Grow Old Gracefully

Kemarin baca twit dari akun @9GAG dan sukses bikin gue ngakak. Begini nih bunyi twitnya:

Me looking at old pictures: “Why?”

Me lookin at old haircut: “Why?”

Me lookin at old clothes: “Why?”

Me lookin at old crush: “Why?”

Familiar dengan perasaan itu? Mari ngakak bersama😆

Tapi, ada lho momen-momen saat yang terjadi justru kebalikannya. Buat gue sih, momen itu terjadi pas gue abis melahirkan. Kalo pas hamil kan, mau segede kuda nil pun masih ada apologi bahwa di dalem perut ada bayinya. Nah kalo udah brojol, apologi apa lagi? Menyusui? Oke lah. Tapi kalo sampe anak kelar nyusu dan bodi kita belum balik-balik juga, mau apologi apa lagi dong?

Dalam kasus gue, justru lebih parah bok. Bodi eikeh baru bisa balik ke kondisi pre-baby pas anak umur 4 tahun, hahaha.. *garuk-garuk tanah saking frustrasi* Dan selama 4 tahun itu, gue kerjanya melototin foto-foto zaman prewi dan pre-baby. Sambil mengkhayal-khayal kapaaann ya gue bisa balik ke bodi masa itu, hiks😥

Apalagi, abis brojol itu, bisa dibilang masa-masa kegelapan dalam penampilan gue. Perasaan, fashion sense gue hanyut bersama air ketuban deh. Makeup juga sami mawon. Jadi, udahlah gendut, baju acak adul, muka juga ancur. Parah abis lah.

Urusan baju, acak adul karena mau beli baju baru, susah nemu ukuran yang oke pada model pilihan. Muka no makeup karena tidur kurang banget, jadi bangun kesiangan mulu. Pilihannya kan, bangun lebih pagi untuk pake makeup atau tidur lebih lama dan ngantor dengan muka sembab. Ya tentu aja milih nomor dua lah yaw karena akyu cranky kalo kurang bobo.

Selain itu, faktor yang juga amat berpengaruh adalah, duit gue habis semua buat belanja di OLS baby bok. Baju anak berderet dan kece-kece. Maklum, sindrom ibu baru, semua perhatian tertuju ke anak. Sementara emaknya tampil ala upik abu.

Trus, tambahan lagi gue tinggal bareng MIL. Di keluarga MIL, isinya gak fashionable semua. Termasuk suami eikeh. Jadi deh gue terlena dalam comfort zone tampil cuek.

Untunglah, berhubung gue kerja, lama-lama kok rasanya sebel ya karena penampilan acak adul. Tiap ngaca, muka mbok-mbok tukang sayur mulu yang nongol. Gue juga bergaul dengan banyak ibu-ibu di socmed yang kecenya parah banget. Muncul deh keinginan untuk memperbaiki penampilan, supaya nggak upik abu-upik abu banget.

Sekarang sih Alhamdulillah, seiring BB turun, baju-baju lama pun muat. Trus bisa beli baju baru yang lucu-lucu, dan ofkors murmer kakaakk… Jadi, sekarang twitnya @9GAG yang tadi pun bisa gue aplikasikan lagi. Gue bisa ketawa liat foto-foto dulu, coz I look better now than I used to be. Seenggaknya dibandingkan tahun 2008-2012 lah😀

Trus, as usual, pikiran gue pun melayang ke masa depan. Kira-kira bisa nggak ya gue terus kayak gitu? Bisa gak ya gue ketawa liat foto-foto masa muda karena penampilan gue di masa tua masih oke, atau bahkan jauh lebih kece? Apalagi ada pameo sbb: “Looking great in your 20s is normal. But if you’re able to pull it off in your 40s, 50s or even 70s, it will be super duper awesome.”

Tadi pagi gue abis ngedit artikel tentang Kiki Fatmala. Di usia 43 tahun, dese tetep tampil kece dan hot abis! Trus gue jadi iseng gugel most beautiful actresses above 50. Beberapa di antaranya adalah Sharon Stone (55), Julianne Moore (52), Diane Keaton (67), Michelle Pfeiffer (54), Meryl Streep (63), Jayne Seymour (61), Kim Basinger (59), KIm Cattrall (56), Raquel Welch (72), and of course, Madonna (54). I hope I could be like them someday🙂

fashion julianne-moore2

*body like this at 52 yo? Wow!*

fashion sharon

Trus gue jadi iseng gugel soal nenek-nenek kece yang tetep tampil trendi. Salah satu favorit gue bisa dilihat di sini. Dulu Tjepi pernah nulis tentang nenek-nenek trendi itu di blognya. Ternyata selera kita sama ya Tjep😀

Beberapa contoh penampilan older women yang menurut gue tetep keren, adalah sebagai berikut. Mudah-mudahan saat tua nanti, gue bisa kayak mereka ah, supaya gak lekat sama stereotipe nenek-nenek yang bau minyak angin/balsem :P

fashion older woman

fashion older woman2

36 thoughts on “Grow Old Gracefully

  1. Deskripsi emak emak habis melahirkan, menyusui dengan bodi melar, baju seadanya plus ga dandan kok aku banget si Ra? *nangis meraung-raung*
    Meski tiap pulang kantor melas liat wajah kusut di kaca lift, tapi sampe rumah tetep aja cuma sempet mandi sebelum bablas ngelonin anak…zzzzz *lhakok curhat*

  2. Suka deh bc postingan ini, lucu abis.. Separah itukah ya bu-ibu yg abis lairan, menyusui? Hehehe. Maklum diriku blm prnh hamil dan body segini2 aja (162-47kg). Salam kenal Mbak Ira. Salut liat perjuanganmu utk bikin bodymu balik oke, dan berhasil. Good job.

  3. Hihihi aku juga di comfort zone , karena…paling langsing di antara keluarga mertua (termasuk semua menantu) dan keluarga ortu (termasuk menantunya) yang rata-rata semokh itu. Aku juga pengen grow old gracefully, Ra. Apalagi katanya pas makin mapan (amin kan ye kita makin mapan makin bertambah umur) cowok makin tua makin kelihatan matang, akuh mau kelihatan glowing jugaaaak, biar gak ada cewek cewek yang kepikiran ini kesempatan ngerebut suami orang abis istrinya kumel dan tak syedap lagi dipandang.

    • Kak Sondang, salam kenal.. Saya sering jadi silent reader di blog kakak juga😉

      Jangankan pas udah merit ya mbak Ira, kak Sondang. Wong saya aja yg masih pacaran kepikiran itu kok~ hahaha. Simpelnya sih karena ga pengen ada saingan di seputaran lelaki milikku… *posesip* :p

    • You’re so lucky, Ndang. Di keluarga mertua, gue mungkin yg paling langsing. Tapi di keluarga gue, bokap, nyokap, dan adik gue ceking semua. Mau selangsing apapun gue, tetep dong keliatan paling gendut T_T

      biar gak ada cewek cewek yang kepikiran ini kesempatan ngerebut suami orang abis istrinya kumel dan tak syedap lagi dipandang

      Ahahaha.. Setuju!

  4. Iih.. Ini aku banget deh mbaaa.. Tapi aku masih belum sampe ke bagian termotivasi buat diet/olah raga.. Selama ini kerjanya cuma meratapi “kapaaan ya bisa balik ke sebelum lahiran lagi”.. Tapi ya cuma kepengenan doang, ngga ada aksi..
    Dua bulan lagi anakku 2tahun, setelah itu mau ngga mau mesti mulai nuruni bb nih.. Soalnya udah ngga bisa ngasih alesan lagi “masih menyusui”.. -_-“

    • Hihihi.. Gue juga dulu pas Nadira mau 2 tahun masih ancur banget penampilan Ndah. Makanya sekarang nyesel, kenapa telat amat termotivasi diet dan olahraga secara benernya? Apalagi kalo liat foto-foto liburan dimana gue cupu berat hahaha..

      Ayo semangat Ndah. Watermelon!

  5. Gue tuh suka pengen nangis klo liat org tua, gak laki gak perempuan, masih rapi berdandan… nggak nglomprot mentang-mentang udah tua. Sepertinya menikmati hidup sekali gitu…
    Makanya, gue juga bilang ke nyokap & bude gue untuk teteup pake baju gonjreng, jangan coklat atau item mentang2 udah tua. Nyokap sih nurut, tapi klo bude gue nggak mau, katanya, “ah wis tuwek…udah mau mati ngapain dandan2, gak ada yg liat”
    Ih gemes deh… dandan (jaga penampilan) kan bukan buat org lain, tapi buat diri sendiri, biar seneng… tapi apapunlah, selama seneng ya… mau dandan soklat-soklat dari ujung kepala sampe kaki ya monggo dah😀

    • Bener, Tjep. Kayaknya hati adem ya liat ortu-ortu yang tetep stylish. Sambil ngarep-ngarep someday we’re gonna be like them🙂

      Kalo nyokap gue sih untungnya kayak nyokaplo juga. Bajunya warna-warni kayak pelangi. Jadi sedap dipandang gitu🙂

  6. ngerasa ga sih ra kalo BB turun semangata mempercantik diri jadi lebih tinggi. Gue gitu loh..dulu pas gendut aslik gue males “dress up” gue pake kaos gombrong suami even ke mall.

    Pernah tertampar karena lagi pake baju daster makan di salah 1 resto deket rumah, dan ketemu dengan mantan gue sama pacarnya. Oh lebih indah nya lagi meja kita sebelahan dong. Gilakkk rasanya mau ngumpet di kolong meja.

    gue juga pengen nya sampe tua tetep keceh bok..yaaa at least macam tante gue yang lo tau itu ra haha. Bisa ga ya? :p

    • Ngerasa banget Dhit! Dulu mah kalo acara foto-foto suka males karena pasti hasilnya cupu. Secara bodi overweight hahaha.. Trus setelah BB turun, jadi lebih niat dandan dan milih baju karena pede udah meningkat ya bookkk😀

      Itu kisahlo sama mantan kocak abis deh. Gue bayanginnya koq berasa nightmare ya, karena itu momen paling menakutkan tuh😆

      Iya tantelo kece banget sampe sekarang. Cucok buat role model tuh!

  7. Kalo di Indonesia… yg dr muda sampe tua mukanya sama terus: Camelia Malik!! Hahahaha…

    Tapi apakah dia aging gracefully atau ngga… itu tergantung selera masing2 yak…

  8. Aduuuhhh pengen banget tuh, pas tua tetep tampil cantik n sehat.
    Impiannya sih, pas anak-anak SMA n lagi foto sama anak, disangkain nih kakaknya bukan bundanya #berkhayalterlalujauh wkwkwkw

  9. Aku.. aku udah diatas 50, tapi kepengaruh ama Ira, jd ikutan beli celana panjang yg full collor.. alhamdullilah masih pantes.., emang makin tua kudu makin kenceng ngerawat badan dan olahraga. Saat ini ak diet, tp ndak berani ocd, takut ususnya jebol…, taegetnya asal bobit ndak makin naik, dan kolesterol dkk juga tidak naik. Emang bener Ra, krn udah tuwir, stamina kerja suka anjlok, terutama dengkul, yg suka senut2 dimalam hari. Disinalah balsem berperan….hehehe..untung sekarang ad aromatherapi yg wangi abg.. wangi strawberry dkk…jd lumayanlah walopun udah nenek tetep bau kenzo..eh…bau strawberry

  10. Mak Iraaaa…. Daku baru nemu blogmu 2 hari yang lalu, dan langsung sampe begadang gitu bacanyaaaa….
    Hahaha…. I feel u, mak… Makanya gw mao save tuh poto2 oma-oma cantek ituh supaya jadi inspirasi terus buat gw di masa yang akan datang nanti…. Halah….

    Salam kenal!!!

    • Halo Suzie, salam kenal juga🙂 Iya beneerr gue juga nulis postingan ini sebagai reminder kalo suatu saat nanti pas udah jadi nenek-nenek, gue bakal memegang teguh janji supaya tetep tampil kece hihihi😀

Leave a Reply

