Maskara Oh Maskara

Selain hidung, gigi dan bentuk tubuh, gue juga terobsesi dengan bulu mata alias bulmat. Kayaknya gara-gara kebanyakan liat iklan maskara di majalah remaja waktu puber kali ya. Bego aja gue waktu itu nggak nyadar kalo model-modelnya pada pake bulmat palsu, bukan bulmat asli 😀

Gue pun terobsesi pengen punya bulmat lentik, panjang dan tebal. Berbagai upaya udah pernah gue lakukan. Mulai dari keriting bulu mata, sampe pake Mavala eyelash serum yang diklaim bisa memanjangkan bulmat jika rutin dipake sebelum bobo. Hasilnya mayan sih, tapi setelah sekarang berhenti pake, kok balik cupu lagi ya bulmat gue? Ih macam diet yoyo aja deh!

Tentu aja cara termudah bikin bulmat yang rada mendingan adalah pake jepitan bulmat plus maskara ya. Tapi nyari maskara yang cucok juga nggak semudah membalikkan telapak tangan lho. Gue pernah nulis di sini nih petualangan sebelumnya.

Berikut ini ada beberapa maskara yang pernah gue coba ya. Bukan high end products sih, disesuaikan lah yaow dengan kondisi kantong 😀

1. Maybelline

Semua maskara Maybelline adalah favorit gue! Entah kenapa, maskara-maskara yang dibikin sama merek ini selalu sukses bikin bulmat gue nungging alias lentik. Yang paling gue suka adalah Maybelline XXL  yang ada base coat-nya itu lho. Meski kata adik gue tricky karena bikin bulmatnya putih-putih kayak banyak beleknya, gue sih cinta banget.

Sekarang kayaknya udah nggak available ya, karena gue gak pernah nemu lagi di counter Maybelline. Untung ternyata di laci gue masih ada 1 tube hasil serah-serahan kawinan dulu *buset jangan-jangan udah kedaluwarsa yak? :P*

Trus pas @riani ke Spore tahun lalu, gue juga nitip Maybelline Falsies. Awalnya gue optimis banget lah maskara ini bakal bikin bulmat gue super kece, secara gue cocok sama Maybelline dan jenis ini dapet review oke banget dimana-mana. Ealah, ternyata biasa aja bok. Lentik sih bulmat gue, tapi biasa-biasa aja, gak se-“wah” yang gue harapkan. Abis, namanya aja Falsies, gue ngarep bisa cling banget lah bulmat gue 😦

maybelline falsies

One thing about Maybelline’s mascaras that makes me unsatisfied is, their products are not waterproof enough for me. Kamsudnya, setelah beberapa jam pake, biasanya maskaranya bleberan gitu bok ke bawah mata gue. Entah karena kandungan minyak di mata gue kelebihan or pegimane, alhasil mata gue pun jadi mata Panda, hiks 😥

Tapi berhubung Maybelline’s mascaras give good results and are quite cheap, ya tetep aje gue punya beberapa tube. Cuma ya gitu, gue pakenya kalo pergi bentaran aja. Kalo lama, bisa-bisa pas pulang mata gue kayak abis dugem 3 hari 3 malem di “kampus” deh *Jakarta clubbers must know what “kampus” means ;)*

2. Estee Lauder

Pernah cobain yang Illusionist Mascara. Hasilnya? Blah. Bulmat gue lempeng wae. Padahal review dimana-mana udah cihuy berat. Me disappointed 😦

3. Lancome L’Extreme

Sama aja kayak Estee Lauder. Gak oke. Padahal liat deh iklannya, bulmatnya sampe ngalah-ngalahin hidung gitu. Itu bulmat apa bulu ketek Mbak’e?

4. L’oreal

Berbagai jenis dicoba, termasuk yang gambarnya di bawah ini. Tetep kagak ade yang cucok. Aneh banget sih karena L’oreal ini kan sister company-nya Maybelline. Koq bisa-bisanya gue cocok sama Maybelline tapi gak cocok sama L’oreal?

5. Majollica Majorca

Tau merek ini dari, siapa lagi kalo bukan forumnya FD. Dulu udah pernah nitip sama temen gue yang lagi ke Jepang. Ealah, sampe sekarang orangnya pindah ke Jerman, maskaranya gak sempet-sempet diambil, hihihi..

Rasa penasaran gue akhirnya terobati pas plesiran (padahal kerja) ke Hong Kong. Karena udah berkali-kali patah hati sama beberapa merek maskara kondang, gue putusin beli 1 dulu dah si Majorca, jenis yang Lash Expander. Takutnya udah keburu nepsong beli banyak, eh gagal.

Ealaahh.. Ternyata oks berats! Aku cintah! Berhubung di mari gak ada yang jual, langsung deh titip temen yang ke luar negeri. Mayaan buat stok! 😀

Yang bikin tambah cintrong, maskara ini gak gampang bleber samsek. Malah melekat kuat bener macam perangko. Jadi bener-bener cihuy deh buat dipake seharian.

Tapi gara-gara itu, terpaksa gue kudu ekstra usaha pas menghapusnya. Bener-bener bok, formulanya pake lem aibon apa ya sampe susyeh dihapus dari bulmat? Segala merek eye makeup remover udah ane coba, hasilnya sami mawon. Bisa hilang sih, tapi kudu usaha berkali-kali. Apa perlu pake thinner atau aseton nih? *mata langsung kepedesan*

Pasti para lekong yang baca postingan ini pada geleng-geleng kepala deh. Secara tadi gue ngeluh karena maskara Maybelline oke tapi gampang bleber. Eh sekarang nemu yang oke dan nggak gampang bleber, ngeluh lagi karena susah dihapus. Yah namanya juga pereu, cyin. Ribet is our middle name, rite? 😀

Anyway, what’s your favorite mascara? Share dong buat referensi gue. Tengkyuuu 🙂

52 thoughts on “Maskara Oh Maskara

  1. hihihi..ya maybelline item-putih emang okeh banget ya mba.

    dulu kala bulmat gw lentik alami, namun pas SMP gw potong tong tong itu bulmat gegara gw pk kacamata n lensa kacamata jadi sering kotor. akhirnya bulmat gw numbuhnya panjang-pendek ga keruan hingga sekarang. hihihi..itu juga baru nyesel pas akhir-akhir kuliah, baru kenal make up ceritanya..telat banget yee..

    • Ya ampun Dellaaaa.. Koq bisa sih dipotongin? Iiihhh.. Gue kalo jadi emaklo udah ngomel-ngomel kali, hahahha.. Sayang bener itu. Mana bulmat kan gak kayak rambut yang dipotong ntar panjang lagi. Untung-untungan bok 😀

  2. Mascara favorite gw:
    1. Maybeline the Magnum volum’ express: murah meriah, gampang dapetnya, waterproof hasilnya juga kece.
    2. Majolica Majorca yg lash king, beli waktu ke jepang cm beli 2 tapi yg terakhir dibuka kok udah kayak kayak kering gt yaa,, mungkin udah kelamaan disimpen 😦
    3.L’oreal volume shocking, bagus sihh waterproof ada base coatnya tapii kalau make basecoat itu susaahh diapus udah pake makeup remover segala macem tetep nempel2 kayak belek.
    Skrg sih lagi suka pake bulu mata palsu,, tapi kalau dipake tiap hari ngeri bulumata eke botak hahaha..

    • Kemarin gue baca-baca review Lash King di makeupalley dan beauty blogger gitu Nam. Ternyata nggak semuanya bilang oke ya. Tapi satu yang pasti, semuanya setuju bahwa maskara Majollica Majorca itu susah bener dihapus, hahaha 😀

      Gue gak bisa pake bulmat pelsong nih. Udah belajar gak khatam-khatam. Payaahh 😦

  3. MAJOLICA MAJORCA doooongg.., gw udah habis 3 tube,semuanya hasil nyusahin orang yg lagi plesiran ke LN. Hahahah..tapi beneran deh ra,mbersihinnya susahhhh,..cuma ya keren dah itu efeknya, pernah krn habis eye remover gw, itu gw usrek2 sabun etc gak ilang2,en besok paginya mata gw masih nendang itu si bulmatnya,kata laki gw pas liat pagi2 mau mandi shubuhan”sejak kapan dandan shubuh2?” Muahahhaah…
    Ntar ripiw dong eye make up remover yg paling wokeh buat pasangan si MM ini. En klo lo plesiran, gw nitip yaakkk…
    Hahahha

    • Gilole Mel udah abis 3 tube? Gue aja 1 tube kagak abis-abis dari tahun lalu nih. Itu lo kokop semua yak? 😆

      Eh kemarin gue eksperimen pake Maybelline Falsies dulu baru Majolica Majorca. Ish hasilnya sumpah keren banget! Bulmat gue kayak tebel, panjang dan lentik gitu Mel. Benefit lainnya, ngapusnya lebih gampil. Gue cuma pake Maybelline eye makeup remover, cling langsung kehapus lhoo..

      Trik lainnya, dulu gue suka cuci muka dulu pake sabun. Abis itu baru bersihin Majolica Majorca pake eye makeup remover. Somehow, setelah kena air, maskaranya jadi lebih gampang dihapus sih Mel daripada nggak.

      • Maybelline yg ungu gendut itu ra? Yg duluan yang mana? Si maybelline? Trus aplikasinya nunggu kering dulu baru oles lagikah or piye? Lumayan kan jd ga perlu usrak usrek mata.

        Dodol lo masa iya gw kokop, hahhahha…udh hampir 3 tahun makenya ra… cm ya itu kalo abis kudu ngerepotin orang. 😀

  4. HAHAHAHAHAHA….itu yang nomer 3 iklannya lebay beuraaaaaat. Bulket aja kalah kayanya. Buntut kuda kali tuh sebenernya.
    Si Majolica itu banyak di ebay, Ra. Ongkirnya juga murah2 tp soal harga gue gak tau deh mahal atau beti kalo dibanding harga aslinya di Jepang/HK. Gue lagi berpikir2 mau nyobain blush on sama lip glossnya

    • Di HK harga maskaranya tuh sekitar Rp 150rb ya Rik. Lupa gue tepatnya. Lumayan affordable lah karena kualitasnya oke. Dan dia kan second line-nya Sisheido, jadi kualitasnya mirip-mirip. Gue aja nyesel gak sempet nyoba beli produk lainnya 😦 Ayo gih lo cobain blush on dan lip gloss-nya. Packagingnya lucu-lucu lhooo..

  5. Jagoan gue tetap Maybelline, secara murah meriah tapi lumayan oke. Gue dulu suka banget Maybelline yang tipis, kecil kemasannya abu-abu, silver. Sayang sekarang Maybelline 3 bulan aja udah kering, ngga cihuy lagi kayak dulu.

    • Di Bangkok juga katanya ada Both. Kemarin gue baca di makeupalley, ada bule yang beli pas ke Bangkok dan nyesel cuma beli 1. Trus kalo gak salah di Malaysia dan Spore ada juga deh. Coba aja tanya-tanya sama temen-temen yang tinggal di sana. Atau lo mau punya gue? Gue ada 2 nih yang belum dibuka 🙂

  6. Hi mba, aku biasa pake MaxFactor yang False Lash Effect. Yaaa gak se-false lash itu siih. Hihihi.. Tapi lumayan banget kok buat manjangin, nebelin, dan AGAK ngelentikin bulu mata. Cencunya sih kudu pake eyelash curler dulu biar lentiknya awet. 😀
    Kalo ga pake eyelash curler, make mascara ini biar keliatan tebel kudu diulang sampe 2 atau 3x olesan. Er.. tapi ini mungkin karena aku pake kacamata juga yaa.. Kalo pake eyelash curler dulu pake 1 olesan juga udah berbentuk itu bulu matanya. *halah. sharing macam apa lah ini :D*

    • Nah kemarin dulu sempet naksir sama MaxFactor yang itu nih Chie. Tapi gara-gara trauma sama merek-merek lain yang gagal dulu, akhirnya gue beli Maybelline Volum Express. Udah pasti cocok plus lebih murah pula 😛 Ah jadi penasaran, pengen coba ah. TFS yaa 🙂

  7. Mba Ira, silent reader mo numpang komen ya.

    Mascara majolica emang nendang bgt. Pas pake puas rasanya, abis serasa pake bulmat palsu. Nah kl bersihinnya yg peer deh. Biasanya aku bersihiin pake maybeline / l’oreal eye makeup remover. Nah besok paginya abis cuci muka bersihin pake remover lg.

    Cuma skrg sejak punya baby mending pake bulmat palsu + mascara bening aja. Pas mo pakenya aja repot. Pas bersihin gampang & cepet, tinggal copot & bersihin pake baby oil.

    • Aku malah kebalikan dirimu Mbak. Biasanya cuci muka dulu, baru pake eye makeup remover. Sekarang lg eksperimen pake Maybelline Falsies dulu baru dilapis Majolica, hasilnya lebih ciamik. Dan ngapusnya lebih gampil lho. Aku aja sampe surprised 🙂

      Ih enaknya bisa pake bulmat palsu. Aku gak bisaaa 😦

      • Aku di bisa”in pake bulmat palsu say, gara” cuma bisa makeup standart. Trs kl ke mall gak PD bener sama ibu” muda keren itu.
        Ini jg bs sejam sendiri pake bulmat palsu (halah).
        Jd pgn punya majolica majorca lg deh ini (tepok jidat, inget pampers mahal)

      • Hahaha.. Gue gak sanggup deh kalo sejam pasang bulmat palsu. Mending pake majolica majorca aja 😀 Nggak terlalu mahal koq Mak, at least dibanding Dior atau Chanel ya. Harganya di atas Loreal dikit lah 🙂

  8. Mak..bulu mata gw masa skrg setengah botak dong gegara dulu tiap hari pake maskara&penjepit,gw slalu pake maybelline,jd bulu matanya rapuh gt,gampang rontok/kecabut,gw uda nyobain vitamin mavala&loreal g ngaruh,numbuh baru tapi rapuh,nyoba minyak zaitun&baby oil jg g ngaruh,uda staun deh gw puasa pake maskara&penjepit, kayanya musti ikut aturan 6 bulan buang deh mak,kayanya gegara itu d bulmat gw bernasip bgini..mo ke dokter masih aras2en hehe

    • Eh yang beneerr??? Duh jadi parno gue, hahaha.. Mana gue kalo ngejepit bulmat suka gragas lagi. Untung sih gue pake maskara ya kalo cuma ke kantor/acara-acara doang. Kalo cuma ke pasar mah males.

      Udah coba ke dokter belum Lin? Sana gih.

  9. Kebalikan dari mbak ira, aku malah cocok bgt sm lancome l’extreme..pake dari jaman sma sampe skrg mau kelar kuliah..kadang2 suka ganti ke hypnose jg sih..sukaaa bgt sm mascara ini krn bikin mata keliatan tegas

    • Wah emang ya, kosmetik itu beda-beda hasilnya di tiap orang. Aku sih malah ngerasa seneng gak cocok karena lancome lebih mahal drpd maybelline. Kalo cocok sm lancome kan tekor bok 😀

  10. Gue kagak pake mascara bu…gue dulu juga sempet nyoba yang maybelinne yang belekan itu lohhhh… hihihi… emang lumayan oke tuh! Sekarang ga ada lagi ya? Tapi kayaknya gue cuma dua kali beli mascara, itupun bukan karena pengen bulmat panjang, tapi karena iseng: kali2 butuh…. hahahaha. Tapi kenyataannya, ya gitu deh, gak pernah dipake mpe kering.

    • Iya sekarang udah discontinue, Le. Sebel deh 😦 Gue kalo lagi males juga ogah pake maskara sih. Abis gue banyakan males ngapusnya. Kalo gak diapus, besok mata jadi kayak panda 😛

  11. halo iraaa kok gue ngakak mulu yah baca post lo yang ini bahsa lo lucu bgt hihihhihi bikin gue terngakak-ngakak hihihi gue itu paling males pake maskara karen abikinmata jadi kaya mata panda tapi buat referensi cobain deh maybelinne yang ada sisirnya au deh tuh maybeliine tipe apa yaaahh

  12. Ih jadi ketagihan ya komen di blog nya Ira :p .. baca satu satu postingan nya, gw bangeett! hahaha. Wah sama aku gandrung make up banget apalagi sama lipstik en maskara. Satu maskara yg slalu gw pake sebenernya slalu yg dr drugstore kayak Rimmel atau Maybelline. Kalo mau yg waterproof banget sih aku pake Clinique (bs ilang cm klo diapus sama aer anget suam suam kuku, selaen itu doi tambeng wae). Nah pas aku nikahan kemaren, krn aku make up sendiri mau nya yg rada eksklusip dikiiit..nyoba Diorshow mascara. Oh ikke kecantol. Ga bikin mata panda, dan bulmat nya jadi kece banget. Sayang nya klo udah 6 bulan gt mau mbuang nya pake acara semedi dulu, buang enggak buang enggak. Sayang bangeeett. Tp harus lah soalnya mata aku sensitip jd suka iritasi kl pake maskara lama. Gaya, mata sensitip kantong butut.

    • Ih hebat banget deh lo Nov. Maskara 6 bulan langsung dibuang ya? Gue mah dikekepin aja, abisan sayang sih, hahaha.. *medit neik* Tapi ya mungkin karena mata gue gak sensitif kayaklo ya. Alhamdulillaahh..

      Eh iya gue juga naksir sama Diorshow tuh. Tapi deg-degan mau beli, takut udah mihil tapinya gak cucok. Kan nanti hatiku patah 😦

  13. hahahahaaaa iya iklan yang nomer 3 lebayutan abis! :))))
    ih gue juga belum nemu maskara yang cocok! bulu mata eyke tuh panjang tapi lurussssss aje. Jadi kayak jatoh ke bawah gitu. Gak ada lentik2 nya 😀 Sepertinya patut dicoba tuh paporit elu mak, cuman susah nyari nya yaa 😥

    • Tapi kan mending mak, kalo panjang lurus usaha upgrade-nya gak terlalu banyak. Lah gue, udah pendek, dikit, lurus pula 😥

      Cobain aja tuh si MM. Di Spore, Malaysia dan Thai ada lho. Mudah2an bentar lg masup Indonesia ya *amin*

  14. Weeh ini sehati apa gimana ya, gue baruuu mau nulis tentang maskara. Err ga sehati2 amat sih mengingat post lo udah dari kapan sementara post gue ditulis juga belon :p

    Nih ya:
    – Sama, falsies mengecewakan banget! Masih mending cat eyes deh. Tapi abis gue liat2 lagi di yutub, yang reviewnya bagus itu flasies volume flare yang mana tidak ada di Indonesia huuuuu…
    – MM menurut gue biasa aja, bagus sih tapi sama aja kayak Maybelline jadi setelah beli 2 tube, gue balik ke Maybelline.
    – Max Factor lumayan lho, gue suka brushnya gendut dan bikin bulmat keliatan lebih tebel.
    – TBS bagus juga maskaranya, bikin bulmat lebih tebel dan ga clumpy. Sayangnya ga ada yang waterproof jadi cuma bisa gue pake seminggu dalam sebulan hihi..
    – Gue sekarang lagi nunggu titipan Fairy Drops, konon oke dan liat brushnya bengkok2 gitu gue jadi penasaran.

    Yak sekian urun rembuk dari saya 🙂

    • Ty, yang lebih nyebelin dari falsies, gue kan nitip sama Riani beli di Singapur, harganya hampir Rp 200rb. Waktu itu belum masup sini. Eh begitu available in Jakarta, itu maskara cuma seharga 70rb, dan di Indomaret ada dong. Hiihhhh! 😦

      TBS bagus ya? Gue kurang cucok euy. Bulmat gue tetep lempeng wae 😦

      Fairy Drops itu apa ya? Coba coba kalo udah nyampe, review ya Ty. Akyu penasaraann 🙂

  15. MaxFactor False Lash Effect *telat komeng* *ikutan*
    Ampuh lentikin bulmat gue yang seadanya banget, bahkan sebelumnya sempet nyaris botak karena sering diusek-usek kalo gatel, efek alergi sih…*hiks*
    Tapi ya itu sih, ketemu si maxfactor, udah deh, False Lash Effect FTW 😀

  16. Mirabella dah pernah coba gak? Waktu di indo aku suka pake
    Dulu harganya 20ribu murahh mantep
    Skrg gara2 pake kacamata gak pernah pake maskara
    Hanya bedak n blushon doang andalanku

  17. waaah mbak, penasaran banget sama majollica majorca #mupeng )︶.︿︶.) huhu sayangnya jauuuuh amat yah harus keluar negri.. mahal ya mbak pasti?.. aku udah lama sih pake maybeline semenjaaaak kelas 1 SMA hehe kecil2 udah kenal ginian yah 😀 (emang cinta berat sama makeup) 😀 , tp akhir2 ini aku punya bulu mata jadi rontok mbaaaak.. hiks hiks.. T_T aku berhenti deh tuh pake maskara setaun, kucoba pake minyak zaitun bentar sih, tp lumayan jg hasilnya, eh nemu tulisan mbak ini jadi mupeng pake maskara lagi.. hemmm gimana yg majollica majorca yee (bayangin aku make) aaah pengen.. 😥 😀

      • udah lamayan ini 😀 hehe harganye majolica majorca brapa mbak? wah, di indo belum ada ya? 😥 kira2 di online shop ada yg jual ndak ya? 😥 #pengenbangettt.. eh mbak, udah pernah nyobain maybelline yg kuning itu.. yg magnum volume express sama yg cat eyes.. katanya oke juga tuh yg cat eyes..

  18. Hi, pengen share juga nih, ada product Jepun penghapus mascara yang oke banget, merknya Fasio (Mascara Easy Remover). Ini product andelan gue banget sdh bertahun2 pake ini. Belinya selain di Jepang, Hong Kong atau yg paling deket di Singapur, cari di Watsons yg lengkap spt Watsons Ngee An City (lt. basement 2 di luar Takashimaya). Mascara setebel & sewaterproof apapun meleleh dgn mudahnya kl pake mascara easy remover ini. Kemasannya mirip dgn botol mascara, lengkap dgn sisir mascara juga di dalamnya. Isinya cairan agak berminyak, biasanya gue olesin di bulmat sebelum cuci muka. Habis cuci muka, mascara langsung lepas bleber sampai ke pipi. Pastikan pintu kamar mandi terkunci kl sedang proses ini, karena trust me, tampang kita jadi gak jauh beda sama hantu di film2 Indonesia.. Hihihii… Setelah mengeringkan muka, pakai eye makeup remover yg lembut tp mantap ngebersihin, yg selalu jadi andelan gue adalah Chanel Gentle Biphase Eye Makeup Remover, Lancome Bifacil Eye Makeup Remover atau yg murmer manteb… l’Oreal Gentle Lip and Eye Mekeup Remover for waterproof makeup. Basahkan kapas dgn eye makeup remover, tempelkan di atas mata yg tertutup spt sedang mengompres mata, diamkan bbrp detik, semua makeup mata setebel dan sewaterproof apapun bakal lepas dengan mudahnya. Ingat, waktu bersihin makeup mata lakukan selembut mungkin, jangan keras2 nguceknya, krn selain bikin area kulit sekitar mata iritasi, juga membuat area kulit mata yg fragile itu cepat berkerut.

Leave a comment