Bebek Journey

*Sambil nunggu suami jemput, iseng-iseng bikin tulisan aahh..*

Entah kenapa, belakangan ini gue jadi doyan banget sama yang namanya bebek. So far sih emang belum yang dimacem-macemin ya, paling baru digoreng, dibakar, disoto, dibumbui Lado Ijo dan ala Peking Duck gitu. Paling favorit? Sebagai pemilik lidah kampung, ya cencu ajuah bebek goreng dong.

Yang cukup bikin surprise adalah hobi baru ini juga menular pada Nadira. Sejak dia MPASI, gue berusaha kasih makanan seberagam mungkin supaya dia nggak jadi picky eater kayak gue waktu kecil dulu😀 Tapi karena kata orang masak bebek itu tricky, gue nggak pede masak sendiri. Sementara kalo buat beli gue ogah ya. Maklum rabid mom, anak di bawah 1 thn gak boleh kena makanan resto samsek lah :P 

Perkenalan Nadira dengan bebek baru dimulai saat kami terdampar di Prambanan. Waktu itu kami dapet rekomendasi warung yang ternyata hanya menjual menu bebek goreng dan soto bebek. Karena Nadira belum pernah makan bebek sebelumnya, gue pilihin soto bebek aja. Yah gue pikir kan kalo disoto tekstur bebek jadi empuk mirip ayam.

Di situ dia hobi bener makan nasi+soto bebek. Gak ada acara GTM. Mulutnya mangap terus tiap disuapin. I was so happy🙂 Sementara begornya sendiri juga enaknya gila-gilaan. Gue rasa sih itu bebek dibacem dulu sebelum digoreng jadi cita rasanya manis gitu. Endeeuus berat dan belum pernah nemu lagi di Jakarta euy.

Abis itu gue lupa soal perbebekan dan nggak kasih Nadira bebek lagi sampai kita main ke rumah adik gue. Sama Lita, bocah-bocah dipesenin bebek karena katanya Langit doyan banget. Sekalian testing juga ke Nadira gitu.

Sesungguhnya gue agak deg-deg plas takut dia nggak doyan. Ealah, bocahnya malah sampe nambah nasi 2-3x bok karena ngefans berat!

Alhasil, waktu gue ajak ke Bebek Pak Ndut (atau Pak Gendut?) di Kalimalang, Nadira seneeeng banget. Biasa, diiming-imingi “makan bebek” bikin dia gak sabar untuk buru-buru pergi. Di situ, dia pun makan dengan lahap. Setelah nasinya abis, dia ngembat nasi gue 1/2 porsi (tau aja emaknya harus diet). Itupun kalo nggak distop, dia masih minta tambah bebek goreng lagi lho.

Review: Menurut gue sih, Bebek Pak Ndut ini satu gagrak (pinjem istilah Pak Bondan) dengan Bebek Slamet ya. Sama-sama tipikal Begor yang bumbunya medok dengan ketumbar dll, gurih, empuk dan dimakan dengan sambel korek yang mak nyus bikin merem melek plus lalapan daun pepaya rebus untuk menetralisir lemak+kolesterol. 

Beberapa hari kemudian, hubby kebetulan pulang cepet. Trus dia ajak Nadira untuk jemput gue pulang kerja. Dari situ kita mau makan. Sebenernya sih hubby pengen yang panas-panas berkuah. Tapi begitu gue nyebut “Eh itu Bebek Kaleyo penuh mulu ya”, Nadira langsung teriak “Mbak Dila mau bebek!” Oke deh, emak bapaknya ngalah.

Di Bebek Kaleyo, Nadira makan lahap tapi bersisa sedikit. Ternyata bukan karena nggak doyan, tapi karena sebelum berangkat, dia baru habis makan😀

Review: Menurut gue, begor Kaleyo ini bumbunya enak, trus tulangnya juga lebih garing dibanding begor Pak Ndut dan Slamet. Dagingnya empuk banget. Gue nebak-nebak buah manggis sih, dia kayaknya masak bebek pake panci presto ya. Soale tekstur daging bebeknya sampe halus banget, kayak daging ayam atau sapi yang gue masak pake panci presto gitu rasanya. Beda sama begor Pak Ndut dan Slamet yang meski empuk tapi masih bertekstur kuat dagingnya.

Meski begornya enak, sambel Kaleyo di lidah gue nggak nendang ye. Baik yang sambel ijo (pedes banget) maupun sambel merah. Pedes sih pedes, tapi kurang ngegigit rasanya. Somehow gue tetep lebih demen sambel korek Pak Ndut dan Slamet. Lebih berasa mantap di lidah.

Journey ngebebek kita selanjutnya ya pas ke Bali kemarin. Gagrak begor Bali adalah bebek yang digoreng kering (thus the name Crispy Duck) dan dimakan dengan sayuran (lalap+semacam urap) plus tentunya, sambal matah. Di Bebek Tepi Sawah selain sambal matah juga disediakan sambal ulek dan sambal goreng. Sementara di Bebek Laka Leke dan cmiiw Bengil, selain sambal matah disediakan sambal ulek saja.

Buat gue mah, begitu di Bali, gak afdol kalo nggak makan Crispy Duck ya. Bebeknya juga istimewa karena nggak hanya dada atau paha, tapi dada+paha alias setengah ekor. Dan Nadira abis lho 1/2 ekor bebek itu🙂

Meski ada pilihan sambal lain, gue nggak akan pindah ke lain hati dari sambal matah. Makanya pada ngerti kan kenapa gue kecewa makan di Bebek Tepi Sawah karena sambal matahnya IMHO kurang nendang dan puas banget sama Laka-Leke cuma gara-gara sambal matahnya endeus berat?

Tentang memasak bebek itu tricky, bener banget lho. Gue pernah kondangan, trus laki gue coba stall bebek peking. Ealah dia nyaris munti karena bebeknya amis bener. Abis itu, kita jadi parno sendiri kalo makan bebek selain begor ala Indonesia🙂

Oh ya, hobi Nadira makan begor ternyata semakin akut sekarang. Kemarin gue dapet laporan dari ART: “Bu, Mbak Dira nggak mau makan pake ayam goreng. Pas saya bilang ‘Ini bebek goreng Mbak’ dia langsung makan banyak dan nambah melulu deh.”

Hihihihi… Duh jadi laper nih. Begor, mana begooorrr…

38 thoughts on “Bebek Journey

  1. Ra, pernah makan bebek bengil yang cabang Jakarta ga? Seenak yg di Bali gak ya? Sebenernya gue gak suka bebek, tapi kalo crispy kaya si bengil ini gue jadi suka. Dan sambel matahnya itu lohh….endang maksimal

    Eh, bener kan ya bengil ada cabang jakarta-nya?

    O iya, enak mana bengil sama laka leke?

    • Kayaknya pas lo ngetik komen ini, gue juga lagi ngetik komen di bloglo deh Rik. Tukeran komen nih ye, hihihi..

      Bebek Bengil di Jakarta itu adanya di samping Plaza Gani Djemat, Rik, di daerah Menteng yang mengarah ke Bundaran HI. Gue belum pernah sih makan Bengil yang itu, tapi tampaknya sama deh. Soale ini emang satu-satunya cabang Bengil di Jakarta.

      Bengil dan Laka-Leke mirip ya rasanya, wong kalo kata Pak Bondan, ownernya sama. Tapi seinget indera perasa gue sih, masih enakan Laka-Leke ya. Suasananya oke, waiter/waitress-nya ramah2, gak lempeng kayak di Bengil🙂

      • ra..dulu ada jg bebek bengil di darmawangsa square, g pernah mkn yg di situ n di menteng..enak jg tapi ga seenak yg di ubud huhu..

        saya pun pecinta bebek..toss dulu ama mbak dila..eh uda coba sego bebek dpn McD kalimalang? yg itu pake sambel mangga..IMO enak jg beda dr yg lain..hehe

      • Eh di Dharmawangsa emangnya masih ada ya Both? Perasaan sih dulu ada trus diklaim itu bukan cabang asli. Satu-satunya yang asli cuma yang ada di Menteng situ. Gue barusan liat di situsnya, iya bok dia cuma buka cabang di Jakarta yang Menteng itu.

        Eh Sego Bebek McD Kalimalang yang deket Ayam Bakar Mas Mono ya Both? Ih jadi penasaran deeh..

  2. Gw baru doyan bebek pas kuliah kayaknya..mulai dr peking duck ampe begor..tp y untung2an y..klo g jago masaknya y bau ‘manehna’ kata org sunda..bau bebek gt hehehe..

    Tp udh lm g makan peking duck gr2 pas ngeh tu bebek2 digantung lehernya utuh..brarti g disembeleh dong..ditusuk doang lehernya😦..jadi aja gw skrg fans setia begor pak slamet kekekek..di bogor adanya pak slamet ma pak ndut..klo yg disini enakan yg pak slamet..sambel koreknya nendang y bo’..klo bebek kaleyo br skali makan..jd lupa2 inget..pengen ih makan bebek yg enak2 di bali..aplg yg garing2 n bumbunya krasa..hmmm.. *lapeurrrr*

    • Eh bebek peking bukannya disembelih tapi gak sampe putus ya Mit? Gak tau juga sih, karena gue juga gak doyan-doyan banget, hehehe.. Pokoknya so far gue gak berani makan bebek ala masakan bule deh. Takut amis soale, hehehe..

      Buat fans sambel kayak gue, Kaleyo kurang oke, Mit. Gue sih setia sama Pak Slamet dan Pak Ndut aja lah.

  3. oh mbak Dillaaaa… mari kita membebek bareng… gw demen banget bebek, tapi parno nyobain warung tempat makan bebek baru takut dia salah proses bikinnya tapi gw juga senapsaran *piye thoh*

    aduh gw jadi pingin bebek goreng, padahal kemaren baru kelar makan bebek…

  4. aku suka bebek baru setahunan ini… qeqeqe… telat banget yaaa dibanding mbak dilla….
    gara-gara pernah sekali-sekalinya nyoba bebek… ihhh amiss benerrr… udah dee jadi parno bangeettt…

    tertariknya gara-gara… pas main ke tempat temen SMA misua… ehhh disuguhin bebek slamet… niy perut udah kelaparaaan bangettt mana udah bolak-balik ngasih kode ke misua buat buru-buru pulang gara-gara maag istrinya mulai kambuh ga didengerin gara-gara dia sibuk nostalgia… akhirnya udah de nyoba icip-icip dikittt plus sambalnya… ternyataaaaaa… enakkkkkkk….

    qeqeqe… eh… kayaknya baca cerita ini bikin terinspirasi jadi bahan tulisan blog ku de… :))…

    http://www.my-za.blogspot.com

    • Berarti pengalaman pertama bikin trauma makan bebek abis itu pengalaman kedua malah bikin jatuh cinta ya Mak🙂 Tapi gue juga gitu koq. Dulu pernah makan begor di deket TIM, biasa aja IMHO dan agak males makan begor lagi. Pas abis makan begor di Prambanan dan begor Slamet, jadi ketagihan begor deh sampe sekarang🙂

  5. Buset!
    Baca ini aku jadi lafaaaarrrr!
    Hebat ya ra, nadira bisa doyan bener ama bebek, tapi emang dagingnya kan lebih gurih cuman lebih alot..

    • Hihihi.. Kalo yang di Bali kejauhan, Bengil yang di Menteng aja Nik. Perasaan gue, kalo di Bali makan Bengil or bebek2 lain nggak berasa mahal karena emang standarnya segitu. Tapi begitu makan Bengil di Jakarta, koq jadi mahal banget ya, secara langsung mbandingin sama Bebek Slamet, hahaha..😛

  6. aloo mbak salam kenal, sama ni mbak gue juga fans berat bebek, apalagi pas lg hamil skrg mintany bebek mulu, ;p dan berhubung di balikpapan cuma ada bebek slamet yg enak (menurut gue siy) jd deh bolak balik mulu ksana,, suka banget ama bebek slamet karena sambelnya enak, makanya sama juga nihh kecewa berat ama bebek tepi sawah yg sambelnya kurang nendang,. dan mahal pulak.. ,, oiaa di bandung tuh bebek van java yg dimasak kyk ayam suharti itu juga enaaakk plus sambelnya pedessss, manteb deh….salahhhh deh ni baca postingan ini jd ngidam bebek lagi deh..:p

    • Hihihi.. Maapkeeun bikin bumil ngences😀

      Ih jadi tambah penasaran nih sama Bebek van Java. Udah direkomendasiin sama banyak orang soale. Nanti kalo udah aku coba, posting ah supaya bikin ngences😛

  7. aduh..salah gw bangun tidur siang sambil nunggu anak gw bangun trus blogwalking kemarih. akuh pengen bebeeeeekkk…. *nangis lebay* :)) iya Ra gw setuju sm lo, bebek kaleyo itu empuk, tp kalo soal sambel, masih enakan sambelnya begor slamet. makanya klo di kaleyo gw ngefansnya sama elo *eh??* heheh maksudnya ngefansnya sama sambel mangganya (tp sekarang sambelnya bayarrr :p)

    Ah ntar klo ke Jogja gw juga pingin nyobain si soto bebek yang lo ceritain ahhh….😀

    • Hahhaa.. Dudul! *toyor Amel*

      Eh di Kaleyo sambel mangganya bayar ya? Pantesan kemarin gue ke sono, gak ada di atas meja. Huh sebel😦

      Iya kalo ke Yogya, must try deh si Bebek Prambanan itu, Mel. Seriusan enak euy. Gue yakin Pak Bondan kalo nemu itu juga pasti bakal bilang “Mak Nyus!”🙂

  8. Iiih Nadira tos deh ama Laras & Tante Rini🙂
    Laras kl makan pake begor juga doyan bener, nasi 1 porsi banyak itu bisa abis sendiri sampe mesti di stop.

    Kalo gw dah pernah nyobain begor antara lain, begor bangka/suryo, bebek ireng cak baz, bebek slamet, bebek kaleyo, bebek cak topa, raja begor (di jl suryo jg). Yg mnrt gw enak & pas di lidah, begor suryo/bangka sih, kaldu kuningnya itu maknyus, tp maharani deh CMIIW. Bebek ireng cak baz paling nampol sambelnya kl gw bilang. Kalo bebek Slamet paling top ya kl lg di Solo, kl gw blg kok beda ama bebek Slamet yg di jakarta. Tiap ke Solo, tempat yg kudu wajib disambangi ya bebek Slamet🙂

    Duh gw jd ngeces beneran deh pgn ngebegor…sluuurrp

    • Ahahaha.. Toss ah Nadira sama Laras! Ya Allah bookk.. Itu kemarin udah ngembat nasi 1,5 porsi, dia sebenernya masih mau lagi. Tapi gue bilang stop. Eh trus dia minta bebeknya nambah dong. Setelah gue tunjukin perutnya yg buncit banget, dan gue bilang nanti aja ke sini lagi, baru dia oke.

      Begor Suryo gue udah nyaris makan. Jadi gue ke sana sama temen-temen gue pas lagi hamil Nadira 5 bulan. Waktu itu gue lagi diare+munti2 tapi gak enak krn udah janjian. Begitu begornya dateng, gue bukannya napsu tapi malah ke toilet dan munti-munti parah. Abis itu begor gue bungkus, kasih ke nyokap dan gue opname di RS krn keracunan makanan😦

      Sampe skrg masih penasaran euy sama itu begor..

  9. aku makan bebek ya setelah kenal ama misua (dulu masih calon). heran aja kok saban sms (ceritanya dulu long distance), pasti ada aja cerita bebek.

    di pasar kaget bintaro, sempet ada langganan bebek. empuuk banget dan guede potongannya. sambelnya manstap, dan murah pulak. delapan belas rebu sajah. eh ndilalah, pengelola pasar membubarkan pedagang, nyuruh pindah ke dalam BTC. dan entah pindah ke mana si bebek kesayangan itu😦 nyoba bebek lain, ga se maknyus yang itu😦 mana anaknya (yang dijadiin waitress) cakep pula (loh?)

    • Eh gue malah baru sekali makan di Ginyo bok. Abis pertama kali ke situ, perasaan mah gak spektakuler ya. Yang bikin gue jatuh cinta abis-abisan sama bebek justru Slamet (tanpa Rahardjo)😛

  10. Pingback: Bebek Journey II « The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Food (and Cholesterol) Galore! | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s