli, saus ini buat temen makan gorengan, mak nyuuss abis! Tapi kalo buat temen makan mie rebus sih, lebih enak si Cap J*mpol ya.  

3. Saus Tiram

Gue pake merek Lee Kum Ke* yang Hoy Shun cmiiw. Pokoke yang non MSG dan harganya cuma 13-15 ribuan lah di Giant. Ini agak aneh deh. Masa yang pake MSG harganya malah 2x lipat yang non MSG. Makanya gue pilih yang non MSG aja. Selain sehat, murmer juga toh? #makirit

Gue juga pernah pake merek S*ori. Tapi udah harganya gak beda jauh sama si Lee Kum Ke*, eh MSG-nya banyak bener bok. Maklum dah, diana pan keluaran pabrik Aj*nomoto. No wonder lah yaww..

Apa aja sih fungsi saus tiram? Buanyak lho. Dulu-dulu sih gue cuma pake buat bumbu bikin siomay ayam udang. Sekarang setelah di rumah sendiri, gue pake saus tiram untuk tumis kangkung, bumbu nasi/mie/bihun goreng, etc.

4. Minyak Wijen

Sama dengan saus tiram, gue juga awalnya pake ini cuma untuk bumbu siomay ayam udang. Trus buat nambah-nambah supnya Nadira or pas bikin mie rebus. Sekarang setelah di rumah sendiri, gue biasanya masukin minyak wijen ke tumisan, etc. Lumayan awet nih barang karena rata-rata dipakenya cuma seencrut doang, buat bau-bauan gitu. Oh ya gue pake merek Lee Kum Ke* juga.

5. Kecap Asin

Gue beli ini gara-gara mau bikin Ayam Goreng Mentega. Ternyata, asik juga sih, bisa buat macem-macem (ya eyalah, kemane aja lo Ra?). Gue biasa tambahin buat nasi/mie/bihun goreng gitu lah. Untuk merek, karena kemarin belinya buat probation, gue beli yang murmer aje, Kecap Asin A*C. Untung rasanya enak hehehe.. #makirit

6. Kecap Inggris

Ini juga dibeli buat bikin Ayam Goreng Mentega. Eh setelah browsing-browsing, kecap Inggris bisa juga buat bikin Nasi Goreng Hong Kong, atau ditambahin pas masak ayam gitu (ini boleh googling, hihihi..). Untuk merek, karena again, gue beli untuk coba-coba, gue pake merek A*C aje. Murmer dan rasanya lumejen lah hay.

7. Kecap Ikan

Belinya udah lamaa deh. Dulu beli pas mau iseng nyoba bikin siomay cmiiw. Eh tau-tau kelupaan aja sampe sekarang. Belakangan ini baru deh dipake buat tambahan bumbu nasi/mie/bihun goreng (aduh maap, gue kalo bikin menu-menu itu emang suka diorek-orek bumbunya. Sampe sesedepnya rasa itu makanan di lidah gue :P). Untuk merek, lupis gue. Kalo nggak salah cap ikan merah atau apa gitu. Ntar diliat di rokum dah.

8. Terasi

Buat orang Indonesia, terasi/belacan is one of the main ingredients in cooking. Gue sih biasanya pake buat tumis-tumisan sayur, sayur asem atau buat sambel. Untuk merek, saat ini gue lagi coba Terasi A*C sesuai hasil browsing dan tanya-tanya nyokap. Pengen deh nyobain terasi kampung asli. Tapi berhubung eikeh amatiran, gue takut dapet terasi yang palsu dan banyak pake bahan kimia, kayak yang pernah ditayangkan di tipi. Hiii…

9. Ebi

Beli ini gara-gara Riani. Pas kita lagi baking playdate di rumah Garet, Riani si jago masak bawa bihun goreng bikinannya. Enaaaaak banget! Pas gue tanya, bumbunya apa aja, dia bilang simple. Cuma duo bawang, kemiri dan ebi. Abis itu, tiap bikin bihun/mie/nasi goreng, gue selalu pake resepnya Riani. Jadilah ebi selalu nangkring manis di pojokan dapur gue yang seiprit itu.

10. Kaldu bubuk instan

Okay, call me MSG abuser for this. But honestly, I love this one! Apalagi sebagai pemula dalam hal masak memasak, gue sering nggak pede sama masakan gue. Nah buat ‘nambel’ itu, biasanya gue masupin sedikit kaldu bubuk. Biasanya gue pilih merek M*ggie yang bentuknya cubes itu. Kenapa nggak pilih R*yco? Karena IMHO M*ggie nggak terlalu santer rasa MSG-nya. Malah ART gue bilang, “Nggak ada rasanya Bu.” Kalo R*yco kan, secara harganya murce, kandungan MSG-nya banyak beneer. Makanya, pake dikit aje rasanya udah gurih abis.

Oh ya gue pake kaldu bubuk cuma buat makanan orang gede di rumah. Kalo makanan untuk Nadira, tetep bebas begituan. Curang ya? 😛

11. Mie instan/bihun/mie telor/spaghetti

Bahan-bahan ini selalu eksis di dapur gue because I need ’em for emergency reason. Emergency = sarapan on weekend, hehehehe.. Abis gue kan paling males tuh wiken-wiken bangun pagi demi masak. Jadi biasanya, dari malem gue udah bikin nasi/mie/bihun goreng atau spaghetti aglio olio (bisanya cuma spaghetti beginian soale). Jadi pagi-pagi, ART gue tinggal ngangetin aja. Dan berhubung hubby tipe morning person dan wajib sarapan, cara ini adalah win win solution buat gue yang pemalas 😛

dari area dapur, mari kita pindah ke kulkas, dimulai dengan:

12. Telor

Hahaha.. Ini mah STD bener yak. Kulkas tanpa ada telor, biasanya cuma kulkas milik para bujangan *sot0y*. Tapi emang bener, telor adalah bahan pangan multifungsi. Bisa untuk lauk darurat, lauk campuran, lauk yang dimasak dengan bumbu-bumbu full, atau bahan utama kue-kue. Jadi di kulkas gue, telor adalah yang paling utama. Apalagi Nadira hobi banget makan telor. Kalo nggak dilarang, bisa tiap hari kali. Gue khawatir dia bisulan deh 😦

13. Frozen Veggies

Nah, frozen veggies yang isinya wortel, jagung, buncis dan kacang polong beku ini ibaratnya my saviour kalo lagi nggak punya sayur mayur di kulkas. Kalo bikin nasi/mie/bihun goreng, gue selalu masukin ini supaya ceritanya 4 sehat 5 sempurna gitu lowh. Trus juga solusi kepepet buat Nadira. Tinggal tumis bawang merah/putih/bombay, kasih minyak wijen+gargul dan bakso/daging giling/sosis, jadi deh sayur untuk Nadira. Atau dimasukin ke kocokan telur buat bikin omelet yang rada sehat dikit.

14. Sosis , Bakso dan Bakso Ikan

Ini juga solusi cepat kalo nggak punya lauk, hahaha.. Pemalas banget ya? Multifungsi banget deh si sosis, bakso dan bakso ikan ini. Bisa buat campuran tumisan, sop, omelet, atau digoreng gitu aja. Untuk bakso dan bakso ikan, gue nggak terlalu pilah-pilih merek. Biasanya sih K*sno bakso urat karena gampang nemu di SPM dan lebih kerasa dagingnya. Tapi kalo untuk sosis, gue usahain beli merek B*laf karena gue serem sama sosis biasa yang warnanya sampe meraah bener. Sosis B*laf ini bisa dibeli di reseller online atau kalo mau gampil, beli di Belmart aja dah. Capcus.

15. Ikan/udang/ayam/daging

Ini biasanya gue beli perminggu. Jadi, gue kan terbiasa bikin rencana menu seminggu. Nah di hari Sabtu/Minggu gue biasa ke Tip Top atau nitip nyokap buat beli stok protein itu di pasar. Atau buat ikan dori/nila/udang, gue suka beli ke Mas Amir. Produk-produk yang dia jual lumayan banget dan higienis. Lumayan dah buat eikeh yang males ke pasar becek 😛

Okeh segitu aja kayaknya kebutuhan esensial eikeh di dapur so far. Apa lagi ya? Ada yang mau nambahin?

13 thoughts on “My Kitchen Essentials

  1. ihiy, udah di TM aja si jago masak wakaka
    bisa masaaak.. udah cukup ituuh.. *blushing*

    btw itu mie yg d rumah garet *-* bukan bihun cyinnnn :))

    gw skr saus tiram jarang banget di pake, kebalikannya pake kecap inggris, aka si wochester sauce *spell?*

    • Lhoo.. Emang bener dirimyu jago masak tauukkk… Eh iya ya, di rumah Garet itu mie, bukan bihun? Hihihi.. Ketauan gue cuma semangat makannya aja, sampe nggak inget jenisnya apa 😛

      Kecap Inggris = Worchester Sauce. Emang enaknya selain untuk Ayam Goreng Mentega dan Nasgor Hong Kong, buat apaan lg sih bok?

  2. baca ini gw senyam senyum sendiri… bahan2nya mirip bener sama yang ada didapur dan kulkas gw… yg praktis dan menurut gw sangat membantu buat org yg ga bisa masak kaya gw..

    Ada yg kurang ra.. klo di dapur gw selalu ada sambel terasi A*C, berguna banget buat bikin nasgor + klo males ngulek sambel 😀

    • Hahaha.. Iya gue kelupaan masupin si sambel terasi A*C, sama Abon Cabe Nik! Those two are my saviour whenever I need to spice up my food. Secara emak pemalas ye, gue sering masak sayur 1 jenis buat seluruh keluarga including Nadira. Jadi gak pedes deh. Yg gede-gede tinggal nambahin sambel terasi A*C or abon cabe supaya hot 😀

  3. ra, klo gw ga pake kaldu macem r*yco gitu, tapi pake kaldu jamur merknya Totole, khusus untuk vegetarian, non MSG pula. harganya ngga mahal dan kebetulan ada di supermarket di sini. sejak gw ketemu kaldu jamur ini, gw say goodbye ama r*yco, m*sako dan kawan-kawan hehehe….

    selain yg loe sebutin di atas klo gw punya: saus asam manis, saus tomat, ang ciu, mirin (2 ini ga halal ya setau gw), cuka, kecap jamur. gw sampe punya keranjang khusus buat botol2 saus ini hehehe… benernya masih ada lagi sih saos sambal seafood yg blue elephant punya namanya Thai Dipping Sauce.

    • Eh Totole itu di Jakarta ada nggak ya Ren? Gue jadi penasaran deh. Kan MSG alami dihasilkan oleh jamur dan rumput laut gitu aslinya. Makanya banyak masakan Jepang yg gurih pdhl mereka pake rumput laut thok, no MSG.

      Btw, gue juga punya saos cabe manis Blue Elephant yang lo maksud. Itu enaknya dimakan pake seafood ya? Asik asik asiikk.. Gue soale dikasih orang bok. Dan smp skrg bingung, mau dimakan pake apaan itu saos, hihihi.. *katro :P*

  4. Temen suami yang jualan telor menyarankan telor ga disimpen di kulkas, lho! Malah cepet rusak kl disimpen di kulkas katanya. Setelah tau, jadi berani beli telur jumlah banyak pas diskonan di G*iya dan diangin-angin aja atau di keranjang. Cmiiw 🙂

  5. mbak ira…aku fans barumu ini..kebetulan mau masak bihun goreng. pas baca ini jd pengen nanya itu ebi digoreng dulu baru dihaluskan sm duo bawang ato lgs diulek tanpa goreng ya?? mskh ya sebelumnya.

Leave a comment