Review: Re-Bread Bread Maker

Kayak yang dulu pernah gue tulis, salah satu impian gue adalah punya bread maker sendiri. Maklum, gue kan sukaaaaaaa banget sama segala roti-rotian dan donat-donatan. Bisa sih bikin manual, tapi gak kuat sering-sering kakaaakk.. Soale proses nguleninnya bikin lelah banget.

Pake mixer rumahan kayak mixer Philips bisa juga, tapi tetep pegel karena kudu dipegangin. Bahkan hook mixer gue sampe patah saking seringnya gue pake untuk ngulenin roti. Alhasil, bread maker lah idamanku untuk bisa bikin roti sering-sering.

Sayangnya, harga bread maker itu koq lumayan nguras kantong ya. Yang gue taksir, merek Kenwood dan Panasonic, di atas 3 juta semua. Bahkan Panasonic di atas 5 juta deh kalo gak salah. Jadi, tiap browsing tentang bread maker di OLS, gue cuma bisa gigit jari aja. Antara ngences dan sedih karena gak punya anggaran untuk beli 😥

Suatu hari pas ke Gramedia Matraman, gue liat ada stand yang jual Re-bread bread maker. Gue heran sih, kenapa juga Gramedia jualan alat dapur? Tapi dari situ, gue jadi iseng-iseng gugling tentang si Re-bread ini dan berbuah ngences parah. Soale, ada beberapa review yang bilang Re-bread oke. Selain hemat dan cukup tahan banting, bread maker ini dilengkapi buku resep tebel banget yang semuanya ditulis dalam bahasa Indonesia. Nilai plus banget kan buat orang Indonesia?

Continue reading

Advertisements

Puding Roti Karamel

Punya roti tawar dan bosan cuma dimakan pake selai/meises? Coba deh ikutin resep ini. Cuma butuh roti tawar, susu, telor, gula dan vanili. Dijamin gampang dan enak! Di sini sih gue pake takeran ya. Tapi biasanya pas bikin, suka-suka gue aja hehehe..

Btw ini potonya cupu banget. Maklum udah ngantuk motretnya bok.

Puding Roti Karamel

Bahan:

1/2 cup gula untuk karamel

1 loaf (1 bungkus, kurleb 10 lembar) roti tawar

500ml susu cair

350ml air

3 butir telur

3/4 cup gula *atau sesuai selera*

1 sdt esen vanilla *gue cuma pake vanila bubuk yang biasa*

2 sdm tepung custard, boleh ganti pakai tepung maizena

Cara Membuat:

– Masukkan gula ke dalam wajan/panci, panaskan dengan api kecil hingga jadi karamel, tambahkan air 5 sdm, biarkan hingga kecokelatan dan larut semua. Masukkan ke dalam loyang.

– Masukkan roti, susu, air, telur, gula, vanila dan tepung custard/maizena ke dalam sebuah wadah. Lumatkan hingga benar-benar lembut (gue sih gak lembut-lembut banget, lebih enak masih keliatan tekstur rotinya)

– Tuang ke dalam loyang yang sudah diberi karamel, jangan lupa oles loyang dengan margarin sebelum adonan dimasukkan

– Panggang dengan suhu 200 derajat Celcius, selama kurleb 40 menit atau hingga bagian atas kecoklatan, matang. Dinginkan.

– Bisa juga dikukus, namun biasanya puding roti akan lebih lembab dibanding jika dipanggang.

– Keluarkan puding roti dari loyang dengan cara membalikkan puding ke piring

– Dinginkan di dalam kulkas sebelum dimakan.

Roti Manis

Resep ini gue copy paste dari milis NCC. Awal-awal dulu sih sok ngulenin pake tangan. Alhasil, karena gak kuat pegelnya, cuma berhasil ngulenin sebentar. Rotinya jadi sih, tapi

teksturnya kering, kayak roti harga gopekan di SD! Nah kemarin baca tips bikin roti pake mixer biasa di milis NCC, ternyata bisa ya. Pake alatnya yg ulir-ulir itu lho. Trus kuncinya, sabar, bolak-balik adonan dan jangan pake standing mixer. Mixer dipegang sendiri sama kita, supaya adonan kena semua.

Alhamdulillah, dengan cara yang ini, roti gue gak kayak roti gopekan lagi. Lembut dan enak. Nadira, hubby, keponakan dan emak gue ngepens banget bok. Padahal gue cuma kasih isian seadanya, pake keju parut+susu kental manis dan choco chips/meises. Bentuknya pun ajegile cupu. Emang ya, eikeh gak bakat dalam bidang keterampilan membentuk yang indah-indah

Anyway, here’s the recipe

Roti Manis

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula (boleh ganti gula halus)
11 gr ragi instan
1/2 sdt bread improver
4 btr kuning telor
300 ml air Es (ganti susu cair aja)
100 gr mentega/margarine
5 gr garam (atau 1/2 sdt)

Cara membuat:
– Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.
– Masukkan air/susu 200 ml dan telur. Aduk dan uleni sampai rata.
– Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
– Istirahatkan 20 menit.
– Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
– Isi dgn adonan isi.
– Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat

mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.

*bahan isian bisa diganti coklat, tumisan daging/ikan/sayur, selai, dll

Panada Udang Pedas

Resep ini, as usual, boleh nyontek di milis NCC. Gak susah koq, bener deh. Tanpa oven tanpa mixer, jadi semua. Hasilnya, yummy! Silakan dicoba 🙂

Panada Udang Pedas

Bahan kulit:
500 gr tepung terigu protein tinggi (gue pake Cakra Kembar)
11 gr ragi instan
50 gr gula pasir (gue jadiin 4 sdm munjung, kira-kira 80 gr)
2 btr telur
225 ml santan (gue pake 4 pak Kara @65ml, sisa dikit)
1 sdt garam
Minyak goreng secukupnya.

Bahan isi:
250 gr udang kupas, cincang (gue cuma 200 gr)
5 bh bawang putih, cincang
½ bh bawang bombay, cincang (gue ganti dgn 5 bh bawang merah cincang)
15 bh cabe rawit merah, gerus kasar
1 bh tomat, iris dadu
50 gr daun kemangi
2 lbr daun pandan, rajang halus (gue gak pake)
5 sdm saos tomat (gue ganti dgn 2 sdm saos sambal)
Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat:
Isi :
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang Bombay, cabe rawit dan tomat hingga wangi, masukkan udang kupas, aduk dan biarkan sampai udang berubah warna dan matang, tambahkan daun kemangi dan daun pandan. Aduk rata angkat. Sisihkan.
Kulit:
Aduk rata tepung terigu, gula pasir, dan ragi instant. Beri telur dan santan, uleni hingga bergumpal-gumpal, tambahkan garam. Uleni terus hingga kalis elastis.
Potong timbang adonan masing-masing 30gr, bulatkan. Diamkan 15 menit.
Pipihkan dan beri 1 sdm bahan isi, lipat dan bentuk seperti pastel. Puntir bagian pinggirnya. Diamkan 30 menit.
Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat.

Notes:
– Santan bisa diganti dengan susu cair. Hasilnya sih mirip-mirip ya. Tapi, menurut gue nih, karena susu lebih cair dibanding santan, volumenya dikurangi aja supaya adonan gak lembek banget dan jadi bantat.
– Adonan kulit bisa dijadiin adonan dasar untuk roti goreng. Tinggal ganti isinya aja dengan macam-macam varian, mulai dari selai, pisang, cokelat, keju, atau tumisan ayam/daging/sayur. Ini ada satu contoh isian yang gue modifikasi kemarin (sotoy.com )

Tumis Ayam Wortel
Bahan:
200 gr ayam cincang
1 buah wortel ukuran besar, potong kotak-kotak kecil
4 bh bawang putih, cincang
1/2 bh bawang bombay, cincang (bisa diganti dgn 5 bh bawang merah)
1 sdm margarin untuk menumis
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt lada bubuk
2 sdt garam
1 sdt gula
1/4 cangkir air

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan wortel dan air
Masukkan ketumbar, lada, garam dan gula.
Aduk-aduk hingga wortel empuk dan air berkurang/sat.
Cicipi. Jika ada yang kurang, tambahkan gula/garam sesuai selera.
Angkat.

P.S:
Tumisan ayam wortel ini bisa jadi lauk teman makan nasi, dicampur telor jadi omelet atau kemarin gue campur dengan bubur nasi/oatmeal. Yummy!