Balado Tempe Teri

Nah bikin masakan ini gara-gara masih punya tempe dan teri medan. Trus bumbu balado telur kemarin masih sisa. Berhubung bosen tempenya digoreng dan dikasih tepung melulu, jadi deh dibikin balado. Hihihi.. Pemalas banget ya?

Oh ya, kali ini, terinya gak dihaluskan bareng bumbu. Tapi digoreng biasa. Hasilnya tetep enak koq, pake resep cemplang-cemplung yang mirip banget sama Balado Telur 🙂

Balado Tempe Teri

Bahan:
1 papan tempe, diris kotak memanjang, goreng sampai kecokelatan.
1-2 genggam ikan teri medan, rendam sebentar di air panas
3 siung bawang putih (kurleb)
5 siung bawang merah (kurleb)
Cabe merah dan cabe rawit sesuai selera
1 buah tomat
1 kotak Maggie blok rasa ayam
garam dan gula sesuai selera
Minyak goreng

Cara Membuat:
– Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, dan cabe. Jangan halus-halus ya, agak kasar juga gak apa-apa.
– Goreng ikan teri sampe matang, masukkan bumbu halus. Aduk-aduk hingga harum. Masukkan Maggie blok, garam dan gula pasir hingga pas.
– Masukkan tempe, aduk-aduk sebentar hingga bumbu meresap. Angkat.

Note:

– Tempe bisa diganti tahu, terung, ayam, daging, apaan aja sih intinya. Lumayan kan bok, bumbu mirip, tapi kesannya kreatif banget gonta-ganti masakan, hihihi..

Advertisements

Balado Telur

Ini resep yang gampil surampil deh, diajarin sama temen kantor sekaligus salah satu guru masak saya, Mbak Nuke. Bumbunya sih cuma dikira-kira. Kunci yang bikin sedep adalah, teri medan goreng yang ditumbuk kasar bareng bumbunya. Rasanya pun jadi yummyyy banget! Oh ya, satu lagi, gue suka cheating masupun 1 kotak Maggie blok rasa ayam. Hihihi..

Oh ya maap gak ada potonya. Kelupaan euy, mana gak fotogenik lagi tuh masakan 😛

Balado Telur

Bahan:
7 butir telur, rebus, lalu goreng sebentar hingga berkerak
3 siung bawang putih (kurleb)
5 siung bawang merah (kurleb)
Cabe merah dan cabe rawit sesuai selera
1 genggam ikan teri medan, rendam sebentar di air panas lalu goreng hingga kering
1 buah tomat, potong-potong
1 kotak Maggie blok rasa ayam
garam dan gula sesuai selera
Minyak goreng

Cara Membuat:
– Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, cabe dan teri medan. Agak kasar juga gak apa-apa.
– Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan Maggie blok, garam dan gula pasir hingga pas.
– Masukkan telur, aduk-aduk sebentar. Angkat.

Note:

– Telur bisa juga dibikin mata sapi satu-satu sebagai variasi. Kemarin sih gue pilih direbus aja karena males. Bikin mata sapi itu kan ribet. Terus lagi, lebih banyak kolesterol karena digoreng.