Resep Snack Foolproof untuk Bekal

Ini adalah lanjutan postingan tentang bekal kemarin ya. Karena yang kemarin udah kepanjangan, resep-resepan yang gue udah praktikin dan contek dari berbagai sumber pun gue taro di sini.

Sebenernya sih ini maksudnya buat dokumentasi pribadi karena gue sering lupa resep makanan yang pernah gue bikin, apalagi kalo udah lama gak praktik. Tapi kalo ada yang mau nyontek, silakan aja ya. Yang pasti, dijamin capcus dan foolproof lah. Pokoke, kalo gue bisa bikin, pasti semua orang bisa. Selamat mencoba!

P.S: Kalo ada yang punya resep-resep gampil surimpil kayak gini, kasitau yaa supaya bisa disontek juga sama akyu 😀

Continue reading

Resep Macaroni Schotel Kukus

Based on popular demand (plaak.. langsung kena gampar orang-orang krn ke-GR-an, hehehe..), gue memberanikan diri menulis resep Macaroni Schotel Kukus di sini. Gue tambahin kata ‘Acak Adul’ karena emang acak adul sih. Maklum yaa.. Tukang masaknya amatiran. Macaroni Schotel ini merupakan jenis makanan kedua yang (lumayan) sukses gue bikin. Kenapa dikukus bukan dipanggang? Alasannya simple. Gue kagak punya oven boookkk… (and I also don’t know how to use an oven ).

Anyway, here’s the recipe. Oh ya, gue sebenernya mencontek resep ini dari hasil googling di internet. Tapi, karena gue cuma punya kukusan kecil dan gak punya pinggan tahan panas, akhirnya resep gue modifikasi supaya hasilnya dikit ajah. Cukup buat dituang ke 1 loyang kecil plus 2 buah kemasan alumunium foil bentuk oval. Maap yah kalo terlihat kurang profesional, terutama dalam masalah takarannya. Yah mau gimana dong. Namanya juga pemula. Silakan mencoba, resiko keracunan ditanggung sendiri yaa..

Bahan-bahan:

  • 1/2 bungkus makaroni ukuran sedang (gue pake La Fonte lupa ukuran berapa gram)
  • 3 butir telur
  • 1/2 kaleng kornet/daging giling/smoked beef (gue pake kornet Pronas karena itu doang yg ada di lemari)
  • 300 ml susu cair (gue pake Frisian Flag karena harganya paling murah di Alfamart)
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • 1/3 buah bawang bombay ukuran sedang, dipotong-potong (gue kadang pake, kadang gak, tergantung stok di kulkas)
  • 3-4 sendok mentega/margarin (gue pake Blue Band)
  • Keju Cheddar diparut (gue pake Kraft)
  • Keju Cheddar Quick Melt dipotong kotak-kotak (gue pake Kraft)
  • 1 bungkus penyedap (gue pake Royco rasa Sapi yang cuma Rp 350/bungkus)
  • 1 sdt garam (bisa ditambah sesuai selera)
  • Lada halus sesuai selera
  • Minyak goreng sedikiit aja (buat ngerebus makaroni)

Cara membuat:

  • Rebus makaroni sampai matang. Air untuk merebus dikasih minyak goreng dikit aja supaya gak lengket.
  • Tumis bawang putih menggunakan mentega/margarin. Setelah harum, masukkan bawang bombay dan daging kornet/smoked beef/daging sapi giling. Aduk sampai daging matang.
  • Di mangkok besar, kocok telur asal aja, sampai menyatu. Kemudian masukkan susu cair, makaroni, tumisan daging + bawang, keju parut dan keju kotak-kotak. Tambahkan Royco, lada dan garam.
  • Oleskan mentega tipis-tipis pada loyang/pinggan tahan panas. Masukkan adonan ke dalam loyang/pinggan tahan panas.
  • Kukus selama 20-30 menit.

Note:

  • Kalo mau macaroni schotel yang lebih ngeju or berdaging banget, tambahin aja porsi keju dan dagingnya.
  • Adonan juga bisa ditambahi dengan sayuran supaya lebih (terkesan) sehat gitu lowh. Ini penting banget buat bocah-bocah yang kagak doyan sayur. Brokoli, bayam, wortel, kacang polong, jagung, sayuran gitu-gitu lah, bisa tuh dimasukin ke dalam adonan schotel. Tapi lebih baik dipotong kecil-kecil atau dicincang dulu supaya gak keliatan *modus ibu-ibu penipu*
  • Kalo untuk anak-anak, garam, lada dan penyedap rasa lebih baik dikurangi atau tidak dipakai sama sekali. Terus, gunakan daging giling instead of kornet or smoked beef.
  • Panaskan dandang saat kita sedang menumis. Setelah dandang mulai mengeluarkan uap, baru masukkan loyang berisi adonan.
  • Kalo mau hasil yang lebih banyak, tinggal dikali dua aja takaran yang ada di sini.
  • Untuk ngecek schotel udah mateng atau belum, tusuk aja pake garpu. Kalo garpu licin atau gak ada yang nyangkut, berarti udah mateng.