Bandeng Kuning Presto

Salah satu masakan favorit gue adalah Bandeng Presto dari Semarang. Trus gara-gara punya panci presto, jadi penasaran buat bikin sendiri. Gugling resepnya, nemu sebuah resep di milis NCC. Uniknya, ini resep aslinya bukan resep Bandeng Presto. Tapi si empunya resep bilang, bisa dimasak pake panci presto supaya tulangnya empuk.

Setelah dicobain, waahh.. Ternyata beneran enak! Gue biasanya bikin sekaligus banyak, 5 ekor ikan sekaligus, sekitar total 2 kg buat stok di kulkas. Jadi lumayan pan gak bolak-balik masak mulu hehehe.. Nadira dan Papanya doyaann banget. Gue juga sih πŸ˜›

Yang agak nyebelin, gue tiap masak bandeng pake panci presto, baik resep ini maupun resep Pindang Bandeng, tulang-tulangnya selalu masih ada kesisa. Gak bisa full empyuk kayak bandeng presto di toko. Kenapa ya? Apa karena panci presto gue murmer, trus kalo di pabrik mihil gitu? Huh sebel 😦

Anyway, ini resepnya yaa..

Bandeng Presto Kuning

Bahan:
3 ekor bandeng ukuran sedang (kurleb 1kg). Buang insang dan isi perutnya, biarkan tetap bersisik supaya nggak hancur selama dimasak.
2 batang serai, geprak.
Air secukupnya
Daun pisang untuk alas panci (gue nggak pake)
Ragi instan (gue pake Fermipan)

Bumbu, haluskan dan campur dengan 3 sdm air matang:
6 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm jahe
2 sdt ketumbar sangrai
2 sdt air jeruk nipis
2 sdt garam /secukupnya
Kaldu jamur Totole

Cara:
– Sayat memanjang bagian samping bodi bandeng (yang perut ya, bukan yang punggung).
– Lumuri seluruh permukaan, rongga kepala dan rongga badannya dengan campuran bumbu halus dan ragi, diamkan di kulkas selama dua jam.
– Siapkan panci, alasi dengan daun pisang sampai dindingnya (gue skip karena nggak punya daun pisang).
– Tata bandeng berbumbu dan serai didalamnya, kalo masi ada sisa bumbu masukin juga deh.
– Tuangi air perlahan hingga 3 cm diatas permukaan bandeng. Masak dengan panci presto selama 1-2 jam dihitung sejak panci mendesis.
– Kalo tulangnya udah empuk tapi kuahnya belum abis, lanjutkan memasak dengan tutup terbuka selama kurleb 30 menit.
– Potong-potong bandeng dan lumuri dengan telor kocok. Lalu goreng dalam minyak panas.

Advertisements

Pindang Bandeng Presto

Sejak punya panci presto (untuk review-nya baca di blog akika yang ini ya), gue bawaannya nepsong mulu sama bandeng, iga, buntut, dkk. Soalnya, berkat panci presto lah gue bisa masak dengan cepat. Bahkan untuk bandeng, bisa bikin bandeng duri lunak segala lho.

Nah, beberapa bulan lalu, nemu resep Pindang Bandeng pake panci presto di internet (lupa dari blog orang atau di milis NCC). Bacanya bikin ngences. Tambahan lagi, si ibu ini kasih catatan “dimakan pake nasi hangat + cabe rawit, dijamin bisa abis nasi sebakul”. Nah, gimana nggak senapsaran gue?

Tapi as usual, gara-gara ribet kerjaan, dan macem2 urusan, resep itu baru bisa dipraktikkan kemarin. Awalnya sempet agak ragu karena gue lagi kehabisan jahe dan serai. Sempet deg-degan sih, apakah rasanya bakal oke atau nggak. Kalo jahe sih gak pake gpp karena fungsinya cuma untuk ngilangin amis ikan. Tapi serai itu kan kuat aromanya, and I love it.

Hasilnya? Sumpah demi Allah, ENUAAAKKK BANGET!!! Meski nggak lengkap bumbunya, tetep endang gumindang wawaaww lah yaaa. Trus gue makan pake abon cabe Ninoy. Masya Allaaahh.. Langsung amnesia sama diet!

Trus yang paling membahagiakan, masaknya gampil banget lho. Gak pake ngulek samsek. Kuteks pun bisa selamat. Hebat kaann??

Anyway, ini ya resepnya. Silakan dicobaaa πŸ™‚

Pindang Bandeng Presto

Bahan A:
– 10 butir bawang merah (tambahan dari gue: plus 2 butir bawang putih)
– 6-8 cabe merah (kalo mau pedes, pake cabe rawit aja, jumlah dibanyakin)
– jahe seruas jari, dikeprek (ini cuma untuk hilangin amis sih. Karena nggak punya jahe, kemarin ikannya abis dicuci gue pakein air jeruk nipis dan didiemin selama 15 menit)
– kunyit, seruas jari, keprek

Bahan B:
– 2 ekor ikan bandeng ukuran besar, potong tiap ekor jadi 4 potong (jumlah ikannya terserah ya. Di resep asli pake 3-4 ekor ikan)
– Daun Salam (2-3 lembar)
– Sereh (3-4 batang, dikeprek. Kemarin gue gak pake)
– Lengkuas, seibu jari, keprek
– Air

Bumbu :
– kecap manis
– garam
– asam jawa (gue pake sebungkus kecil)

Cara membuat :
– Bahan A digongseng/dibakar sampai layu. Kupas kulit bawang dan masukkan semua bumbu A ke dlm panci presto.
– Masukan bahan B ke dalam panci.
– Beri garam dan kecap manis (boleh masuk setelah ikan matang).
– Beri air sampai ikan tertutup. Masak selama 1 jam. (gue kasih air agak banyak, trus dimasak 1,5 jam)
– Terakhir tinggal meracik asam jawa ke dalam kuah. Siapkan mangkuk kecil, masukkan asam jawa sesuai selera, tuangkan kuah ikan kedlm mangkuk. Tekan-tekan, sampai sari asamnya keluar. Tuang kuah kembali ke dalam panci. Kalau kurang asam, ulangi lagi.
– Silakan dinikmati! πŸ™‚

Empal Daging Presto

Berikut resep yang gue dapet dari file milis dapurbunda dan udah gue uprek-uprek sesuai selera akika yaa.. Hasilnya jadi manis gitu, mirip dendeng. Santan gue ganti air supaya gak kolesterol. Air kelapa gue ganti air juga karena males belinya hehehe

Empal Gepuk

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr daging gandik, biarkan utuh (gue beli yang udah dipotong-potong)
500 ml air
350 ml air kelapa (diganti air)
200 ml santan kental (diganti air)
2 lembar daun salam
1 batang serai, belah & geprak
Gula Jawa, disisir (sesuai selera ya, mau manis atau sedang)

Bumbu halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
4 butir kemiri
1Β½ sdt gula pasir
1 sdt garam /secukupnya
ΒΌ sdt asam jawa

Cara Membuat:
– Rebus daging bersama air pake panci presto selama 15 menit. Matikan api & diamkan sampe tekanannya habis.
– Tiriskan daging, potong2 searah serat dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan kaldu untuk keperluan lainnya.
– Masukkan potongan daging ke dalam panci presto bersama air kelapa, daun salam, serai dan bumbu halus, aduk rata. Proses lagi selama 15 menit. Matikan api & diamkan sampe tekanannya habis.
– Keluarkan potongan daging, pukul2 sampe memar, masukin lagi ke panci.
– Tambahkan santan kental, aduk rata. Masak dengan api kecil dan tutup terbuka (tanpa tekanan) sambil sesekali diaduk sampe kuah menyusut hampir habis.
– Pindahkan potongan daging ke wajan teflon, panasin sambil sesekali dibalik sampe jadi rada kecoklatan. Empal juga bisa disimpan di dalam wadah kedap udara, sehingga kapan-kapan mau makan, tinggal dipanasin.

Iga Panggang

Dapet resep ini dari milis NCC karena gue lagi heboh browsing buat memperdayakan panci presto baru (ciyeehh pamer nih yeee..). Pas baca resep ini, lah koq gampil bener. Gak pake ngulek, gak pake iris, semua tinggal diaduk-aduk.

Kalo gak punya panci presto juga gak masyalah sih. Silakan rebus iganya secara manual sampe empuk. Dulu sih gue rebus sampe 2-3 jam gitu dengan api kecil-sedang. Lamaaa cyiiinnn… Anyway, here’s the recipe πŸ™‚

Iga Panggang

Bahan :
1 kg iga, dipresto sampai empuk kurleb 30 menit lalu ditiriskan sampai kering (gue pake cuma 1/2 kg aja, kan percobaan perdana takut gak enak :D. Kaldunya gue sisihkan buat bikin sop #makirit)

Bahan perendam :
2 sdm Mayonaise
2 sdm Saus tomat
Saus sambel (kemarin kelupaan gak pake)
3 sdm Kecap manis
1 sdt Minyak wijen
2 sdm Madu

Cara :
β€’ Aduk semua bahan perendam sampai rata.
β€’ Masukkan iga dan balur merata.
β€’ Simpan di lemari es di kontainer tertutup minimum 4 jam. Bagusnya semalaman. (gue dua malam karena kelupaan, hihihi..)

Kalo mau dibakar:
β€’ Bakar dulu sebagian arang diatas kompor sampai membara, jangan disiram pake minyak tanah, ntar iganya jadi bau minyak tanah
β€’ Terus campurin dengan arang lainnya di dalam wadah bakaran
β€’ Kipas kipas ampe baranya jadi banyak
β€’ Susun iga diatas jepitan bakaran, lalu tarok diatas arang
β€’ Ngebakarnya gak lama kok, secara si iganya khan udah mateng, cukup ampe agak kering n dapet sensasi arangnya

Kalo mau dipanggang:
β€’ susun iga diatas loyang ato pyrex
β€’ Panasin oven dengan suhu 200Β°C
β€’ Masukin iganya, panggang ampe satu sisi kering, balikin iganya terus panggang lagi ampe sisi satunya juga kering

Karena males ngeluarin otang tercinta, gue pake cara sesat:
– Kasih mentega dikit di atas teflon
– Masukkan iga, masak dengan api kecil, tutup dengan tutup panci.
– Balik iga jika sudah agak menghitam, tuangkan saus, tutup dengan tutup panci.
– Angkat jika sudah matang.