Penting Nggak Penting

Udah lama mau nulis ini tapi entah kenapa kelupaan mulu. Padahal ini adalah ruangan favorit gue, yang juga jadi kebutuhan harian yang amat penting.

Kamar mandi atawa toilet adalah yang gue kamsud. Sebagai orang yang beseran dan sekarang lagi patuh pada drink water application di tab, toilet pun jadi kebutuhan penting buat gue. Apalagi dulu pas hamil. Perasaan baru aja pipis, eeh udah mau pipis lagi. Zzz banget deh.

Waktu masih single sih, cita-cita pengen punya rumah dengan ruangan terciamik didedikasikan pada kamar mandi dan toilet. Pengen bisa rileks dan bersantai-santai ria gitu lah di kamar mandi. Berendem di air hangat sambil baca buku dan dengerin Sade atau Vanessa Mae gitu kayaknya koq hati terasa tentram ya. Toilet didesain sekece dan senyaman mungkin lah pokoke. Biarin deh gak punya ruang tipi atau dapur, yang penting tiap mandi hatiku senang.

toilet kece

*foto dari sini*

*perpaduan warnanya cantik banget  ya. Trus kayaknya gak terlalu mahal nih bikin kamar mandi macem gini. Uprek-uprek gudang emak aahh..*

toilet kece2

*foto dari sini*

*Kamar mandi ini kece tapi horor. Kebayang gak sih lagi asik baca buku sambil liat hutan di belakang, ujug-ujug ada Neng Kunti gelayutan. Hiii…*

toilet kece3

*foto dari sini*

*kamar mandinya terkesan hangat yaaa.. Tapi kebayang nggak sih kalo bikin di Jakarta. Begitu liat view ke luar, ada orang lagi eok di toilet helikopter, buang sampah, atau mamang-mamang pipis di pinggir kali :(*

toilet kece4

*foto dari sini*

*cantiik dan alami banget yaa.. Tapi nanti sangat rentan diintip abang tukang kebun, tukang roti, tukang sayur, tukang tape, dan tukang ojek*

Pas udah merit dan bikin rumah sendiri, dihadapkan deh sama yang namanya realita. Boro-boro bisa bikin kamar mandi yang aman tentram lohjinawi. Lah kalo mau kamar mandi idaman yang segede kamar mandi di rumah promotor kondang berinisial AS, bisa-bisa rumah gue cuma punya 1 kamar tidur.

Alhasil, sekarang di rumah gue kamar mandi sih ada 4 biji. Tapi ukurannya cimit-cimit bener. Boro-boro buat berendem, wong bak mandi aja gak ada. Semua dibikin ala apartemen, yaitu kamar mandi shower. Berhubung suami eikeh demen mandi jebar-jebur, ditambah dengan gayung dan ember plastik dong yaa..

Yah tapi segitu juga Alhamdulillah deh daripada zaman kuliah dulu, temen gue ngekos di kost-an dengan kamar mandi dalem. Keren judulnya doang, tapi faktanya mah nyaris tiada. Wong kalo nyuci di kamar mandi, badannya harus di-split jadi dua. Pantatnya temen gue di kamar, sementara kakinya di kamar mandi bareng cucian dan embernya😀

Anyway, gara-gara beseran, gue pun demen bener pipis di toilet umum. Alhasil kalo ke sebuah lokasi umum, entah itu mol, hotel, atau gedung perkantoran, gue suka tuh survei toiletnya. Semata-mata buat liat, apakah gue bakal bisa buang hajat dengan damai sentosa atau nggak?

Soale, nggak semua lokasi umum dengan penampilan indah itu punya toilet yang kece. Jadi pepatah “Don’t judge a book by its cover” itu tetap relevan jika dihubungkan dengan toilet. Banyak tuh mol kece atau gedung bagus yang toiletnya blah banget.

Trus kan dulu pas Nadira masih ASI, gue selalu merah susu di toilet umum. Jadi ya PR banget buat nyari toilet yang bersih dan gak bau. Maklum deh, dulu regulasi soal ASI belum seheboh sekarang.

Satu lagi, gue paliingg benci kalo toiletnya tipe toilet kering tanpa air. Bok, gue ini kan Indonesia banget yang kalo abis buang hajat kudu dibasuh air. Jadi rasanya gak lengkap kalo cebok pake tisu thok. Palingan kalo nemu toilet begini, gue sering basahin tisu dengan air keran. Mayan dah.

Preferensi gue soal toilet juga dimiliki hubby. Makanya dia paling benci kalo harus nginep di hotel bintang lima. Kenapa? Gara-gara kamar mandi di hotel bintang lima nggak ada semprotan airnya! Emang sih dari segi fasilitas biasanya keren banget. Tapi tidak sesuai dengan prinsip buang hajat kami berdua. Alhasil kami nggak pernah nginep di hotel bintang lima. Males ah!

*sok banget padahal emang duitnya kagak nyampe*

Oh ya, di tas gue selalu ada 3 perlengkapan khusus buang hajat yang wajib gue tenteng kemanapun. Here they are:

toilet equipment

1. Hand sanitizer

Mereknya bisa apaan aja sih. Gue pilih Nuvo karena alasannya cuma 2: murmer+banyak!😀

Kenapa hand sanitizer penting? Karena toilet di lokasi umum kebanyakan adalah toilet duduk. Daripada kena penyakit kelamin (hiiiii…) mending diseka dulu pake tisu yang dikasih hand sanitizer ini. Dulu sih gue pernah dibeliin hubby toilet sanitizer bentuk semprot. Tapi karena susah nyarinya, akhire gue pake ini aja. Harusnya sih mirip-mirip ya efektivitasnya.

Hand sanitizer juga bisa dipake kalo abis buang hajat, terus washtafel gak keluar air. Ya tokh?

2. Tisu

Kalo di mol sih rata-rata toiletnya udah nyediain tisu ya. Tapi kadang-kadang suka nggak ada. Nah daripada-daripada, mending bawa sendokir kan?

3. Tisu basah

Ini berguna banget buaatt… ngelap-ngelap abis BAB😛 Yah gimana ya, sebagai orang yang dari kecil dibiasain kalo abis BAB itu kudu cebok pake air+sabun, rasanya gak bersih aja kalo cuma pake air, apalagi cuma tisu thok. Karena ribet bawa sabun kemana-mana, pake ini aja deh. Wangi pula. Berguna juga kalo Nadira mengalami masalah yang sama di toilet umum hehehe😀

Omong-omong soal toilet, jadi inget ngobrol di twitter sama Jeng Ivo dulu. Sebagai WNI yang pernah lamaaaaa banget tinggal di Jepang, dese sempet cerita soal toilet di Jepang dan habit unik orang Jepang seputar toilet.

Orang-orang Jepang niat bener ngerancang toilet dengan wewangian dan musik supaya bikin toilet nyaman. Maklum, rasa malu mereka lumayan tinggi. Jadi kalo gue BAB di toilet di Jepang nih, segala bunyi dan bau kurang menyenangkan nggak akan bisa didengar dan dicium oleh pengguna toilet di kiri-kanan gue.

Volumenya juga bisa disesuaikan. Jadi kalo dari toilet di samping kita terdengar suara musik kenceng banget, bisa diduga mungkin penggunanya lagi diare atau masup angin😀 Trus ada menu pemanas karena di musim dingin, toilet seat-nya suka dingin. Ish manstap lah ya!

Pas ke Korea dulu, emang bener sih toilet umumnya juga lucu-lucu, meski gak ada bebunyiannya segala. Makanya dari pengalaman gue ke LN yang cuma seujung kuku, gue lebih demen ke Korea daripada ke Hong Kong atau Singapura. Alasannya semata-mata cuma karena toilet umum di Korea ada airnya. Kalo di HK dan Spore kan kagak ada. Kurang greng aahhh..

Berhubung foto-foto toilet dari Ivo ilang, ini gue gugel dan dapet deh foto toilet bermusik dan berwangi-wangiannya. Ugh kode banget deh nih buat pengelola gedung kantor gue🙂

toilet jepang2

*foto dari sini*

Eh ada es krim bentuk eek di mangkok bentuk toilet juga lho. Bahkan ada toilet cafe di Jepang. Macem Nanny’s Pavilion tema toilet aja yaa.. Yay or Nay?😆

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

*foto dari sini*

toilet cafe

*foto dari sini*

toilet cafe2

*foto dari sini*

41 thoughts on “Penting Nggak Penting

  1. Haiiii…ikutan komen si resto toilet hehehe..gue pernah makan tuh diresto itu yg di shenzen..lucu sih bahkan bantalannya aja bentuk puppy.. tapi ga lucu pas ke toilet aslinya..org sana kan emang jorse banget yaah dalam hal pertoiletan..ga guyur trus blepetan sisa2 pembuangan sih hal yang biasa banget..musti tahan2..untungnya gue kyk lo slalu bawa peralatan perang jd aga kebantu..klo yg ga prepare kan apes yaahh..

    • Hahaha.. Iya dulu pernah baca soal toilet di Cina di forum travelnya Female Daily. Buseett katanya jorok-jorok pisan ya Mbak? Malah katanya kalo di pasar atau lokasi yang gak banyak didatangi turis, toilet umumnya gak pake pintu. Jadi orang pipis/pup santai aja di depan orang-orang yang lagi pada antri. Gue bayanginnya geliiiii…

  2. Volumenya juga bisa disesuaikan. Jadi kalo dari toilet di samping kita terdengar suara musik kenceng banget, bisa diduga mungkin penggunanya lagi diare atau masup angin

    Ngakak berat baca kalimat yg ini. Penting banget diterapin di sini, biar yg lg di toilet bs bebas berekspresi tanpa takut kedengeran🙂

    • Hahaha.. Tapi logikanya bener kan Mak? Berhubung di Indonesia gak ada toilet berirama, kalo gue mah pake trik nge-flush aja untuk menutupi bebunyian “misterius” itu. Hahaha..😆

  3. setuju. kamar mandi emang memegang pernanan penting, selain kamar tidur. kalo kamar tidur & kamar mandinya gak sreg, pasti gak nyaman dah tinggal/nginep di situ.

    dulu pas ngebangun rumah di jakarta juga yang paling dipentingin kamar tidur utama ama kamar mandinya. enaknya kalo ngebangun sendiri bisa disesuaiin keinginan kita ya. jadi pasti sreg. walaupun emang gak bisa idealis kayak yang lu bilang di atas. kalo mau yang keren2, jendela gede2, gak realistis kalo di jakarta. diintipin orang ntar. huahahaa.😛

    disini secara gak ngebangun sendiri, tapi kita sreg banget ama kamar tidur dan kamar mandi yang sekarang ini. makanya betah kalo berlama2 di kamar mandi. sambil baca majalah… sambil blogwalking… huahahaha😛

    • How lucky you are, Man. Laki gue berhubung orang Jawa, malah mentingin ruang tamu. Padahal tamunya aja jarang yang dateng. Zzzz..

      Ih koq sama sih, pas lagi urusan “ke belakang” selalu sambil baca majalah dan blogwalking? Nggak ada yang ganggu soalnya yaa😆

  4. Ahahahah, toileeet oh toileeet. Ih, gue jadi kangen sama toilet di Jepang, secara gue menderita (jyaah lebayy) setelah pindah kesini. Ga ada semprotan booook, padahal itu penting banget yak. Di rumah akhirnya gue pasangin sistem semprotan darurat atas prakarsa suami, secara dia tau banget betapa pentingnya semprotan buat gue (dan gue ngancem ga mau pindah kalo ga ada semprotan WC hahahah). Yang susah kalo lagi di luar rumah, nah, lengkaplah memang paralatan perang biar bisa pake toilet dan ga mesti kebelet nunggu sampe rumah dulu tiap mau ke WC😀
    Eh, PS: gue masih WNI kok Ra, hehe, yang statusnya mantan sih, mantan penduduk Jepang, kalo WN mah masih bertahan jadi WNI, kecuali kalo si Bapak yang satu itu (yang katanya berdosa kalo ga ngejalanin amanat jadi presiden) jadi presiden, baru gue mikir kali ya, ganti WN ahahaha, becandaaaa

    • Astagaah.. Gue typo tuh Vo. Maksud gue itu sebenernya lo sebagai WNI yang dulu tinggal di Jepang. Lah koq yang ketulis malah mantan WNI yang tinggal di Jepang? Hahahaha.. *self keplak* Ntar gue edit dulu aahh.. Maap ya cyiinnn…

      Lo epic banget deh, masa pindah ke Hawaii syaratnya toilet kudu pake semprotan?😆 Iya ya di sono pasti lebih ribet lagi bawa-bawa perlengkapan perang, secara toiletnya gak ada yang pake semprotan/bidet.

      Itu capres yang lo maksud si Satria Bergitar ya? Bwahahaha..😆

  5. liat toilet paling atas kok jadi inget toilet Rachel-Monica🙂 kalau yang paling bawah paling serem ada mbak Kuntinya itu…hahahaha…dirimu bisa aja mak!

    kalau resto toilet…..aku bayangin dudukan resto yang pake kaya toilet itu aja udah ngeri…apalagi makanan diatas jamban….tidaaakkkk

    • Eh toiletnya Rachel-Monica kayak yang paling atas ya Mak? Bagus yaa.. Cantik dan simple gitu. Tapi gak boleh pipis di lantai tuh😛

      Hahaha makanan di atas jamban itu emang horor ya!😀

  6. aku punya pengalaman buruk ni mba soal toilet, di hotel kembar di jakarta

    masak peserta training di hotel dia dikasi toilet yang jorsenya ampun to the max, trus campur loh laki perempuan dan dekat dapur!!!

    gile, pas hari terakhir baru deh dibilangin ada di lantai 1 (yang mana harus naik tangga) tapi dijabanin biar dapet toilet bersih

    dah komplain sama sdm kantor, jangan lagi2 deh training di hotel giotu, mentereng dari luar tapi toiletnya kelas warteg😀

  7. Aku juga ga mau ah Mak makan makanan di atas WC gitu…huekkk😦
    Kalo soal toilet di Jepang, enak juga ya bayanginnya, jadi berasa nyamannn gitu pas buang hajat hehe..
    Trus perlengkapan khusus buang hajatnya sama juga Mak, cuma beda merk kecuali tissue nya *penting*, kan kita sealiran juga, ga bisa kalo ga pake air, kan orang Indonesia banget😀

  8. kamar mandi gue juga cuma shower doang ra macem di apartemen😆 hahahahaha tapi gue sengaja ngeletakin meja kecil buat naroh majalah, hape dll biar pas boker bisa sambil bw or baca-baca hahahahahaahahahah.

  9. betul,toilet emang penting!! pas dulu pulkam n macet berat,kebelet pipis,n terpaksa pipis ke tanah2 kosong agak jauh dikit (soale mobil pada bederet macet,pan malu kalo keliatan pipis), ketemu bilik bambu setengah badan dengan lantai tanah becek (OMG…..kayanya tu pipis ama eok2 orang2 nyatu disitu, ihiks) saya akhirnya susaaaah banget buang pipisnya, takes time a lot karena toiletnya bener2 horror dan ada ayam berkeliaran , huaaa takut anu saya dipatok ayam ..

    Oya mba, peralatan perang satu lagi, itu loh toilet spray, buat bersihin dudukan toilet (meskipun bisa di gantikan dengan tisu basah sih atau sanitizer trus di lap pake tisu), saya beli spray itu karena diceritain temen…alkisah temen saya ke mall yang terkeren di jakarta en pas ngantri di toilet, dia denger dua orang bercengkrama di dalam toilet curhat bahwa dia abis kena herpes bagian butt-nya,abis itu temen saya mundur perlahan dari antrian toilet itu…waspadalah waspadalah …qta cewe2 emang perlu banget peralatan perang it

    • Ih gue koq jadi inget pernah ke toilet kayak yang lo ceritain ya Mak? Jadi waktu kecil sekitar tahun 80-an, gue kan tinggal di sebuah kampung di Bekasi yang masih primitif banget. Listrik aja baru masuk. Jalanan belum diaspal.

      Suatu haru toilet rumah gue lagi dibenerin. Nah, rumah-rumah tetangga itu rata-rata gak punya toilet di dalam rumah. Kalo mau BAB, mereka ngegali lubang gede, trus dikasih kayu untuk orang jongkok di atasnya. Di sekeliling lubang itu dikasih pagar dan dedaunan/tembok gedeg supaya ketutupan.

      Jadi ya gitu deh. Kalo BAB di situ, begitu melongok ke bawah, isinya ya eek orang-orang yang pernah BAB di situ sebelumnya. Geli bangeettt.. Trus kalo lobangnya udah penuh, diuruk dan mereka ngegali lubang wese baru. Oh ya namanya bukan WC/toilet, tapi cubluk. Duh gue cuma 1x BAB di situ. Sisanya gue pilih nahan sambil pegang batu deh😀

      Ih itu kisah herpes serem amaatttt…😥

  10. Gw demen dech toilet Jepang, biar di dormitory laki gw dulu sdh agak jadul, gw smp bilang kamar boleh 2x2m cuma toilet seharga DP mobil hahaha dan anak gw salah pencet smp bilang ibu kenapa toiletnya panas wkwkwkwkwk. Gw nemu lagi pas tugas inspeksi ke salah satu kantor pusat telco provider, si manager-nya yg nganterin ke toilet dg bangga cerita toilet ini import lsg dr Jepang dg bilang harganya, trus dg nambahin “ibu saya ajarin makainya ya”. Huuh gengsi dong, kan biar gw gaptek gw msh bisa menerka gambarnya hahahaha.

  11. Gue malah terbalik sama elu Ra! Gue tuh ga suka banget toilet yang ada semprotannya, karena ujung2nya jadi basah, dan gue biasa BAB tanpa air, alias di seka doang. Hahahahaha… Biarin aja kering sekalian dan kinclong, bersih! Yang gue bisa terima sekarang cuma ecowasher aja yang disemprot dari blakang, tapi kalo semprotan shower kecil itu, ngga deh, apalagi di wece umum. BECEK!

    • Ih baru nemu nih gue orang lokal yang kagak demen toilet ada semprotannya. Berarti toilet rumahlo gak ada semprotan dong Le? Kalo gue ke rumahlo gimana? *kayak besok mau bertamu aje hihihi :D*

  12. mbak ira samaaaak…. benci banget dah sama toilet yg gak ada aernya..
    Berasa jorok aja abis pipis masa gak bilas? kan kumannya nempel.. ntar penyakit kelamin lagi hiy~~~
    apalagi kalo hajat besar gak bilas trus nempel kering bauk huweeeek jorooook!! >.<
    Sampe skrg aja kmn2 selalu bawa sabun cair dalam botol kecil, kebiasaan dari kecil kalo abis pup harus pake air, sabun dan tissue hihii

    toilet di spore gak ada airnya hiiiy joroook mana bauk lagi.. padahal di mall gede , vivo city..
    akhirnya nahan pipis deh..pas udah gak tahan akhirnya nekat pake botol minum buat bilas hahahahaaaa

  13. Aku juga ngga bisa kalo pipis atau pup tanpa air. Berasa masih bau aja gitu..

    Kalo resto yang tempat duduknya toilet udah pernah nyobain di Nanny’s. Tapi kalo yang tempat makanannya bentuknya kloset sama urinator pria itu jijik deh Mba. Malah muntah duluan kayanya sebelum makan.😆

  14. Pingback: Curhat Ojeker | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

