Muffin Pisang Keju

Okeh, belakangan ini gue jadi keranjingan bikin muffin. Kenapa? Soale gampang, cemplang-cemplung dan hasilnya enak. Bisa dibikin pagi-pagi sebelum ngantor, buat cemilannya Nadira.

Kemarin gue punya pisang yang udah over ripe. Setelah uplek-uplek contekan resep yang udah di-copas di BB, ternyata ada resep Muffin Pisang Keju. Diliat-liat gampang kayaknya. Setelah jadi, wow, enak banget! Aseli deh, hasilnya empuk, gak kalah sama muffin di toko. Oh ya, sayangnya gue lupa resep aslinya nyontek darimana. Tapi yang pasti, this is super duper delicious. Makasih ya Mbak yang udah saya contek. Semoga sharing-nya bisa berguna buat yang lain *amin*

Anyway, here is the recipe. Yang mau contek, silakaan 🙂

Muffin Pisang Keju

Bahan:
250 gr terigu serbaguna
100 gr gula kastor (gue jadi pake 130gr gula pasir)
50 gr brown sugar (gak pake karena gak punya)
1 1/2 sdt baking powder (gue pake 1sdt baking powder double acting)
1/4 sdt garam (skip karena pake margarin yang salted)
75 gr keju cheddar cincang kasar (kalo diparut kejunya gak berasa)
300 gr pisang ambon kupas, haluskan (gue pake 3 pisang ambon yang mateenng banget)
2 butir telor
100 gr mentega tawar lelehkan (gue pake Blue Band)
1/4 sdt vanili bubuk (gue skip karena gak nemu di dapur)

cara membuat:
1. Dalam mangkuk besar campur tepung, gula, baking powder, garam dan keju, aduk rata
2. Campur pisang lumat, telur, mentega leleh dan vanili dalam mangkuk lain. Aduk rata menggunakan spatula.
3. Tuang adonan pisang ke mangkuk berisi campuran tepung. Aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula
4. Tuang adonan ke dalam lubang cetakan, biarkan sisa lubang tetap beralaskan mangkuk kertas supaya panasnya rata. Panggang 25-30 menit hingga matang
5. Keluarkan muffin dari loyang, hias sesuai selera.

2 thoughts on “Muffin Pisang Keju

  1. muffin emang paling gampang yaaa….
    aku setuju banget….tinggal aduk2 dan panggang, jadi deh!
    belum nyoba nih yang pake pisang. Soalnya ngefans banget ama banana muffinnya si kenny rogers…btw di resep yg kucontek itu pake susu uht…
    nanti mau coba yang pake pisang deh…thank you 🙂

Leave a comment