Bolu Ketan Hitam

*previously posted on my Facebook Note*

If you’re sick or you don’t feel well, bake some cake. It will make you feel better. Begitu kata orang bule. Duileh PR banget yak itu pepatah! Secara proses bikin kue itu kan gak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalo meski udah kelar, tetep kudu nyuci semua perabot yg kotor *curcol :-p*

Tapi krn lg iseng, gue mencoba mengikuti pepatah itu. Lumayan, itung-itung menyiapkan cemilan untuk diri sendiri gitu, hehehe.. Oh ya, karena masih pusing dan (sebenernya) harus istirahat total, gue pilih resep yang gampil-gampil aja dah. Tinggal cemplung-cemplung, tanpa oven, jadi deh. Enjoy!

Bolu Ketan Hitam
(Resep dari Fatmah Bahalwan, guru di Natural Cooking Club)

Bahan :
6 butir Telur
200 gr Gula Pasir
1 sdt Cake Emulsifier
350 gr Tepung Ketan Hitam
ΒΌ sdt Garam
150 ml Minyak sayur
200 ml Santan

Cara membuat :
– Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
– Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
– Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ΒΎ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Notes:
– Sebelum mengukus, panaskan dandang terlebih dahulu hingga terlihat uap panas yang mengepul.
– Gue biasanya mengganti minyak sayur dgn margarin yang dilelehkan. Bisa seluruhnya, atau cuma separuhnya. Rasa kue yg pake margarin leleh jadi lebih gurih dan lembut
– Saat mengukus kue, tutup dandang dilapisi dgn serbet bersih ya. Jadi air kukusan tidak menetes ke kue.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s