Bacem Tempe Tahu

Dulu pernah baca resepnya di blog NCC. Tapi berhubung gue sotoy, resepnya gue otak-atik sendiri sesuai ketersediaan bahan. Jadi banyak yang di-skip kayak air kelapa gitu. Untunglah rasanya tetep enak hehehe… Oh ya gue biasanya bikin sekaligus banyak buat distok. Maklum, FBB, fans berat bacem 🙂

Anyway, resep ini juga bisa untuk ungkep ati ayam dan bikin ayam bacem. Lebih enak sih emang pake air kelapa, tapi kalo gak ada pake air biasa juga gak apa-apa koq:)

Continue reading

Kering Tempe

Dari kecil, makanan favorit gue adalah kering tempe. Berhubung nyokap gue males bikinnya karena ribet, jadi gue selalu ngefans sama kering tempe bikinan ART tante gue.

Nah gara-gara proyek nasi uduk ini, gue jadi kepikiran bikin kering tempe sendiri. Ambisius lah ceritanya *halah* Sempet agak khawatir koq gulanya gak kentel-kentel. Alhamdulillah hasilnya oke. Terharu deh kalo bisa bikin masakan favorit sendiri semasa kecil :’)

Anyway, here’s the recipe 🙂

Kering Tempe

Bahan :
– 750 gr tempe, iris korek api
– 10 btr bawang merah, iris tipis
– 6 bh bawang putih, iris tipis
– 5 bh cabe merah besar, iris serong
– 1 ruas lengkuas, pukul
– 2 btg sereh, pukul
– 2 lbr daun salam
– 2 sdm gula merah, sisir halus (gue kelebihan krn salah baca, tapi tetep enak koq)
– 5 sdm gula pasir
– 5 sdm air asam jawa
– 1 sdt garam
– 100 ml air
– 1 sdm chicken powder
– minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat :
– Goreng tempe dalam minyak sayur panas hingga garing. Sisihkan.
– Goreng cabe iris, bawang merah iris dan bawang putih iris masing-masing. Sisihkan.
– Panaskan lk. 4 sdm minyak sayur, tumis lengkuas, sereh dan daun salam.
– Masukkan gula merah, gula pasir, air asam, garam dan air, aduk rata biarkan mendidih,
– Masukkan chicken powder, masak terus sambil diaduk hingga gula berambut kental (sabar ya, aduk-aduk terus karena rada lama nih kentalnya)
– Masukkan tempe kering, bawang merah, bawang putih dan cabe goreng, aduk rata.
– Angkat, sajikan.

Balado Tempe Teri

Nah bikin masakan ini gara-gara masih punya tempe dan teri medan. Trus bumbu balado telur kemarin masih sisa. Berhubung bosen tempenya digoreng dan dikasih tepung melulu, jadi deh dibikin balado. Hihihi.. Pemalas banget ya?

Oh ya, kali ini, terinya gak dihaluskan bareng bumbu. Tapi digoreng biasa. Hasilnya tetep enak koq, pake resep cemplang-cemplung yang mirip banget sama Balado Telur 🙂

Balado Tempe Teri

Bahan:
1 papan tempe, diris kotak memanjang, goreng sampai kecokelatan.
1-2 genggam ikan teri medan, rendam sebentar di air panas
3 siung bawang putih (kurleb)
5 siung bawang merah (kurleb)
Cabe merah dan cabe rawit sesuai selera
1 buah tomat
1 kotak Maggie blok rasa ayam
garam dan gula sesuai selera
Minyak goreng

Cara Membuat:
– Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, dan cabe. Jangan halus-halus ya, agak kasar juga gak apa-apa.
– Goreng ikan teri sampe matang, masukkan bumbu halus. Aduk-aduk hingga harum. Masukkan Maggie blok, garam dan gula pasir hingga pas.
– Masukkan tempe, aduk-aduk sebentar hingga bumbu meresap. Angkat.

Note:

– Tempe bisa diganti tahu, terung, ayam, daging, apaan aja sih intinya. Lumayan kan bok, bumbu mirip, tapi kesannya kreatif banget gonta-ganti masakan, hihihi..