Rahasia Dapur Ibu-ibu 4.0: Cookpad

Tiap gue mau masak, biasanya diawali dengan mencari resep di google. Nah, hasil paling atas selalu dari Cookpad. Ada yang ngalamin juga gak sih?

Dari awalnya cuma browsing-browsing, lama-lama jadi jatuh cinta beneran karena emang segitu helpful-nya sih. Makanya gue berani bilang bahwa Cookpad adalah rahasia dapur ibu-ibu di era 4.0 ini. Bahkan buat gue, Cookpad ibarat penyelamat di saat kepala pusing dikejar deadline kerjaan plus tugas kampus.

*monmaap ini curhat dari lubuk hati paling dalam sebagai student mom wkwk*

Kenapa sih gue (dan kayaknya ibu-ibu lain ugha nih) cinta berat sama Cookpad? Here’s why:

1.Bantu ibu-ibu yang amatiran di dapur

Satu pertanyaan yang paliiinggg sering diajukan ke gue adalah: “Mbak Ira dulu belajar masak di mana?”. Karena nyokap gue jago masak, banyak yang nyangka bahwa gue diajarin masak sama nyokap sejak kecil. Kalo denger komen kayak gitu, gue cuma ketawa aja. Soale, kenyataannya beda banget, Malih!

Kayaknya gue pernah cerita ya bahwa gue belajar masak itu secara otodidak. Gue gak pernah diajarin nyokap atau siapapun. Kalopun gue ikut kursus masak, biasanya ilmunya cuma numpang lewat alias gue susah inget hahaha.

Entah kenapa, gue lebih seneng belajar sendiri, dengan modal nyontek resep lewat internet. Makanya, tiap masak, gue pasti bawa-bawa hape untuk baca resep-resep yang udah gue bookmark, save, atau copas ke notepad.

Nah di sinilah Cookpad sangat bermanfaat buat gue. Dari zaman gue gak bisa bedain lengkuas dan jahe, Cookpad udah bantu gue untuk bisa masak yang enak-enak. Soale, resep yang dihadirkan gak hanya yang spektakuler kayak rendang atau beef wellington tapi juga yang simple dan capcipcup kayak nasi goreng. Dan, karena yang sharing juga sesama ibu-ibu, jadi berasa kayak diajarin temen sendiri.

Trus, resep-resep di Cookpad itu step by step nya juga jelas banget sih. Makanya gampang diikutin dan gak pake ribet.

Mie ayam homemade hasil nyontek resep di Cookpad

2. Sumber segudang ide

Jujurly, nyusun menu masakan sehari-hari itu gak segampang keliatannya lho. Apalagi kalo pas lagi dikejar-kejar aneka tugas dan kerjaan. Alhasil, gue sering matgay banget kan tuh mau masak apa.

Untuk itu, biasanya, gue suka lihat di kulkas ada bahan ready stock apa aja. Misalnya cuma ada ayam dan wortel nih. Trus gue langsung ketik aja di Cookpad untuk cari menu sesuai bahan yang gue punya. Nanti langsung muncul tuh sederet aneka resep dengan bahan dasar ayam dan wortel. Tinggal pilih deh sesuai selera dan skill masak.

Lumayan bangeet kan, menu masakan sehari-hari pun jadi variatif. Gak sayur bayam dan telor dadar mulu kayak dulu 😀

Saikoro beef, mashed potato, and sauteed spinach. Menu capcipcup hasil nyontek di Cookpad.

3.Resepnya terpercaya

Internet itu kan luaaaaas banget ya. Tiap gugel satu hal, hasilnya pasti banyaaak banget. Begitu juga pas gugel resep. Misalnya gugel “resep ayam goreng”, hasilnya pasti macem-macem deh. Mending kalo dari blog foodies atau website resep. Lah sekarang di zaman post-truth, banyak orang yang bikin resep asal-asalan di website-nya cuma demi dapet traffic. Kan gedeg bgt ya.

Gue pernah ngalamin nih dulu kayak gitu pas baru belajar masak. Asal-asalan pilih resep, eh hasilnya bener-bener mengecewakan. Bete banget deh karena cuma abis-abisin tenaga dan bahan-bahan aja 😦

Nah gimana sih cara pilih resep yang paling oke? Itulah kenapa gue prefer pake Cookpad. Kalo search resep dan nyambung ke Cookpad, biasanya pasti terpercaya. Apalagi kalo search di aplikasinya langsung. Kita bisa baca review dari yang udah pernah coba resep itu. Banyak pula resep-resep anti-gagal yang dikasih istilah Cooksnap. Jadi tambah yakin yekaan.

Nastar andalan tiap mau Lebaran, hasil nyontek Cookpad ugha nih.

Oh ya, untuk menambah rasa percaya itu, Cookpad sekarang punya fitur Cookpad Premium lho. Ini menarik banget sih karena kalo kita langganan fitur ini, kita bisa dapet akses ke resep-resep terfavorit yang jadi favorit di Cookpad dan udah teruji oleh ratusan bahkan ribuan pengguna Cookpad. Jadi gak perlu tebak-tebak buah manggis lagi saat milih resep yang tersedia.

Plus, dengan langganan fitur ini, kita juga bisa klaim voucher belanja tiap bulan yang bisa dipake untuk belanja sayur, perabot rumah tangga, sampe ikutan kursus masak segala, lho!

Biayanya juga oh so affordable. Cuma Rp 3.000/bulan selama bulan Ramadan ini, bahkan lebih murah daripada biaya parkir di minimarket depan komplek gue wkwkwk 😀

Seru banget ya. Ada yang udah join Cookpad dan Cookpad Premium belum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s