Pepes Telur Asin

Ceritanya, mertua gue baru balik dari Lombok dan bawa oleh-oleh berupa telor asin banyaaakk banget. Katanya sih oke banget kalo diceplok. Tapi lah masa ceplok mulu, bosen pan. Akhirnya gue gugling dan nemu lah resep berikut ini. Maap gak menyertakan link aslinya karena lupis cyin.

Hasilnya, endeus berat. Berhubung gue gak terampil bungkus-bungkus daun pisang, hasilnya belibet. Semalem pas nyoba untuk kedua kali, gue pake mangkuk alumunium foil aja yang dialasi daun pisang. Hasilnya tetep endeus deh. Selamat mencoba!

Pepes Telur Asin

Bahan:
5 butir Telur Asin Mentah
5 lembar Daun Salam
Lengkuas (potong tipis 5 bagian)
Serai (potong 5 bagian putihnya)
Daun Kemangi
Daun Pisang untuk membungkus
Cabe rawit merah (gue ulek bareng sama bumbu halus supaya lebih kecampur)
3 sdm santan kara encerkan dengan 50cc air

Bumbu: (haluskan)
8 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam (sedikit aja karena telur dah asin)

Cara Membuat:
– Tumis bumbu halus dengan 1 sdm minyak goreng, masukkan larutan santan, dinginkan.
– Siapkan daun pisang, susun lengkuas, serai, daun salam, pecahkan telur asin, tuang 2 sdm bumbu tumis, cabe rawit merah, terakhir tutup dengan daun kemangi, semat dengan lidi. (atau alasi cup alumunium foil dengan daun pisang lalu taro daun salam, lengkuas, serai, daun kemangi, telur asin, dan bumbu, baru dikukus)
– Kukus hingga matang.
– Bakar sebentar di atas bara api, untuk menghasilkan aroma harum (kalo yang pake cup alfoil gak usah dibakar)

Balado Telur

Ini resep yang gampil surampil deh, diajarin sama temen kantor sekaligus salah satu guru masak saya, Mbak Nuke. Bumbunya sih cuma dikira-kira. Kunci yang bikin sedep adalah, teri medan goreng yang ditumbuk kasar bareng bumbunya. Rasanya pun jadi yummyyy banget! Oh ya, satu lagi, gue suka cheating masupun 1 kotak Maggie blok rasa ayam. Hihihi..

Oh ya maap gak ada potonya. Kelupaan euy, mana gak fotogenik lagi tuh masakan 😛

Balado Telur

Bahan:
7 butir telur, rebus, lalu goreng sebentar hingga berkerak
3 siung bawang putih (kurleb)
5 siung bawang merah (kurleb)
Cabe merah dan cabe rawit sesuai selera
1 genggam ikan teri medan, rendam sebentar di air panas lalu goreng hingga kering
1 buah tomat, potong-potong
1 kotak Maggie blok rasa ayam
garam dan gula sesuai selera
Minyak goreng

Cara Membuat:
– Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, cabe dan teri medan. Agak kasar juga gak apa-apa.
– Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan Maggie blok, garam dan gula pasir hingga pas.
– Masukkan telur, aduk-aduk sebentar. Angkat.

Note:

– Telur bisa juga dibikin mata sapi satu-satu sebagai variasi. Kemarin sih gue pilih direbus aja karena males. Bikin mata sapi itu kan ribet. Terus lagi, lebih banyak kolesterol karena digoreng.

Nasi Gila

Yang paling bikin stres tiap hari adalah mikirin makanan apa yang harus dimasak buat Nadira besok. Maklum, meski suka bikin kue, gue gak terlalu hobi masak. Mentok-mentok paling cuma mampu bikin tumis-tumisan doang

Nah, kemarin pas lagi blogwalking ke blog-blog resep punya orang, nemu posting tentang Nasi Gila. Itu lho, macem lauk yang suka ditemui di tukang nasi goreng di Menteng. Jadilah gue googling dan menemukan banyak versi dari resep Nasi Gila. Akhirnya, semalem gue bikin dan modifikasi sendiri sesuai dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Alhamdulillah, rasanya lumayan enak. Karena jadinya lumayan banyak, sebagian gue bawa ke kantor untuk bekel. Tapi khusus buat gue, gue campur pake Sambel Bu Rudy dulu supaya pedes, hehehe..

Anyway, here’s the recipe. Pake takaran kira-kira aja ya sesuai selera. Oh ya, gak ada potonya karena keburu diembat tadi buat sarapan

Nasi Gila

Bahan:

4 potong fillet daging ayam, potong-potong kecil

2 butir telur ayam, kocok bersama ½ sdm garam

1/2 cup jamur kemasan kayak aqua gelas, cincang

1/2 batang Wortel, potong kecil-kecil kotak

2 sdm bawang Bombay cincang

1 siung bawang putih cincang

1 sdm saos tiram

1 sdm minyak wijen

2 sdm kecap manis

Garam dan gula secukupnya

Minyak untuk menumis

Cara memasak:

Orak-arik telur hingga matang. Sisihkan.

Tumis bawang putih dan Bombay hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.

Masukkan jamur dan wortel, masak hingga empuk.

Masukkan telur orak-arik, saos tiram, kecap, minyak wijen, garam dan gula, aduk-aduk hingga rata. Diamkan selama beberapa menit. Cicipi.

Jika rasanya sudah pas, angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

Note:

– Kalo mau pedes, bisa ditambah dengan cabe or in my case, kasih aja sambal Bu Rudy hehehe..

Resep Macaroni Schotel Kukus

Based on popular demand (plaak.. langsung kena gampar orang-orang krn ke-GR-an, hehehe..), gue memberanikan diri menulis resep Macaroni Schotel Kukus di sini. Gue tambahin kata ‘Acak Adul’ karena emang acak adul sih. Maklum yaa.. Tukang masaknya amatiran. Macaroni Schotel ini merupakan jenis makanan kedua yang (lumayan) sukses gue bikin. Kenapa dikukus bukan dipanggang? Alasannya simple. Gue kagak punya oven boookkk… (and I also don’t know how to use an oven ).

Anyway, here’s the recipe. Oh ya, gue sebenernya mencontek resep ini dari hasil googling di internet. Tapi, karena gue cuma punya kukusan kecil dan gak punya pinggan tahan panas, akhirnya resep gue modifikasi supaya hasilnya dikit ajah. Cukup buat dituang ke 1 loyang kecil plus 2 buah kemasan alumunium foil bentuk oval. Maap yah kalo terlihat kurang profesional, terutama dalam masalah takarannya. Yah mau gimana dong. Namanya juga pemula. Silakan mencoba, resiko keracunan ditanggung sendiri yaa..

Bahan-bahan:

  • 1/2 bungkus makaroni ukuran sedang (gue pake La Fonte lupa ukuran berapa gram)
  • 3 butir telur
  • 1/2 kaleng kornet/daging giling/smoked beef (gue pake kornet Pronas karena itu doang yg ada di lemari)
  • 300 ml susu cair (gue pake Frisian Flag karena harganya paling murah di Alfamart)
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • 1/3 buah bawang bombay ukuran sedang, dipotong-potong (gue kadang pake, kadang gak, tergantung stok di kulkas)
  • 3-4 sendok mentega/margarin (gue pake Blue Band)
  • Keju Cheddar diparut (gue pake Kraft)
  • Keju Cheddar Quick Melt dipotong kotak-kotak (gue pake Kraft)
  • 1 bungkus penyedap (gue pake Royco rasa Sapi yang cuma Rp 350/bungkus)
  • 1 sdt garam (bisa ditambah sesuai selera)
  • Lada halus sesuai selera
  • Minyak goreng sedikiit aja (buat ngerebus makaroni)

Cara membuat:

  • Rebus makaroni sampai matang. Air untuk merebus dikasih minyak goreng dikit aja supaya gak lengket.
  • Tumis bawang putih menggunakan mentega/margarin. Setelah harum, masukkan bawang bombay dan daging kornet/smoked beef/daging sapi giling. Aduk sampai daging matang.
  • Di mangkok besar, kocok telur asal aja, sampai menyatu. Kemudian masukkan susu cair, makaroni, tumisan daging + bawang, keju parut dan keju kotak-kotak. Tambahkan Royco, lada dan garam.
  • Oleskan mentega tipis-tipis pada loyang/pinggan tahan panas. Masukkan adonan ke dalam loyang/pinggan tahan panas.
  • Kukus selama 20-30 menit.

Note:

  • Kalo mau macaroni schotel yang lebih ngeju or berdaging banget, tambahin aja porsi keju dan dagingnya.
  • Adonan juga bisa ditambahi dengan sayuran supaya lebih (terkesan) sehat gitu lowh. Ini penting banget buat bocah-bocah yang kagak doyan sayur. Brokoli, bayam, wortel, kacang polong, jagung, sayuran gitu-gitu lah, bisa tuh dimasukin ke dalam adonan schotel. Tapi lebih baik dipotong kecil-kecil atau dicincang dulu supaya gak keliatan *modus ibu-ibu penipu*
  • Kalo untuk anak-anak, garam, lada dan penyedap rasa lebih baik dikurangi atau tidak dipakai sama sekali. Terus, gunakan daging giling instead of kornet or smoked beef.
  • Panaskan dandang saat kita sedang menumis. Setelah dandang mulai mengeluarkan uap, baru masukkan loyang berisi adonan.
  • Kalo mau hasil yang lebih banyak, tinggal dikali dua aja takaran yang ada di sini.
  • Untuk ngecek schotel udah mateng atau belum, tusuk aja pake garpu. Kalo garpu licin atau gak ada yang nyangkut, berarti udah mateng.