Resep Pekan Ini: Bolu Pisang Ketan Hitam

Wiken lalu, gue ke Puncak bareng sodara-sodara dari nyokap. Tujuannya sih cuma kumpul-kumpul nyewa villa gitu. Seru-seruan lah, sambil mengenang momen masa kecil.

Dulu, alm Aki gue punya villa di Cisarua, yang bisa dipake anak cucu dan sodara-sodara sepuasnya. Kami sering menghabiskan akhir pekan atau masa liburan panjang di sana. Gak ngapa-ngapain sih. Cuma nginep di villa, berenang, dan main-main. Sebelum Aki meninggal, villa itu dijual dan sekarang, kami berusaha meneruskan tradisi itu dengan nyewa villa yang banyak bertebaran di Puncak.

Nah, kalo ke Puncak, gue selalu beli pisang Ambon yang dijajakan keliling oleh penjualnya, warga lokal daerah Puncak. Soale pisangnya cakep-cakep dan harganya relatif terjangkau. Jadi maruk deh gue, beli 2 sisir pisang Ambon padahal di rumah cuma ada tiga orang.

Meski Nadira dan bapaknya doyan banget sama pisang, tapi tetep aja jumlah yang gue beli kebanyakan. Alhasil, di hari Rabu, pisang-pisang itu udah mulai berwarna coklat. Di hari Kamis, udah coklat semua kulitnya.

Continue reading

Bolu Ketan Hitam

*previously posted on my Facebook Note*

If you’re sick or you don’t feel well, bake some cake. It will make you feel better. Begitu kata orang bule. Duileh PR banget yak itu pepatah! Secara proses bikin kue itu kan gak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalo meski udah kelar, tetep kudu nyuci semua perabot yg kotor *curcol :-p*

Tapi krn lg iseng, gue mencoba mengikuti pepatah itu. Lumayan, itung-itung menyiapkan cemilan untuk diri sendiri gitu, hehehe.. Oh ya, karena masih pusing dan (sebenernya) harus istirahat total, gue pilih resep yang gampil-gampil aja dah. Tinggal cemplung-cemplung, tanpa oven, jadi deh. Enjoy!

Bolu Ketan Hitam
(Resep dari Fatmah Bahalwan, guru di Natural Cooking Club)

Bahan :
6 butir Telur
200 gr Gula Pasir
1 sdt Cake Emulsifier
350 gr Tepung Ketan Hitam
¼ sdt Garam
150 ml Minyak sayur
200 ml Santan

Cara membuat :
– Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
– Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
– Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Notes:
– Sebelum mengukus, panaskan dandang terlebih dahulu hingga terlihat uap panas yang mengepul.
– Gue biasanya mengganti minyak sayur dgn margarin yang dilelehkan. Bisa seluruhnya, atau cuma separuhnya. Rasa kue yg pake margarin leleh jadi lebih gurih dan lembut
– Saat mengukus kue, tutup dandang dilapisi dgn serbet bersih ya. Jadi air kukusan tidak menetes ke kue.