Brownies Kukus Ny Liem

Pas Nadira ultah ke-2 tanggal 20 Januari kemarin, gue kebanyakan rencana deh mau bikinin dia kue ultah. Tapi waktunya nggak ada buat ngubek-ngubek cari perintilan kayak buttercream, lilin, dll. Pas hari H, gue putuskan bikin kue ultah pake basic cake dari Browkus Ny Liem. Dasar kurang persiapan, DCC-nya kehabisan lah, kelupaan beli lilin lah, etc. Akhirnya itu kue cuma telanjang aja gitu, tanpa dihias-hias. Hikss.. Maapin Ibu ya, Nak. Jadi feel guilty banget gini

Untung bocahnya doyan karena (ehm) rasanya enak So, siapa yang mau bikin, ini resepnya yaaa..

Brownies Kukus Ny. Liem

Bahan:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak
Susu Kental Manis (SKM) 75 ml

Cara membuat:
-Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata.
-Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata.
Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.
-Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.

Somay Campur

Oke, sebelumnya kan gue pernah posting tentang Somay Ayam. Nah, rupanya Nadira suka banget, bahkan jadi lauk buat dia. Cenculah sebagai emak-emak yang (sok) perfeksionis, gue berusaha bikin lauk yang padat dan lengkap gizi. Maksudnya, dalam satu lauk udah ada protein dan sayurannya gitu. Jadi kalo Nadira cuma mau makan pake somay aja, gue gak perlu khawatir dia gak makan sayur hari itu.

Setelah dapet saran dari kanan kiri dan uji coba berkali-kali (gaya banget berasa Farah Quinn), gue nemu resep somay yang cucok sekali di lidah gue dan juga Nadira. Maklum, namanya juga emak gragas. Lauk anaknya suka diembatin juga hehehe.. Ini resepnya rada kira-kira ya. Pake feeling aja sih intinya, okeh okeh? Oh ya fotonya caur abis, jangan ditiru *halaahh*

Somay Campur

Bahan:
350 gram ayam giling
100 gram udang, bersihkan, cincang
1/2 buah labu siam, parut dengan parutan keju
Sayuran sesuai selera (kalo gue suka pake frozen veggies yang isinya ada wortel, buncis, kacang polong, jagung pipilan)
1 butir telur
1 sdm minyak wijen (gue pake Lee Kum Kee)
1 sdm saus tiram (gue pake Lee Kum Kee Choy Sun, gak ada MSG-nya lho)
3-4 siung bawang putih, cincang haluuuss banget
Tepung sagu kira-kira 5 sdm kali ya (sesuaikan dengan kondisi bahan. Kalo kurang, tambahan, kalo kelebihan, pasrah aja, hihihi..)
Garam sesuai selera

Cara membuat:
– Campur semua bahan, aduk-aduk hingga rata
– Bentuk bulat-bulat dengan dua sendok (biasanya sih gue gak rapi samsek seperti yang terlihat di foto hehehe..). Letakkan dalam loyang yang diolesi minyak goreng
– Kukus selama 20 menit atau hingga matang.
– Bisa jadi lauk, atau cemilan deh 🙂

Puding Pisang Biskuit

Asli deh, resep ini guampaaanng banget! Buat yang ngerasa nggak bisa masak atau terlalu sibuk, coba bikin resep ini. Cuma 30 menit-an lah, langsung bisa dinikmati hasilnya. Nggak percaya? Bikin sendiri doonng

Oh ya, resep ini hasil boleh googling ya, bukan resep bikinan gue sendiri. Maklum namanya juga amatiran, jadi resepnya masih boleh nyontek, hehehe..

Puding Pisang Biskuit

Bahan:
3 buah pisang ambon, haluskan
10 keping biskuit marie diremukkan (gue pake Regal, remukinnya jangan halus2 ya)
200 ml santan kentan (gue ganti pake susu UHT)
1 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
– Campur semua bahan dalam wadah hingga rata.
– Masukkan ke dalam loyang, kukus selama kurleb 30 menit.
– Sajikan. Tapi kalo gue sih lebih suka dimasukkan ke dalam kulkas dulu. Lebih padat dan yummy!

P.S:
Kalo gue lihat sih, puding ini bisa diberikan kepada balita yang berumur <1 tahun. Dengan beberapa substitusi bahan tentunya. Santan/susu diganti sufor atau air. Kemudian telur dipake kuningnya aja dan biskuit marie diganti biskuit bayi. Pasti pada suka deh

Bolu Ketan Hitam

*previously posted on my Facebook Note*

If you’re sick or you don’t feel well, bake some cake. It will make you feel better. Begitu kata orang bule. Duileh PR banget yak itu pepatah! Secara proses bikin kue itu kan gak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalo meski udah kelar, tetep kudu nyuci semua perabot yg kotor *curcol :-p*

Tapi krn lg iseng, gue mencoba mengikuti pepatah itu. Lumayan, itung-itung menyiapkan cemilan untuk diri sendiri gitu, hehehe.. Oh ya, karena masih pusing dan (sebenernya) harus istirahat total, gue pilih resep yang gampil-gampil aja dah. Tinggal cemplung-cemplung, tanpa oven, jadi deh. Enjoy!

Bolu Ketan Hitam
(Resep dari Fatmah Bahalwan, guru di Natural Cooking Club)

Bahan :
6 butir Telur
200 gr Gula Pasir
1 sdt Cake Emulsifier
350 gr Tepung Ketan Hitam
¼ sdt Garam
150 ml Minyak sayur
200 ml Santan

Cara membuat :
– Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
– Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
– Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Notes:
– Sebelum mengukus, panaskan dandang terlebih dahulu hingga terlihat uap panas yang mengepul.
– Gue biasanya mengganti minyak sayur dgn margarin yang dilelehkan. Bisa seluruhnya, atau cuma separuhnya. Rasa kue yg pake margarin leleh jadi lebih gurih dan lembut
– Saat mengukus kue, tutup dandang dilapisi dgn serbet bersih ya. Jadi air kukusan tidak menetes ke kue.

Resep Macaroni Schotel Kukus

Based on popular demand (plaak.. langsung kena gampar orang-orang krn ke-GR-an, hehehe..), gue memberanikan diri menulis resep Macaroni Schotel Kukus di sini. Gue tambahin kata ‘Acak Adul’ karena emang acak adul sih. Maklum yaa.. Tukang masaknya amatiran. Macaroni Schotel ini merupakan jenis makanan kedua yang (lumayan) sukses gue bikin. Kenapa dikukus bukan dipanggang? Alasannya simple. Gue kagak punya oven boookkk… (and I also don’t know how to use an oven ).

Anyway, here’s the recipe. Oh ya, gue sebenernya mencontek resep ini dari hasil googling di internet. Tapi, karena gue cuma punya kukusan kecil dan gak punya pinggan tahan panas, akhirnya resep gue modifikasi supaya hasilnya dikit ajah. Cukup buat dituang ke 1 loyang kecil plus 2 buah kemasan alumunium foil bentuk oval. Maap yah kalo terlihat kurang profesional, terutama dalam masalah takarannya. Yah mau gimana dong. Namanya juga pemula. Silakan mencoba, resiko keracunan ditanggung sendiri yaa..

Bahan-bahan:

  • 1/2 bungkus makaroni ukuran sedang (gue pake La Fonte lupa ukuran berapa gram)
  • 3 butir telur
  • 1/2 kaleng kornet/daging giling/smoked beef (gue pake kornet Pronas karena itu doang yg ada di lemari)
  • 300 ml susu cair (gue pake Frisian Flag karena harganya paling murah di Alfamart)
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • 1/3 buah bawang bombay ukuran sedang, dipotong-potong (gue kadang pake, kadang gak, tergantung stok di kulkas)
  • 3-4 sendok mentega/margarin (gue pake Blue Band)
  • Keju Cheddar diparut (gue pake Kraft)
  • Keju Cheddar Quick Melt dipotong kotak-kotak (gue pake Kraft)
  • 1 bungkus penyedap (gue pake Royco rasa Sapi yang cuma Rp 350/bungkus)
  • 1 sdt garam (bisa ditambah sesuai selera)
  • Lada halus sesuai selera
  • Minyak goreng sedikiit aja (buat ngerebus makaroni)

Cara membuat:

  • Rebus makaroni sampai matang. Air untuk merebus dikasih minyak goreng dikit aja supaya gak lengket.
  • Tumis bawang putih menggunakan mentega/margarin. Setelah harum, masukkan bawang bombay dan daging kornet/smoked beef/daging sapi giling. Aduk sampai daging matang.
  • Di mangkok besar, kocok telur asal aja, sampai menyatu. Kemudian masukkan susu cair, makaroni, tumisan daging + bawang, keju parut dan keju kotak-kotak. Tambahkan Royco, lada dan garam.
  • Oleskan mentega tipis-tipis pada loyang/pinggan tahan panas. Masukkan adonan ke dalam loyang/pinggan tahan panas.
  • Kukus selama 20-30 menit.

Note:

  • Kalo mau macaroni schotel yang lebih ngeju or berdaging banget, tambahin aja porsi keju dan dagingnya.
  • Adonan juga bisa ditambahi dengan sayuran supaya lebih (terkesan) sehat gitu lowh. Ini penting banget buat bocah-bocah yang kagak doyan sayur. Brokoli, bayam, wortel, kacang polong, jagung, sayuran gitu-gitu lah, bisa tuh dimasukin ke dalam adonan schotel. Tapi lebih baik dipotong kecil-kecil atau dicincang dulu supaya gak keliatan *modus ibu-ibu penipu*
  • Kalo untuk anak-anak, garam, lada dan penyedap rasa lebih baik dikurangi atau tidak dipakai sama sekali. Terus, gunakan daging giling instead of kornet or smoked beef.
  • Panaskan dandang saat kita sedang menumis. Setelah dandang mulai mengeluarkan uap, baru masukkan loyang berisi adonan.
  • Kalo mau hasil yang lebih banyak, tinggal dikali dua aja takaran yang ada di sini.
  • Untuk ngecek schotel udah mateng atau belum, tusuk aja pake garpu. Kalo garpu licin atau gak ada yang nyangkut, berarti udah mateng.