Londan Calls

Buat yang kenal gue IRL, pasti tau betapa cintanya gue sama makanan berupa lontong/ketupat sayur. Tiap Lebaran, diet gue yg sakseis selama bulan puasa pasti berantakan. Gimana nggak? Wong gue bisa makan ketupat dkk sehari 4x bahkan lebih hehehe..

*Ketupat+sayur godog+semur daging+sambel goreng kentang ati udang, khas Lebaran*

Waktu kuliah, temen-temen gue udah pada bete liat menu lunch gue. Soale yang gue pilih most of the time adalah lontong sayur, dengan sambel+kerupuk yang buanyaakk.. Trademark gue sebagai si pecinta lonsay pun masih kebawa sampe sekarang. Jadi tiap kita ketemuan dan gue makan lonsay, mereka pasti langsung teriak “Oh Ira, not agaiiinnn..” Hihihi..

Gue suka semua jenis lonsay. Dari jenis Betawi, Padang sampe Abang-abang liwat. Lately, gue cukup terobsesi sama lonsay dari Medan, yang biasanya gue sebut londan (lontong Medan).

Ini semua gara-gara suatu hari gue+hubby makan di Red Pepper Plaza Indonesia. Hubby pilih makan londan sementara gue pilih makanan lain. Ealah, ternyata endeus berat bok itu londan. Gue sampe nyesel banget-nget karena keburu pesen menu makanan yang lain. Isi londan di sini lebih meriah daripada lonsay biasa.

Sayurnya 2 jenis, lodeh dan tauco yang dicampur sama lontong di piring. Trus ada kering kentang, teri+kacang kering balado, telur balado, ayam, rendang dan kerupuk. Porsi di Red Pepper ini gede banget, dengan harga around 35rb. Jadi IMHO, cukup worth the price lah.

*kurang ciamik ya fotonya, maklum gelap lokasinya euy*

Tiap ke Plaza Indonesia, gue pasti gak bisa beralih dari londan Red Pepper. Padahal lokasi Red Pepper kan ketlisut di basement gitu ya. Tapi demi londan endeus, gue jabanin dah.

Abis itu, gue dan hubby terobsesi sendiri cari alternatif londan lainnya. Pernah dikasih rekomen sama @emakayska, sebuah resto masakan Medan di Kelapa Gading. Karena petunjuk yang kurang jelas, kita ended up di sebuah resto yang gue lupa namanya. Londannya so-so, masih lebih juara londan Red Pepper. Yang enak malah ayam gorengnya. Dari ayam kampung, Nadira doyaann banget.

Lalu kita cobain londan Warung Mamak di sebelah Pasar PSPT karena tiap pagi sering lewat situ. Lumayan enak sih, tapi porsinyaaa.. Alamakjan, kecil banget! Laki gue sang owner perut karung pun langsung nginyem karena gak ngerasa kenyang samsek. Harganya around 15rb-an ya cmiiw, gue lupa. Kalo kata hubby, masih oke-an londan Red Pepper karena lengkap, enak dan yang penting, porsi kuli, hehehe..

Semalem, kita nyobain londan di Kalimalang, lokasinya antara Taman Kuliner dan Polsek Duren Sawit, Rawa Domba. Sebelumnya kita emang sering lewat sini. Tapi gue underestimate karena plang-nya “Abah Gurame dan Lontong Medan.” Menurut gue, inkonsisten amat sih. Abah Gurame = Sunda, Lontong Medan = Medan. Gak suka aja dicampur-campur gitu #sikap.

Tapi karena penasaran, akhirnya kita cobain juga. Astagaahh.. Ternyata endeus berat! Rasanya otentik, pake rimbang (semacam leunca khas masakan Medan) segala bok. Cuma sayang semalem gue gak dapet ayam goreng. Jadi gue cuma makan pake telor aja. Harganya? Lonsay Medan+telor 12rb. Kalo pake ayam/rendang 16rb. Porsinya juga oke koq, mengenyangkan. Dan pastinya, pedes cyin.

Setelah gue ngetwit, ternyata @hildayie bilang, owner londan Kalimalang itu adalah temen suaminya yang asli Medan. Jadi cabang londan di Medan gitu deh. Hoo.. No wonder rasanya endeus. Dan di sini ada lupis Medan segala lho. Tambah penasaran deh gue *elap iler*

Hepi banget euy dapet londan oke dan cuma sepelemparan kolor dari rumah. Niat nyobain londan ala Kak Ani di Kemang pun luntur. Apalagi denger kabar, di Kedai Kak Ani harganya ngujubileh mahal. Ah mending di londan andalan aja aahhh..

Pembeli = Raja?

Just like I mentioned before, gue itu paling gak bisa dagang. Be it dagang in real world or via online store (OLS). Lah wong kemarin bantuin tante gue dagang nastar pake PO aja gue rugi setoples karena lupa nyatet. Jadi boro-boro untung dah cyin hahaha.. 😀

Tambahan lagi, gue punya beberapa teman pemilik OLS maupun follow-followan di twitter sama beberapa owner OLS. Ada yang curhat langsung ke gue soal suka-duka mereka jadi pemilik OLS. Ada juga yang curhat di timeline.

Dari situ gue simpulkan bahwa jadi owner OLS itu kudu punya stok sabar beberapa ton. Secara ya bookk.. Owner OLS kan dealing sama manusia yang seringnya belum pernah ketemu di dunia nyata.  Jadi dinamikanya jauuh lebih banyak.

Continue reading

Wake Up Call

It takes a village to raise a child. Begitu bunyi pepatah dari Afrika tentang gimana sulitnya membesarkan anak. Gue denger pepatah itu saat ikutan seminar bersama Bu Elly Risman dulu. Meski waktu itu temanya tentang komunikasi, Bu Elly juga memasukkan tema seks agar kita, para peserta, aware.

Mungkin buat yang follow twitter gue, tau tentang kasus keponakan gue yang berusia 7 tahun dan diperkosa oleh tetangganya yang masih berusia 11 tahun.  Mungkin pada tau betapa sedih dan nelangsanya gue denger kabar itu.

Memang sih, keponakan gue ini bukan keponakan langsung. We’re only related by marriages. Karena silsilah keluarga yang complicated, supaya adil gue panggil ibunya tante, dan anaknya keponakan.

Anyway, soal anak 11 tahun udah ngerti perkosaan tentu aja bikin tanda tanya besar di kepala kita. Emang anak segitu udah bisa ngac3ng? Yang pernah ikut seminar bareng Bu Elly aja masih terkaget-kaget. Apalagi yang awam dan sabodo teuing? Padahal itulah kenyataan yang ada di tengah kita.

*gue pernah copas seminar sex & gadget Bu Elly dari blog temen di sini * Continue reading