Exploring Yogyakarta, 2nd Post

Hari kedua di Yogya, dimulai tentu saja dengan sarapan. Di Roemah Oma breakfast-nya ternyata nggak buffet style. Tapi juga nggak ala carte dengan pilihan menu nasi goreng, mie goreng or bubur ayam kayak di losmen. Kali ini kita dapet omelette + french fries + chicken nugget + sayuran rebus, trus masih disuguhin kue-kue dan roti serta opsi minuman teh, kopi atau jahe yang boleh dikasih susu. Lumejen banget deh ye.

*bocah-bocah lagi pada sarapan dan itu ada suami saya bawa boneka Minnie Mouse. Macho banget yah?*

Hari ini, rencananya mau ke Prambanan trus hubby mau nyekar ke makam kakek + adiknya di Boyolali. Mares, Papa Nico dan Nico ikut ke Prambanan, trus karena mereka nggak mau ikut ke Boyolali, kita bakal pisah di tengah jalan. Karena itu, mobil Kijang Innova pun diganti jadi Avanza aja. Lumayan juga sih, sekalian penghematan, hehehe..

Sampe Prambanan, pas bener lagi panas-panasnya. Kita kudu bayar Rp 20 ribu/orang, anak-anak gretong. Mares yang ibu siaga itu langsung buka payung (FYI, doi nggak cuma bawa payung, tapi juga rice cooker mini dan segala perabotan makannya Nico. Pantesan kopernya banyak bener kayak pindahan rumah). Gue sebagai ibu tidak siaga cuma pasangin topi ke Nadira supaya dia nggak kepanasan. Kalo untuk gue-nya mah biarin aja panas-panasan. Wong dari dulu ngarep pengen punya kulit tanned macam artis Holiwut (Nicole Richie or Alessandra Ambrosia gitu ya, bukan Chris Rock).

Di Prambanan, standar lah. Liat-liat candi dan cencu sajah poto-poto dong dong dong. Namapun mantan model gagal ya. Udara panas tak menghalangi gue untuk berpose macam Ratu Pantai Selatan Kiki Fatmala.

*minggir kau Kiki Fatmala, kerenan gue dong posenyah!*

*Nadira: Emak gue kenape lagi nyengir mulu *rolling eyes**

*Suami teladan tuh yang sebelah kiri, karena mau pake tas anaknya. Atau gara-gara dipaksa ya Mas? hihihi..*

Trus kita juga sempet naik kereta-keretaan yang mengelilingi kompleks candi. Tenaanngg Papah-Papah.. Kali ini keretanya gak dikayuh macam kereta genjot di alun-alun. Keretanya macam kereta wisata di Taman Safari gitu, yang ditarik pake mobil gede dan terdiri dari beberapa badan kereta. Kursinya sih kayak kursi warteg karena terbuat dari kayu.

Untuk naik ini, kita harus bayar dulu. Lupa gue tarifnya berapa, tapi kalo nggak salah Rp 5 ribu or Rp 15 ribu gitu. Oh ya, kucus turis asing, gretong. Sempet dapet ide brilian sih untuk cat rambut blonde dan operasi plastik supaya keliatan mirip bule. Jadi next time gratis naik kereta-keretaan *meditnya gak ketulungan bener yak*

*Nico: Hey, yo yo yooo my man!*

Pas mau keluar candi, kita kan kudu lewatin toko-toko suvenir tuh. Lucu-lucu sih tapi bingung mau beli apa. Dan akhirnya hanya satu yang sakseis memancing duit keluar dari dompet gue, yakni Penjual Cobek! Yes, akhirnya saya punya cobek dan ulekan sendiri, uhuhuhuyy!

Sebenernya sih sempet ragu, rem to the fong gak sih bawa-bawa cobek + ulekan ke Jakarta. Hubby bilang gak masalah karena toh bawaan kita nggak banyak. Malah pas berangkat, fasilitas bagasi yang kepake cuma 1 karena kita emang cuma bawa 1 koper + tas gue dan hubby. Trus Mares ngomporin dengan bilang kualitas cobek + ulekan di Jakarta sungguh memprihatinkan. Buat mecahin batu es aja loyo. Yo wis, langsung deh gue embat tuh cobek. Mayaaannn..

Karena waktu udah nunjukin sekitar jam 1, perut kita semua langsung konser dangdut pesisir. Terus terang kita binguungg banget mau makan dimana karena kita gak punya referensi tempat makan di daerah situ. Papa Nico dan hubby iseng-iseng tanya sama satpam tentang rumah makan yang enak. Pak satpam kasitau sebuah warung deket stasiun kereta api yang menurut sahibul hikayat rasanya mak nyus.

Kita pun langsung bergegas ke sana. Dari luar, warungnya standar banget dan sejujurnya nih, kurang meyakinkan. Menunya serba bebek, cuma ada Soto Bebek dan Bebek Goreng + lalapan + sambel. Buat yang dewasa, dipesenin Begor. Sementara Nadira gue orderin Sobek (Soto Bebek kamsudnya).

And it turned out, the food was awesome! Hotness abeess deh! Sobeknya manstap. Nadira aja nggak berhenti-berhenti mangap pas gue suapin makan. Begor-nya empuk banget. Kayaknya sih, bebeknya di-bacem dulu sebelum digoreng. Sambelnya nggak pedes tapi manis. Model-model sambal bajak gitu lah. Es teh manisnya cihuy banget. Sedep!

Gue lupa berapa total kerusakan, tapi untuk 5 orang dewasa (gue, hubby, Mares, Papa Nico plus Pak Mahmud) dan 1 Sobek untuk Nadira, kayaknya around 100 rb. Kalo Pak Bondan ke sini, mungkin diana juga bakal tersepona kali ya dengan kelezatan masakan Bu Suwarni *jadi ngences dah nulisnya*. Sayang gue nggak sempet motret makanannya karena keburu diembat rame-rame.

Abis makan, gue + hubby + Nadira + Pak Mahmud berpisah dengan Mares + Papa Nico + Nico yang memutuskan back to Yogya dengan naik kendaraan umum. Avanza yang kami tumpangi melaju ke arah Boyolali, dan hujan langsung mengguyur dengan seketika. Alhasil, sampe Boyolali, kita nemu banyaakk banget pohon tumbang. Dan gara-gara hujan plus Nadira tidur, gue dan Nadira nggak bisa turun ke makam. Total, kita stay di Boyolali less than 30 minutes, padahal perjalanannya sendiri sekitar 3 jam PP. Capedeehhh… 😦

Abis dari Boyolali, kita sempet ke Mirota di Maliboro sebentar. Trus kita jemput Mares dkk di hotel, sekalian gue mandiin Nadira (emak bapaknya mah gak perlu karena bau ketek is the best lah *hoeekk*) dan lanjut wiskul ke Bakmi Kadin di Jalan Bintaran Kulon. Keputusan makan di sini sebenarnya atas saran Pak Mahmud. Tadinya bingung mau makan dimana. Mau coba Bebek Cak Koting kayak sarannya Indah koq rada males ya. Masa tadi siang makan bebek, malam makan bebek lagi? Apa kabar program diet sayah dan Mares? *elus-elus perut wiron*

Pas terlontar ide makan Bakmi Jawa, Pak Mahmud langsung suggest Bakmi Kadin. Katanya di Yogya, kedai itu paling eksis. Di akhir pekan, antriannya juga parah. Yo wis kita semua sepakat untuk nyobain. Kebetulan di depan Bakmi Kadin ada Superindo. Sekalian lah beliin cemilan buat bocah-bocah.

Kedai Bakmi Kadin sederhana, lebih mirip sama selasar luas yang dikasih meja dan bangku gitu. Di pintu masuk, ada kelompok musik yang bawain musik keroncong. Lagu pop pun dikeroncongkan. Jawa benget lah suasananya. Karena cuma ada opsi Mie Rebus atau Goreng, ya diorder lah dua-duanya. Terus kita juga order Bajigur isi roti tawar dan kelapa muda.

*kiri-kanan: Mie Goreng, Bajigur, Mie Kuah. Yum!*

And the verdict? The food was good. Enak euy! Bajigurnya juga okeh walaupun menurut hubby dan Papa Nico yang orang Jawa, kurang manis, sementara menurut gue dan Mares udah cukup. Nadira yang awalnya nolak-nolak makan akhirnya gue bungkusin Mie Goreng. Di hotel, dia ngembat dengan penuh semangat. Ah puas deh wiskulnya! *gini nih yang katanya lagi diet, pret!*

Dari Bakmi Kadin, kita minta didrop di Maliboro oleh Pak Mahmud. Soale hubby punya ide untuk ngajak anak-anak naik andong dari Malioboro ke hotel. Mungkin dia khawatir ditodong suruh menggenjot kereta-keretaan Teletubbies di alun-alun kayak kemarin malam ya, hihihi.. 😀

Ternyata lumayan jauh juga dari Malioboro ke hotel ya. Gue nggak tega deh naik andongnya. Mana yang naik geda-geda begini pula, hikkss.. Tapi Nadira amazed banget sih dengan first experience-nya naik andong ini. Sementara Nico malah bobo. Enak kali ya Co kena semilir angin malam 🙂

Anyway, untuk Yogyakarta episode Finale, gue tulis di posting berikutnya aja yah 🙂

9 thoughts on “Exploring Yogyakarta, 2nd Post

  1. iraaaa.. cerita tentang prambanan gw jd kangen berat sama kampungnya nyokap. rumah nenek gw tuh ga jauh dr si warung bebek itu. kalo warung bebek kan dr arah candi perempatan lampu merah belok kanan ke arah stasiun. nah rumah nenek gw belok kiri bbrp puluh meter aja. wkt gempa yogya tuh warung rata sm tanah ra. dan gw inget dulu kalo beli soto bebek 1 porsi cuma 3000 perak dan dpt byk bngt. bener ra, biar arung bgitu doang, tuh warung bebek udh serkenal seantero lho..
    bener banget ra, kualitas cobek prambanan tiada dua deh dan murce pula nyokap kalo mudik jg bw oleh2 cobek. terakhir ksana gw beli cobek gede dan cobek kecil buat kyara main masak2an. cobek kecilnya kyara cuma 2-3ribuan harganya. trs di bgn suvenir candi jg byk versi kecilnya wajan,rantang,kompor,sutil,panci dsb buat anak2 ra, murce juga. nadira pasti doyan deh pny alat masak persis ky emaknya yg versi kecil, bukan dr plastik.

    oiyah,sekitar situu jg ada Galuh: hotel,cottage,pusat rekreasi dan kolam renang. kaya mini waterpark gitu deh dan tempat main anak2.supir lo pasti tau deh. tapi males ya ra basah2an tar nadira ogah pulang lagi hehe..

    ya ampoon ini gw komen apa cerita yak. maap ra jadi panjang bener. soalnya abis bc postingan lo gw jd kangen berat sama prambanan 😀

    • Ya ampyuunn… Itu ternyata daerah jajahanlo toh Tik? Tau gitu gue tanya-tanya sama lo ya. Tapi beneran bok, endang banget tuh Begor dan Sobek-nya. Mantep abis! Tapi harganya sih nggak bisa dibilang murce ya. Mungkin karena sekarang udah banyak yang tau kali ye.

      Senangnya ternyata keputusan gue beli cobek nggak salah. Ihiy, mantep ya berarti tuh cobek. Sekarang sih masih nganggur tuh, belum gue perawanin 😛

      Btw, gue koq nggak tau sih ada tukang mainan di daerah Prambanan? Nyesel deh nggak beliin buat Nadira 😦

  2. Pingback: I Bid You Farewell Yogyakarta, 3rd Post « Our Diary

  3. kalo menurut gw bakmi Kadin ga bgt ah, Udh penuh, ngantri, ga terlalu enak pulak, tp ko bs ya serame itu. Nunggunya bikin bete. Anak2 gw aja pd protes krn lama bgt. Waktu itu gw ke situ krn nyokap gw yg kemimpi2 pgn makan di situ
    Mirota paling TOP. *dasar emak2 belanja terus*

  4. Pingback: Bebek Journey « The Sun is Getting High, We're Moving on

  5. Pingback: Road Trip Magelang-Solo-Cirebon (3) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a comment